Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

0
3514
Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online
Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi OnlineFitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online – Semakin kesini, mesin absensi memiliki fitur semakin lengkap dan metode absen yang mudah. Salah satu fitur yang cukup popular dalam mesin absensi jaman sekarang adalah face recognition.

Mendengar nama face recognition ini, pastinya sudah tidak asing lagi bukan di telinga Anda. Fitur ini biasa digunakan untuk program keamanan yang sekarang bergeser digunakan untuk aplikasi absensi.

Memang bagaimana sih penerapan fitur face recognition dalam aplikasi absensi online? Mari kita bahas di artikel berikut.

 

Face Recognition

Membahas tentang fitur face recognition pastinya tidak akan lengkap jika kita membahas hal ini dari dasar terlebih dahulu. Fitur face recognition memiliki nama lain pengenalan wajah yang merupakan fitur yang digunakan untuk mendeteksi wajah seseorang yang membandingkannya dengan gambar wajah yang sudah tersimpan sebelumnya dengan sistem biometrik.

Face recognition ini menggunakan beberapa bagian di tubuh sebagai sampel dan pusat pengenalan, misalnya penggunaan iris mata, kerutan, dan titik lain dalam wajah.

Dahulu, fitur ini banyak digunakan kepolisian untuk mengenali pelaku kejahatan dengan cepat, kemudian semakin berkembangnya waktu system ini juga digunakan sebagai sistem keamanan untuk akses masuk gedung dan acara tertentu. Sampai sekarang face recognition juga semakin berkembang lebih sederhana dan bisa digunakan untuk masyarakat luas. Beberapa penerapan face recognition adalah untuk unlock smartphone dan juga di aplikasi absensi android.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa face recognition akan terus berkembang dan banyak digunakan diberbagai bidang kehidupan sehari-hari.

 

Face Recognition untuk Aplikasi Absensi Online

Seperti yang ditulis di atas, face recognition banyak digunakan di berbagai kepentingan. Dan sekarang ini semua orang bisa menerapkan pendeteksian face recognition dengan mudah sebagai cara absensi karyawan aplikasi absensi online.

Untuk meningkatkan pengalaman ber absensi yang lebih baik, pengembang aplikasi absensi menggunakan fitur ini sebagai cara menghindari kecurangan dalam absensi plus meningkatkan kemudahanya.

Penerapan fitur face recognition dalam aplikasi absensi online ini digunakan untuk proses identifikasi dan validasi absensi secara sederhana. Pengenalan wajah dalam aplikasi absensi nantinya akan disesuaikan antara hasil absensi dengan pemilik akun.

Dengan menggunakan fitur ini perusahaan bisa lebih meminimalkan tindak kecurangan proses absensi pada karyawan sehingga hasil absen lebih akurat.

Uniknya fitur face recognition sekarang ini bisa diakses dengan biaya yang jauh lebih terjangkau sehingga memudahkan pengguna jika ingin menggunakan fitur ini.

Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

Fitur Face Recognition dalam Aplikasi Absensi Online

 

Apa Keuntungan Absen Menggunakan Face Recognition

Metode absen menggunakan face recognition memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan absen manual. Beberapa diantaranya adalah

a. Proses Absen Lebih Fleksibel

Absen menggunakan face recognition membuat proses absensi online lebih mudah dan cepat. Proses pengambilan absen tidak perlu menggunakan tanda tangan atau model yang lain namun hanya perlu mengambil gambar saja.

Untuk karyawan dengan mobilitas tinggi atau pekerjaan di lapangan, proses absen seperti ini akan jauh lebih mudah.

b. Menghindari Kecurangan Absen

Proses absen menggunakan face recognition sangat berperan untuk meminimalkan terjadinya kecurangan absen pada karyawan. Untuk menjaga kinerja freelancer maupun pekerja tetap yang membutuhkan absensi setiap harinya tidak dikhawatirkan akan terjadi kecurangan proses absensi.

Apalagi untuk proses absensi dengan jumlah karyawan cukup banyak, penjagaan keakuratan absensi akan lebih mudah.

c. Absen Secara Mandiri

Sebelumnya proses absen dilakukan secara bergantian menggunakan mesin absensi manual seperti check lock atau fingerprint. Namun dengan adanya fitur face recognition ini proses absensi bisa dilakukan secara mandiri menggunakan perangkat masing-masing.

Untuk proses absensi selama kerja remote maupun pekerjaan dinas, proses absen seperti ini akan cukup efektif. Sekalipun WFO, karyawan tidak perlu melakukan kontak menggunakan media yang sama sebab face recognition ini bisa digunakan untuk absensi mobile.

Itulah beberapa kelebihan menggunakan face recognition untuk aplikasi absensi online. Pastinya fitur ini akan sangat berperan dalam menjaga keakuratan absensi karyawan dengan baik.

 

Kantor Kita, Aplikasi Absensi dengan Face Recognition

Salah satu aplikasi absensi karyawan online yang menggunakan fitur face recognition adalah Kantor Kita. Dengan fitur face recognition, proses absensi bisa lebih akurat dan mencegah kecurangan untuk karyawan.

Di masa sekarang ini keakuratan proses absen sangat dibutuhkan untuk memastikan kinerja karyawan  untuk itu face recognition bisa digunakan sebagai opsi untuk meminimalkan tindak kecurangan.

Fitur face recognition pada Kantor Kita dilakukan untuk proses absensi, sehingga absen dilakukan dengan pengambilan gambar wajah untuk kemudian data masuk ke dalam database absensi Kantor Kita.

Aplikasi Absensi Wajah
Aplikasi Absensi Wajah

Pengambilan gambar wajah ini penting untuk proses validasi pemilik akun absen,  jika hasil gambar berbeda dengan kriteria pemilik akun maka proses absensi tidak bisa dilakukan.

Proses absensi yang cukup mudah inilah yang membuat Kantor Kita cukup fleksibel digunakan untuk berbagai kebutuhan absen. Mulai dari absen harian, lembur sampai dengan absen dinas.

Absensi dengan Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Absensi dengan Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

Dapatkan layanan absen online dengan harga terjangkau mulai dari bulanan sampai tahunan menggunakan Kantor Kita. Free trial selama 15 hari full fitur bisa Anda coba dengan langsung berlangganan aplikasi absensi Kantor Kita sekarang juga!

Customer Service Kantor Kita

Previous articleCara Meningkatkan Semangat Kerja Karyawan
Next articleRencana Anggaran Biaya : Pengertian dan Contohnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here