Pentingnya Work Life Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk Karyawan

0
47
Work life balance
Pentingnya Work Live Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk Karyawan

Pentingnya Work Life Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk KaryawanWork life balance, adalah kata yang mulai banyak digaungkan diberbagai media dan platform online. Pembahasan akan Pentingnya Work life balance dewasa ini cukup populer dan mulai menjadi satu aspek yang harus diperhatikan dengan serius khususnya oleh pekerja. Work life balance adalah satu hal yang menyangkut dengan keseimbangan hidup antara kerja dan kehidupan pribadi.

Dalam melakukan pekerjaan, banyak orang yang masih kesulitan menyeimbangkan kebutuhan kerja dan kehidupan pribadi akibatnya ada satu ketimpangan dalam hidupnya. Oleh karena itu ilmu dan pengetahuan akan Work life balance ini makin banyak dipelajari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Apa sih sebenarnya Work life balance ini? Kantor Kita akan membahasnya untuk Anda

Work Life Balance

Menurut Bussiness News Daily arti dari Work life balance secara singkat adalah keseimbangan yang dibutuhkan mengatur masalah prioritas, yaitu prioritas untuk masalah karir dan prioritas untuk masalah kehidupan pribadi.

Forbes  juga menuliskan bahwa Work life balance  bukan hanya issu belaka sekarang ini, namun juga kultur yang harus mulai di bangun di lingkungan kerja itu sendiri, sehingga mereka bisa memberikan pengaruh untuk karyawan akan Work life balance.

Pentingnya Work Life Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk Karyawan

Misalnya menggunakan hari cuti tanpa merasa bersalah, menggunakan tunjangan dan waktu untuk liburan dengan keluarga tanpa ada rasa takut.

Kenapa Work life balance  ini harus mulai dikembangkan? Karena sekarang ini banyak karyawan atau pekerja yang bekerja secara maksimal sehingga banyak waktu yang digunakan untuk urusan pekerjaan, sehingga masalah mental dan stress banyak terjadi pada karyawan.

Banyak orang yang ingin mendapatkan predikat sukses dengan cara bekerja dari pagi sampai malam, dan banyak waktunya dihabiskan dengan urusan kantor. Padahal mereka masih memiliki kehidupan pribadi yang lebih utama. Oleh karena itu lingkungan kerja atau kantor sangat berpengaruh terhadap budaya Work life balance ini.

Work life balance
Kenapa Work life balance ini harus mulai dikembangkan

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang memiliki Work life balance  yang buruk adalah karena sebab berikut ini

  1. Meningkatnya tanggung jawab pekerjaan
  2. Bekerja dengan durasi kerja yang panjang
  3. Tanggung jawab rumah yang besar

Banyak orang yang mulai menyadari bahwa Work life balance  itu sangat penting untuk kesehatan mental, keharmonisan keluarga, kehidupan pribadi bahkan produktifitas di kantor. Oleh karena itu Work life balance  penting untuk ditumbuhkan di lingkungan kerja dan kesadaran pribadi akan Work life balance  juga menentukan keberhasilan mendapatkan kehidupan yang seimbang.

Baca Juga Ingin Memiliki Karir yang Cerah?? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Sehingga konsep dari Work life balance  adalah Anda bisa melakukan pekerjaan dengan baik namun juga memiliki kesempatan untuk mengurus masalah pribadi seperti keluarga, hobi dan kegiatan sosial dengan baik. Sehingga dua hal tersebut (kehidupan pribadi dan pekerjaan) bisa berjalan beriringan tanpa ada yang timpang. Hal yang perlu diperhatikan dalam Work life balance adalah keseimbangan ini berjalan seiring waktu bukan setiap hari.

Bagaimana Mengembangkan Work Life Balance

Mengetahui pentingnya Work life balance  untuk kehidupan, maka secara pribadi juga harus memiliki beberapa cara agar Work life balance ini bisa didapatkan dalam hidup. Hal-hal yang akan membantu Anda untuk mendapatkan Work life balance adalah

  1. Sadarkan dirimu tidak ada yang sempurna

Menurut Bussiness News Daily, Salah satu cara pengembangan untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang atau Work life balance adalah dengan mengetahui dan menyadari bahwa tidak semua hal harus sempurna seperti yang Anda inginkan.

Ada kalanya, Anda harus melakukan fokus menyelesaikan pekerjaan namun di beberapa waktu yang lain kamu juga harus menghabiskan waktu dengan keluarga atau orang tercinta. Sehingga Anda bisa menyesuaikan hal-hal yang harus di prioritaskan di waktu-waktu tertentu.

aplikasi absensi
www.kantorkita.co.co.id

Tidak semua hal bisa Anda handle untuk berjalan dengan baik seperti halnya dalam masalah pekerjaan, tidak harus bekerja setiap hari setiap waktu namun kamu bisa menentukan kebutuhanmu dan mengatur mana yang harus diprioritaskan.

Menjadi perfeksionis adalah salah satu hambatan ketika Anda ingin mengembangankan Work life balance, menjadi perfeksionis membuat Anda lebih condong pada satu bidang tertentu sehingga terjadi ketimpangan pada bidang yang lainya.

Banyak Pelaku Bisnis yang Telah Menggunakan Kantor Kita Sebagai Partner Dalam Mengelola Managemen Kantor

Dengan menyadari tidak ada yang sempurna dalam hidup, akan membantumu mendapatkan   Work life balance yang sesungguhnya.

  1. Menghindari pekerjaan untuk sementara

Hal selanjutnya yang membantu Anda mendapatkan keseimbangan dalam hidup adalah dengan menjauhkan diri dari pekerjaan.

Istilah yang  cocok untuk menggambarkan kondisi ini adalah unplug yang berarti mencabut, mencabut dalam artian menjauhkan diri dari pekerjaan terlebih dahulu.

Tips Jalani Wfh Agar Selalu Semangat

Misalnya menonaktifkan handphone untuk menghindari notifikasi dari pekerjaan, atau memilih waktu untuk sendiri secara sementara sehingga tidak berkutat dengan masalah     pekerjaan.

Memutuskan hubungan dengan masalah pekerjaan untuk sendiri memberikan banyak manfaat seperti mengurangi stress atau tekanan, dan bisa melakukan aktifitas bersantai atau pengembangan diri lebih baik.

  1. Prioritaskan Kesehatan

Untuk mencapai keseimbangan masalah kerja dan kehidupan pribadi, salah satu caranya adalah dengan mulai memikirkan masalah kesehatan.

Bekerja terus menerus akan membawa banyak  akibat yang ditimbulkan baik itu Masalah kesehatan mental dan fisik.

Dengan mulai memprioritaskan masalah kesehatan Anda bisa mengatur keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi untuk lebih baik sehingga hidup tidak terus digunakan untuk bekerja saja namun juga ada waktunya Anda beristirahat untuk hidup yang lebih baik.

Menjadi pekerja yang teladan tidak dilakukan dengan bekerja secara berlebihan atau over working, memperhatikan masalah pekerjaan juga menjadikan Anda sebagai karyawan yang baik, dan tentu saja berpengaruh untuk jangka panjang.

  1. Menetapkan waktu kerja

aplikasi absensi online
menetapkan waktu kerja

Memiliki batasan secara pribadi untuk waktu kerja adalah salah satu cara untuk mendapatkan keseimbangan hidup atau Work life balance, dengan begitu Anda bisa mengatur waktu untuk keluarga, diri sendiri dan pertemanan.

Menetapkan jam kerja ini sangat penting karena dengan membuat jadwal seperti ini menghindai Anda melakukan over working yang akhirnya membuat kehidupan pribadi lebih timpang. Penetapan waktu kerja ini berguna apalagi disaat pandemi dan banyak karyawan yang melakukan work from home dimana batas bekerja dan kehidupan pribadi semakin tipis. Tentukan waktu-waktu yang tepat untuk bekerja, beristirahat dan menyelesaikan pekerjaan.

Manfaat Work Life Balance

Beberapa manfaat Work life balance untuk karyawan di tempat kerja adalah

  1. Mengurangi stress

Bekerja dengan tekanan atau tingkat stress yang tinggi adalah salah satu faktor karyawan tidak bahagia. Dengan memiliki Work life balance  yang baik, karyawan memiliki kehidupan yang lebih baik dan rasa tertekan juga semakin berkurang.

  1. Performa meningkat

Seseorang yang memiliki Work life balance memiliki kebahagiaan yang lebih tinggi sehingga bisa memberikan energinya untuk perusahaan yang lebih baik. Dibandingkan dengan seseorang yang memiliki tekanan dan stress yang lebih tinggi, seseorang yang memiliki Work life balance  yang baik akan merasa lebih bahagia sehingga bisa memberikan performa yang maksimal kepada perusahaan.

Cari tahu alasan mengenai Kenapa Karyawan Memiliki Performa Buruk Di Kantor?

  1. Kesehatan yang baik

Semakin bahagia karena tekanan lebih rendah maka seseorang juga semakin nyaman menjalani hidup sehingga resiko penyakitpun bisa berkurang, seperti jantung dan hipertenti, jadi seseorang dengan Work life balance yang baik bisa mendapatkan kualitas hidup dan kesehatan yang lebih baik.

Pengetahuan tentang pentingnya  sangat bermanfaat untuk menjaga kehidupan karyawan jadi kultur budaya Work life balance  harus mulai di bangun dan disadari secara pribadi mulai dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here