Absensi Karyawan Online: Sejarah, Tujuan dan Jenisnya

0
152
Absensi Karyawan Online: Sejarah, Tujuan dan Jenisnya

Absensi Karyawan Online: Sejarah, Tujuan dan JenisnyaSebagian dari kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya absensi, sejak kita menduduki bangku SD pun sudah ada yang namanya absen tapi apakah kalian sudah tahu mengenai sejarah absensi dari dulu hingga menjadi aplikasi absensi online sekarang ini. Sebenarnya bagaimana sih asal usul atau sejarah dari mesin absensi karyawan. Mari kita cari tahu dari pembahasan kali ini.

Sejarah

Bermula dari tahun 1888 seorang ahli perhiasan, Willard L Bundy mesin pengukur waktu kerja karyawan pertama di Auburn, New York. Kerja kerasnya tersebut kemudian diteruskan oleh adiknya yang bernama Harlow E. Bundy. Selanjutnya Harlow menghandle Bundy Manufacturing Company, yang berfokus pada produksi mesin absensi pegawai di Amerika dan akhirnya pensiun di umur 60 tahun.

Baca Artikel : Aplikasi Absensi Karyawan

Setelah itu, Bundy Manufacturing Company, memutuskan untuk bergabung dengan international time recording (ITR) Company, suatu perangkat lunak serta perangkat keras pc yang terdapat di amerika serikat. Seiring berjalannya waktu, ITR pun mengubah namanya menjadi international business machines (IBM). IBM juga terus memproduksi mesin absensi karyawan ciptaan Willard L. Bundy, serta bermacam fitur computer yang lain, baik aplikasi ataupun hardware.

Tujuan

Tujuan dari penggunaan mesin absensi karyawan online adalah untuk memudahkan proses absensi dan juga efisiensi kerja agar didapat hasil yang efektif dengan penggunaan waktu yang minimal. Absensi online ini dibuat memang untuk menggantikan metode absen konvensional yang kurang praktis. Sedangkan dari segi keamanan, absen online memberikan tingkat keamanan yang lebih baik sehingga digunakan untuk mengurangi kecurangan.

Manfaat

Manfaat dari hadirnya absensi online ini pastinya dirasakan dari proses absensi, hasil rekapan absensi dan juga keamanan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Proses absensi membutuhkan waktu lebih singkat, sedangkan rekapan laporan absensi juga lebih mudah di dapatkan dan pengecekannya. Tanpa perlu memakan banyak kertas maupun tampilan yang rumit dari worksheet. Absensi online jadi lebih menyenangkan dan efisien.

Jenis- Jenis Mesin Absensi

Ketika digunakan pertama kali, pastinya mesin absensi ini tidak langsung memiliki bentuk yang sempurna dan penggunaan yang canggih seperti sekarang ini. Dari waktu ke waktu mesin absensi ini terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan. Baik dari sisi bentuk maupun penggunaan. Perkembangan jenis mesin absensi ini dapat Anda pahami dalam penjelasan berikut

jenis mesin absensi
Figure 1. Jenis-Jenis Mesin Absensi

1. Mesin Absen Manual

absensi manual adalah salah satu cara absen yang cukup konvensional dan banyak digunakan di awal perkembangan mesin absen. Mesin absen manual ini juga bisa disebut sebagai mesin absensi ceklok karena muncul bunyi ceklok ketika pegawai melakukan absen. Cara kerja mesin absensi ini dilakukan dengan menggunakan kertas yang dimasukkan ke dalam mesin ceklok yang sudah ada jam nya. Sehingga begitu kertas absen dimasukkan, akan mencetak waktu absensi. Sayangnya mesin ini memiliki tingkat kecurangan yang cukup tinggi, karena pegawai bisa melakukan titip kertas absensi.

2. Mesin Absen Magnetic Card

Setelah penggunaan mesin ceklok, hadir teknologi absensi yang masih mirip namun lebih modern, yaitu mesin absensi magnetic card. Dimana mesin ini menggunakan kartu untuk pemindaian identitas pegawai. Begitu kartu digesek di mesin absen, maka data akan langsung teridentifikasi dan absen bisa dilakukan.

3. Mesin Absen Fingerprint

Mesin absensi yang satu ini pastinya tidak asing di telingan kalian, ya? Atau bahkan Anda sudah menggunakan mesin absensi jenis ini. Mesin absensi fingerprint ini cukup booming di tahun 1990 an karena dianggap sebagai teknologi absen yang canggih dan anti curang. Bahkan sampai di tahun 2020 atau sekarang ini di tahun 2021 masih ada perusahaan yang menggunakan mesin absen jenis ini.

Baca Artikel : Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

4. Sistem Absensi Online

Sistem absensi online adalah teknologi absensi yang paling terbaru dan modern, dibandingkan metode absensi sebelumnya, absensi online ini merupakan sistem absen yang lebih efisien dan lebih user friendly. Cara penggunaan absensi online ini dilakukan tidak lagi menggunakan kertas ataupun sidik jari di mesin absen. Melainkan user akan melakukan absen langsung di aplikasi yang sudah terdaftarkan akunnya, untuk kemudian bisa mengisi waktu hadir atau mengambil pendeteksian wajah dengan cara swafoto dengan begitu proses absen tidak akan tergantikan oleh orang lain.

Absensi Mobile
Figur 2. Kantor Kita Aplikasi Absensi Mobile Terbaik

Bagaimana jika kecurangan dilakukan dengan absen online selain di kantor? Aplikasi ini dilengkapi dengan GPS sehingga pegawai hanya bisa melakukan absen pada lokasi yang sudah ditentukan atau dalam radar tertentu. Jadi jika akan melakukan kecurangan dengan absensi di lain tempat, maka tidak akan bisa.

Absensi online ini juga menjadi opsi mesin absen yang tepat ketika masa pandemic seperti ini. Karena tidak perlu terjadi kontak dengan pegawai lain, cukup absen dari aplikasi. Apalagi jika WFH maka lokasi bisa di setting dan karyawan bisa absensi online dari rumah.

Efisiensi mesin absen online tidak hanya sebatas ini saja, sebab ada fitur back office yang sangat membantu HRD dalam mengelola rekapan absen pegawai. Tidak perlu merekap manual, absen online sudah menyajikan laporan yang bisa diakses secara digital maupun di download. Pun absen online ini juga bisa diintegrasikan dengan sistem payroll sehingga penghitungan gaji bisa lebih mudah dan mengurangi kesalahan.

Baca Artikel Tentang Cara Membuat Absensi Online

Dalam satu media bisa menyelesaikan berbagai kebutuhan manajemen karyawan, dari absen sampai gaji yang sudah termasuk lembur, potongan telat maupun potongan lainya.

Kesimpulan

Mesin absen memiliki perjalanan panjang sampai akhirnya bisa kita gunakan dalam mode online sekarang ini. Dari awal, mesin ceklok sampai dengan mesin absensi online terus mengalami banyak perbaikan dan penyempurnaan, tingkat keamanan dan efektifitas juga dimaksimalkan sehingga menjadi mesin absen yang sesuai dengan kebutuhan zaman.

Anda bisa mengetahui efektifitas mesin absensi online dengan mencobanya. Salah satu absen online yang bisa Anda gunakan adalah dari Kantor Kita. Aplikasi absensi online yang membantu HRD mengelola absensi dengan mudah dan efisien juga aplikasi yang super friendly untuk pegawai, bisa diakses menggunakan IOS maupun android.

Baca Juga Tips Memilih Aplikasi Absensi Online

Dapur pengelolaan absen yang mudah dipahami dan visual yang menarik membuat HRD lebih menyenangkan dalam pemantauan karyawan.

Itulah ulasan mengenai mesin absensi dan perkembangannya, sekian dari kami semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here