3+ Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk HRD

0
1044
3+ Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk HRD
3+ Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk HRD

3+ Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk HRD Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) saat ini menjadi semakin populer dalam berbagai bidang, termasuk HRD (Human Resources Development). Penggunaan AI dalam HRD dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi, serta membantu dalam pengambilan keputusan dan pengembangan karyawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang teknologi AI dan bagaimana dapat digunakan untuk memperbaiki operasi HRD.

Software HR : Software Absensi 

 

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence adalah teknologi yang digunakan untuk membuat mesin atau komputer dapat melakukan tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. AI dapat belajar dari data dan pengalaman, memahami bahasa manusia, membuat keputusan logis, dan melakukan tugas-tugas yang memerlukan kecerdasan, seperti pengenalan wajah, pengenalan suara, pengolahan bahasa alami, dan pembuatan prediksi berdasarkan pola yang ditemukan dalam data. AI merupakan salah satu cabang ilmu komputer yang berkembang pesat dan banyak digunakan dalam berbagai industri, termasuk di bidang kesehatan, keuangan, dan teknologi informasi.

Baca juga : Artificial Intelligence, Dampaknya Untuk Industri & Dunia Kerja

 

Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Bantu Kerja HR

Ada beberapa pekerjaan HR yang bisa dibantu dengan teknologi AI, mulai dari masalah perekrutan karyawan sampai dengan pengelolaan manajemen karyawan. Berikut penjelasanya untuk Anda.

Penerapan Artificial Intelligence (AI)
Penerapan Artificial Intelligence (AI)

1. Proses Seleksi dan Perekrutan Karyawan

AI dapat membantu proses perekrutan dan seleksi karyawan dengan menggunakan algoritma yang canggih untuk menganalisis data kandidat dan memberikan rekomendasi. Misalnya, HRD dapat menggunakan AI untuk menganalisis CV dan surat lamaran secara otomatis, memberikan penilaian dan peringkat kandidat, serta mengurangi waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen karyawan.

Artikel terkait : Mengenal Perbedaan Rekrutmen Internal dan Eksternal 

2. Onboarding Karyawan

Penggunaan teknologi AI juga dapat membantu HRD dalam proses onboarding karyawan. Dengan chatbot yang dilengkapi dengan teknologi AI, HRD dapat memberikan panduan tentang budaya kerja dan proses operasi perusahaan kepada karyawan baru. Hal ini dapat mempercepat proses adaptasi karyawan terhadap lingkungan kerja dan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam pelatihan kerja dan pengenalan perusahaan.

3. Pengembangan Karyawan

Teknologi AI dapat membantu HRD dalam pengembangan karyawan dengan memanfaatkan analisis data kinerja dan kecenderungan individu. Dengan teknologi AI, HRD dapat memberikan rekomendasi tentang pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. 

4. Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja dapat ditingkatkan dengan penggunaan teknologi AI dalam evaluasi karyawan. Dengan analisis data kinerja karyawan yang dilakukan oleh teknologi AI, HRD dapat memberikan umpan balik yang lebih akurat dan objektif serta membuat rencana pengembangan karyawan yang tepat. Hal ini dapat meningkatkan motivasi karyawan dan efektivitas operasi perusahaan.

5. Penggunaan Chatbot

Penggunaan chatbot dengan teknologi AI juga dapat membantu HRD dalam meningkatkan efisiensi operasi dan memberikan pengalaman karyawan yang lebih baik. Chatbot dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang kebijakan perusahaan, menjawab pertanyaan karyawan, dan memberikan umpan balik tentang kinerja individu. Hal ini dapat mempercepat waktu tanggap HRD dan memberikan pengalaman karyawan yang lebih baik.

Teknologi AI dapat membantu HRD dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi serta memperbaiki pengalaman karyawan. Penggunaan AI dalam HRD dapat membantu dalam proses perekrutan, onboarding, pengembangan karyawan, manajemen kinerja, dan penggunaan chatbot. Hal ini dapat mempercepat waktu tanggap HRD, meningkatkan efektivitas operasi perusahaan, dan memperbaiki pengalaman karyawan.

 

Apakah Penggunaan AI Akan Menghilangkan Peran HRD?

Artificial intelligence

Memang teknologi AI memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh manusia, namun hal ini tidak berarti bahwa AI akan menggantikan peran manusia secara keseluruhan. Meskipun AI dapat melakukan tugas-tugas tertentu dengan lebih cepat, akurat, dan efisien daripada manusia, namun AI tidak memiliki kemampuan seperti kreativitas, empati, dan penilaian moral yang hanya dimiliki oleh manusia.

Pada kenyataannya, penggunaan AI dalam suatu pekerjaan atau industri tidak selalu berarti bahwa AI akan menggantikan peran manusia, tetapi dapat membantu manusia dalam melakukan tugas-tugas yang lebih efisien dan akurat. Dalam banyak kasus, penggunaan AI justru memerlukan keterlibatan manusia sebagai pengawas dan pelaksana tugas yang lebih kompleks.

Selain itu, meskipun AI dapat mengambil keputusan berdasarkan data dan analisis, namun keputusan-keputusan tersebut masih perlu disesuaikan dengan konteks dan nilai-nilai manusia. Sehingga, keberadaan manusia tetap penting untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil oleh AI selaras dengan kepentingan manusia.

Walau AI dapat mengambil alih sejumlah tugas-tugas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia, namun AI tidak akan sepenuhnya menggantikan peran manusia. Keterlibatan manusia tetap dibutuhkan untuk mengawasi dan mengelola penggunaan AI, serta memastikan bahwa keputusan yang diambil oleh AI sesuai dengan nilai-nilai dan kepentingan manusia.

Hal ini juga didukung oleh ulasan dari Forbes How AI Is Transforming HR Departments, 2018 yang menuliskan bahwa penggunaan teknologi AI tidak akan membuat HRD kehilangan pekerjaan. Hal ini karena fungsi AI untuk membantu pekerjaan HRD menjadi lebih mudah bukan menggeser kehadiran HR. 

Update Layanan  : Aplikasi Absensi Online 

 

Mudahkan Kerja dengan Asisten HRD Kantor Kita 

Penggunaan AI untuk berbagai bidang sudah semakin marak digunakan, termasuk untuk kemudahan pengelolaan kerja HRD. Kantor Kita hadir untuk Anda membantu pekerjaan HRD jadi lebih mudah. Ada banyak pekerjaan HRD yang dapat diselesaikan dengan mudah dengan bantuan Kantor Kita, seperti pengelolaan absensi karyawan (urusan absensi harian, lembur, cuti sampai laporan), pengelolaan gaji karyawan dan administrasi karyawan. 

Aplikasi HRD

Pakai aplikasi absensi android Kantor Kita bisa dengan mencoba free trial terlebih dahulu 15 hari gratis untuk menikmati semua fiturnya. Berlangganan bulanan bisa dengan harga Rp 10.000/user/bulan semakin banyak karyawan akan semakin terjangkau.  

Sekian informasi hari ini, semoga bermanfaat! 

Previous articlePerusahaan Outsourcing : Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya
Next articleUji Kompetensi Karyawan, Perlukah Dilakukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here