Mengenal Tata Ruang Kantor dan Jenisnya

0
5361
Mengenal Tata Ruang Kantor dan Jenisnya
Mengenal Tata Ruang Kantor dan Jenisnya

Mengenal Tata Ruang Kantor dan JenisnyaKantor yang menyenangkan adalah tempat yang dapat meningkatkan semangat kerja pegawai dan tidak membosankan. Secara tidak langsung pengaruh dari suasana kantor sangat mendukung efektivitas kerja pegawai. Yang dimaksud tata ruang kantor adalah menyusun dan mengatur letak mesin, peralatan, perlengkapan dan perabot kantor pada tempatnya, agar terlihat lebih rapi, enak dipandang dan pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman serta leluasa untuk bergerak sehingga dapat mendukung tercapainya efisiensi kerja.

Baca : Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!

Bagaimana sih cara membuat tata ruang kantor menjadi tempat kerja yang asik dan tentunya membantu produktivitas karyawan bertambah juga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja di kantor? mari kita bahas bersama tentang tata ruang kantor dan jenisnya di ulasan hari ini.

 

Pentingnya Tata Ruang Kantor

Ahli ilmu kejiwaan berpendapat bahwa lokasi atau penataan ruangan berpengaruh terhadap produktivitas, sikap dan pergaulan seseorang. Tata ruang kantor sangat penting, karena kantor dengan tata ruang yang tidak teratur akan membuat tamu yang berkunjung beranggapan bahwa kinerja kantor tersebut tidak jauh berbeda dengan penampilan tata ruangannya. Instansi pemerintah dan perusahaan swasta memandang penataan ruang kantor adalah sesuatu yang sangat penting, karena masih banyak ruang kantor yang penataannya tidak teratur menghambat efektivitas kerja pegawai.

aplikasi perkantoran

Saat ini menata ruang kantor merupakan kebutuhan dari perkantoran modern. Banyak perkantoran modern yang merancang sistem kantor terbuka, sehingga dapat mempermudah komunikasi agar terjalin suasana kerja yang harmonis. Kantor terbuka merupakan konstruksi yang memberikan keterbukaan untuk memudahkan komunikasi, pertemuan dan menjamin kebebasan pribadi. Penataan ruang kantor juga berhubungan dengan kegiatan manajemen perkantoran dalam memperlancar aktivitas perkantoran.

Dengan tata ruang kantor yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan maka jalannya pekerjaan juga akan berjalan maksimal. Penataan ruang yang pas akan memberikan banyak manfaat, selain tampilan yang lebih maksimal juga produktivitas karyawan dan menekan potensi kecelakaan kerja di kantor.

Dengan penggunaan ruang yang baik proses alur kerja dapat berjalan secara efektif dan efisien, maka tujuan tata ruang kantor adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan produktivitas kerja pegawai
  2. Memudahkan pengawasan dan kerja sama dalam tim
  3. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman
  4. Kesehatan dan kepuasan pegawai dalam bekerja dapat terpelihara
  5. Tamu yang berkunjung bisa mendapat kesan yang baik
  6. Untuk memperlancar jalannya setiap pekerjaan.

 

Keuntungan Menata Ruang Kantor

Mengatur tata ruang kantor dengan baik akan memberikan keuntungan diantaranya:

  1. Koordinasi dan komunikasi menjadi lebih mudah
  2. Alur kerja menjadi lebih jelas dan lancar
  3. Suasana kerja menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan
  4. Pegawai tidak membuang buang waktu dan tenaga untuk mondar mandir karena peralatan tertata dengan rapi sesuai tempatnya
  5. Ruang kerja dapat digunakan secara efisien karena tertata rapi, barang tidak berhamburan sehingga terlihat lebih luas.

Baca Artikel : 5++ Cara Membuat Karyawan Nyaman Bekerja

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menata Ruang Kantor

Tujuan desain tata letak adalah untuk membangun tata letak yang ekonomis sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Yang perlu diperhatikan untuk mendesain tata letak yaitu:

1. Suhu Ruangan

Suhu ruangan sangat penting jika bekerja dalam ruang tertutup. Jika ingin lebih nyaman bisa menggunakan pendingin ruangan seperti kipas angin atau AC.

2. Ventilasi Udara

Ventilasi sangat penting untuk sirkulasi udara, sehingga udara yang dihirup adalah udara yang bersih dan sehat.

3. Cahaya dan Warna

Cahaya dan warna yang sesuai dapat menciptakan nuansa ruangan menjadi terkesan lebih luas walaupun ruangan tersebut sempit.

4. Letak Perabot, Perlengkapan dan Peralatan

Dalam menata dan menentukan letak perlengkapan, peralatan dan perabot kantor tentunya perlu diperhatikan. Hal ini bertujuan agar ruangan terlihat lebih luas dan lebih leluasa untuk bergerak. Selain itu menempatkan peralatan dan perlengkapan di dekat meja kerja juga mempermudah untuk menjangkaunya ketika akan digunakan.

5. Hindari Menghadap Dinding

Hindari penempatan tempat duduk yang menghadap ke dinding agar tidak terkesan sepi atau seperti bekerja sendiri.

6. Menambah Hiasan

Menggunakan hiasan tambahan dapat membuat kantor dan ruang kerja menjadi lebih indah ketika dipandang, seperti menambahkan tanaman, akuarium atau hiasan dinding.

 

Jenis Tata Ruang Kantor

Jenis tata ruang kantor dibedakan menjadi dua macam yaitu tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup.

1. Tata Ruang Kantor Terbuka

Tata ruang kantor terbuka adalah kantor dengan ruang kerja tanpa sekat pembatas ruangan antar tim maupun karyawan, dan aktivitasnya dilaksanakan di satu ruangan.

2. Tata Ruang Kantor Tertutup

Tata ruang kantor tertutup merupakan penataan kantor dengan ruang kerja yang memisahkan antar divisi dengan pembatas, sekat atau tembok sehingga lebih mirip seperti ruang privat.

Jenis Tata Ruang Kantor
Jenis Tata Ruang Kantor

Baca Artikel: Tips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan Baru

 

Kesimpulan

Tata ruang kantor adalah salah satu hal yang banyak diperhatikan dalam penataan internal dunia kerja. Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi produktivitas sampai dengan kenyamanan karyawan di perusahaan.

Anda bisa menata ruang ruang kantor menjadi lebih baik dan modern sehingga akan membawa citra perusahaan menjadi lebih baik pula.

Selain menggunakan tata ruang kantor yang lebih baik, Anda bisa mendukung kerja perusahaan menggunakan aplikasi perkantoran. Misalnya seperti aplikasi absensi karyawan online sampai dengan software hris karyawan.

Salah satunya dari aplikasi absensi online Kantor Kita. Aplikasi HR yang memberikan banyak kemudahan, mulai dari absensi sampai dengan payroll. Nikmati Kantor Kita dengan free demo selama 15 hari dan coba semua fiturnya dengan gratis.

Anda juga bisa menggunakan layanan privat zoom meeting untuk berkonsultasi langsung dengan tim kami. Hubungi kontak Kantor Kita untuk langkah selanjutnya.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Sekian informasi hari ini tentang tata ruang kantor dan jenisnya, semoga bermanfaat!

Previous articleManfaat Aplikasi Slip Gaji Online untuk Tim HR
Next articleSudah Waktunya Beralih Ke Sistem Perkantoran Modern

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here