Tips Mengatur Waktu di Bulan Ramadhan untuk Pekerja

0
276
Tips Mengatur Waktu di Bulan Ramadhan untuk Pekerja

Tips Mengatur Waktu di Bulan Ramadhan untuk PekerjaKetika bulan puasa tiba, ada beberapa jadwal yang harus digeser agar semua agenda harian bekerja dengan lancar. Masalah managemen waktu ini menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik untuk mencapai target ibadah, target kerja maupun target pribadi bisa tercapai dengan baik.

Bagaimana sih tips agar Ramadhan bisa berjalan dengan baik pun juga agar pekerjaan juga bisa berjalan dengan baik. Mari kita bahas Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan bersama Kantor Kita 

Tetapkan Goal Apa yang Ingin Dicapai

Sebelum benar-benar membuat managemen waktu atau jadwal harian, kamu harus tau dulu apa goal yang ingin kamu raih pada bulan Ramadhan ini. Apakah ada goal ibadah, goal bekerja atau yang lainya untuk kemudian buatlah list apa saja yang ingin di capai, dengan begitu kamu bisa menemukan cara yang tepat untuk mewujudkanya.

Mencari cara yang tepat untuk mewujudkan goal inilah yang menjadii awal untuk mengatur waktu selama bulan Ramadhan. Untuk kemudian sesuaikan jadwal utama dengan jadwal-jadwal baru untuk mencapai goal tersebut.

  1. Waktu Tidur

Salah satu hal yang cukup berubah selama di bulan Ramadhan adalah waktu tidur. Jika biasanya kita bisa tidur lebih larut untuk bangun jam 5 atau 6 pagi, sekarang kamu harus mempertimbangkan waktu untuk sahur sehingga waktu tidurmu harus terpotong beberapa waktu untuk sahur ini. Apalagi setelah sahur kita juga dianjurkan untuk tidak tidur lagi, untuk Sholat subuh dan melakukan aktifitas pagi lainya.

Kebutuhan tidur harus tercukupi, kamu bisa mulai mengubah jadwal tidur kamu untuk mendapatkan waktu tidur yang optimal. Misalnya kamu bisa mengubah waktu pergi ke tempat tidur lebih awal satu jam atau dua jam dari biasanya, sehingga ketika sahur kamu bisa bangun tepat waktu pun saat bekerja kamu juga bisa bekerja dengan optimal karena kebutuhan tidur sudah cukup.

Jangan sampai waktu tidur berjalan berantakan ya saat bulan Ramdhan ini, hal ini hanya akan merugikan dirimu sendiri karena masalah kurang tidur. Yuk agendakan waktu tidur agar lebih terjadwal dan teratur.

  1. Waktu Bekerja

Waktu bekerja ini, karyawan mengikuti dengan kebijakan kantor pun. Namun untuk freelancer maupun wiraswasta bisa menjadwakan waktu bekerjanya secara mandiri. Sekarang ini penjadwalan dan absensi juga sudah dilakukan dengan mudah karena sudah ada teknologi aplikasi absensi online.

Umumnya ada pengurangan waktu bekerja untuk karyawan sehingga jam kerja lebih singkat sehingga pekerjaan akan lebih ringan dari sebelumnya. Optimalkan waktu bekerja ini dengan baik agar tetap  produktif seharian.

Update informasimu mengenai Edaran Kemnaker Tunjangan Hari Raya 2021: Keringanan untuk Perusahaan Terdampak Pandemi Covid 

Untuk freelancer, kamu bisa menjadwalkan waktu bekerja sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu dalam bekerja. Jika biasanya bekerja dari pagi sampai siang maka kamu bisa menggeser waktu bekerja pagi dan sore hari.

Waktu bekerja ini juga memerlukan jeda untuk membantu kamu mengumpulkan energi lagi, kantuk dan lapar pasti ada namun bekerja secara profesional juga tetap harus dilakukan. Hindari membawa pekerjaan di rumah, karena hal ini akan membuat waktumu untuk hal lain juga ikut berantakan. Atur pekerjaan se-efisien mungkin agar bisa menikmati waktu Ramadhan secara optimal baik untuk bekerja, beribadah maupun untuk keluarga.

  1. Waktu Ibadah

Salah satu goal dalam bulan Ramadhan untuk banyak orang adalah mencapai target ibadah yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Tidak heran banyak muslim yang berlomba-lomba dalam bulan ramadhan ini, karena ini adalah bulan yang penuh berkah untuk masyarakat muslim.

tips puasa
Apakah kamu sudah menentukan goal ibadahmu?

Target ini tergantung dari masing-masing orang namun agar bisa mencapai target ini pastinya harus menjadwalkan atau mengatur waktu dengan baik sehingga bisa didapat target yang diinginkan, dan waktu bekerja maupun ibadah bisa berjalan dengan lancar.

Umumnya waktu yang digunakan untuk kepentingan ibadah dilakukan di malam hari, setelah berbuka sampai menjelang tidur atau bisa dilanjutkan setelah sahur.

Apakah kamu sudah menentukan goal ibadahmu? Dan apakah jadwal sudah kamu buat untuk mencapai target yang kamu inginkan? Yuk maksimalkan ibadah namun juga tetap memperhatikan masalah waktu keseharian dan kerja dengan baik agar semua bisa berjalan beriringan.

  1. Waktu Untuk Keluarga

Hal yang harus diperhatikan Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan ini, selain mengutamakan waktu untuk bekerja dan beribadah, jangan lupa juga sediakan waktu untuk keluarga sehingga di momen Ramadhan ini hubungan keluarga tetap terpupuk dengan baik.

Sempatkan waktu berkumpul dengan keluarga seperti ayah, ibu ataupun anak, jangan sampai kesibukan membuat keluarga kurang diperhatikan.

Biasanya momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga saat bulan Ramadhan ini adalah saat sahur maupun berbuka. Manfaatkan waktu ini untuk memupuk kasih sayang antar keluarga agar kualitas hubungan juga lebih baik.

  1. Hindari Penggunaan Gadget Berlebihan

Saat masuk di bulan Ramadhan, banyak jadwal yang berubah. Waktu luang sangat diperlukan untuk beristirahat atau untuk menyelesaikan aktifitas harian yang membuatmu lebih produktif. Banyaknya goal atau tujuan yang akan dicapai membuat kamu harus juga mengatur pembatasan akan penggunaan gadget.

 

Hindari Penggunaan Gadget Berlebihan

 

Hal ini digunakan untuk menghindari waktu terbuang percuma atau untuk menghindari rasa malas untuk melakukan sesuatu. Di waktu Ramadhan ini sangat penting melakukan pekerjaan yang lebih bermanfaat daripada digunakan untuk bermain sosial media.

Penggunaan gadget maupun sosial media yang berlebihan akan membuat rasa malas muncul lebih besar daripada waktu untuk produktif.

  1. Waktu Istirahat

Waktu yang harus dimasukan dalam jadwal harian bulan ramadhan adalah menyempatkan diri untuk berisitirahat di siang hari. Berisitirahat akan membuat tubuh bekerja lebih maksimal. Di bulan ramadhan ini, waktu istirahat sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar menjalani puasa seharian.

KANTOR KITA akan memberikan beberapa Tips Agar Kuat Puasa Saat Bekerja

Waktu istirahat terutama dalam jam kerja, bisa kamu atur 10 menit setiap 2 jam sekali, waktu istirahat siang juga harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk merefresh tubuh untuk siap bekerja lagi.

  1. Waktu Bersosial

Sebagai anak muda yang masih memiliki waktu untuk sendiri dan berteman dengan banyak orang, kegiatan sosial adalah hal yang cukup penting. Jika di hari-hari biasanya, banyak waktu yang diluangkan untuk bersosial tanpa batas maka di waktu puasa ini kamu bisa memikirkan untumengatur waktu yang tepat untuk berosial.

tips puasa saat kerja
Luangkan waktumu dengan bersosial dengan teman kerja

Di bulan Ramadhan banyak waktu yang dibutuhkan untuk beribadah, bekerja dan beristirahat sehingga waktu dalam sehari terasa lebih cepat dan padat. Oleh karena itu memanfaatkan waktu yang tepat untuk berbagi keperluan sangat penting sekali dilakuakan agar semua agenda bisa berjalan dengan baik.

Namun jangan khawatir, karena kamu juga masih bisa melakukan aktifitas sosial kok. Pilih waktu luang yang tepat agar tidak mengganggu jadwal di esok hari, misalnya jumat atau sabtu malam. Bersosial di waktu weekend ini tidak di khawatirkan untuk mengganggu jadwalmu di esok hari.

aplikasi kantor kita
Gunakan Aplikasi Kantor Kita Untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Managemen waktu yang tepat harus dilakukan untuk mendapatkan bulan Ramadhan secara maksimal baik dalam urusan ibadah maupun urusan keseharian. Sekian artikel Tips Mengatur Waktu Di Bulan Ramadhan ini, semoga menginspirasi Anda.

Selamat menjalankan ibadah puasa! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here