Tips Memilih Aplikasi Absensi Online Untuk Karyawan

0
60
Tips Memilih Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

Tips Memilih Aplikasi Absensi Online untuk KaryawanBekerja di masa pandemi harus memutar otak agar semua pekerja bisa selesai dengan baik walau bekerja tidak dilakukan di kantor. Di masa seperti ini memerlukan teknologi khusus yang bisa membantu mendukung masalah pekerjaan individu sampai masalah administasi kantor. Beruntungnya di masa pandemi ini kita sudah hidup dalam perkembangan teknologi yang cukup baik, terdapat perangkat-perangkat yang bisa mendukung untuk menyelesaikan pekerjaan kantor, atau software dan aplikasi yang juga membantu pengerjaan tugas dengan cepat dan efisien.

Salah satu aplikasi yang mendukung produktifitas bekerja dan membantu menyelesaikan urusan administrasi kerja adalah aplikasi absensi online. Aplikasi ini cukup banyak digunakan, apalagi di masa pandemi dimana banyak orang melakukan WFH. Apakah kantormu sudah menggunakan aplikasi ini untuk mengurus masalah absensi? Ada banyak aplikasi absensi online ini yang bisa dengan mudah kamu dapatkan di Play Store ataupun App Store, namun bagaimana cara memilihnya? Yuk Kantor Kita akan membantu Anda memilih aplikasi absensi online yang cocok untuk kantor dan karyawan

Kompatibel Untuk Berbagai Perangkat Smartphone

Aplikasi absensi pastinya akan digunakan semua karyawan, nah setiap karyawan juga memiliki perangkat yang berbeda-beda, baik perangkat dengan spesifikasi yang tinggi atau lebih rendah. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah melihat apakah aplikasi absensi online tersebut kompatibel untuk berbagai perangkat atau terbatas untuk perangkat tertentu saja. Memastikan kecocokan perangkat membantu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan setelah menggunakan aplikasi absensi online, misalnya tiba-tiba terjadi force close atau beberapa fitur tidak berfungsi dimana hal ini malah akan membuat absensi online lebih mudah menjadi lebih rumit.

 

Hindari masalah di atas dengan memastikan jenis spesifikasi perangkat seperti apa yang kompatibel dengan aplikasi absensi online tersebut. Umumnya Informasi awal mengenai aplikasi absensi online ini bisa Anda dapatkan di website aplikasi online tersebut.

Friendly Use

Dalam dunia kerja banyak karyawan dengan berbagai jenis usia, latar belakang dan kemampuan, melihat hal ini, dalam memilih aplikasi absensi online, Anda harus memerhatikan masalah kemudahan pengoperasian aplikasi. Tidak semua karyawan bisa mengoperasikan aplikasi dan perangkat dengan baik, sehingga pertimbangan kemudahan pengoperasian aplikasi menjadi sangat penting untuk dipehatikan.

Baca Artikel “Tips Mengelola dan Mengatasi Karyawan yang Sering Absen”

Kemudahan pengoperasian dari aplikasi absensi online ini memudahkan karyawan untuk melakukan absensi dengan cepat dan akurat, sehingga tidak banyak waktu yang dibuang hanya untuk absensi saja. Semua karyawan juga bisa mengoperasikan dengan mudah dengan design aplikasi yang simpel dan mudah digunakan.

Masalah kemudahan pengoperasian ini juga bukan untuk karyawan yang absen saja namun juga untuk HRD yang bertugas dalam memantau laporan absensi karyawan, karena ini adalah intinya. Jadi aplikasi absensi online yang baik, bisa menampilkan laporan absensi karyawan dengan baik dan mudah sehingga HRD merasa terbantu dengan aplikasi ini, bukan sebaliknya. Jadi ketika Anda memutuskan menggunakan aplikasi absensi online, jangan hanya memerhatikan dari segi si pengabsen namun juga dari pemantau absen karena ia akan mendata keseluruhan absensi karyawan, jika aplikasi absensi memiliki fitur yang sulit di operasikan maka akan lebih baik berpindah ke aplikasi absensi yang lain yang lebih mudah untuk dioperasikan dan dipelajari.

Aplikasi Dengan Fitur Yang Lengkap

Ketahui apa yang kantor butuhkan dalam memilih aplikasi absensi online. Apakah kantor hanya membutuhkan aplikasi absensi online untuk berabsen saja atau aplikasi yang sudah terintegrasi dengan sistem penggajian atau payroll. Dengan mengetahui apa yang kantor butuhkan maka Anda bisa memilih aplikasi absensi online dengan tepat.

Beberapa kebutuhan fitur untuk aplikasi absensi online karyawan adalah

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita Membantu Memanagement waktu
  1. Fitur absen masuk dan keluar
  2. Fitur absen lembur
  3. Fitur pengajuan izin dan cuti
  4. Fitur pencatat waktu real time
  5. Laporan absensi karyawan
  6. Fitur GPS

Namun untuk aplikasi absensi online yang mencangkup fitur payroll, pastinya memiliki fitur yang lebih lengkap karena sistem absensi online yang terintergrasi dengan sistem payroll akan membantu masalah penggajian karyawan, misalnya penghitungan hasil absensi, jumlah telat, izin maupun cuti akan otomatis terhitung sebagai penentuan nilai gaji akhir karyawan. Beberapa fitur yang harus ada dalam aplikasi absensi online yang terhubung dengan payroll ini adalah

  1. Fitur absensi masuk dan keluar
  2. Fitur absen lembur
  3. Fitur cuti dan izin
  4. Fitur time tracker untuk mencatat waktu
  5. Slip gaji
  6. Laporan absensi karyawan
  7. Laporan penggajian meliputi potongan BPJS, tunjangan dan lain sebagainya

Ketahui apa yang dibutuhkan untuk kantor dalam mengelola absensi karyawan, sehingga pemilihan tepat dan bisa memberikan manfaat yang signifikan untuk kantor.

Biaya

Aplikasi absensi online untuk karyawan pastinya bisa diakses dengan mode berbayar, seperti yang kita tahu metode absensi koncensional seperti fingerprint juga harus mengeluarkan uang, apalagi aplikasi absensi online yang membantu mengurus absensi dan administrasi karyawan ini. Teknologi yang mudah membuat pekerjaan Anda lebih efisien karena menghemat energi dan waktu, maka jangan heran jika pengembang mematok harga untuk aplikasinya.

Anda bisa menyesuaikan budget untuk absensi online kantor kita

Nah Anda bisa menyesuaikan budget untuk absensi online ini seseuai dengan kemampuan kantor Anda, aplikasi absensi ini pemberi jasa dan biaya yang dipatok pun juga cukup bervariatif, maka siapkan anggaran khusus untuk absensi dan sesuaikan budget antara layanan absensi online dengan budget yang kantor Anda miliki.

Umunya biaya yang dipatok sesuai dengan kekuatan dari aplikasi tersebut, semakin bagus, berkualitas dan lengkap tentunya juga semakin mahal karena mambantu Anda lebih banyak, berbeda dengan aplikasi absensi yang bisa diakses murah ataupun gratis namun memiliki kualitas maupun fitur yang terbatas. Pilih sesuai dengan kualitas yang Anda butuhkan dan tentunya cocok dengan budgetnya.

Keakuratan / Kinerja Aplikasi

Aplikasi sama dengan robot yang berjalan sesuai dengan pengaturan sehingga ia akan berjalan sesuai sistem yang ada, namun aplikasi terkadang tidak bisa diduga atau error. Sebagai aplikasi absensi online yang menentukan laporan kinerja dan gaji pegawai, tentunya kinerja dan keakuratan aplikasi harus diperhatikan dengan baik agar menghasilkan data yang tepat pula. Keakuratan data ini bisa dilihat dari kesesuaian mendata informasi sesuai dengan inputnya. Jika aplikasi absensi sudah memiliki keakuratan yang optimal maka aplikasi bisa dipilih untuk aplikasi absensi online untuk pegawai.

Layanan Konsultasi Dan Kapasitas Absensi

Aplikasi absensi online tidak berjalan sendiri, karena di balik aplikasinya terdapat tim support yang membantu Anda mempelajari aplikasi tersebut termasuk layanan Customer Service yang membantu Anda jika ada masalah terkait aplikasi absensi online. Layanan support ini sangat penting dipertimbangkan untuk memilih aplikasi absensi online sehingga bisa kapanpun berkonsultasi jika ada masalah. Tim support ini juga membuat aplikasi absensi semakin terpercaya.

Kesimpulan

Menggunakan aplikasi absensi online adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin masalah administrasi absensi berjalan dengan baik sehingga saat WFH maupun WFO, kantor tidak perlu bingung untuk mengaturnya. Memilih aplikasi absensi juga tidak bisa sembarangan, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama masalah keakuratan dan kemudahan mengoperasikan aplikasi. Yuk segera gunakan aplikasi absensi online untuk pengalaman absen yang mudah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here