Politik Kantor : Penjelasan dan Cara Menghadapinya

0
1333
Politik Kantor : Penjelasan dan Cara Menghadapinya
Politik Kantor : Penjelasan dan Cara Menghadapinya

Politik Kantor : Penjelasan dan Cara MenghadapinyaDalam dunia kerja, politik kantor adalah sesuatu yang tidak bisa hindari. Jika kamu baru masuk dalam dunia kerja bukan menjadi satu hal yang aneh lagi jika di dalamnya ada politik kantor. Banyak yang mengatakan bahwa politik kantor adalah salah satu hal yang perlu dihindari jauh-jauh ketika bekerja. Selain bisa menimbulkan konflik, politik kantor juga yang menyebabkan rawan perpecahan.

Sebenarnya bagaimana sih cara menghadapi politik kantor? Apakah harus apatis atau perlu bertindak lainya? Bagaimana pula HR sebagai wakil perusahaan dan karyawan menanggapi politik kantor? Mari kita bahas bersama.

 

Politik Kantor

Politik kantor berhubungan dengan struktur sosial yang cukup kompleks di dunia kerja, dimana individu atau kelompok yang terlibat dalam jaringan bisa bermain dengan otoritas, kekuasaan untuk kepentingan pribadi. Mewujudkan keinginan pribadi maupun keinginan kelompok yang dikehendaki.

Sederhananya politik kantor bisa dipahami dengan siapa yang memiliki kekuatan ia memiliki pengaruh. Seorang karyawan di perusahaan bisa memberikan pengaruh yang besar kepada perusahaan dengan kekuatan yang ia miliki.

Politik Kantor
Politik Kantor

Namun tidak selamanya politik kantor ini berhubungan dengan hal-hal yang negatif, ada juga yang memanfaatkan kekuasaan dan posisi nya untuk memberikan pengaruh positif sehingga bisa menjadi politik kantor yang positif.

Misalnya seperti usaha untuk membangun suasana kantor yang lebih sehat, menghadirkan kebijakan yang mensejahterakan karyawan dan lainya.

 

Apa yang Menyebabkan Timbulnya Politik Kantor?

Politik kantor terjadi karena ada “kepentingan” yang timbul dalam satu organisasi. Jika semua individu berada pada satu kepentingan yang sama maka bisa terbentuk sebuah tim atau organisasi yang padu. Namun jika satu organisasi terbelah menjadi beberapa kepentingan maka timbul politik kantor.

Politik kantor juga muncul karena kepentingan dari beberapa individu yang memiliki tujuan untuk meraih agenda pribadi. Dimana ia tidak bisa meraih apa yang mereka inginkan dengan jalur normal sehingga bergabung dalam politik kantor akan lebih menguntungkan.

 

Bagaimana Cara Menghadapi Politik Kantor?

Politik kantor bukan hal yang perlu dihindari namun perlu di navigasikan dengan baik. Dengan cara menghadapi politik kantor yang baik akan mengamankan posisi Anda sebagai karyawan. Tidak akan terpengaruh oleh politik negatif dan juga tetap aman dalam menjalankan pekerjaan. Mari lanjut kita bahas bersama.

1. Mengetahui Batasan Jaringan Formal dan Informal

Mengetahui batasan jaringan formal dan informal akan membantu Anda dalam menghadapi politik kantor. Jaringan formal adalah jaringan yang ada di dalam kantor, misalnya seperti CEO, Direktur, HRD juga bagian dari banyak struktur organisasi kantor.

Sedangkan jaringan informal adalah jaringan yang membantu Anda dibelakang layar misalnya kolega bisnis, mitra kerja dan lainya. Dengan memahami batasan jaringan formal dan informal akan membantu Anda memahami banyak orang sesuai jaringan. Sehingga kita bisa tahu bagaimana harus bersikap di dalam banyak jaringan.

2.  Tetap Profesional

Salah satu cara yang paling aman dalam menghadapi politik kantor adalah dengan tetap bersikap profesional. Bekerja dengan baik, mengerjakan tugas dan menikmati pekerjaan dengan baik pula. Bekerja tetap professional menghindarkan dari banyak polemik politik kantor.

Menjaga hubungan antar karyawan juga bentuk profesionalis dalam dunia kerja. Memiliki batasan antara bersosial dan menghindari juga oversharing. Tidak berlebihan dalam bergaul dalam dunia kerja adalah hal yang akan menyelamatkan Anda dari kemungkinan yang buruk.

Pun batasan antar karyawan dan posisi kerja akan terbentuk dengan baik. Saling menghormati dan mengetahui privasi masing-masing akan lebih aman daripada tergabung dalam kubu-kubu politik kantor.

3. Hubungan Kerja yang Positif

Lingkungan kerja yang positif merupakan hal yang bisa dicapai dari hasil hubungan antar individu yang positif pula. Hubungan kerja yang positif akan membawa atmosfer kerja lebih menyenangkan dan tentunya hasil pekerjaan juga lebih baik.

Dibandingkan dengan membangun kebiasaan buruk seperti bergosip, berbalas dendam maupun saling sikut akan lebih baik jika tetap bersikap netral dan positif dalam bekerja.

4.  Menghindari Politik Kantor yang Negatif

Jika sudah mengetahui tentang kondisi politik kantor yang buruk memang akan lebih baik jika menghindar dan memberikan jarak dengan urusan ini. Sebab selain akan membawa pada banyak konflik juga akan membuat kamu pada posisi yang sulit. Akan lebih baik dihindari sebelum terjerumus pada hal yang tidak diinginkan.

Memang politik kantor merupakan hal yang sulit untuk dihindari, namun kita memiliki cara untuk menavigasinya. Jadi kita tidak perlu risau dengan politik kantor yang akan mempengaruhi performa kerja kita.

 

Menghapus Politik Kantor yang Buruk

Selain Stakeholder perusahaan, sebagai karyawan, kita juga memiliki andil yang besar untuk membangun perusahaan yang memiliki lingkungan yang sehat dan memiliki politik kantor yang positif. Namun jika sudah masuk dalam lingkungan kantor yang memiliki kondisi yang buruk, bagaimana sih cara untuk mengubah politik kantor ini?

1. Mengedepankan Komunikasi

Banyak masalah yang akan muncul dari komunikasi yang buruk, terutama dalam dunia kerja. Komunikasi menjadi salah satu modal penting dalam bersosial, jalin komunikasi yang terbuka dalam dunia kerja. Komunikasi yang baik akan membuka banyak sisi dari berbagai individu. Komunikasi yang terhambat akan sangat rawan dengan konflik internal.

Sehingga untuk membawa kondisi yang baik pada lingkungan kerja, komunikasi menjadi satu senjata penting untuk dimiliki dan dikuasai. Komunikasi yang baik membuat sesama karyawan akan merasa lebih dibutuhkan dan dihormati.

Baca : Komunikasi dalam Tata Hubungan Kantor

2. Kesadaran Lingkungan Kerja yang Positif

Untuk membentuk lingkungan kerja yang sehat dan menghindari politik negatif, perlu kesadaran semua bagian untuk mengerti tentang pentingnya lingkungan kerja yang positif. Secara umum karyawan akan meniru bagaimana stakeholder bekerja dan bersikap, untuk itu penting bagi stakeholder untuk meng-influence karyawan dengan pola kerja yang positif dan sehat.

3. Goals Tim

Fokus pada tujuan juga merupakan hal yang bisa menghindarkan diri politik kantor yang buruk. Fokus tim untuk tetap bekerja dan memiliki tujuan yang baik merupakan cara agar tidak terseret dengan politik di kantor sebab semua perhatian ada pada goal yang ingin dicapai.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Baca Tentang Cara Membuat Lingkungan Kerja Menjadi Lebih Menyenangkan

 

Kesimpulan

Mengetahui tentang politik kantor memang diperlukan sebab tanpa kita bisa hindari politik kantor pasti akan selalu ada, namun jika kita bisa menghadapinya dengan baik maka politik kantor hanyalah urusan sampingan. Tidak semua politik kantor buruk, akan lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana cara bersikap sehingga tidak akan membahayakan karir kamu.

Sekian informasi hari ini tentang politik kantor, semoga bermanfaat untuk Anda!

Previous articlePrediksi Trend HR 2023, Ulasan Lengkap!
Next articleCuti Haid dalam Undang-Undang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here