5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

0
36
cara membuat karyawan nyaman
5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja – Kenyamanan adalah salah satu faktor yang membuat pekerja bertahan dalam sebuah pekerjaan atau perusahaan. Tanpa adanya kenyamanan dalam lingkungan kerja akan ada banyak kasus turnover maupun masalah kesehatan mental yang di derita karyawan yang memberikan imbas kepada hasil kinerja juga.

aplikasi kantor kita
Gunakan Aplikasi Kantor Kita Untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Oleh karena itu kenapa kenyamanan dalam bekerja perlu diutamakan dalam membangun lingkungan kerja yang positif. Ada beberapa hal yang membuat karyawan merasa nyaman dan betah dalam pekerjaan tersebut hingga ia bisa bekerja dengan baik dan memberikan result yang baik pula untuk perusahaan.

Masalah kenyamanan untuk semua karyawan ini menjadi masalah bersama dan terutama managemen perusahaan. Bagaimana sih cara membuat karyawan nyaman bekerja? Berikut ulasanya untuk Anda

Bangun Lingkungan yang Komunikatif

Komunikasi adalah kunci utama manusia dalam berkoordinasi dan memahami satu sama lain. Komunikasi sangat diperlukan untuk membangun lingkungan kerja yang sehat, dan lingkungan ini yang membuat karyawan merasa lebih nyaman dalam bekerja.

Membangun lingkungan yang komunikatif bukan hanya soal memberikan arahan yang baik namun juga tentang mendengarkan dan memberikan kesempatan karyawan untuk berbicara atau berpendapat guna memberikan masukan sehingga komunikasi bisa berjalan dua arah.

Berpakaian Kasual Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Kantor
Membangun lingkungan yang komunikatif

Jika karyawan diberi kesempatan untuk mengutarakan pendapat dengan baik, ini membangun lingkungan kerja yang aktif dan tidak ada ketakutan atau keraguan untuk mengutarakan pendapat sehingga semua karyawan memiliki hak berbicara dan membuat karyawan merasa dihargai karena pendapatnya bisa didengarkan.

Jika karyawan memiliki  komunikasi yang aktif dan sehat seperti ini kerjapun lebih terasa mudah dan ringan dalam berkoordinasi maupun penyelesaian pekerjaan.

Walaupun masalah komunikasi ini cukup terlihat sederhana namun masih banyak perusahaan yang tidak menerapkan komunikasi yang sehat ini di lingkungan kerja sehingga ada beberapa pihak yang tidak bebas memberikan masukan dan saran karena takut jika salah ataupun merasa saran yang diberikan tidak dipedulikan.

Memberikan Hak Karyawan dengan Baik

Dalam dunia kerja ada beberapa jenis hak yang wajib dipenuhi perusahaan untuk karyawan. Pemberian hak ini memiliki arti sangat penting untuk karyawan dan menjadi salah satu faktor kenyamanan karyawan dalam perusahaan tersebut.

Beberapa jenis hak yang bisa didapatkan karyawan di lingkungan kerja, misalnya hak untuk mendapatkan upah, hak mendapatkan perlakuan yang sama, hak untuk dilindungi, hak cuti dan lain sebagainya.aplikasi absensi perusahaan

Bahkan masalah hak karyawan ini juga sudah dengan lengkap diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 sehingga perusahaan harus memberikan hak karyawan dengan baik.

Setelah karyawan melakukan kewajibanya yaitu bekerja dengan waktu yang telah ditentukan di perushaan tersebut, maka karyawan juga bisa menuntut akan hak yang harusnya ia dapatkan. Jika perusahaan sudah memberikan hak-hak dengan baik dan sesuai dengan aturan, karyawan akan merasa aman ketika bekerja diperusahaan tersebut, ini membangun kepercayaan karyawan agar tetap bertahan karena semua haknya sudah dipenuhi dengan baik.

Hak yang sudah dipenuhi membuat karyawan nyaman sehingga dalam bekerjapun juga lebih fokus dan tulus.

Apakah perusahaan tempat kerja Anda sudah memberikan hak karyawan dengan baik?

Budaya Apresiasi Kepada Karyawan

Taukah Anda memberikan apresiasi kepada karyawan hanya menggunakan ucapan atau pesan saja memberikan dampak yang besar untuk kinerja karyawan.

Memberikan apresiasi atas pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik membuat karyawan untuk terus termotivasi dan semangat dalam menyelesaikan pekerjaanya. Apresiasi adalah satu hal kecil namun besar pengaruhnya untuk karyawan.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id

Untuk atasan atau kepala divisi dan ketua tim, jika Anda memberikan apresiasi kepada anak buah Anda ini membuat mereka merasa lebih diharga dalam lingkungan kerja tersebut, mereka dianggap memiliki andil yang besar dan memiliki pengaruh untuk tim tersebut oleh karena itu memberikan apresiasi cukup penting dan kebiasaan yang harus dibangun untuk mendapatkan lingkungan kerja yang baik.

Memberikan apresiasi tidak hanya diberikan untuk karyawan yang berprestasi saja namun untuk semua karyawan walau memerlukan evaluasi namun kerja keras mereka perlu dihargai.

Memberikan apresiasi untuk semua karyawan perlu dilakukan sebagai budaya dasar agar menjadi budaya kerja yang turun temurun diwariskan untuk lingkungan kerja yang lebih baik.

Gunakan Teknologi

Hidup di masa serba digital seperti ini, penggunaan teknologi sangat berarti untuk perusahaan dan karyawan. Seperti tujuan pembuatannya, teknologi di lingkungan kerja digunakan untuk mempermudah urusan pekerjaan manusia. Di perusahaan penggunaan teknologi digunakan untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, dan menggunakan tenaga yang lebih efisien.

Cara lama dan konvensional jika masih digunakan untuk perusahaan bisa membuat karyawan merasa keberatan dan hasilnya kurang efektif, tidak cocok dengan perkembangan zaman, oleh karena itu menyokong karyawan dengan teknologi sangat penting untuk membuat karyawan merasa mudah dalam bekerja hingga hasilnya juga lebih baik, hal ini tentunya juga berimbas kepada kenyamanan karyawan.

Baca Artikel Adanya Fasilitas Berupa Teknologi Membuat Karyawan Lebih Betah Bekerja Di Kantor

Beberapa teknologi yang sudah banyak digunakan adalah perangkat komputer, smarphone, penggunaan software dan aplikasi komputer untuk pekerjaan kantor sampai dengan penggunaan aplikasi absensi online ( backlink kantor kita home).

Menggunakan teknologi karyawan merasa bahwa tempat kerjanya lebih modern dan menyokong kinerja karyawan dengan lebih baik. Teknologi merupakan bentuk kelengkapan fasilitas untuk karyawan. Jika fasilitas sudah lengkap maka karyawan juga akan berpikir ulang jika ingin meninggalkan pekerjaan tersebut.

Pengembangan Diri untuk Karyawan

Bekerja selain menggunakan ilmu dasar yang dipelajari secara pribadi maupun dari lembaga belajar, juga harus diupdate. Bekerja tidak melulu dengan ilmu yang sama namun juga membutuhkan pengembangan.

tips puasa
aplikasi kantor kita membantu memantau kinerja karyawan

Nah salah satu bagian dari cara membuat karyawan nyaman bekerja adalah dengan memberikan pengembangan ilmu terkait pekerjaan maupun pengembangan pribadi agar pikiran karyawan lebih terbuka dan siap kembali bekerja dengan fresh.

Pengembangan diri yang sangat berguna untuk karyawan adalah hal-hal yang memengaruhi psikologi dalam pekerjaan. Misalnya stress managemen, skill berkomunikasi, kepemimpinan dan pengembangan softskill  lainya.

Pemberian Evaluasi dan Masukan

Pemberian evaluasi juga merupakan bentuk hal yang membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja karena dengan dilakukannya evaluasi, pekerjaan menjadi lebih terarah seperti mengetahui apa yang kurang dan akan dibuat bagaimana dan lain sebagainya. Jadi dengan diadakanya evaluasi membuat mereka lebih merasa diperhatikan dan tidak bekerja sendirian.

Daptatkan informasi terbaru mengenai Edaran Kemnaker Tunjangan Hari Raya 2021: Keringanan untuk Perusahaan Terdampak Pandemi Covid

Namun dibalik evaluasi dan kritik tidak hanya dilakukan dengan begitu saja karena juga ada saran yang membangun untuk membantu karyawan mencari jalan keluar ketika ada masalah yang berkaitan dengan pekejaan. Memberikan saran dan masukan membuat karyawan lebih terbuka dan mengetahui ilmunya tentu saja mereka juga merasa tidak bekerja sendiri dan mencari solusi sendiri karena ada orang yang mau membantu dan memberi saran ketika dibutuhkan. Pun jika konsultasi ada seseorang yang bisa diajak diskusi, dengan begitu ini membuat mereka banyak belajar dan menyerap ilmu sehingga mereka juga akan berpikir ulang ketika memikirkan resign dari perusahaan tersebut.aplikasi absensi

Kesimpulan

Memberikan karyawan perlakuan seperti poin poin di atas, akan membantu karyawan merasa lebih baik dan betah untuk bekerja di perusahaan Anda. Jika mereka betah dan nyaman tentu saja angka turnover juga bisa diturunkan.

Baca Artikel Fitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan

Kenyamanan karyawan dalam bekerja juga sangat penting untuk membangun lingkungan kerja yang sehat sehingga kinerja karyawanpun juga lebih optimal.

Sekian cara membuat karyawan nyaman bekerja  semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here