Peran Team Leader untuk Kelancaran Kerja Karyawan

0
2118
Peran Team Leader untuk Kelancaran Kerja Karyawan
Peran Team Leader untuk Kelancaran Kerja Karyawan

Peran Team Leader untuk Kelancaran Kerja KaryawanTeam leader adalah salah satu bagian yang cukup memengaruhi kesuksesan dan kelancaran kinerja karyawan di kantor. Tanggung jawab team leader cukup besar untuk memastikan kinerja karyawan di bawah posisinya dalam kondisi aman dan lancar. Selain cukup berperan penting untuk perusahaan, team leader juga sangat berperan untuk karyawan. Jika ada kendala kerja dan hal lainya, karyawan bisa lebih mudah mengutarakan masalahnya ke team leader, sehingga bisa segera teratasi.

Sudah seharusnya setiap tim perusahaan memiliki team leader untuk memberikan kelancaran karyawan dalam bekerja. Pun hasil pengorganisasian karyawan menjadi lebih terstruktur dengan bantuan team leader ini.

Bagaimana dengan tempat kerja Anda? apakah sudah membentuk team leader untuk memimpin kerja setiap divisi? Mari kita bahas lebih dalam tentang peran team leader pada ulasan Kantor Kita hari ini.

Team Leader

Team leader atau bisa kita kenal dengan pemimpin tim adalah seseorang yang diberikan tanggung jawab untuk mengorganisir sebuah tim agar bisa bekerja dengan lancar. Peran team leader tidak hanya untuk monitoring kerja anggota tim saja melainkan juga membantu tim ketika menghadapi masalah dengan memberikan jalan keluar, saran maupun pandangan untuk menyelesaikan masalahnya.

Tentunya team leader perlu memiliki keterampilan yang mumpuni pada bidang yang ia pegang, sehingga ia memiliki ilmu untuk membantu kerja anggota timnya. Baik kemampuan teknis pekerjaan maupun softskill untuk memimpin banyak anggota tersebut.

Mungkin di beberapa waktu lalu kita menemui quote yang menjelaskan tentang leader. Dimana leader adalah orang yang bekerja sama anggotanya untuk mencapai sebuah tujuan dengan cara membimbing, memberi pedoman, menuntun anggotanya.

Untuk menentukan team leader pastinya bukan hanya dilihat dari skill teknis yang dimiliki saja namun juga perlu diperhatikan softskill yang diperlukan, seperti skill public speaking, skill memimpin, komunikatif  dan skill bersosial.

Team leader akan sangat memengaruhi kondisi dan kinerja karyawannya, jika team leader memiliki kinerja yang positif maka anggota timnya pun akan mengikuti. Sebaliknya jika team leader bekerja dengan buruk maka jangan heran jika kondisi kinerja karyawan juga buruk.

Seperti halnya seorang anak yang meniru perilaku orang tuanya, anggota tim akan mencontoh dan meniru kerja dari team leadernya. Untuk itu akan sangat diperlukan memilih team leader yang tepat untuk memimpin sebuah tim.

Fungsi Team Leader

Seperti yang kita tuliskan di atas, team leader tidak hanya melakukan monitoring kerja anggotanya saja melainkan memiliki beberapa fungsi lainya. Diantaranya adalah

1. Fungsi Konsultasi

Team leader berperan sebagai sosok yang memberikan jawaban ketika anggota tim nya membutuhkan masukan dan saran untuk pekerjaan. Ilmu dan pengalaman Team leader yang dinilai lebih luas diharapkan bisa membantu anggota tim dalam menyelesaikan masalahnya.

Konsultasi atau komunikasi dua arah ini diperlukan untuk memberikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, memberikan masukan dalam pelaksanaan kerja dan juga memberikan jawaban yang dibutuhkan karyawan.

Dalam hal ini Team leader bisa mengandalkan kemampuan yang dimiliki atau juga bisa berkoordinasi lagi dengan posisi terkait lainya.

2. Fungsi Instruktif

Instruksi atau memberikan perintah, juga merupakan tanggungjawab dari Team leader. Jika ada tugas atau project baru dari atasan, maka team leader memiliki hak untuk memberikan perintah kepada anggota tim yang berkaitan untuk menjalankan tugas tersebut.

Team leader juga bertindak sebagai penyambung perintah dari atasan agar bisa di handle oleh tim kerjanya.

Dalam memberikan tugas seperti ini, juga menjadi tanggung jawab team leader untuk memberi keputusan waktu pengerjaan dan deadline, bagaimana cara kerjanya, media yang digunakan, budgeting jika dibutuhkan. Juga menjadi sumber informasi ketika anggota tim melaksanakan pekerjaan tersebut.

Jika ada masalah dengan pengerjaan maka team leader juga lah yang harus membantu anggota tim mencari solusi yang tepat bersama.

3. Fungsi Kontrol

Kinerja tim pastinya membutuhkan kontrol untuk mengawasi pekerjaan berjalan dengan lancar atau tidak. Kontroling ini misalnya pada kualitas pekerjan, waktu pengerjaan sampai dengan hasil dari pekerjaan.

Tanpa adanya kontrol yang baik sebuah tim tidak akan menghasilkan kinerja yang baik pula, goal yang ditetapkan juga akan jauh dari target.

Praktik dari kontroling ini misalnya mengingatkan pekerjaan anggota tim, memonitor pelaksanaan kerja tim, memeriksa dan memastikan hasil kerja anggota tim. Jika ada anggota tim yang bekerja tidak sesuai maka team leader yang bertindak untuk memberikan notice atau mengingatkan.

4. Fungsi Partisipatif

Team leader tidak hanya memberikan keputusan satu arah dan memrintah karyawan saja. Team leader juga perlu untuk mengajak anggota timnya untuk ikuti berpartisipasi dan aktif dalam pengambilan keputusan.

Sehingga semua anggota tim mengetahui rencana yang akan dilakukan dan bisa menyalurkan ide atau pemikirannya.

Hal ini akan membuat anggota tim lebih dihargai karena suaranya didengarkan juga membuat rencana kerja lebih sempurna karena dikoreksi dan diperbaiki dari anggota karyawan.

Selain dari fungsi utama di atas team leader juga perlu memberikan motivasi kerja dan membantu suasana kerja yang aktif kepada anggota timnya. Sebab seperti yang kita tahu bahwa bekerja anggota tim pastinya merasakan exhausted dan kesulitan pada beberapa waktu,  tugas team leader memberikan motivasi dan membangun semangat karyawannya lagi.

Membangun suasana kerja yang menyenangkan juga bisa dilakukan dengan melakukan komunikasi yang sehat kepada anggota tim dan lain sebagainya.

Baca : Artificial Intelligence, Dampaknya Untuk Industri & Dunia Kerja

Tugas Team Leader

Selain memiliki fungsi utama seperti uraian di atas, team leader juga memiliki tugas harian atau bulanan tertentu. Diantaranya adalah

  1. Membuat kalender kerja
  2. Membuat rencana project
  3. Mengatur budgeting tim
  4. Laporan kerja tim
  5. Menghubungkan informasi atasan dengan karyawan
  6. Memeriksa hasil kerja anggota karyawan
  7. Membantu anggota tim yang membutuhkan konsultasi
  8. Monitoring kerja tim

Memilih Team Leader Di Perusahaan

Jika sudah mengetahui tugas team leader dan fungsinya di perusahaan, maka penting untuk memilih team leader yang berkualitas. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan team leader ini?

1. Kemampuan Memimpin

Satu syarat yang harus dipehatikan dalam memilih team leader adalah dengan melihat kemampuan memimpinnya.

Hal ini bisa terlihat dari kesehariannya dalam bekerja, apakah ia memiliki gaya komunikasi yang baik, bagaimana ia bersosial kepada rekan kerja, bagaimana ia bersikap ketika menghadapi masalah.

Kemampuan memimpin ini juga dilihat dari kemampuannya dalam memengaruhi orang lain juga integritasnya dalam bekerja.

Jika ada karyawan yang memiliki skill memimpin yang baik maka sangat terbuka untuk menjadi team leader.

2. Skill Komunikasi

Skill komunikasi sangat diperlukan untuk pemimpin mengutarakan ide dan rencanannya. Seperti pada poin satu, seorang pemimpin memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain maka dengan skill komunikasi yang dimiliki akan mendorong hal ini semakin mudah untuk dilakukan.

Skill komunikasi juga diperlukan dalam pemecahan masalah dalam bekerja. Dalam bekerja pastinya akan ada masalah salah paham yang disebabkan komunikasi yang kurang lancar maka untuk seorang pemimpin wajib memiliki skill komunikasi ini untuk memudahkan kerja dalam tim.

3. Ilmu Yang Dimiliki

Penguasaan ilmu akan bidang tertentu juga akan sangat membantu seorang team leader menyelesaikan permasalahan dalam tim. Penguasaan ilmu ini bisa dilihat dari latar belakang Pendidikan yang dimiliki dan juga pengalaman kerja dan organisasinya.

Untuk itu variable penguasaan ilmu perlu ditetapkan dalam memilih team leader organisasi.

4. Kepribadian

Selanjutnya adalah kepribadian, dimana kepribadian team leader akan sangat memengaruhi suasana dan kondisi dalam tim. Team leader yang memiliki karakter positif, menyenangkan dan terbuka akan memengaruhi kondisi karyawan juga.

Dengan memiliki team leader yang menyenangkan maka anggota tim juga akan lebih mudah dan ringan ketika berinteraksi denganya team leader dalam bekerja. Hasilnya pekerjaan juga akan lebih lancar.

Itulah kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi team leader sebuah tim, selain skill teknis yang mendukung pekerjaan juga diperlukan softskill lainya.

Kesimpulan

Team leader sangat berperan dalam menjaga kinerja karyawan di perusahaan. Dimana team leader inilah yang langsung berhubungan dengan karyawan dan juga menjembatani karyawan dengan atasan. Untuk menjadi team leader sendiri ada kualifikasi khusus yang diperlukan, misalnya dari penguasaan skill teknis sampai dengan softskill yang mendukung.

Nah bagaimana? Apakah tim Anda sudah memiliki team leader yang tepat? jika belum Anda bisa mengusulkan menunjuk team leader untuk mengorganisir kerja lebih rapih dan terstruktur lho.

aplikasi absensi

Baiklah sekian informasi hari ini tentang peran, fungsi team leader dan tugas team leader dalam perusahaan. Semoga membantu Anda ya!

Jangan lupa jika perusahaan Anda membutuhkan software HR untuk membantu mengelola karyawan dan pekerjaan HR bisa menggunakan software HR indonesia Kantor Kita.

Aplikasi HR yang menyediakan aplikasi absensi karyawan online sampai dengan payroll dan database karyawan dengan lengkap.

Anda bisa langsung daftar Kantor Kita dengan menggunakan kesempatan free trial 30 hari atau juga bisa konsultasi lebih dulu ke tim CS Kantor Kita di kontak yang sudah ada.

Baca : Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Previous articlePentingnya Perusahaan Memiliki Legal Officer
Next articlePsikotes Dalam Recruitmen Karyawan : Jenis Dan Kegunaannya  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here