Tips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor

0
590
Tips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor
Tips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor

Tips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di KantorTahukah ada bahwa desain ruang kerja ternyata sangat mempengaruhi mood atau suasana hati karyawan ketika sedang bekerja. Apabila mood tersebut buruk jelas akan menyebabkan kinerja terganggu bahkan produktivitas berkurang sehingga akan meragukan.

Seperti sudah diketahui bahwa separuh dari waktu Anda mungkin akan dihabiskan di kantor untuk bekerja bukan? Tetapi sayangnya tidak sedikit dari Anda mungkin tidak akan betah berlama-lama berada di kantor dan ingin segera pulang. Ternyata bisa saja rasa tidak betah tersebut disebabkan karena suasana ruang kerja yang kurang mendukung.

 

Kenapa Desain Ruang Kerja Berpengaruh Terhadap Mood?

Ada banyak alasan kenapa seorang karyawan mudah merasa stress dan tidak mood ketika sedang bekerja. Salah satu alasan paling banyak dialami adalah karena ruang kerja yang mempunyai suasananya kurang menyenangkan dan kondusif.

Padahal seseorang justru bisa bekerja dengan semangat dan produktif apabila lingkungannya juga mendukung. Oleh karena itulah agar Anda dan karyawan merasa betah berada di kantor dalam waktu lama maka mulai memperhatikan seperti apakah desain untuk ruang kerja yang tepat wajib dilakukan.

Kami sarankan agar berpusat pada manusia desainnya sehingga bisa menjadi solusi atas permasalahan para karyawan seperti stress yang kerap kali muncul selama bekerja. Kendati demikian, mendesain ruangan untuk kerja ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan.

Baca Artikel : 5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

 

Tips Menata Ruangan Kerja Yang Bikin Betah

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa mendesain ruangan kerja ternyata bukanlah perkara mudah untuk dilakukan bukan? tetapi jangan khawatir karena kami sudah menyiapkan beberapa tips yang bisa digunakan untuk tata ruang kantor sehingga karyawan dapat terhindar dari stress.

1. Mulailah Perhatikan Penataan dan Penggunaan Furnitur Yang Tepat

Furniture atau mebel mempunyai peran sangat penting terhadap kenyamanan. Sebab stress di dalam lingkungan ternyata dapat disebabkan oleh furniture yang kurang nyaman bagi para penggunanya.

Oleh sebab itulah mulai dari sekarang Anda perlu mempertimbangkan penggunaan furniture yang efisien untuk ruangan kerja. Caranya adalah dengan memanfaatkan kursi ataupun meja dengan konsep ergonomis dimana desainnya dapat disesuaikan dengan anatomi tubuh manusia serta jenis pekerjaannya.

Misalnya dalam pemilihan kursi dan meja komputer karyawan, jangan hanya memilih yang estetik saja namun juga pilih kenyamanan dan kebergunaan benda tersebut. Kursi dan meja menjadi hal yang krusial karena terus digunakan secara intensif oleh karyawan setiap harinya.

2. Cobalah Letakkan Tanaman Untuk Membuat Udara Lebih Sehat

Masih ada tips lainnya yang bisa digunakan untuk membuat ruangan kerja semakin nyaman yakni dengan mencoba meletakkan tanaman agar membuat udara lebih sehat. Penggunaan AC atau pendingin udara di dalam kantor dalam waktu lama ternyata bisa menyebabkan kualitas udara menurun.

Tetapi berkat adanya tanaman hijau itulah bisa membantu untuk memperbaiki sirkulasi udara dengan optimal. Dengan adanya tanaman inilah ternyata juga bisa mengurangi tingkat stress. Sebab tanaman hijau ternyata terbukti cukup ampuh untuk memberikan efek menenangkan.

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Selain sirkulasi udara, tanaman hijau juga sangat membantu karyawan release stress mereka karena tanaman hijau membuat pikiran lebih rileks. Selain itu juga membantu karyawan mengurangi ketegangan mata.

3. Perhatikan Juga Pencahayaan Ruang Kerja

Pencahayaan pada kantor pun ternyata juga mempunyai dampak cukup besar bagi karyawan Anda yang terdapat di dalam ruangan. Oleh karena itulah pastikan Anda juga memperhatikan pencahayaan cukup pada ruangan tersebut.

Pencahayaan alami dan buatan mungkin bisa diterapkan sehingga bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas dari para karyawan. Agar dapat mengurangi penggunaan listrik, menerapkan jendela kaca agar cahaya matahari bisa masuk juga bisa dipertimbangkan.

Hadirnya cermin maupun jendela kaca akan sangat membantu sebuah ruangan terlihat lebih terang lho.

4. Jangan Lupa Berikan Dekorasi Untuk Penyemangat Kerja

Rasa malas, letih bahkan stress memang bisa muncul dari mana saja ketika Anda sedang bekerja. Untuk membangkitkan suasana hati itulah, cobalah mengubah dekorasi dari ruangan tersebut agar semakin menarik. Anda bisa mencoba menerapkan hiasan dinding yang berisi motivasi.

Anda bisa juga memberikan dekorasi sederhana seperti bunga palsu, etalase buku, cermin dan lain sebagainya untuk menambah semangat karyawan.

5. Jangan Lupa Perhatikan Pemilihan Warna

Penggunaan komposisi warna memang sangat penting untuk diperhatikan juga. Kami sarankan agar menggunakan warna ruangan yang memberikan kesan luas sehingga dapat memicu semangat ketika sedang bekerja. Hindari penggunaan warna-warna gelap karena bisa membuat para karyawan tidak betah.

Sekarang ini ruang kantor kita melulu warna putih atau warna-warna standar, namun bisa lebih modern. Misalnya dengan warna pastel juga perpaduan warna minimalis.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Baca Artikel : Mulai Tidak Betah Di Kantor? Lakukan 12 Tips Ini Untuk Bekerja Yang Lebih Nyaman

 

Kesimpulan

Stress memang menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para karyawan perkantoran. Untuk itulah demi mengurangi tingkat stress tersebut, maka bisa mempertimbangkan untuk mengubah desain ruangannya agar semakin menarik dan tidak membosankan.

Jika semangat dan mood karyawan bisa ditingkatkan dengan penggantian desain kantor, maka untuk efisiensi kerja HR dan karyawan maka bisa menggunakan aplikasi perkantoran Kantor Kita. Anda bisa menggunakan fitur utama absensi online, pengelolaan payroll, rekap absensi otomatis juga pengelolaan izin cuti maupun kegiatan administratif lainya secara online hanya dengan aplikasi saja!

Tak hanya desain ruang kerja yang mampu meningkatkan produktivitas tetapi kehadiran dari aplikasi absensi dan HR Kantor Kita inilah juga sangat penting untuk efisiensi perusahaan.

Previous articleKenapa Perusahaan Perlu Mempertahankan Karyawan Potensial?
Next articlePentingnya Penggunaan Aplikasi Absensi Karyawan, Cek Manfaatnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here