Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

0
932
Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!
Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!

Ingin Mendapatkan Karir yang Bagus? Tingkatkan Dengan Kemampuan Ini!Memiliki pekerjaan adalah harapan semua orang, namun tidak semua orang bisa menjaga dan mempertahankan pekerjaan tersebut. Karir yang bagus tidak langsung datang begitu saja, melainkan perlu dipupuk dari bawah sehingga ketika sudah mencapai posisi kerja yang kamu inginkan, kualitas diri tetap ada.

Karir yang bagus selain dari kondisi perusahaan juga sangat dipengaruhi dari diri karyawan itu sendiri lho. Jangan sampai kondisi diri kamu mempengaruhi kelancaran karir kamu ya!

Hari ini kita akan membahas mengenai hal yang harus dimiliki untuk kemajuan karir kamu di dunia kerja. Diantaranya adalah

 

Langkah untuk Mendapatkan Karir yang Bagus Di Dunia Kerja

Apa saja sih yang perlu diperhatikan jika ingin meningkatkan karir kita? yang pasti adalah kondisi diri seperti kemampuan teknis juga softskill di dunia kerja . Lebih lengkapnya seperti berikut ini

1.  Attitude

Ini adalah hal dasar yang tidak semua orang bisa lakukan dengan baik. Attitude ini tidak bisa dipelajari menggunakan text book mana saja karena pada dasarnya attitude didapatkan dari kebiasaan dan pengalaman yang telah dijalani.

Semua orang pasti menyukai orang yang memiliki attitude yang bagus, termasuk di tempat kerja. Attitude ini adalah cara bersikap bagaimana kamu memperlakukan rekan kerja, atasan dan client bahkan orang yang lebih rendah posisi nya.

Banyak HRD yang mengatakan bahwa mereka akan menyukai dan memilih orang yang memiliki sopan santun dengan kemampuan pas-pasan daripada orang yang pintar namun memiliki attitude nol. Orang yang kurang ahli bisa diasah kemampuannya dengan terus belajar namun orang yang tidak ber-attitude akan sulit diajak bekerja sama.

Attitude ini adalah hal dasar dimanapun berada, attitude menjadi dasar kamu menjalani hidup. Jangan lupa bahwa attitude adalah hasil dari kebiasaan jadi selalu biasakan dirimu dengan attitude yang baik, kamu pasti akan mendapatkan feedback.

2. Disiplin dan Etos Kerja

Salah satu contoh penerapan disiplin di dunia kerja adalah dengan bekerja dengan tertib atau datang tepat waktu. Ini adalah bentuk disiplin yang dalam praktiknya memerlukan kebiasaan. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan membiasakan hidup disiplin, seperti hidup lebih tenang, teratur dan tertata.

Disiplin membuat kita belajar manajemen waktu yang baik seperti mengatur jam berangkat, menghitung estimasi waktu perjalanan, waktu kerja dan waktu istirahat. Disiplin ini adalah etos kerja yang paling penting perusahaan atau kantor.

Memiliki kualitas kerja yang baik juga akan membantu kamu dalam mendapatkan karir yang bagus dan  yang lebih baik. Sebab perusahaan pasti akan melakukan penilaian kinerja karyawan dimana performa kamu dalam bekerja akan dinilai dengan detail.

Mulai dari absensi karyawan kerja, hasil pekerjaan, kualitas kerja dan juga pemecahan masalah dalam dunia kerja. Bangun etos kerja yang baik untuk membiasakan diri agar di berbagai posisi kerja kamu dapat bekerja dengan maksimal.

3.  Skill Teknis

Nah ini salah satu hal yang juga menentukan karir kamu, skill teknis yang kamu miliki atau biasa dikenal dengan hardskill. Bekerja sesuai dengan keahlian tentunya sangat menarik dan menyenangkan, karena kita sudah memiliki modal dasar dalam bekerja jadi tinggal improve dengan lingkungan kerja. Bekerja sesuai keahlian sangat membantu pencapaian target kerja, sehingga kamu bisa menyelesaikan tugas dengan baik dan optimal.

Baca Artikel : Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

Namun dalam dunia kerja, implementasi ilmu akan terus dilakukan dan ilmu akan terus berkembang sesuai dengan masanya. Kamu perlu meng-upgrade kemampuan agar hardskill yang kamu miliki juga maksimal. Hardskill ini bisa dikembangkan dengan mengikuti pelatihan sampai dengan sertifikasi dan program pembelajaran lainya.

4.  Kemampuan Kerja Sama

Bekerja dalam perusahaan pasti memerlukan koordinasi antar individu maupun tim untuk  menghasilkan kinerja yang optimal. Kemampuan yang digunakan untuk koordinasi ini adalah kemampuan komunikasi yang baik, dengan komunikasi kamu bisa dengan mudah mempelajari hal yang kamu tidak tahu.

Untuk kamu yang merasa kesulitan berkomunikasi dengan orang lain, sebaiknya berlatihlah walau perlahan karena komunikasi ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki untuk bekerja dengan tim dalam sebuah tim baik lingkup kecil maupun besar. Pastinya dengan belajar kamu akan terbiasa dan akan menguntungkan kamu ketika masuk di dunia kerja maupun di kehidupan sosial.

Kemampuan bekerja sama ini secara otomatis akan mengembangkan kemampuan public speaking kamu sehingga ada banyak hal yang didapatkan dengan mengimprove kemampuan ini.

Selain itu kemampuan kerja sama akan sangat membantu ketika tim sedang ada masalah sehingga pemecahan masalahnya atau problem solving akan ditemukan secara bersama-sama.

5. Bangun Relasi

Selain pengembangan diri yang bisa membantu kamu mendapatkan karir yang bagus adalah dengan mengembangkan relasi dalam dunia bisnis. Memperluas relasi akan membantu kamu membangun karir karena mendapatkan banyak kesempatan karir yang lebih luas.

Luaskan relasi yang profesional jika ingin mendapatkan kesempatan yang lebih besar dalam berkarir. Jika tidak kamu bisa mendapatkan kesempatan dalam belajar dan mendapatkan ilmu yang lebih luas.

6. Mencoba di Perusahaan Lain

Selanjutnya hal yang bisa membantu kamu mendapatkan karir yang bagus adalah dengan mencoba peruntungan di perusahaan lain. Hal ini bisa kamu lakukan jika perusahaan yang kamu tinggali sekarang ini tidak memberikan dampak positif dan jenjang karir pada kemampuan yang kamu miliki.

Pilih perusahaan yang bukan hanya bisa memberikan apresiasi terhadap diri kamu namun juga memberikan banyak kesempatan lain yang lebih luas untuk karir kamu.

Jadi perkembangan karir kita juga tergantung dengan diri kita sendiri apakah mau berkembang atau bertahan di posisi yang sama. Akan lebih baik jika kamu terus melakukan pengembangan karir sehingga terus berproses.

Baca Artikel Tentang : 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

 

Kesimpulan

Jika ingin mendapatkan karir yang bagus memang harus mengupayakan dengan berbagai jenis usaha. Baik dari kemampuan softskill maupun kemampuan hardskill dalam bekerja. Namun yang pasti dalam pekerjaan banyak hal yang harus diupayakan sampai kamu mencapai target yang dituju.

Ingin mengelola administrasi karyawan dengan mudah? bisa banget menggunakan aplikasi hr home dari Kantor Kita. Software hr Indonesia yang memberikan banyak fitur untuk kemudahan pengelolaan operasional karyawan. Mulai dari aplikasi absensi online, rekap absensi sampai dengan payroll karyawan.aplikasi absensi kantor kita

daftar Kantor Kita untuk mencoba semua fiturnya dengan bebas, free demo selama 15 hari free untuk berkonsultasi juga bisa dengan melakukan privat zoom meeting dengan tim CS kami.

Sekian informasi tentang tips memiliki karir yang bagus hari ini semoga bermanfaat!

Previous article5+  Cara Mengatasi Stres Di Tempat Kerja
Next articleApa Sih Job Desk Telemarketing?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here