7 Manfaat Sarapan Untuk Kerja Yang Lebih Produktif

0
169

7 Manfaat Sarapan Untuk Kerja Yang Lebih Produktif – Kita tentu sudah mengetahui bahwa sarapan atau makan pagi sangat penting dilakukan guna memberikan energi pada tubuh supaya otak dapat bekerja lebih optimal dalam bekerja. Selain itu, sarapan juga memberikan manfaat lain untuk kesehatan yaitu mengurangi risiko serangan jantung.

Menurut Mount Sinai Heart yang penelitiannya dimuat di Journal of American College of Cardiology, orang yang melewatkan sarapan atau makan di pagi hari memiliki potensi dua kali lipat untuk mengembangkan arteri yang mengeras sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung yang mematikan. Penelitian tersebut juga membuktikan bahwa melewatkan sarapan adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Orang yang melewatkan sarapan juga berpotensi besar untuk memiliki lingkar pinggang lebih besar, indeks massa tubuh yang tinggi, tekanan darah yang tinggi, lipid darah dan juga kadar glukosa puasa yang tinggi.

Baca : Aplikasi Absensi Online, Aplikasi Slip Gaji, Aplikasi Perkantoran 

Hal ini merupakan sebuah bukti awal adanya penyakit jantung. Orang yang melewatkan sarapan rata-rata terjadi penambahan jumlah penumpukan lemak di arteri, dibandingkan dengan mereka yang secara rutin sarapan berenergi tinggi.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang makan sedikit untuk memulai kegiatan sehari-hari namun didukung oleh faktor lain, seperti merokok, kolesterol tinggi, dan aktivitas fisik yang berat.

Sementara itu, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa sarapan yang sehat dapat membangun kesehatan yang baik antara lain menurunkan berat badan, diet sehat, menurunkan risiko masalah kolesterol,  menjaga tekanan darah dan mencegah diabetes.

Selain itu, sarapan atau makan di pagi hari juga memberikan manfaat baik lainnya antara lain sebagai berikut :

Dilansir dari laman Alodoker, sarapan juga memberikan manfaat sebagai sumber energi. Ibarat mobil, anda juga perlu “bahan bakar” guna mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang yang menyebabkan perut kosong.

Orang dewasa yang melakukan sarapan sehat setiap pagi secara teratur,besar kemungkinannya memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, mengontrol berat badan, dan mencegah kolesterol karena mengonsumsi lebih sedikit lemak dan karbohidrat.

  1. Melindungi Tubuh dari Penyakit

Sebuah setudi menunjukkan bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat melewatkan sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan atau makan pagi terlebih dahulu cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Berdasarkan sebuah penelitian Journal of American Dietetic Association 2005 yang melakukan 47 studi penelitian sarapan menemukan bahwa sarapan cenderung meningkatkan fungsi kognitif yang berhubungan dengan memori dan daya pikir. Jangan heran ketika anda tidak sarapan atau perut dalam keadaan kosong sama sekali, pikiran seringkali menjadi tidak fokus dan kehilangan konsentrasi. Hal ini dikarenakan rasa lapar terus menerus membuat kadar gula dalam tubuh di malam hari turun secara drastis. Kemudian membuat otak tidak bekerja dengan maksimal.

Sementara itu, orang yang memiliki kebiasaan sarapan pagi bisa membuatnya lebih fokus dan produktif dalam bekerja di kantor ataupun lapangan karena perut sudah diisi. Beda halnya dengan yang tidak sarapan, kemampuan daya pikir bisa menurun.

  1. Mencegah Terjadinya Diabetes

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Clinical Nutrition, wanita yang tidak melakukan sarapan pagi rata-rata beresiko 1-6 lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan wanita yang rutin sarapan pagi setiap harinya.

  1. Pola Makan Saat Diet Lebih Terkontrol

Bagi anda yang sedang melakukan diet, sarapan pagi menjadi suatu kewajiban. Sebab ketika mengonsumsi makanan di pagi hari, tubuh mampu menahan rasa lapar lebih lama, sehingga hal ini baik untuk menekan nafsu makan berlebihan yang biasa terjadi di siang bahkan malam hari. Maka program diet anda pun tetap bisa berjalan aman.

Baca : Menu Sarapan Simple Ala- Ala pegawai kantor

  1. Menurunkan Berat Badan

Penelitian juga menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu anda menurunkan berat badan. Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari jika anda sarapan terlebih dahulu. Sehingga anda dapat mengontrol keinginan untuk mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi pada saat makan siang.

  1. Meningkatkan Mood

Perut kosong atau ketika merasa lapar, bisa menyebabkan anda mudah marah lho. Nah, anda perlu mencegah hal ini terjadi supaya tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, anda perlu memulai hari dengan sarapan supaya suasana hati lebih baik dan stres di kantor dapat dihindari.

  1. Memberi Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh

Tahukah anda? Melewatkan sarapan pagi dapat membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan berpotensi lebih besar untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh seperti asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sarapan atau makan pagi wajib anda lakukan sebab berguna juga untuk menjaga kadar gula dalam tubuh tetap stabil serta membuat tubuh dan otak bekerja lebih efektif.

Setiap pagi, anda bisa mengonsumsi makanan yang praktis namun sehat, seperti telur rebus, roti dengan selai, buah pisang atau jeruk guna memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein tubuh.

Begitulah pentingnya sarapan yang dapat membuat anda bekerja lebih produktif. Gimana? Masih mau melewatkan sarapan? Jangan lagi-lagi ya. Nah, selain sarapan, produktivitas kerja juga dipengaruhi oleh bagaimana manajemen absensinya, bukan? Cek www.kantorkita.com. Karena dengan KantorKita, bukan hanya jadi produktif, namun juga dapat membantu mengontrol sekaligus mengelola absensi dan berbagai keperluan pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here