Berbagai Macam Cara Absensi Online yang Banyak Digunakan 

0
947
Berbagai Macam Cara Absensi Online yang Banyak Digunakan
Berbagai Macam Cara Absensi Online yang Banyak Digunakan

Berbagai Macam Cara Absensi Online yang Banyak DigunakanCara absen online bukan menjadi hal baru lagi untuk perusahaan maupun pelajar. Sekarang sudah banyak metode absensi online yang digunakan untuk mengelola kehadiran dengan mudah. Sehingga ketika ada kelas online maupun pekerjaan yang harus dikerjakan secara online bisa dicatat kehadirannya secara online juga.

Bagaimana saja sih cara absensi online yang banyak digunakan selama ini? Semoga ulasan hari ini bisa menjadi inspirasi cara online untuk Anda. Mari kita bahas bersama.

Rekomendasi : Aplikasi Absensi Wajah

 

Cara Absensi Online yang Banyak Digunakan 

Berikut adalah beberapa contoh metode absensi online yang banyak digunakan baik untuk pekerja maupun pelajar.

1. Absensi dengan Google Form 

Salah satu metode absensi yang paling populer dan menjangkau banyak orang adalah google form. Cukup mudah, sederhana dan juga gratis. Banyak dipilih sebagai cara absensi untuk pelajar maupun seminar juga acara online lainya.

Absensi dengan google form ini bisa dilakukan dengan langsung membuat form dari halaman google saja. Selanjutnya Anda bisa mendapatkan link dari pembuatan google form tersebut.

Cara Absensi Online | Google Form
Cara Absensi Online | Google Form

Hanya saja untuk cara absensi seperti ini sangat terbatas fitur yang diberikan. Pengguna hanya bisa membuat form dan diisikan peserta saja. Tidak bisa dikombinasi maupun dimodifikasi.

Kelebihan

Kekurangan

Murah

Fitur terbatas

Mudah digunakan

Rawan kecurangan

Mudah dijangkau siapa saja

Kelemahan dan Kelebihan Absensi Google Form

Kelemahan lainya dari google form ini adalah sangat mudah untuk di curangi. Semua orang yang mendapatkan link bisa mengisi form tersebut.

2. Absensi dengan Zoom Premium

Cara yang kedua yang banyak digunakan untuk acara profesional adalah menggunakan report absensi dari zoom video conference.  Namun fitur ini hanya bisa digunakan untuk zoom berbayar atau premium. Cocok digunakan untuk kegiatan webinar bisnis, perkuliahan, meeting kantor juga keperluan bisnis lainya.

Dimana pemilik acara bisa mentracking siapa saja yang mengikuti kelas online dari menu report. Dari menu ini akan terlihat laporan lengkap siapa saja yang mengikuti kelas berupa nama peserta, jumlah peserta, waktu mengikuti acara dan keluar acara.

Fitur ini cukup friendly untuk keperluan pelajar maupun pekerja profesional dan bisnis.

Kelemahan Kelebihan
Berbayar Profesional
Tidak bisa digunakan semua kalangan Mudah melacak absensi
Tersistem

Kelemahan dan Kelebihan Absensi Zoom Premium

3. Absensi Manual 

Cara absensi yang paling murah dan masih banyak digunakan adalah absensi manual. Dimana host memanggil nama satu peserta secara satu persatu. Cara ini masih cukup efektif digunakan untuk peserta dengan jumlah sedikit. Untuk keperluan seminar dan acara besar lainya tentu saja kurang maksimal.

Kelemahan dari cara absensi seperti ini adalah kurang efektifnya penggunaan waktu dan juga energi. Sedangkan kelemahan yang lain adalah hanya bisa digunakan untuk keperluan absensi acara kecil.

Kelemahan Kelebihan
Tidak efisien waktu Tidak perlu berbayar
Membutuhkan waktu banyak Mudah
Hanya cocok digunakan untuk kebutuhan kecil

Kelemahan dan Kelebihan Absensi Manual

4. Absensi dengan Aplikasi 

Metode absensi online selanjutnya adalah aplikasi absensi online dimana ini merupakan proses pencatatan absensi menggunakan aplikasi atau software untuk pencatatan kehadiran.

Salah satu metode absensi yang paling banyak digunakan untuk perusahaan terutama yang sedang menjalani kerja remote/WHF. Aplikasi absensi ini cukup cocok digunakan untuk kebutuhan profesional.

Ada banyak layanan aplikasi absensi yang memberikan layanan gratis namun tentu saja memiliki fitur yang terbatas. Sedangkan untuk keperluan profesional bisa menggunakan aplikasi berbayar dimana fitur-fiturnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau enterprise.

Cara Absensi Online | Aplikasi Absensi Kantor Kita
Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Saat inipun aplikasi absensi banyak digunakan untuk kebutuhan absensi karyawan WFH, sehingga absensi terjamin dan mudah digunakan.

Jadi itulah beberapa cara absensi online yang dapat digunakan untuk absensi online. Anda bisa memilih beberapa cara absensi di atas untuk keperluan kelas online maupun keperluan online lainya.

Aplikasi absensi ini juga bisa digunakan melalui seluler atau smartphone sehingga absensi dimana saja dan kapan saja bisa dilakukan online. Pun juga ada laporan abesnsi setiap harinya yang bisa dikumpulkan menjadi laporan bulanan.

 

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online

Salah satu rekomendasi aplikasi absensi online yang banyak digunakan adalah Aplikasi absensi dari Kantor Kita. Aplikasi absensi online murah dan banyak orang bisa menggunakannya. Mulai dari Rp 10.000/orang/bulan sudah dapat menikmati absensi dengan fitur lengkap dan profesional.

Customer Service Kantor Kita
Kontak Customer Service Kantor Kita

Anda bisa mencoba aplikasi absensi online dari Kantor Kita dengan fitur demo 15 hari secara gratis. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan daftar Kantor Kita!

Previous articleKaryawan Sering Terlambat, Apa yang Harus Dilakukan Divisi HRD
Next articleKenapa Karyawan Terbaik Resign?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here