Ingin Jadi HR? Kuasai 5+ Skill HR ini!

0
1469
Ingin Jadi HR Kuasai 5+ Skill HR ini!

Ingin Jadi HR? Kuasai 5+ Skill HR ini!Human resources atau HR adalah salah satu bagian dalam dunia kerja yang banyak di inginkan. Banyak orang sudah mengetahui bahwa menjadi HR memiliki tanggung jawab kerja yang besar dan banyak hal yang harus diurus, namun banyak orang yang masih melirik posisi ini.

Memiliki banyak tugas dan tanggung jawab pastinya tidak semua  orang yang bisa menempati posisi ini. Seseorang yang tepat dan bisa memenuhi kualifikasi seorang HRlah yang paling penting. Selain dari sisi akademis, ada beberapa skill lain yang perlu di kuasai agar Anda bisa menjadi HR berkualitas atau profesional.

Seperti apa sih skill HRD yang perlu dikuasai dan banyak dicari perusahaan untuk posisi HR? mari kita bahas bersama!

HRD (Human Resources Development)

Human Resources (HR) dari Human Resources Development (HRD) memiliki arti sumber daya manusia yang dimaksudkan adalah karyawan. Human Resources Development adalah pengembangan SDM.

Ini merupakan satu divisi di perusahaan yang bertanggungjawab untuk pengembangan sumber daya manusia alias karyawan.

manajemen kantor

Secara sederhana, HRD inilah yang akan mengurus pengembangan diri karyawan. Dari pengembangan karyawan ini  dapat menciptakan SDM yang berkualitas yang akhirnya bisa membantu perusahaan untuk berkembang.

Contoh pengembangan yang bisa dilakukan adalah memberikan training untuk karyawan, mengurus kekosongan posisi dan membuat recruitment, Menyusun kegiatan kerja karyawan dan jenis pengembangan yang lainya.

Sedangkan tanggung jawab yang menyertai dari pengelolaan karyawan ini adalah pengelolaan gaji, pemantauan dan penilaian karyawan sampai dengan penyelesaikan konflik di perusahaan.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai tanggung jawab dan tugas HRD yang bisa dibaca lengkap di halaman tugas, wewenang dan tanggung jawab HRD.

Pasti juga sudah bisa dibayangkan bagaimana peran HR dan tanggungjawabnya di perusahaan, apalagi untuk perusahaan besar yang mengelola banyak karyawan. Walau sekarang sudah banyak dibantu software HR namun kemampuan terbaik HR tetap dibutuhkan.

Nah skill apasih yang harus dimiliki seorang HR agar bisa mengelola SDM dengan baik? Mari kita bahas skill hr yang harus dimiliki agar menjadi seorang HR profesional.

Skill HR yang Harus Dikuasai

Berikut adalah beberapa contoh skill HRD yang perlu dikuasai agar bisa menjadi seorang HR yang profesional.

1. Komunikasi

Salah satu hal dasar yang harus dimiliki seseorang dalam bekerja dalam tim adalah komunikasi. Namun untuk HR, kemampuan komunikasi wajib dimiliki. Sebab seorang HR yang akan mengorganisir banyak hal yang melibatkan banyak orang.

Skill komunikasi ini akan sangat dibutuhkan dalam beberapa kondisi di dunia kerja, misalnya ketika memimpin meeting, berbicara ketika open recruitment, komunikasi dalam ketika ada konflik, komunikasi dengan karyawan maupun tingkatan yang lebih tinggi.

Baca Artikel : Keuntungan Menggunakan Laporan Absensi Online untuk Mempermudah Kerja HRD

Tanpa skill komunikasi yang baik, akan sulit bagi HR untuk mengelola karyawan. Sebab posisi HR sendiri merupakan penghubung antara karyawan dan perusahaan, sehingga penting bagi HR untuk menguasai skill ini.

Kemampuan komunikasi bukan hanya tentang berbicara saja, melainkan menanggapi, Menyusun kata sampai dengan intonasi.

2. Koordinasi

Selanjutnya adalah kemampuan koordinasi, dimana seorang HR perlu memiliki kemampuan koordinasi ini karena ia akan bekerja dengan banyak pihak.

Tidak hanya karyawan, HR akan bekerja dengan kepala divisi, manager, sampai dengan tingkatan yang lebih tinggi di perusahaan.

Jika tidak memiliki kemampuan koordinasi, maka kondisi kerja akan berantakan. Banyak yang kurang dan juga potensi kesalah pahaman akan lebih tinggi. Hal ini tentunya akan membawa pada perpecahan juga kinerja yang makin buruk.

Koordinasi ini didasari oleh kemampuan komunikasi. Jadi keduanya merupakan hal yang saling dukung.

3. Manajemen Data

Seperti yang kita bahas di atas, pengelolaan karyawan lengkap dengan manajemen di dalamnya. Selain softskill, HRD juga perlu memiliki kemampuan pengolahan data dan angka yang baik. Sebab disini HRD akan bekerja dengan banyak data.

Misalnya payroll dan segala urusan keuangan karyawan, laporan kinerja karyawan, laporan absensi sampai dengan laporan rutin bulanan dan tahunan.

Pembuatan laporan ini tidak mudah atau simpel, melainkan memerlukan ketelitian dan fokus yang baik.

Manajemen data ini sekarang juga sudah banyak terbantu dengan software HR sehingga memudahkan HRD dalam pengolahan data karyawan. Namun tetap saja sebagai pengguna software, kemampuan mengolah data HR tetap dibutuhkan.

4. Menggunakan Teknologi

Masih ada hubungannya dengan poin nomor 3 dimana sekarang sudah ada software HR yang akan membantu HR dalam manajemen data karyawan.

Sekarang bermunculan banyak software yang membantu kerja HRD, mulai dari sistem HRIS, sistem perusahaan dan lainya. Di masa depan, pastinya teknologi akan terus ada dan berkembang, sehingga kemampuan untuk adaptasi dan mau belajar menggunakan teknologi merupakan satu skill yang perlu dimiliki oleh HR.

5. Psikologi

HRD bekerja dengan banyak karyawan, dan seperti yang kita tahu manusia di tempat kerja memiliki banyak karakter dan sifat. Untuk memudahkan pengelolaan SDM, diperlukan dasar psikologi agar bisa memahami manajemen karyawan di perusahaan tersebut.

Dengan ilmu psikologi, HRD memiliki dasar untuk memahami karakter manusia dengan logis. Pun ilmu ini banyak digunakan untuk hampir di seluruh kegiatan HRD dalam pengelolaan SDM. Mulai dari proses recruitment kerja, koordinasi kerja dengan berbagai karyawan, manajemen konflik dan lain sebagainya.

Berhubungan dengan banyak manusia dan bertemu banyak karakter, dapat didukung dan ditanggapi dengan ilmu psikologi.

6. Pemecahan Masalah

Jika terjadi konflik di perusahaan, maka  salah satu pihak yang berwenang untuk memperbaiki kondisi adalah HRD. Hal ini masuk dalam tanggung jawab HRD berupa manajemen konflik di perusahaan.

Jika ada konflik maka hal ini adalah hal biasa di tempat kerja, namun yang paling penting adalah konflik ini tidak mengganggu performa kerja karyawan. Juga konflik perlu segera di selesaikan agar tidak berlarut-larut dan mengurangi kenyamanan karyawan yang lainya.

Skill untuk memecahkan masalah di perusahaan sangat dibutuhkan HRD. Cakupannya bukan hanya konflik internal antar karyawan saja, melainkan masalah umum yang masih berkaitan dengan tanggung jawab HRD.

Pemecahan masalah ini membutuhkan skill komunikasi, berfikir, riset informasi sampai dengan koordinasi dengan berbagai pihak.

Itulah beberapa jenis skill HRD yang dibutuhkan di perusahaan. Tentunya skill ini perlu terus dipelajari, dikembangkan dan juga diperbarui agar bisa berkembang dan mengikuti kebutuhan perusahaan.

Baca Artikel : Rekomendasi Aplikasi Untuk Mempermudah Kerja Hrd

Dukung Kerja HR dengan Software HRIS

Bantu pengelolaan karyawan menggunakan software HRIS dari Kantor Kita. Memiliki banyak fitur lengkap untuk mengelola membantu HRD memajemen urusan karyawan.

Mulai dari absensi, administrasi karyawan dan laporan, payroll sampai dengan kebutuhan kerja HR lainya. Beberapa fitur dari Kantor Kita secara lengkap bisa dipahami di gambar berikut:

Fitur Absensi Kantor Kita
Figure Fitur Absensi Kantor Kita

Informasi lebih lanjut tentang Kantor Kita bisa langsung menghubungi customer service di Kontak Kantor Kita.

Sekian ulasan hari ini tentang 5+ Skill HR yang harus dipahami, semoga bermanfaat!

Baca Artikel Tentang : Cara Kelola SDM sekaligus Inventaris dengan Software HRIS  

Previous articleKelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online
Next articleTips Mengelola Database Karyawan Perusahaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here