Kenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial?

0
2156
Kenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial?
Kenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial?

Kenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial?Karyawan potensial adalah salah satu hal yang berharga yang dimiliki perusahaan. Melakukan recruitment karyawan bisa dilakukan kapan saja namun menemukan karyawan potensial tidak semudah yang kita kira. Sebab karyawan potensial bukan hanya dinilai dari kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki namun juga etos kerja dan kualitasnya. Untuk itulah perusahaan perlu mempertahankan karyawan potensial.

Ikuti ulasan hari ini jika Anda sedang membutuhkan informasi tentang mempertahankan karyawan potensial.

 

Karyawan Potensial

Sebelum kita tahu terlebih dahulu tentang mempertahankan karyawan potensial akan lebih baik jika kita tahu apa itu karyawan potensial, bagaimana cirinya dan bagaimana sih karakter karyawan yang masuk dalam karyawan potensial?

1. Karakter Karyawan Potensial

Ada beberapa karakter karyawan potensial. Tidak semua karyawan memiliki karakter seperti ini, namun jika karyawan Anda memiliki beberapa karakter seperti di bawah ini bisa jadi ia masuk dalam kategori karyawan potensial dan tentunya sangat worth untuk dipertahankan.

a. Memiliki Etos Kerja yang Baik

Etos kerja yang baik bisa terlihat dari sikap karyawan dalam bekerja, misalnya sikap mau belajar, tidak mudah menyerah, memiliki passion terhadap pekerjaannya dan juga memiliki motivasi kerja yang cukup baik.

Etos kerja dapat dilihat dengan jelas pada setiap karyawan, walaupun dalam satu tim yang sama, bidang dan jobdesk juga latar pendidikan yang sama namun etos kerja karyawan ini akan terlihat dengan baik.

b. Skill dan Pengetahuannya Dibutuhkan Perusahaan

Karyawan potensial juga bisa dilihat dari skill dan pengetahuan yang dimilikinya, apakah skillnya dan pengertahuannya dibutuhkan perusahaan untuk memberi solusi kepada perusahaan juga bisa memberikan hasil yang baik sehingga kebutuhan perusahaan terpenuhi.

c. Memiliki Karakter yang Baik

Karyawan potensial juga memiliki karakter yang baik, bisa dilihat dari kerja tim, absensi karyawan, kepemimpinan, performa kerja dan lain sebagainya.

Dengan karakter yang dimiikinya tidak heran perusahaan banyak terbantu dengan adanya hasil kerja karyawan potensial ini. Sehingga banyak pula perusahaan yang mempertahankan karyawan potensial dengan agar tidak mengundurkan diri dan berpindah ke perusahaan lain.

Baca Artikel Tentang 5 Indikator untuk Penilaian Kinerja Karyawan

Aplikasi Absensi Online Kantor Kita
Gambar  1 Aplikasi Absensi Online Kantor Kita

 

Kenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan karyawan potensial?

Ada beberapa alasan kenapa perusahaan perlu mempertahankan karyawan potensial, beberapa memang dilakukan agar perusahaan tidak goyah namun juga ada alasan penting lainya.

1. Tidak Mudah Menemukan Karyawan Terbaik

Seperti yang kita singgung di atas, tidak mudah untuk menemukan karyawan terbaik. Perusahaan bisa membuka rekruitmen karyawan kapan saja namun untuk menemukan karyawan terbaik adalah keberuntungan. Untuk itu jika ada karyawan terbaik yang ditemukan perusahaan akan lebih baik dipertahankan dengan maksimal.

2. Menghindari Karyawan Terbaik Resign

Mempertahankan karyawan terbaik juga sangat diperlukan untuk menghindari mereka dari resign atau mengundurkan diri. Perusahaan bisa menghindari hal ini dengan memberikan banyak benefit kepada karyawan sehingga kenyamanan dan kesejahteraan karyawan terpenuhi maka kerja juga akan lebih maksimal.

Karyawan juga cenderung menginginkan perusahaan terbaik dan memberikan benefit sesuai dengan skill yang dimilikinya, tentu saja mereka akan riset peluang di perusahaan mana yang sesuai dengannya.

3. Menjaga Keseimbangan Kerja di Perusahaan

Kehilangan karyawan potensial juga menjadi salah satu hal yang membuat perusahaan goyang atau tidak seimbang. Daripada mempertaruhkan kinerja perusahaan yang goyang akan lebih baik mempertahankan karyawan potensial.

Baca Juga Menjadi Karyawan yang Berkualitas Untuk Perusahaan

 

Bagaimana Cara Mempertahankan Karyawan Potensial

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempertahankan karyawan ideal.

1. Memberikan Pengembangan Diri

Mempertahankan karyawan potensial bisa dilakukan dengan memberikan karyawan kesempatan pengembangan diri. Sebab pengembangan diri menjadi hal yang sangat dibutuhkan karyawan dalam bekerja, ia bisa mengupdate ilmu yang dimiliki juga bisa mengetahui banyak informasi lebih banyak.

Selain gaji dan program kesejahteraan kesempatan pengembangan diri ini menjadi satu hal yang disukai karyawan bahkan tidak jarang karyawan mencari perusahaan yang memberikan fasilitas pengembangan diri.

Pengembangan diri bisa dilakukan dengan berbagi bentuk misalnya dengan memberikan ruang konseling dan diskusi dengan senior, training, pelatihan kerja, pendidikan dan lain sebagainya.

2. Memberikan Benefit yang Baik

Memberikan benefit yang baik kepada karyawan juga membuat karyawan memiliki rasa loyalitas yang lebih baik. Dimana karyawan merasa kesejahteraannya diperhatikan dengan baik oleh perusahaan. Program kesejahteraan karyawan ini bisa berbentuk hal selain gaji pokok, misalnya tunjangan, program kesehatan, fasilitas juga yang lainya.

3. Menciptakan Suasana Kerja yang Nyaman

Suasana kerja yang nyaman dan lingkungan kerja yang sehat dan supportif juga merupakan hal yang membuat karyawan bertahan di perusahaan. Banyak perusahan yang memberikan fasilitas juga gaji besar namun hal ini tidak akan menarik hati karyawan jika lingkungan kerja di dalamnya cukup toxic.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menjaga karyawan potensial agar bisa bertahan di dunia kerja.

Baca Artikel 5 Alasan Karyawan Memilih Resign?

 

Kesimpulan

Karyawan menjadi asset yang penting dari perusahaan. Menemukan karyawan potensial juga hal yang sangat menguntungkan untuk perusahaan. Karyawan potensial sangat perlu dipertahankan karena menjaga keseimbangan kerja perusahaan juga memberikan banyak benefit yang berguna untuk perusahaan.

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Menjadi tugas HRD dan para petinggi perusahaan untuk mempertahankan karyawan potensial. Untuk membantu HRD dalam mengelola karyawan bisa dibantu dengan software hris yang memberikan kelebihan fitur lengkap dan juga mudah untuk HRD. Salah satu software HRIS adalah Kantor Kita. Aplikasi hr dengan fitur utama aplikasi absensi online sampai dengan pengelolaan payroll otomatis untuk karyawan.

Sekian informasi hari ini tentang Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial, semoga bermanfaat!

Previous articleMengenal Safety Officer Dalam Dunia Kerja
Next articleTips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here