Menjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk Perusahaan

0
1507
Menjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk Perusahaan

Menjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk PerusahaanPadahal, menjadi karyawan yang berkualitas dapat dicapai melalui berbagai upaya sederhana. Tidak harus terus-menerus bersilat lidah untuk mendapatkan perhatian atasan atau bersikap baik kepada rekan kerja lainnya.

Hal terpenting untuk menjadi karyawan yang baik di sebuah perusahaan adalah melakukan pekerjaan dengan baik. Bekerja secara bertanggung jawab saja tidak cukup untuk mencapai kualitas tertinggi. Ingatlah bahwa sikap pribadi dan kemampuan untuk memelihara hubungan sosial yang baik bisa menjadi pendongkrak diri kita menjadi karyawan yang berkualitas.

 

Ciri-Ciri Karyawan Berkualitas

Pentingnya sikap dan kemampuan untuk memelihara hubungan sosial yang baik  merupakan ciri karyawan yang berkualitas. Bagaimana sikap yang baik  dan dapat dilakukan agar menjadi karyawan yang berkualitas?

1. Kejujuran

Kinerja yang baik saja tidak cukup untuk menjadi karyawan yang baik. Salah satu sikap dan karakter yang baik harus dimiliki karyawan adalah kejujuran. Orang jujur ​​disukai tidak hanya oleh perusahaan tetapi juga oleh orang-orang yang sekitar terlibat kinerja dengannya.

Karyawan yang jujur ​​umumnya mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari perusahaan dan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Karyawan yang jujur ​​biasanya lebih dapat dipercaya dan akan dinilai dengan tidak melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.

2. Disiplin

Disiplin dan ketepatan waktu adalah kualitas yang harus dimiliki karyawan jika ingin sukses. Disiplin adalah salah satu kualitas yang dihargai oleh manajer dan supervisor. Karyawan yang disiplin cenderung menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tanpa penundaan (molor dari deadline), tidak suka terlambat dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Manajer juga menghargai karyawan yang selalu disiplin daripada malas .

3. Pekerja Keras

Karakteristik lain dari pekerja keras dan disukai oleh manajer adalah ketekunan. Keuletan seorang karyawan tercermin dalam sikap mereka terhadap pekerjaan. Kerja keras seorang karyawan mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan.

4. Kesopanan

Seorang karyawan berkualitas harus memiliki etika yang baik terhadap rekan kerja, atasan dan pelanggan. Sopan santun merupakan nilai tambah bagi karyawan. Mereka juga biasanya dapat dengan mudah mematuhi kebijakan dan aturan perusahaan. Selain perlu kerja keras, Anda juga perlu kerja cerdas sehingga tidak terus mengeluarkan effort berupa tenaga melainkan juga menggunakan strategi. Kerja keras dan kerja cerdas menjadi satu gabungan yang menarik dan efektif digunakan.

5. Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan sangat penting bagi karyawan. Komunikasi yang baik menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kerja tim yang kuat. Masalah seperti kurangnya komunikasi juga bisa diminimalisir untuk itulah komunikasi dalam dunia kerja sangat dibutuhkan.

6. Kemampuan Bekerja dalam Tim

Bekerja di perusahaan berarti Kita tidak bekerja secara mandiri, sehingga Kita perlu terlibat aktif dengan banyak orang. Ada banyak momen ketika karyawan harus bekerja sebagai sebuah tim. Bantu karyawan Kita bekerja dengan baik dengan tim mereka.

7. Dapat Beradaptasi

Sebagai karyawan yang baik, Kita harus beradaptasi dalam dunia kerja dan mau belajar hal-hal baru terkait dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Adaptasi ini menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kesuksesan kita.

manajemen kantor
Manajemen Kantor

 

Prinsip Karyawan yang Berkualitas

Persaingan karyawan di perusahaan semakin ketat dari hari ke hari, dan setiap karyawan harus mampu menunjukkan kinerja terbaiknya di dalam perusahaan. Pernahkah Kita melihat seorang karyawan yang Kita pikir baik-baik saja di perusahaan tetapi dipecat karena sikapnya yang buruk? Untuk menjadi karyawan yang  berkualitas, Kita harus berpegang pada empat prinsip berikut ini:

1. Mengelola Waktu

Manajemen waktu kerja kita sebaik mungkin dan buat prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang diselesaikan terlebih dahulu. Jika perlu Kita harus bisa menjadi manajer untuk diri sendiri. Penting untuk memperhatikan manajemen waktu tidak hanya di tempat kerja tetapi juga  dalam kehidupan sehari-hari. Ini akan meningkatkan efisiensi kerja dan memberi Kita lebih banyak waktu pribadi. Tidak ingin mengisi waktu senggang Kita dengan urusan yang belum selesai? Maka selesaikan tugas Kita sebelum waktu liburan Kita terganggu urusan pekerjaan.

2. Sikap dan Kesopanan

Apakah Kita percaya bahwa sikap Kita mempengaruhi kesuksesan Kita? Sikap mencerminkan apa yang Kita pikirkan, dari bagaimana Kita berbicara, bertindak, dan memperlakukan orang lain. Karyawan berkualitas tidak hanya harus memiliki keterampilan kerja, kecerdasan dan pengetahuan yang luas, tetapi juga memiliki sikap yang baik. Karena biasanya PHK disebabkan oleh perilaku karyawan yang buruk seperti tidak bertanggung jawab, ketidakjujuran, dan hubungan  yang buruk ke sesama karyawan. Sikap seorang karyawan merupakan citra perusahaan, sehingga sikap yang  buruk mempengaruhi reputasi perusahaan. Sikap dapat diperbaiki. Yang harus Kita lakukan adalah menerapkan prinsip-prinsip tiga kata ajaib dalam kehidupan sehari-hari Kita.

Contohnya saat ingin meminta bantuan kepada rekan kerja , bersikaplah sopan dan gunakan kata tolong. Minta maaf atas kesalahan Kita dan jangan terpaku pada ego Kita. Toh, jangan bekerja sendiri, bekerjalah dengan tim karena kita adalah makhluk sosial. Yang terakhir, kita ucapkan terima kasih atas bantuan yang Kita terima dari rekan kerja.

3. Fokus

Studi menunjukkan bahwa melakukan  lebih dari 10 tugas berbeda dalam sehari dapat mengganggu kinerja otak Kita. Kelelahan otak  membuat tubuh  lelah dan  stres. Menjadi seorang multitasker tampak hebat. Bahkan jika Kita melakukan banyak hal pada saat yang sama, Kita tidak dapat fokus pada tugas utama Kita. Pekerjaan bisa selesai sesuai jadwal, tapi hasilnya pasti tidak maksimal.

Baca Artikel : Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

Kesimpulan

Menjadi karyawan yang berkualitas memberikan kita kepuasan tersendiri dalam bekerja, selain kita sudah bekerja secara maksimal, menjadi karyawan yang berkualitas juga membuka kesempatan baru untuk karir kita. Pun untuk menjadi karyawan yang berkualitas bukan hanya dari pengalaman saja, melainkan dari kemampuan, juga sikap lainya.

Jika memiliki karyawan yang berkualitas adalah hal yang menyenangkan untuk atasan. Maka untuk HRD yang menyenangkan adalah pekerjaanya dengan mudah terbantu dengan aplikasi HR. Aplikasi yang memberi kemudahan bagi HR untuk mengelola administrasi karyawan, mulai dari absensi online sampai dengan payroll dan database. kemudahan ini bisa Anda dapatkan dalam software HRIS Indonesia Kantor Kita.

Menggunakan Kantor Kita, mencobanya dengan free demo 30 hari dan juga join privat zoom meeting dengan tim kami. Hubungi kami di

kontak aplikasi absensi kantor kitaSekian ulasan hari ini tentang menjadi karyawan yang berkualitas, semoga bermanfaat!

Previous articlePentingnya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Karyawan
Next articleKumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here