Cara Membuat Lingkungan Kerja Menjadi Lebih Menyenangkan

0
1723
Manfaat selalu tersenyum terhadap karyawan lain
Manfaat selalu tersenyum terhadap karyawan lain

Cara Membuat Lingkungan Kerja Menjadi Lebih MenyenangkanMemiliki lingkungan kerja yang nyaman adalah salah satu impian banyak pekerja. Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan lebih produktif secara tidak langsung karena akan mempengaruhi kondisi perasaan dan juga merasa aman. Sehingga kerja bisa lancar dan maksimal.

Lingkungan kerja yang menyenangkan bukan hanya dilihat dari tata desain ruang kantor saja melainkan juga kondisi hubungan dengan rekan kerja, dengan atasan juga dengan komponen pendukung kenyamanan lainya.

Bagaimana sih cara membuat lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawan? Mari kita bahas bersama di ulasan hari ini.

kehadiran karyawan

 

Posisi yang Berperan Membangun Lingkungan Kerja

Disadari atau tidak, ada beberapa posisi dalam dunia kerja yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawan. Kehadiran posisi ini akan sangat membantu terbentuknya lingkungan kerja yang sehat. Jika posisi ini sudah mengupayakan lingkungan kerja yang baik maka akan sangat mungkin karyawan lainya ter-influence untuk mengikuti.

1. Owner / Founder / Leader

Pemimpin bisnis atau banyak dikenal dengan owner/founder maupun leader adalah salah satu posisi yang sangat mempengaruhi kondisi lingkungan kerja di sebuah pekerjaan.

Sikap owner dan kebijakan-kebijakan yang dimilikinya akan sangat mempengaruhi bagaimana posisi bawahnya dalam bersikap di lingkungan kerja. Kebijakan dan karakter owner akan dicontoh oleh semua karyawan, sehingga pastinya juga akan mempengaruhi kondisi lingkungan kerja juga.

Owner yang baik bukan owner yang memberi kebebasan atau membiarkan karyawannya bekerja masing-masing, namun yang selalu ada untuk karyawan juga membantu proses kerja karyawan.

2. HRD

HRD juga memiliki posisi yang cukup baik untuk mempengaruhi kondisi lingkungan kerja. Dengan tugasnya mengelola karyawan maka ia memiliki keleluasaan untuk mengatur karyawan sesuai dengan ranah kerjanya.

Untuk itu dibutuhkan HRD yang memiliki kepribadian baik yang selain bisa mengelola administrasi karyawan juga merangkul karyawan dengan baik pula.

3. Team Leader / Supervisor

Team leader atau di beberapa posisi juga ada supervisor adalah posisi yang banyak melakukan proses kerja dengan staff. Sehingga bagaimana mereka memimpin sebuah tim akan juga berpengaruh terhadap kondisi lingkungan kerja tim tersebut. Apalagi tim besar. Kekompakan dan kesolidan sebuah tim akan sangat dipengaruhi oleh team leader ini.

Jika team leader sudah memiliki karakter yang tidak bagus atau bahkan cenderung toxic maka bagaimana dengan anggota tim yang dimilikinya? Selain mempengaruhi lingkungan kerja yang tidak sehat juga akan mempengaruhi performa kerja masing-masing karyawan juga sebuah tim tersebut.

Jadi untuk membangun tim kerja yang nyaman dan menyenangkan diperlukan dukungan dari posisi tertentu juga. Dimana posisi mereka akan memberikan pengaruh besar terhadap kondisi lingkungan kerja.

Dengan memiliki posisi yang strategis seperti di atas, kebijakan atau peraturan maupun saran dan pemikiran yang diberikan akan diikuti oleh banyak karyawan. Posisi tersebut memiliki power untuk mempengaruhi orang lain dengan sangat baik.

Jika Anda menjadi satu bagian dari posisi tersebut, bagaimana cara Anda membangun lingkungan kerja yang baik untuk karyawan?

 

Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman
Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Untuk Anda yang ingin menghadirkan lingkungan kerja yang nyaman untuk karyawan, berikut tipsnya yang bisa  Anda ikuti.

1. Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja

Satu hal utama yang sangat mempengaruhi kondisi mental dan performa kerja karyawan adalah hubungan antar rekan kerja dan juga dengan atasan. Hubungan kerja yang baik dengan rekan akan memperlancar proses kerja dan juga akan sangat mempengaruhi kondisi hati karyawan.

Banyak pekerja yang lebih memilih lingkungan kerja yang baik daripada gaji yang besar. Hubungan kerja yang baik akan mempengaruhi banyak hal dalam proses kerja.

Kunci dari komunikasi karyawan adalah komunikasi antar karyawan berjalan dengan baik. Pastikan karyawan saling menjaga komunikasi agar proses kerja lebih lancar.

Membangun hubungan kerja yang baik bisa ditingkatkan misalnya dengan membangun kerja tim, fokus pada hubungan kerja profesional, employee gathering dan lain sebagainya.

2. Menjaga Hak Setiap Karyawan

Terkadang lingkungan kerja yang tidak menyenangkan adalah karena hak nya sebagai karyawan tidak terpenuhi di lingkungan kerja tersebut. Misalnya

  1. Hak untuk mengutarakan pendapat / ide
  2. Hak untuk menjaga privasi
  3. Hak untuk bersosial
  4. Hak untuk bekerja sesuai jam kerja

Dan lainya.

Untuk itulah perusahaan perlu menjaga hak karyawan terjamin dengan baik sehingga tidak hanya merasa aman namun juga nyaman dan sejahtera. Pun untuk sesama karyawan juga perlu untuk menjaga hak sesama karyawan dengan baik. Dengan saling menghargai setiap haknya lingkungan kerja akan lebih kondusif.

3. Menghindari dan Menyelesaikan Konflik

Lingkungan kerja pasti akan terdapat banyak konflik, namun akan lebih baik jika kita memiliki cara menanggapi konflik tersebut. Akan dihindari atau diselesaikan. Ketika ada konflik internal seperti ini juga menjadi salah satu tugas HRD untuk membantu menyelesaikan konflik internal antar karyawan.

Jika sebuah tim kerja memiliki penanganan terjadinya konflik internal maka proses kerja akan berjalan dengan baik pula. Kondisi lingkungan kerja akan nyaman dan kondusif. HRD maupun team leader akan sangat berperan dalam proses penyelesaian konflik ini.

4. Tata Ruang dan Fasilitas

Lanjut dengan cara membuat lingkungan kerja nyaman yaitu dengan memberikan fasilitas kerja karyawan dengan baik dan layak. Tata ruang kantor dan fasilitas karyawan yang baik akan membuat karyawan merasa betah untuk bekerja.

Terkadang hal yang membuat karyawan tidak nyaman berasal dari sarana yang diberikan perusahaan kurang maksimal. Bekerja menjadi sulit dan juga kurang maksimal.

Kenyamanan dalam lingkungan kerja merupakan tanggung jawab bersama baik karyawan maupun atasan. Namun untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat posisi tertentu seperti HRD dan owner memiliki peran besar untuk mewujudkan keberhasilan lingkungan kerja yang baik.

 

Kesimpulan

Lingkungan kerja yang nyaman akan mempengaruhi produktivitas karyawan. Untuk itu kondisi lingkungan kerja yang nyaman perlu dibangun dengan baik. Ada banyak hal yang membantu membuat lingkungan kerja yang baik mulai dari perbaikan hubungan antar rekan kerja sampai dengan pemberian fasilitasnya.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Itulah penjelasan hari ini tentang cara membuat lingkungan kerja yang nyaman di dunia kerja, semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika membutuhkan layanan absensi online dan sistem payroll penggajian karyawan otomatis, bisa pilih aplikasi absensi karyawan online Kantor Kita. Sistem HRIS untuk HRD yang membantu mengelola absensi karyawan, payroll juga administrasi karyawan lainya.

Previous articlePentingnya Perusahaan Menjaga Kesehatan Mental Karyawan
Next articleVirtual Assistant : Tugas dan Skill Wajibnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here