Artificial Intelligence, Dampaknya Untuk Industri & Dunia Kerja

0
4637
Artificial Intelligence, Dampaknya Untuk Industri & Dunia Kerja

Artificial Intelligence, Dampaknya Untuk Industri & Dunia KerjaBeberapa waktu belakangan ini, istilah artificial intelligence atau biasa disebut juga dengan AI adalah salah satu topik yang banyak dibahas di Indonesia. Memang, istilah AI sudah lama diangkat di permukaan sejak beberapa tahun yang lalu, namun menjadi hal yang ramai karena mulai banyak diterapkan termasuk di Indonesia.

Topik AI ini menjadi sangat menarik perhatian publik karena bisa menggeser kehadiran manusia, sehingga semua hal bisa digantikan oleh robot. Dengan tujuan untuk memudahkan dan mengefisienkan kerja manusia.

Namun di sisi lain, penggunaan robot AI ini juga mengancam posisi manusia dalam dunia kerja jika diterapkan di industri. Sebab tugas-tugas yang seharusnya bisa diolah manusia, tergantikan dengan tenaga robot.

Mari kita bahas Bersama!

AI (Artificial Intelligence )

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi kecerdasan buatan dimana ditanamkan perilaku mirip manusia, yang bisa mendengar, merasakan, dan bertindak. Hal ini bisa dilakukan dengan pengenalan suara, pengenalan wajah dan juga hal-hal lain yang bisa membantu mengartikan keinginan manusia.

Arti AI menurut:

  1. Menurut Staugard dan Marvin Minsky mengatakan bahwa AI itu adalah intelegensi buatan yang berisi pengetahuan yang membuat sebuah mesin bisa mengasilkan output seperti manusia.
  2. Menurut Schildt (1987), menuliskan bahwa kecerdasan buatan (AI) dibuat dengan perilaku yang mirip dengan manusia apabila dihadapkan dengan masalah yang dihadapi manusia.
  3. McCarthy (1956), AI digunakan untuk mengetahui dan memodelkan proses berpikir seperti manusia. Dimana AI ini didesain untuk menirukan perilaku manusia. Cerdas karena diberikan pengetahuan dan penalaran seperti halnya manusia.

Dari penjelasan di atas, sudah cukup jelas bahwa AI dibuat untuk berperilaku seperti manusia untuk penyelesaian masalah. Yang ini nantinya digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah di kehidupan manusia.

Termasuk di bidang kerja, dimana perusahaan bisa menggunakan AI untuk membantu menyelesaikan urusan pekerjaan di kantor. Hal ini dinilai memberikan kemudahan dan kerja yang lebih fleksibel karena bisa on 24 jam secara otomatis.

Artificial Intelligence di Dunia Industri

Sekarang ini AI sudah banyak diterapkan di berbagai industri. Bahkan di sekitar kita pun sudah menggunakan AI ini tanpa Anda sadari. Ada beberapa jenis penggunaan AI di berbagai industri. Beberapa penerapan Artificial Intelligence di dunia industri diantaranya adalah

1. Asisten Virtual

Pernahkah Anda menggunakan google untuk menemukan rumah makan terdekat, atau menggunakan google maps untuk mencari toko buku yang Anda tuju atau juga menggunakan pencarian suara di smartphone Anda?

Jika Anda pernah menggunakan semuanya, ini adalah produk dari AI di bidang industri teknologi dan informasi. Google sudah menggunakan AI untuk mempermudah kehidupan sehari-hari kita. sehingga kita bisa lebih terbantu di keseharian.

Dengan hanya menggunakan tanda pengenalan suara, kita bisa melakukan apa saja. Tanpa perlu mengetik. Pun rumah makan terdekat bisa Anda temukan dengan saran dari robot AI ini.

Baca Artikel : Bagaimana Cara Membuat Aturan untuk Karyawan di Perusahaan?

2. Bidang Teknologi & Keamanan

Di bidang teknologi online, banyak celah keamanan sehingga memiliki pengaruh terhadap keamanan berinternet atau menggunakan teknologi. Namun masalah keamanan ini sekarang bisa lebih kuat menggunakan cara keamanan pengenalan wajah (facerecognition).

Tanda pengenalan wajah ini banyak digunakan pada banyak teknologi sekarang ini, mulai dari aplikasi absensi online dan layanan online lainya. Sehingga teknologi bisa lebih akurat dan tidak bisa dibohongi lagi.

Nah jika Anda menggunakan teknologi face recognition, berarti Anda sudah menggunakan teknologi AI di keseharian Anda.

3. Bidang Pelayanan/Service

Selanjutnya adalah bidang pelayanan customer. Dimana sekarang sudah banyak penggunaan chatbot untuk menggantikan CS, karena bisa on 24 jam. Chatbot ini dibuat secara otomatis untuk melakukan auto reply. Hal ini bisa diterapkan di email atau alat perpesanan lainya.

Jadi pelayanan online untuk merespon customer ini bisa lebih mudah dan cepat menggunakan kecerdasan buatan yang ada di chatbot.

4. Bidang Marketing / Periklanan

Bersama berkembangnya periklanan digital atau digital marketing, kecerdasan buatan ada di dalamnya. Hal ini bekerja dengan menampilkan iklan kepada pengguna tertentu.

Misalnya ketika Anda sedang mencari aplikasi kantor dipencarian internet maupun sosial media dan marketplace, setelah itu akan muncul iklan-iklan yang relevan denga napa yang Anda cari. Dengan begitu iklan bisa tampil secara spesifik kepada seseorang yang membutuhkan.

Sama halnya ketika Anda mencari produk tertentu di marketplace, maka akan muncul banyak rekomendasi produk lainya untuk Anda.

Baca Artikel : 5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

Inilah penggunaan AI di bidang marketing. Dimana mereka menggunakan alogaritma untuk membaca perilaku Anda di platform tersebut. Untuk kemudian AI membantu untuk menampilkan hal yang berkaitan dengan itu.

Itulah beberapa penerapan AI dalam berbagai industri di sekitar kita. Sudah atau belum disadari AI ini pastinya akan semakin canggih dan akan membantu kehidupan keseharian kita.

Penerapan Artificial Intelligence di Dunia Kerja

AI tidak hanya ada di industri teknologi saja, namun sekarang sudah banyak diterapkan di dunia kerja. Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa terbantu terselesaikan dengan AI. Beberapa diantaranya adalah

No Bidang kerja Penjelasan
1. Customer service Menggunakan chatbot yang sudah ditanami dengan sistem AI sehingga bisa membalas pesan otomatis kepada customer.
2. Tenaga administrasi AI memberikan kemudahan pada sistem administrasi misalnya tidak perlu membuat laporan, grafik dan pengumpulan informasi lainya.
3. Kasir Sekarang ada banyak mesin yang membuat pembeli melakukan service nya sendiri.
4. Teller banker Urusan administrasi dan keuangan bisa dimunculkan secara otomatis tanpa perlu mendata satu persatu. Pun mesin atm juga bentuk AI di dunia perbankan.
5. Telemarketing Pengiklanan bisa dilakukan secara digital/online lagi. Pun pengiriman banyak pesan penawaran otomatis bisa dilakukan.

Table 1 penggunaan AI di dunia kerja

Itulah posisi yang bisa diterapkan dari AI. Dengan penerapan ini, perusahaan bisa terbantu karena kemudahannya.

Namun apakah benar bahwa penerapan artificial intelligence di dunia kerja akan menggantikan manusia dalam pekerjaanya? Dan menimbulkan masalah pengangguran baru untuk lingkup kerja?

Apakah Artificial Intelligence Akan Mengancam Karyawan Di Dunia Kerja?

Banyak yang menakutkan tentang adanya AI ini akan membuat banyak posisi kerja jadi terancam. Namun dengan perkembangan AI ini, banyak ahli yang mengatakan bahwa AI tidak akan mengancam di dunia kerja.

Sebab AI adalah teknologi yang ditanamkan dalam robot sehingga ada pekerjaan yang membutuhkan empati dan perasaan tidak akan bisa ter-cover oleh robot AI.

Robot AI memang bisa membantu urusan CS atau administrasi namun untuk kreatifitas, empati dan hal terkait psikologi lainya, ia tidak bisa diandalkan.

Beberapa posisi seperti pemandu wisata yang perlu ramah, guru yang perlu mengajar dengan hati, dan seniman yang perlu kreatifitas dan keunikan tidak bisa tergantikan oleh robot AI.

Sedangkan untuk mesin yang menggantikan manusia, seperti mesin bangunan 3D atau untuk mesin lainya, maka manusia bisa dilatih sebagai operator untuk mengendalikan mesin tersebut.

Baca : Pentingnya Work Life Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk Karyawan

Jadi Kembali lagi pada konsep AI digunakan untuk membantu menyelesaikan urusan manusia agar lebih cepat. Apalagi untuk pendataan.

Nah jadi begitu ya, penjelasan mengenai Artificial Intelligence (AI) di dalam kehidupan kerja untuk Anda.

Kelola Karyawan dengan Kantor Kita

Walaupun sekarang menggunakan AI untuk di kantor, namun SDM tetap menjadi satu hal yang paling utama. Karena SDM tetap aset yang berbeda dengan robot.

Nah Anda bisa memanfaatkan AI untuk membantu menyelesaikan urusan HRD dalam pengelolaan SDM di kantor dengan mudah.

Urus Cuti Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Kantor Kita
Urus Cuti Karyawan Lebih Mudah dengan Aplikasi Kantor Kita

Salah satunya dengan menggunakan aplikasi kantor, yaitu aplikasi HRIS Kantor Kita. hadir dengan banyak fitur untuk mengelola kerja SDM di keseharian.

Mulai dari fitur absensi online sampai dengan aplikasi laporan karyawan lengkap. Pun ada tambahan plugin yang bisa mendukung kerja di kantor, yaitu plugin penghitungan bpjs online sampai dengan plugin pengelolaan inventaris perusahaan.

Pengelolaan karyawan jadi lebih mudah dan cepat bersama Kantor Kita. Daftar segera atau coba demo 14 hari gratis.

Sekian ulasan hari ini tentang Artificial dan dampaknya untuk industri, semoga bermanfaat!

Previous articleUsia Pensiun Karyawan Swasta dan Dasar yang Mengaturnya
Next articlePersiapan HRD dalam Masa Orientasi Karyawan Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here