Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

0
2900
Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja KaryawanDalam dunia kerja, kondisi karyawan adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. HRD sebisa mungkin bisa mengamati dan mengetahui produktivitas kerja karyawan. Sebab produktivitas ini akan langsung berhubungan dengan hasil kerja karyawan.

Nah menjaga produktivitas karyawan ini cukup menjadi PR tersendiri untuk HRD maupun atasan lainya.

Kondisi karyawan pun tidak selamanya mulus dan lurus saja, ada up and down nya. Untuk itu diperlukan beberapa thread dari perusahaan untuk karyawan.

Bagaimana sih cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan? mari kita bahas bersama.

 

Produktivitas Karyawan Adalah

Ketika kita ingin meningkatkan produktivitas karyawan, maka lebih baik jika mengetahui terlebih dahulu apa itu produktivitas karyawan dalam dunia kerja. Apa yang menunjukkan produktivitas karyawan terus naik? dan lainya.

Produktivitas karyawan dapat dipahami dengan output yang dihasilkan karyawan dalam dunia kerja.

Baca Artikel Tentang : 7 Manfaat Sarapan Untuk Kerja Yang Lebih Produktif

Bukan hanya dari sisi kuantitas saja, melainkan juga kualitas dan juga penggunaan waktu yang efektif dari karyawan tersebut.

Jika hanya mengandalkan output berupa kuantitas saja, sekarang ini sudah ada banyak robot yang menghasilkan pekerjaan yang lebih cepat dalam jumlah banyak.

Ketika kita membicarakan tentang produktivitas, banyak orang membandingkan dengan kesibukan.

Yang harus digaris bawahi adalah produktivitas memberikan hasil  kerja yang terbaik juga manajemen waktu yang baik.

 

Bagaimana Cara Mengukur Produktivitas Karyawan?

Meningkatkan produktivitas karyawan memang perlu dilakukan. Namun perusahaan sendiri perlu memiliki standar untuk mengukur produktivitas karyawan tersebut. Sehingga dapat diukur bagaimana perkembangan karyawan dan peningkatan produktivitas yang terjadi.

Lalu bagaimana cara mengukur hal ini?

1. Menetapkan Standar Produktivitas

Menginginkan karyawan stay productive namun tidak tahu apa standar produktif untuk jobdesk tertentu sama saja kurang maksimal. Produktivitas perlu diukur dan perlu memiliki standar agar perusahan bisa mengukur siapa saja yang mencapai dan tidak mencapai target produktivitas.

Untuk selanjutnya standar ini bisa digunakan untuk penilaian kinerja karyawan.

2. Menentukan KPI

Cara lain untuk mengukur produktivitas karyawan adalah dengan menentukan KPI untuk karyawan.

Seperti dalam ulasan Key Performance Indicator yang kami tulis ini. KPI digunakan untuk menilai bagaimana kinerja karyawan sesuai dengan pencapaian dan dibandingkan dengan target yang sudah disusun.

Produktivitas karyawan bisa dikatakan menurun jika kinerjanya juga menurun yang bisa dilihat dari pencapaian kinerja.

Atau juga bisa dicek dari hasil selain output. Misalnya absensi karyawan, motivasi kerja dan juga perilaku karyawan.

Jika produktivitas cenderung terus menurun maka inilah yang perlu untuk di kembangkan lagi.

Mungkin dengan cara konseling, sharing atau kegiatan lainnya yang membangun.

 

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja karyawan di tempat kerja.

1. Memberikan Reward and Punishment

Setuju atau tidak ternyata reward dan punishment akan sangat mempengaruhi pencapaian produktivitas karyawan dalam bekerja.

Hal ini cukup realistis untuk karyawan. Dimana ia bisa mendapatkan reward ketika memenuhi pencapaian atau target yang diberikan. Juga lebih bisa menjaga prestasinya agar tidak mendapatkan punishment atau hukuman dalam pekerjaan.

Apakah di tempat Anda bekerja juga ada sistem reward and punishment seperti ini?

2. Melengkapi Fasilitas Kantor

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi fasilitas perusahaan, bila ada yang mengalami kerusakan sebaiknya lekas diperbaiki, atau jika ada yang kurang dilengkapi.

Tidak ada salahnya juga untuk menyediakan playground khusus untuk pegawai melepas kepenatan.

Mereka dapat menggunakan area tersebut untuk merelaksasi tubuh dan pikiran sejenak sehingga kemudian dapat kembali bekerja dengan kondisi otak yang segar yang dapat dipastikan meningkatkan produktivitas mereka.

Baca Artikel Tentang Lingkungan Serta Fasilitas Kerja Memepengaruhi Produktifitas Kerja Karyawan

Kantor yang memberikan fasilitas yang tepat untuk karyawan akan sangat membantu karyawan untuk bekerja lebih optimal. Karena sudah disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.

Misalnya :

  1. Desainer grafis yang dilengkapi dengan PC yang sesuai dan dengan software yang profesional/berbayar
  2. Pegawai laborat yang selalu dilengkapi dengan APD yang lengkap
  3. Pegawai lapangan yang dilengkapi dengan fasilitas mobile
  4. HRD yang terbantu menggunakan software HRIS indonesia

Dengan melengkapi fasilitas untuk kebutuhan kerja karyawan seperti di atas tentunya akan memperlancar dan mempermudah karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Hasilnya karyawan akan lebih produktif.

3. Membangun Lingkungan dengan Komunikasi dan Koordinasi yang Bagus

Lingkungan adalah salah satu hal yang membangun produktivitas karyawan. Berada di lingkungan kerja yang baik akan menjaga produktivitas tetap maksimal.

Lingkungan kerja yang bagus dengan kelancaran komunikasi dan koordinasi antar karyawan yang baik.

Komunikasi yang lancar akan mengurangi masalah atau problem internal antar karyawan sehingga lingkungan kerja akan selalu kondusif.

Pernahkah kamu masuk dalam lingkungan kerja dengan kualitas komunikasi yang buruk?

Pastinya akan berpengaruh terhadap kualitas pekerjaan bukan? akan ada banyak masalah yang timbul karena komunikasi yang terhambat. Termasuk juga koordinasi karyawan yang akan tidak berjalan.

Untuk itulah HRD, manager maupun team leader perlu mendorong karyawan untuk berkomunikasi dan berkoordinasi secara aktif sehingga pekerjaan akan berjalan dengan baik. Produktivitas juga akan didapatkan.

4. Motivasi

Memberikan motivasi kerja kepada karyawan juga hal wajib untuk memberikan semangat kepadanya. Memberikan motivasi menandakan bahwa Anda juga memperhatikan pekerjaan karyawan sehingga hal ini akan sangat dihargai karyawan pula.

Motivasi karyawan tidak hanya menggunakan kata-kata saja karena ada banyak jenis tindakan yang akan membuat karyawan semangat dan termotivasi. Misalnya seperti memberikan pelatihan, memberikan bonus atau juga memberikan feedback kepada karyawan tersebut.

5. Evaluasi

Meng-evaluasi karyawan juga hal yang wajib dilakukan sebagai tindak lanjut penilaian performa karyawan. Umumnya evaluasi dilakukan kepada karyawan yang kurang memenuhi standar kerja.

Juga diberikan kepada individu maupun tim yang perlu pengembangan agar ke depannya lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Hal ini tidak bisa dilakukan secara instan. Produktivitas karyawan yang terbatas tidak bisa dipaksakan harus langsung tegak namun pelan-pelan dengan cara yang tepat.

Baca Kiat Meningkatkan Kedisiplinan Karyawan Perusahaan yang Terbukti Berhasil

 

Kesimpulan

Mengelola banyak karyawan bukan merupakan hal yang mudah. Produktivitas yang dimiliki karyawan pasti akan mengalami pasang surut. PR bagi team leader maupun HR untuk menjaga produktivitas agar terus berjalan baik dan tidak mengganggu pekerjaan.

Untuk itu berbagai macam usaha meningkatkan produktivitas karyawan perlu dilakukan agar berjalan dengan baik dan maksimal.

aplikasi payroll

Salah satunya dengan melengkapi karyawan dengan fasilitas terbaik. Misalnya dengan aplikasi perkantoran seperti aplikasi absensi online untuk karyawan.

Aplikasi absensi karyawan Kantor Kita membantu karyawan melakukan absensi online dengan mudah dan cepat. Pun HRD bisa mengelola karyawan dengan mudah dengan fitur yang diberikan Kantor Kita. Berupa pengelolaan absensi online sampai dengan payroll.

Informasi pendaftaran dan demo bisa dilakukan di Daftar Kantor Kita

Previous articleBenarkah Menjadi HR Harus Lulusan Psikologi?
Next articleAbsensi dengan Aplikasi Mobile KantorKita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here