Aplikasi Absensi Online Dengan GPS Untuk Deteksi Lokasi

0
1803
Aplikasi Absensi Online Dengan GPS Untuk Deteksi Lokasi

Aplikasi Absensi Online Dengan GPS Untuk Deteksi LokasiSekarang ini penggunaan aplikasi absensi karyawan online cukup marak digunakan untuk membantu mengatasi urusan pengelolaan kehadiran karyawan di masa WFH maupun pekerjaan remote. Sebab sebelumnya mesin absensi tidak bisa mengatasi urusan jarak.

Untuk itulah kenapa sekarang ini aplikasi absensi online lebih banyak dipilih dan digunakan sebagai salah satu aplikasi kantor yang mendukung kerja di masa pandemi. Salah satu hal yang paling dicari dalam aplikasi absensi adalah fitur gps nya. Yang bisa meminimalkan kecurangan waktu dan juga bisa mendeteksi lokasi karyawan.

Nah bagaimana sih aplikasi absensi dengan lokasi atau dengan fitur gps untuk melacak lokasi ini? Mari kita ulas bersama.

Aplikasi Absensi dengan Lokasi (Fitur GPS)

Aplikasi absensi yang menggunakan GPS juga banyak disebut dengan geotagging attendance dimana ini adalah aplikasi absensi yang didukung dengan GPS untuk melacak lokasi penggunannya. Jika aplikasi absensi ini digunakan untuk perusahaan, maka pengguna yang dimaksud adalah karyawan perusahaan.

 Figure 1 Aplikasi Absensi Dengan Lokasi

Figure 1 Aplikasi Absensi Dengan Lokasi

Ada banyak alasan kenapa aplikasi absensi melengkapi fiturnya dengan GPS. Selain untuk menutup kekurangan mesin absensi konvensional yang tidak bisa mengatasi jarak, juga digunakan sebagai alat untuk memonitor lokasi karyawan.

Sehingga perusahaan bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang karyawan dan mengurangi kecurangan yang biasa terjadi karena masalah lokasi.

Baca Artikel : Kantor Kita: Aplikasi Absensi Online Android Lengkap dan Terjangkau

Fungsi GPS dalam Aplikasi Absensi

Penggunaan fitur aplikasi absensi GPS pada aplikasi absensi dilakukan bukan tanpa alasan, hal ini untuk menyempurnakan mesin absensi konvensional yang sebelumnya dan juga digunakan untuk memonitor karyawan. Ada beberapa fungsi GPS, diantaranya adalah:

Figure 2 Fungsi GPS Dalam Aplikasi Absensi
Figure 2 Fungsi GPS Dalam Aplikasi Absensi

1. Menetapkan Lokasi Absensi Karyawan

Salah satu fungsi GPS dalam aplikasi absensi adalah untuk membaca lokasi pengguna aplikasi tersebut. Pun GPS ini juga sangat dibutuhkan untuk menetapkan lokasi absensi. Misalnya sebuah perusahaan menetapkan lokasi absensi di kantor dengan lokasi A, maka karyawan hanya bisa melakukan absen di lokasi tersebut.

Tentu saja hal ini untuk mencegah kecurangan absensi dan juga memberikan data kehadiran karyawan yang akurat. Baik absen masuk dan keluar di perusahaan tersebut.

2. Monitoring Karyawan Kegiatan Dinas Luar

Selain itu GPS dalam aplikasi absensi berfungsi untuk membaca posisi karyawan dalam kondisi dinas luar. Admin yang memiliki akses monitor seluruh karyawan bisa membaca lokasi karyawan tugas dinas tersebut. Apakah sudah sampai di lokasi, apakah ada di lokasi yang ditetapkan dan lain sebagainya.

Penggunaan GPS untuk penggunaan pekerjaan dinas juga untuk melindungi karyawan dari tindak kecurangan dan memberikan informasi lebih valid tentang lokasi karyawan selama perjalanan dinas.

3. Aplikasi Absensi untuk Pekerja Lapangan

Hampir mirip dengan kegiatan dinas luar, aplikasi absensi dengan GPS sangat berguna untuk perusahaan dengan pekerja lapangan untuk melakukan absensi. Misalnya perusahaan tambang, kontruksi, sales dan lain sebagainya.

Dimana pekerja bisa langsung hadir di lapangan, tidak perlu melakukan absensi di kantor terlebih dahulu. Hal ini tentunya menjadi satu kemudahan untuk pekerja agar bisa lebih fleksibel namun hasil absensi juga akurat.

Baca Artikel : Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Jam lapangan yang biasanya kurang menentu juga bisa terbaca di aplikasi absensi ini, mulai dari pencatatan di awal masuk sampai dengan pencatatan pulang lengkap dengan lokasi absensinya. Dengan begitu perusahaan bisa mendapatkan informasi absensi secara akurat sehingga penilaian juga lebih sesuai.

Nah itulah beberapa fungsi dari aplikasi absensi dengan fitur GPS untuk membantu karyawan dan perusahaan melakukan absensi. Hasil lebih akurat dan juga bisa menjadi aplikasi absensi pilihan di berbagai situasi.

Perusahaan yang Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi GPS

Ada beberapa bentuk pelaku usaha yang memang hanya memerlukan pencatatan waktu saja tanpa perlu memerhatikan lokasi absensi. Namun untuk beberapa bidang tertentu, pendeteksian lokasi sangat dibutuhkan. Agar bisa menjaga dan memonitoring karyawan dengan baik dan untuk meminimalkan kecurangan.

Beberapa perusahaan yang memerlukan aplikasi absensi dengan fitur GPS ini diantaranya adalah

  1. Perusahaan ekspedisi
  2. Media online
  3. Perusahaan outsourching
  4. Perusahaan kontruksi
  5. Perusahaan tambang
  6. Perusahaan transportasi
  7. Perusahaan logistik

Beberapa perusahaan di atas memerlukan aplikasi absensi yang fleksibel, dalam artian bisa absen dimana saja dengan mudah. Tidak perlu absensi di satu tempat terlebih dahulu baru datang ke lapangan. Dengan begitu tentu saja bisa memberikan informasi kepada perusahaan tentang lokasi terkini sehingga perusahaan sendiri bisa memonitor dengan baik.

Aplikasi Absensi dengan GPS : Kantor Kita

Salah satu aplikasi absensi online yang dilengkapi dengan GPS adalah dari aplikasi absensi Kantor Kita. Aplikasi absensi berbasis android dan IOS ini didukung dengan GPS untuk membantu memonitoring lokasi absensi karyawan.

Aplikasi Kantor Kita sudah banyak digunakan untuk mengatasi berbagai keadaan perusahaan, mulai dari kegiatan WFH perusahaan, WFO maupun perjalan dinas.

 Aplikasi Absensi Dengan GPS Kantor Kita
Figure 3 Aplikasi Absensi Dengan GPS Kantor Kita

Aplikasi absensi ini dilengkapi dengan fitur yang lainya, yaitu pengajuan cuti/izin online, reimbursement online, slip gaji online dan juga laporan absensi yang akurat. Absensi karyawan serba mudah dan akurat menggunakan aplikasi absensi dari Kantor Kita.

Anda bisa mendaftar absensi online Kantor Kita di register Kantor Kita. Sebelum itu Anda bisa mencoba free trial selama 14 hari gratis untuk menikmati semua fitur menarik dari Kantor Kita. Coba sekarang dan nikmati kemudahannya!

Baca Artikel : Fingerprint Vs Aplikasi Absensi Online??

Kesimpulan

Aplikasi absensi dengan lokasi adalah aplikasi absensi dengan GPS yang banyak dipilih untuk memonitor karyawan berdasarkan lokasinya. Aplikasi absensi ini sangat berguna untuk mengatasi pencatatan kehadiran dengan lokasi karyawan yang berbeda-beda.

Baik itu kegiatan kerja WFH, WFO maupun kerja remote, bisa dengan mudah dikelola menggunakan aplikasi absensi ini. Salah satu apliaksi absensi yang bisa digunakan adalah Kantor Kita. Aplikasi absensi online dengan fitur lengkap dan harga terjangkau untuk banyak penggunannya.

 

Sekian ulasan tentang aplikasi absensi dengan lokasi hari ini, semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here