6 Tips Agar Kuat Puasa Saat Kerja, Ibadah Jalan Kerja Tetap Lancar!

0
394
Tips puasa di kantor
6 Tips Agar Kuat Puasa Saat Kerja, Ibadah Jalan Kerja Tetap Lancar!

6 Tips Agar Kuat Puasa Saat Kerja, Ibadah Jalan Kerja Tetap Lancar!Marhaban Yaa Ramadhan! Selasa, 13 April 2021 ini umat muslim melaksanakan ibadah puasa di hari pertama. Bulan Ramadhan adalah bulan yang cukup spesial bagi umat muslim bahkan untuk non muslim pun, semarak bulan Ramadhan membawa banyak kegembiraan. Ibadah wajib ini menjadi momen untuk melakukan tirakat, introspeksi diri maupun sebagai sarana  untuk menahan diri dari segala godaan.

Bagaimana suasana bulan puasa di kantor kalian? Di hari pertama ini pastinya masih semangat ya bekerja sambil kerja. Jangan sampai ibadah puasa menjadi alasan untuk malas bekerja, dengan niat yang tulus pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik walau sedang puasa.

Hari ini KANTOR KITA akan memberikan beberapa tips agar kuat puasa saat bekerja jadi aktifitas di kantor tetap bisa dilakukan dengan tubuh yang fit plus ibadah juga tetap jalan dengan lancar. Yuk kita bahas bersama

Sahur Jangan Sampai Terlewat!

Banyak orang yang mengeluhkan malas sahur, jangan sampai ini terjadi padamu. Sahur adalah waktu dimana kita mengisi amunisi untuk modal berpuasa di esok hari. Melewatkan sahur untuk tidur adalah pilihan yang buruk karena tubuhmu memerlukan nutrisi untuk beraktifitas esok hari.

Apalagi saat bekerja, tubuh tetap harus beraktifitas, pikiran juga harus tetap fokus agar pekerjaan selesai. Dengan melewatkan sahur, tubuh dan otak kurang energi dimana ini yang bisa mengakibatkan kamu lemas seharian.

Nah Tips agar kuat puasa saat bekerja ini yang paling utama adalah di bagian sahur. Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat makan sahur agar tubuh bisa bugar untuk aktifitas seharian.

Memangnya apa saja nutrisi yang pas untuk sahur?

Menurut halodoc ada beberapa menu yang pas untuk sahur sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk sahur adalah

  1. Protein

Protein adalah salah satu bahan makanan yang dikenal memberikan rasa kenyang lebih lama atau awet sehingga sangat direkomendasikan untuk sahur agar memberikan rasa kenyang lebih lama ketika puasa. Protein di cerna setelah karbohidrat sehingga menjadi cadangan makanan yang bagus untuk menghasilkan energi.

tips puasa
Protein juga bisa kamu dapatkan dari bahan nabat

Ada beberapa protein yang bisa kamu konsumsi untuk sahur seperti daging ayam, telur, daging  sapi atau ikan. Protein juga bisa kamu dapatkan dari bahan nabati seperti tahu dan tempe atau olahan kedelai lainya. Yuk penuhi kebutuhan nutrisi saat sahur dengan mengkonsumsi protein, agar lebih awet kenyang.

  1. Karbohidrat

Kita sudah biasa soal karbohidrat ini, ada beberapa bahan makanan sebagai sumber karbohidrat, misalnya nasi, jagung, kentang, roti dan gandum. Sebagai sumber energi utama tubuh karbohidrat sangat diannjurkan untuk dikonsumsi saat sahur untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa.

Update informasimu mengenai Edaran Kemnaker Tunjangan Hari Raya 2021: Keringanan untuk Perusahaan Terdampak Pandemi Covid

Yang perlu diperhatikan adalah dalam mengkonsumsi karbohidrat juga perlu dibatasi jumlahnya, bukan berarti besok puasa maka harus mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan. Konsumsi secukupnya dan kombinasikan dengan bahan makanan lainya agar tubuh bisa tetap bugar.

  1. Serat

Gizi yang juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah serat. Contoh serat yang mudah ditemui adalah sayuran, buah-buahan. Serat membantu pencernaan untuk  tetap sehat. Tanpa serat, berbagai masalah pencernaan seperti konstipasti akan timbul.

tips puasa

Penuhi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang lengkap saat sahur sehingga esok ahris saat puasa bisa tetap bugar dan fit.

Hindari mengkonsumsi gorengan maupun makanan pedas. Gorengan membuat tenggorokan kering dan mudah terasa haus karena minyak yang dikandungnya, sedangkan makanan pedas bisa menimbulkan pencernaanmu bermasalah seperti diare, wah jangan sampai lemas saat puasa karena diare ya!

Jangan Lupa Kebuhan Air Minum

Salah satu hal yang membantu kita untuk tetap konsentrasi adalah keperluan akan cairan tubuh sudah terpenuhi. Terpenuhinya kebutuhan air minum membuat tubuh jauh dari rasa lemas.

Saat puasa, banyak orang yang mengeluhkan kurang minum, padahal kebutuhan minum 8 gelas sehari masih tetap bisa dilakukan dengan baik loh. Menurut Halodoc pemenuhan kebutuhan air bisa dilakukan dengan cara

2 gelas saat sahur

4 gelas saat malam hari

2 gelas ketika berbuka puasa

Sedangkan menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI menganjurkan pemenuhan kebutuhan minum saat Ramadhan bisa dilakukan dengan

1 gelas  sebelum tidur

1 gelas sebelum sahur

1 gelas selepas sahur

1 gelas saat berbuka

1 gelas setelah shalat magrib

1 gelas setelah makan malam

1 gelas setelah shalat isya

1 gela setelah tarawih

Air putih adalah salah satu kebutuhan tubuh yang paling utama, jangan sampai tubuh kurang cairan yang malah akan membuat tubuh lemas dan sulit berkonsentrasi. Agar tetap bugar saat puasa di kantor, penuhi kebutuhan air minum yang cukup ya!

Tidur yang Cukup

Kebutuhan tidur yang cukup akan membuat badan kamu merasa lebih segar walau berpuasa, hindari  begadang di malam hari untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

tips puasa
Penuhi kebutuhan tidur dengan menjadwalkan tidur lebih

Penuhi kebutuhan tidur dengan menjadwalkan tidur lebih awal karena akan terpotong saat sahur. Menghindari begadang juga untuk menghindari telat bangun saat sahur, yuk mulai membiasakan tidur lebih awal untuk hari puasa yang bugar.

Istirahat

Di siang hari adalah tantangan terberat ketika puasa karena rasa lapar dan haus berada dalam puncaknya. Kamu bisa mengalihkan hal ini untuk beristirahat untuk beberapa menit di kantor, selain itu beristirahat beberapa menit bisa membantu kamu menghalau ngantuk.

Dengan beristirahat sejenak kamu bisa merasa lebih segar sehingga lemas-lemas di badan bisa dihalau. Gunakan waktu istirahatmu untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau melihat hiburan yang bisa membuat pikiran mu ter-refresh dengan baik.

Melakukan pekerjaan saat puasa memang hal yang berat namun jangan menjadikan ini sebagai bahan membatalkan puasa ya.

Niat

Inilah yang menjadi kunci agar puasa bisa berjalan dengan baik. Apapun tantangan kamu di tempat kerja, dengan niat yang sudah tertanam dengan kuat maka tubuh dan hati akan tetap berusaha untuk tetap puasa dari sahur sampai berbuka.

Baca Juga Manfaat Aplikasi Slip Gaji Online untuk Memudahkan Manajemen Keuangan Perusahaan Anda

Niatkan dalam hati bahwa kamu menjalankan ibadah dan semoga urusan di hari ini dilancarkan. Menggunakan niat untuk tetap bisa berpuasa dan bekerja membuatmu lebih kuat dan positif selama seharian.

Yuk resapi niat sampai ke hati agar pekerjan bisa dilakukan dengan mudah.

Menu Berbuka

Setelah seharian berpuasa, hal yang dibutuhkan untuk berbuka adalah menu-menu yang menyegarkan dan mengenyangkan sehingga tubuh kembali fresh. Jangan lupakan kebutuhan akan sayuran, protein dan air putih untuk mengembalikan kondisi tubuh. Jangan lupa memakan kurma sebagai salah satu sunah sebelum berbuka puasa.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang membantumu agar tetap bisa berpuasa dengan baik walau ketika bekerja, sehingga berpuasa dan bekerja bisa berjalan dengan lancar. Hal paling penting adalah memberikan tubuh asupan nutrisi yang dibutuhkan juga mengetahui tujuan dan niat berpuasa agar bisa melakukan aktifitas seharian dengan baik.

Semoga bisa melakukan puasa dengan baik walau bekerja seharian ya! Niat yang baik pasti bisa membawa kita ke hal yang baik pula.

Selamat menjalankan ibadah puasa, sahabat Kantor Kita !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here