Manager Perusahaan : Fungsi dan Tugasnya

0
13383
Manager Perusahaan Fungsi dan Tugasnya
Manager Perusahaan Fungsi dan Tugasnya

Manager Perusahaan : Fungsi dan TugasnyaSelama ini jika kita membicarakan struktur organisasi perusahaan, salah satu posisi yang cukup populer dan banyak menjadi sorotan adalah manager. Selain HRD perusahaan , manager juga langsung berhubungan dengan karyawan.

Kerja seorang manager akan dipertanggung jawabkan langsung kepada atasan. Manager bekerja secara dua arah, dimana ia mengurus langsung karyawan di bawahnya dan juga berhubungan langsung kepada atasan.

Namun sebenarnya apa sih fungsi dan tugas manager itu? Apakah ia hanya memimpin karyawan saja? Tentu saja tanggung jawabnya besar, namun lebih lengkapnya kita bahas di ulasan di bawah ini.

Baca Artikel : Tips Memudahkan Pekerjaan Dengan Software Canggih Dan Murah

 

Manager Adalah

Seperti namanya, manager adalah posisi yang memiliki tugas untuk me-manage organisasi dalam lingkup khusus.

Siapa yang di manage? Staff atau karyawan yang ada di bawahnya.

Manager diberikan tanggung jawab untuk mengelola karyawan, dalam artian ia memimpin, mengarahkan, mengawasi, membimbing karyawan sesuai dengan tujuan organisasi tersebut. Tujuannya adalah agar pergerakan kerja karyawan bisa terarah atau teratur sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Seorang manager perusahaan akan memimpin sebuah tim, sehingga tentu saja ia perlu memiliki skill atau kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan sebuah tim agar bisa berjalan dengan baik.

Di perusahaan, masing-masing tim atau divisi ini memiliki manager tersendiri sehingga tidak heran jika ada lebih dari satu manager dalam perusahaan.

Software Hris Indonesia

 

Pengertian Manager Menurut Tokoh

Jika sudah memahami arti manager secara umum sesuai dengan ulasan di atas, maka selanjutnya kita cek pengertian manager menurut tokoh atau sumber tertentu.

1. KBBI

Manager / manajer adalah orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama dengan berbagai kelompok atau sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu.

Selain itu KBBI juga mendefinisikan manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk membuat rencana, mengatur, memimpin dan pelaksanaan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

2. James A.F. Stoner (1996)

Manager adalah orang yang bertanggung jawab mengarahkan usaha yang bertujuan untuk membantu organisasi mencapai sasarannya.

3. Pandji Anoraga (2004)

Manager adalah anggota organisasi yang menjadi pemimpin untuk menjalankan suatu tugas tertentu.

4. Sudono Sukirno (2006)

Manager adalah setiap orang yang bertanggung jawab atas bawahan dan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainya.

5. Winardi (2004)

Manager adalah orang yang menduduki posisi tertentu dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab terhadap sedikitnya pekerjaan satu orang dan yang memiliki wewenang atau otoritas formal atas orang tersebut.

Sehingga dari beberapa pendapat arti manager menurut beberapa sumber di atas, dapat dipahami bahwa manager adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mengatur sebuah tim untuk mencapai tujuan organisasi tertentu.

 

Pentingnya Manager Dalam Perusahaan

Untuk perusahaan kecil, memang sangat memungkinkan jika berjalan tanpa manager karena urusan dan lingkup yang dikerjakan masih kecil. Pun umumnya owner yang akan mengurus langsung sehingga karyawan akan langsung berhubungan dengan owner.

Namun jika perusahaan sudah berkembang dan besar, tentunya manager sangat dibutuhkan untuk mengurus divisi tertentu. Sebab owner akan kesulitan untuk mengatur segala hal di dalamnya sendirian, untuk itulah manager menjadi wakil.

Jika sebuah tim memiliki manager masing-masing maka, urusan utama sampai dengan printilan yang detail sangat mungkin diselesaikan dengan baik karena memang manager fokus untuk mengarahkan kerja tim tersebut. Lingkupnya juga hanya tim tersebut.

Selanjutnya, manager memiliki peran tertentu untuk mendukung perusahaan, diantaranya adalah

1. Peran Sebagai Leader

Manager memiliki peran sebagai pemimpin untuk satu tim yang ia pimpin. Sebagaimana tugas seorang pemimpin lainya, manager bertugas memberikan arahan, nasehat, memotivasi, memperbaiki kesalahan sehingga tim yang ia pimpin dapat berjalan dengan baik.

2. Peran Sebagai Penghubung Informasi

Manager juga memiliki peran sebagai penghubung informasi antara internal dan eksternal organisasi.

Manager bertanggung jawab untuk menyampaikan hasil kerja timnya langsung kepada atasan selanjutnya jika ada instruksi dari atasan maka manager juga perlu langsung menyampaikannya kepada timnya.

Selain itu juga jika ada informasi lainya dari divisi lain, manager juga lah yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi tersebut kepada tim.

3. Peran Sebagai Pengawas

Sebuah tim yang ia pimpin juga perlu diawasi. Monitoring karyawan bekerja juga merupakan peran manager agar sebuah tim bekerja dengan baik. Dari monitoring atau pengawasan seperti ini, jika ada yang salah maka bisa diperbaiki, jika ada yang kurang bisa dilengkapi selanjutnya juga menjadi bahan evaluasi agar proses kerja berlangsung baik.

4. Peran Problem Solving

Dalam bekerja, sangat lumrah jika kita menemukan masalah atau kendala. Namun jika bekerja dalam tim, kita tidak perlu menyelesaikannya sendirian sebab ada tim untuk membantu memecahkan masalah bersama-sama. Pemecahan masalah ini juga sangat bisa dibantu oleh manager.

Untuk itu manager perlu memiliki skill, pengetahuan yang baik juga pandangan yang lebih luas sehingga bisa membantu menyelesaikan masalah tim.

5. Peran Pengambil Keputusan

Pengambilan keputusan dalam sebuah tim juga dipengaruh oleh manager. Sebagi seseorang yang memiliki posisi pemimpin, manager adalah tempat untuk dimintai nasehat atau pertimbangan selanjutnya juga untuk memutuskan satu hal.

Jadi dari sini dapat diketahui bahwa manager memiliki banyak tanggung jawab dan peran di perusahaan. Tanpa manager, sebuah tim bisa berantakan atau keteteran karena tidak ada pemandu. Hasil kerjanya pun akan kurang maksimal.

 

Tingkatan Level Manager

Manager memiliki tingkatannya masing-masing lho. Berikut adalah level tingkatan manager yang perlu Anda ketahui.

Tingkatan Level Manager
Tingkatan Level Manager

1. Manager Puncak

Manajer yang memiliki tugas untuk merencanakan jalannya perusahaan jangka panjang sekaligus membuat strateginya.

2. Manager Tingkat Menengah

Penghubung manajer tingkat puncak dengan manager lini pertama.

3. Manager Lini Pertama

Merupakan manajer dengan tingkatan paling bawah yang bertugas untuk monitoring langsung kepada karyawan.

Sehingga posissi manager di perusahaan tidak hanya satu bidang saja, melainkan terbagi menjadi beberapa kelas atau tingkatan.

Baca Artikel : Pentingnya Perusahaan Memiliki Legal Officer

 

Tugas Manager

Secara umum, manager memiliki beberapa jenis tugas kepada karyawannya. Diantaranya adalah

1. Planing

Seorang manager bertugas untuk membuat perencanaan untuk beberapa waktu ke depan. Perencanaan kerja, target, sumber daya, waktu sampai dengan rencana anggaran yang dibutuhkan.

2. Organizing

Setelah pembuatan rencana kerja, selanjutnya ada penerapan rencana tersebut. Dalam pelaksanaan rencana kerja, manager perlu untuk meng-organize atau mengatur bagaimana sistem kerja yang akan dilakukan.

Baca : Rekomendasi Aplikasi Untuk Mempermudah Kerja Hrd

Di sinilah jika ada error, masalah dan konsultasi dari karyawan, peran manager sangat membantu.

3. Monitoring

Monitoring atau pengawasan dari jalannya rencana. Apakah sudah cukup berjalan dengan baik, bagian apa yang perlu ditingkatkan, mana yang tidak worth digunakan, bagaimana performa karyawan dan lain sebagainya.

4. Evaluating

Alur terakhir adalah evaluating atau evaluasi dari hasil kerja karyawan dan rencana yang sudah dilakukan. Evaluasi untuk menemukan perbaikan dan pengembangan dari rencana yang sudah dilakukan.

5. Lead

Tugas manager yang terus ada adalah lead atau memimpin. Menjadi team leader, bukan hanya memerintah namun lebih kepada mendampingi karyawan agar bekerja dengan lancar.

Menjadi manager, memiliki banyak tanggung jawab yang perlu diemban. Dari sisi tim yang ia pimpin juga pertanggungjawaban kepada atasan.

 

aplikasi absensi kantor kita

 

Kesimpulan

Seorang manager tidak cukup hanya dengan memiliki skill teknis sesuai bidangnya saja, melainkan perlu softskill karyawan yang lainya seperti kemampuan memimpin juga berorganisasi yang baik. Sebab ia akan memimpin sebuah tim dan mengurus banyak orang.

Informasi tentang manager perusahaan secara lengkap, bisa kamu baca di ulasan di atas. Cukup sekian dari kami, semoga informasi ini bermanfaat!

Kamu bisa membaca artikel menarik lainya tentang dunia kerja dan HR dari Kantor Kita. ikuti blog kantor kita terus ya!

Jika kamu membutuhkan aplikasi HR yang memiliki banyak fitur untuk manajemen karyawan, juga bisa banget pakai software HR Indonesia dari Kantor Kita. Membantu mengurus absensi karyawan sampai dengan pengelolaan gajinya dalam aplikasi absensi karyawan Kantor Kita.

Cek informasi kelengkapan fiturnya di fitur aplikasi absensi Kantor Kita.

Previous articleMacam-Macam Mesin Absensi Bagi Perusahaan
Next articleInformasi Lengkap Tentang Sales Representative

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here