Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

0
3818
Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online – Aplikasi absensi online adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun pekerja saat ini untuk membantu urusan pencatatan keseharian kerja. Dulu aplikasi absensi online banyak digunakan di masa pandemi. Sekarang ini walau pandemi sudah surut, aplikasi ini tetap banyak digunakan dan dipilih untuk digunakan.

Namun penggunaan aplikasi absensi online ini pastinya tidak lepas dari sisi kelebihan dan kekurangannya. Nah keduanya ini tidak bisa diabaikan bahkan juga perlu untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam pemilihan aplikasi absensi untuk kantor Anda.

Nah apasih kelebihan dan kekurangan aplikasi absensi online ini? Mari kita bahas bersama untuk pertimbangan memilih aplikasi absensi karyawan yang pas untuk Anda.

Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online merupakan aplikasi yang bekerja khusus untuk keperluan absensi karyawan secara online. Aplikasi ini merupakan teknologi yang membantu kita untuk bisa berabsen dengan mudah tanpa perlu melakukan kontak fisik dan tatap muka dengan pengguna lain.

Tentu saja aplikasi model seperti ini menjadi jawaban di masa pandemi dimana jarak menjadi satu hal penting. Dengan berjarak dan melalui online, absensi tetap bisa dilakukan dengan baik.

aplikasi absensi online
Gunakan Aplikasi Kantor Kita Untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Baca Artikel : Keuntungan Menggunakan Laporan Absensi Online untuk Mempermudah Kerja HRD

Cara Kerja Aplikasi Absensi Online

Jika menggunakan media manual seperti absensi ceklok yang perlu memasukkan kertas untuk mencetak jam masuk dan keluarnya, atau mesin absensi fingerprint yang menggunakan pendeteksian sidik jari untuk mengecek si pengabsen, maka aplikasi absensi online ini menggunakan face recognition untuk mengenali wajah pengguna yang juga dilengkapi dengan GPS untuk mendeteksi lokasi pengguna.

Aplikasi ini menggunakan sistem cloud sehingga semua data yang masuk di aplikasi absensi bisa terlacak dan tersimpan dengan baik.

Jadi sekarang ini aplikasi absensi karyawan online ini sudah sangat canggih untuk membantu karyawan dalam mengelola urusan kehadiran di perusahaan.

Aplikasi Absensi Online
Gambar 1 Penggunan Aplikasi Absensi Online

Nah dengan cara yang seperti ini, absensi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tidak banyak menggunakan energi dan budget namun proses absensi berjalan dengan mudah.

Kelebihan Aplikasi Absensi Online

Ada beberapa kelebihan aplikasi absensi karyawan online. Kelebihan ini tentunya menjadi satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik agar pemilihan aplikasi bisa maksimal. Berikut kelebihan dari aplikasi absensi online.

1. Absensi dengan Mudah

Aplikasi absensi online ini bisa digunakan dengan mudah dan cepat bahkan cukup friendly untuk pengguna di berbagai usia. Hal ini membuat aplikasi absensi online menjadi aplikasi yang banyak dipilih dalam pengelolaan pencatatan kehadiran karyawan.

Tidak hanya dari karyawan saja, melainkan dari pengelola karyawan seperti HR pun bisa menggunakan aplikasi dengan mudah dan cepat.

Aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur aplikasi absensi lengkap, berupa fitur laporan absensi, fitur payroll sampai dengan fitur manajemen karyawan yang lainya. sehingga absensi lebih cepat, mudah dan relate digunakan untuk banyak kalangan.

2. Absensi dengan Perangkat Pribadi

Menggunakan aplikasi absensi online memberikan kemudahan karena pengguna tidak perlu lagi antri absen menggunakan satu devices untuk banyak orang.

Absensi dengan perangkat pribadi memberikan kemudahan dan bisa mengakses informasi karyawan lebih privat, misalnya informasi slip gaji atau juga informasi Riwayat absensi.

3. Lebih Hemat Budget dan Efisien

Berbeda dengan aplikasi absensi manual yang harus mengeluarkan uang untuk biaya cetak dan biaya beli kertas maupun biaya listrik dalam pengelolaan aplikasi absensi, maka menggunakan aplikasi absensi ini budget lebih hemat dan efisien.

Hal ini karena pengguna tidak perlu mencetak hasil absensi, laporan sudah tersedia tidak perlu dibuat ulang.

Baca : Aplikasi Absensi Online Dengan GPS Untuk Deteksi Lokasi

4. Meminimalkan Kecurangan

Penggunaan aplikasi absensi online ini menjadi satu hal yang dapat meminimalkan kecurangan absensi karyawan.

Jika biasanya kecurangan disebabkan karena proses absensi yang kurang ketat, maka menggunakan aplikasi absensi online ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup akurat untuk mencegah kecurangan absensi karyawan.

Beberapa tools pendukung untuk mencegah kecurangan karyawan ini contohnya adalah menggunakan fitur face recognition untuk mendeteksi wajah, menggunakan gps dan juga time tracker untuk mencatat waktu kehadiran dan kepulangan pengguna.

Dengan dukungan beberapa fitur ini pastinya aplikasi menjadi lebih akurat dan mudah digunakan.

5. Kompatibel dengan Berbagai Kondisi

Kelebihan aplikasi absensi online yang lainya adalah ia cukup compatible atau sesuai dengan berbagai kondisi pengguna.

Aplikasi bisa berguna untuk kebutuhan WFH maupun WFO ataupun pengguna pekerja remote. Dimana aplikasi ini cukup fleksibel dan mudah digunakan untuk berbagai kondisi.

Dengan sifatnya yang cukup fleksibel membuat banyak orang memilih aplikasi ini untuk memenuhi kebutuhan pencatatan absensi dan manajemen karyawan.

Itulah beberapa kelebihan dari aplikasi absensi karyawan online, dimana ia banyak memberikan kemudahan dan efisiensi di banyak bidang. Juga memenuhi kebutuhan absensi yang dibutuhkan perusahaan.

Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Nah setelah membahas mengenai kelebihan aplikasi absensi online, mari kita bergeser ke kekurangannya. Memang tidak fair jika kita hanya membahas mengenai kelebihan saja tanpa membahas sisi kekurangannya.

Namun dengan mengetahui sisi kurang dari aplikasi absensi ini membuat Anda lebih jelas dalam mempertimbangkan pemilihan penggunaan absensi online untuk perusahaan Anda.

Apa saja sih kekurangan dari aplikasi absensi online ini? Mari kita bahas bersama.

1. Menggantungkan dari Perangkat Masing-Masing

Menggunakan perangkat masing-masing merupakan kelebihan dan juga kekurangan untuk aplikasi absensi online. Dimana selain pengguna tidak perlu antri berabsen di kantor, penggunaan aplikasi absensi ini juga bergantung kepada koneksi internet dan kondisi smartphone.

Jadi memang aplikasi absensi bisa digunakan dalam kondisi koneksi internet yang baik.

Bagaimana jika ada masalah dengan perangkat handphonenya?

Jika ada masalah dengan perangkat yang digunakan maka Anda bisa beralih ke perangkat lainya dengan akun yang sama.

2. Harus Koneksi Internet

Penggunaan aplikasi absensi juga sangat bergantung dengan koneksi internet. Untuk itu pengguna harus selalu memastikan perangkatnya terhubung  dengan Wi-Fi maupun paket data internet. Kendala terjadi umumnya jika ada pemadaman listrik maupun sinyal sulit di daerah tersebut.

Untuk pengguna yang memiliki koneksi internet stabil pastinya tidak bermasalah dengan penggunaan aplikasi absensi online ini.

Itulah beberapa kekurangan menggunakan aplikasi absensi online di perusahaan. Memang setiap hal pasti punya kelebihan dan kekurangan, namun yang paling tepat adalah menggunakan kekurangan dan kelebihan ini sebagai pertimbangan dalam pemilihan terbaik untuk perusahaan Anda.

Baca : Tips Memilih Aplikasi Absensi Online

Pilih Aplikasi Absensi Online yang Banyak Kelebihannya

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan aplikasi absensi online pastinya kita menginginkan aplikasi absensi dengan fitur lengkap dan penggunaan yang mudah untuk memberi lebih banyak kelebihan dan kenyamanan dalam penggunaan.

Salah satu aplikasi absensi karyawan online yang memberikan fitur lengkap, harga terjangkau dan kemudahan penggunaan adalah aplikasi absensi dari Kantor Kita.

Hadir dengan paket bulanan maupun tahunan untuk Anda, dengan fitur absensi online sampai dengan pengelolaan absensi dan payroll.

fitur aplikasi kantor kita
Gambar 2 Fitur Aplikasi Kantor Kita

Cek informasi harga sampai dengan kelengkapan fitur dan add on langsung ke tim Kantor Kita, hubungi Kontak Kantor Kita untuk kemudahannya.

Nah jadi sudah paham ya apa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi absensi online, jadi bagaimana? Pilih aplikasi absensi online atau absensi konvensional untuk perusahaan Anda?

Previous articleSlip Gaji Karyawan Online Gratis
Next articleIngin Jadi HR? Kuasai 5+ Skill HR ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here