Tips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan Baru

0
796
Tips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan Baru
Tips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan Baru

Tips Kerja Hari Pertama Untuk Karyawan BaruBagaimana perasaan anda sudah menjadi karyawan di perusahaan yang sudah anda impikan? Bahagia bukan. Terkadang kita menjadi tidak sabar untuk masuk bekerja. Anda akan memikirkan bagaimana cara agar hari pertama anda terkesan dan berjalan dengan lancar.

Namun ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan karyawan baru ketikan di hari pertama kerja. Mulai dari attitude sampai dengan tips kerja lainya. Berikut adalah tips kerja hari pertama untuk karyawan baru. Simak ulasannya.

 

Tips Kerja Hari Pertama

Berikut adalah beberapa tips kerja hari pertama untuk karyawan baru. Simak tips berikut agar lebih lancar menjalani hari sebagai karyawan baru di kantor.

#1 Datanglah Tepat Waktu

Datang tepat waktu adalah pilihan yang baik untuk Anda. Luangkan waktu beberapa menit sebelum jam kerja dimulai. Misalnya 30 menit atau juga 20 menit. Meluangkan waktu ini untuk mempelajari lingkungan dan juga  adaptasi kepada lingkungan maupun pola kerja disana.

Tips Kerja Hari Pertama
Tips Kerja Hari Pertama #1 Datanglah Tepat Waktu

Buat hari pertama kerja lebih berkesan dan profesional dengan datang tepat waktu, jangan sampai terlambat atau datang sangat mepet dengan mulainya jam kerja. Manajemen waktu kamu juga dinilai lhoo!

#2 Pilih Outfit Kerja yang Rapi dan Sopan

Salah satu tips bagi karyawan baru yang terpenting lainnya adalah cara berpakaian. Beberapa tips berpakaian dapat anda coba agar membuat tampilan anda rapi dan sopan. Sebagai karyawan baru anda juga harus di bidang mana anda akan bekerja dan usahakan untuk berpakaian sesuai bidang tersebut.

Tips Kerja Hari Pertama #2 Pilih Outfit Kerja yang Rapi dan Sopan
Tips Kerja Hari Pertama #2 Pilih Outfit Kerja yang Rapi dan Sopan

Salah satu tips berpakaian yang paling mudah adalah cobalah melihat dan memahami cara berpakaian para pekerja ketika anda datang untuk interview. Apabila perusahaan menghendaki pakaian yang sudah ditentukan bagi karyawan baru, maka patuhilah aturan tersebut dan menggunakan pakaian sesuai perintah.

Jika perusahaan memberikan kebebasan pada pakaian kerja yang digunakan, maka tetap pakaian yang rapih dan sopan menjadi opsi terbaik di hari pertama kerja.

Baca : Berpakaian Kasual Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Kantor

#3 Mulailah Bersosialisasi

tips kerja hari pertama yang terpenting lainnya saat menjadi karyawan baru adalah bersosialisasi di kantor. Mulailah dengan berkenalan dengan rekan kerja lainnya dengan sopan dan ramah. Tunjukkan pula semangat anda dalam bekerja, hal tersebut akan menjadi nilai tambah bagi anda. Janganlah malu bertanya pada rekan kerja yang lain.

Sering para karyawan baru menemui keraguan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh atasan, lebih baik tanyakan pada rekan lain daripada Anda harus pura-pura mengerti sehingga pekerjaan malah tidak kunjung selesai.

Tips Kerja Hari Pertama
Tips Kerja Hari Pertama #Mulai Bersosialisasi

Buatlah diri anda nyaman berada di kantor, carilah teman yang dapat berbagi pemikiran dan berbagi cerita dengan anda. Sering-seringlah bersosialisasi di kantor, entah bersama rekan satu divisi ataupun dengan rekan dari divisi lainnya. Hal tersebut akan semakin memperluas jaringan pertemanan serta jaringan informasi anda selama di kantor.

Buatlah suasana menjadi senyaman mungkin agar produktivitas kerja anda semakin meningkat dan atasan merasa tidak salah dalam memilih anda sebagai bagian dari perusahaan.

Jangan lupa untuk memperhatikan etika dalam bergaul atau bersosial dengan rekan kerja maupun atasan. Tetaplah sopan dan juga memperhatikan etika bersosial dengan baik. Bersosial membantu Anda menjadi karyawan berkualitas di kantor.

#4 Jangan Lupakan Piranti Kerja

Piranti kerja jangan sampai terlupa, mulai dari ID card, laptop maupun note untuk mendukung kerja Anda. Piranti kerja bisa mendukung hari pertama Anda jadi lebih mudah dan sempurna. Siapkan pula piranti kerja yang baik, laptop yang full charged sampai dengan piranti lain yang sesuai.

#5 Bawa Makan Siang

Mungkin saja tempat baru menyulitkan Anda ketika ingin mencari makan siang. Hal ini bisa Anda atasi dengan membawa bekal makan siang sendiri. Bisa beli atau membawa bekal dari rumah. Lebih hemat dan juga membantu lebih nyaman di jam istirahat agar tidak kesulitan mencari makan siang yang sesuai.

ips Kerja Hari Pertama
Pretty smiling ips Kerja Hari Pertama #5 Bawa Makan Siang

Jangan lupakan pula membawa air putih baik kemasan maupun tumbler untuk membantu Anda lebih tenang dan tidak sampai terjadi dehidrasi.

 

Kesimpulan

Menjadi karyawan baru harus sigap dalam menjalani proses pertama kerja. Siapkan beberapa hal yang dibutuhkan karyawan baru di hari pertama kerja seperti pakaian yang sesuai sampai dengan piranti kerja yang perlu dalam kondisi baik. Jangan lupa menyiapkan materi kerja yang sesuai dengan lingkungan kerjanya.

Sebagai HRD juga perlu persiapan dalam menyambut karyawan baru. Misalnya dengan menyiapkan piranti absensi nya, bisa menggunakan absensi online atau dengan absen finger.

aplikasi manajemen kantor
aplikasi manajemen kantor

HR bisa dengan mudah mengelola karyawan menggunakan aplikasi hris yang mendukung, salah satunya dengan software hris Indonesia Kantor Kita. Sudah lengkap untuk absensi online sampai dengan database karyawan dan payroll. Mengelola karyawan bisa dengan mudah dan efisien.

Demikianlah beberapa tips kerja hari pertama untuk karyawan baru agar hari pertama berkesan dan semakin nyaman bekerja di kantor.

Previous articleKumpulan Tips Dunia Kerja yang Bermanfaat untuk Anda
Next articleManfaat Aplikasi Slip Gaji Online untuk Tim HR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here