Perempuan Mandiri Dalam Berkarir

0
988
Perempuan Mandiri Dalam Berkarir
Perempuan Mandiri Dalam Berkarir

Perempuan Mandiri Dalam BerkarirZaman sudah mengalami banyak perkembangan, tidak hanya soal teknologi dan informasi saja, perkembangan juga terjadi pada perempuan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perempuan pernah mengalami zaman terbelakang dengan ketimpangan gender yang cukup parah. Tidak boleh bekerja, tidak boleh mendapatkan pendidikan tinggi, dilihat lebih rendah daripada laki-laki atau wanita hanya boleh mengurus masalah internal rumah tangga saja.

Sekarang, wanita sudah merdeka dan memiliki kesetaraan posisi dengan laki-laki. Kesetaraan gender ini menjadi isu yang hangat dan banyak diperjuangkan oleh pejuang wanita dari dulu sampai sekarang, sehingga wanita sekarang bisa merasakan kebebasan dalam hidup termasuk berkarir, bersosial dan berpendidikan. Wanita sekarang bisa menunjukkan kemampuanya dengan baik terutama dalam bidang karir, hal ini dilihat dari banyaknya wanita yang menempati posisi penting dalam perusahan maupun berkarir secara mandiri.

 

Pentingnya Perempuan Mandiri dalam Berkarir

Hal ini menumbuhkan pemikiran bahwa wanita bisa untuk hidup mandiri dan bebas menentukan masa depannya sendiri. Sekarang ini banyak wanita yang membuka diri dan sadar bahwa ia harus mandiri baik dalam kehidupan sehari-hari maupun finansial. Emangnya apa sih alasan kenapa wanita harus mandiri secara finansial dan kehidupan sehari-hari?? berikut ulasanya untuk kamu.

1. Tidak Semua Orang Bisa Menolongmu

Alasan penting kenapa harus menjadi wanita mandiri adalah karena tidak semua orang bisa membantumu. Hal ini membuat wanita realistis dan tidak bergantung selamanya dengan orang sekitar, tidak semua orang berada disisimu saat kamu membutuhkan pertolongan bahkan kamu bisa saja ditinggalkan sendirian kapan saja. Jika sudah membiasakan hidup mandiri kamu tetap bisa melakukan semuanya tanpa merasa kesulitan.

Baca Artikel : Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

2. Bertahan di Keadaan yang Sulit

Wanita mandiri bisa bertahan di keadaan yang terbatas dengan memaksimalkan apa yang ia punya. Kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi di esok hari namun membiasakan hidup mandiri bisa membantumu bertahan di waktu yang sulit dan bisa menghadapi dengan baik. Ia bisa merencanakan hidupnya dan mengetahui apa yang harus ia lakukan jadi ia bisa menghandle hidupnya agar berjalan dengan baik.

3. Bisa Menunjukan Kemampuanya

Pentingnya wanita yang mandiri juga digunakan dalam dunia kerja, kemandirian wanita pada pekerjaan bisa terlihat dari bagaimana ia menghadapi masalah di dunia kerja dan bagaimana ia menyelesaikan masalahnya. Sekarang ini juga sudah banyak pebisnis wanita atau wanita karir yang memiliki masa depan yang cemerlang, ia bisa menunjukan kemampuanya dan menjadi wanita hebat. Hal ini tentunya dari kerja keras dan mandiri ia bisa memiliki karir yang baik.

Di perusahaan pun sekarang ini kehadiran wanita sudah diperhitungkan dan memiliki posisi yang setara dengan lelaki bahkan ada banyak wanita yang dipercaya sebagai pemimpin hal ini karena ia bisa menunjukan kemampuannya dalam berkarir. Di dunia karir atau pekerjaan ada beberapa sifat wanita yang membuatnya memiliki kekuatan untuk mandiri dan diperhitungkan di dunia kerja, beberapa diantaranya adalah

  1. Memiliki keberanian
  2. Kreatif
  3. Percaya diri
  4. Manajemen yang baik
  5. Memiliki kemampuan

Menjadi wanita mandiri akan membantumu hidup yang lebih baik tanpa mengandalkan orang lain bahkan kemandirianmu bisa membantu hidup orang lain termasuk dalam dunia kerja atau dalam karir. Dari kemandirian wanita bisa kuat dan menunjukan kemampuannya.

Baca : Menjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk Perusahaan

 

Posisi Kerja Strategis untuk Perempuan

Posisi Kerja Strategis untuk Perempuan
Posisi Kerja Strategis untuk Perempuan

Karir wanita juga bisa dipengaruhi dengan posisi kerja.  Ada lho beberapa posisi kerja yang cukup potensial bagi wanita. Diantaranya adalah

1. Pengajar

Salah satu posisi kerja yang cukup strategis untuk wanita adalah posisi guru atau pengajar. Dimana perempuan memiliki naluri keibuan yang sangat dibutuhkan untuk mengajar untuk anak-anak. Tentu saja posisi mengajar ini juga sangat berguna untuk memberikan pendidikan pertama untuk keluarganya juga.

Perempuan yang dikenal memiliki empati lebih besar dan kasih sayang membuat proses belajar menjadi lebih baik. Dan menghasilkan SDM yang berkualitas.

Pengajar tidak hanya berprofesi sebagai guru pendidikan formal saja, bisa menjadi dosen, pengajar kursus dan lainya.

2. Tenaga Medis

Tenaga medis juga merupakan salah satu posisi kerja yang cukup strategis atau cocok untuk wanita. Dimana wanita dikenal memiliki empati yang besar sehingga untuk menjadi posisi tenaga medis yang banyak dibutuhkan untuk menolong dan mengobati seseorang, karakter ini pasti dibutuhkan.

Beberapa posisi tenaga medis yang cocok untuk wanita adalah

  • Dokter
  • Bidan
  • Perawat
  • Apoteker

3. HR

Banyak perusahaan yang memiliki HR seorang perempuan. Selain karena cukup teliti dalam hal pengelolaan data, pemilihan HR wanita karena cukup bagus dalam mengamati dimana HR memiliki tanggung jawab juga untuk menilai dan memonitor pekerjaan karyawannya.

HR perempuan juga bisa dikombinasikan dengan HR laki-laki yang menjadi kombinasi sempurna untuk mengelola perusahaan.

Walau sekarang sudah ada banyak aplikasi HR yang digunakan untuk membantu mengelola tugas HR di perusahaan namun tetap peran HR masih sangat dibutuhkan terutama dalam hal monitoring karyawan.

4. Keuangan

Dalam hal keuangan yang membutuhkan kemampuan ketelitian tinggi juga detail, seorang perempuan bisa menempati posisi ini dengan baik. Selain bisa dalam posisi bendahara ia juga bisa menjadi pengawas keuangan juga auditor keuangan di organisasi.

5. Admin

Perempuan juga dikenal dengan menyukai bekerja dengan data karena cukup teliti dan telaten. Posisi admin sangat membutuhkan kemampuan ini untuk bekerja. sehingga perempuan akan sangat potensial di posisi ini.

Kesuksesan perempuan dalam bekerja juga sangat ditentukan dari posisi kerja mereka. Ada beberapa posisi dimana umumnya akan baik jika ditempati oleh perempuan karena kecocokan karakter maupun kebutuhan di dunia kerjanya.

Aplikasi Perkantoran
Kantor Kita Aplikasi Perkantoran Terbaik

 

Inspirasi Tokoh Perempuan dalam Berkarir

Ada beberapa tokoh perempuan yang sekarang ini banyak dikenal karena kehebatannya dalam berkarir. Diantaranya adalah

1. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan 2014-2019)

Susi Pudjiastuti adalah salah satu tokoh perempuan yang cukup dikenal di Indonesia juga menjadi salah satu tokoh inspiratif perempuan di dunia maupun di Indonesia. Tidak hanya memiliki prestasi dengan berada di posisi kementerian Indonesia namun juga dengan kehidupan bisnis dan perjuangannya yang cukup menarik. Bahkan sampai sekarang Susi Pudjiastuti masih aktif dalam menjaga kehidupan laut di Indonesia melalui sosial medianya.

2. Sri Mulyani (Menteri Keuangan Indonesia)

Sri Mulyani juga merupakan salah satu tokoh perempuan yang banyak dikenal dan menjadi inspirasi untuk perempuan Indonesia. Dikenal cukup pintar dan memiliki pengaruh besar dalam kondisi ekonomi di Indonesia. Bahkan Sri Mulyani juga menjadi salah satu wanita terkuat versi Forbes.

3. Dr Carina Joe

Di dunia medis ada Dr Carina Joe yang Merupakan salah satu orang yang berperan dalam menemukan vaksin AstraZeneca dalam virus Covid-19. Di dalam paten vaksin AstraZeneca juga ada nama Dr Carina Joe ini.

Baca Artikel : Ingin Punya Karir Cemerlang? Ubah Kebiasaanmu dengan ini!

 

Kesimpulan

Nah jadi itulah penjelasan tentang perempuan mandiri dalam berkarir. Ada banyak hal yang membuat perempuan sukses dan juga ada banyak alasan kenapa perempuan harus mandiri. Sekian ulasan hari ini tentang perempuan mandiri dalam dunia kerja, semoga bermanfaat!kontak aplikasi absensi kantor kita

jika membutuhkan layanan aplikasi absensi karyawan online bisa banget menggunakan aplikasi dari Kantor Kita. Aplikasi HR yang memiliki banyak fitur lengkap untuk HR dari absensi online sampai dengan pengelolaan payroll!

Previous articlePersiapan Sebelum Meeting Kantor
Next articleAplikasi KantorKita: Solusi Efektivitas Kehidupan Kantor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here