SOP Absensi Karyawan

0
1893
SOP Absensi Karyawan
SOP Absensi Karyawan

SOP Absensi KaryawanSOP mengatur dengan detail bagaimana cara menjalani pekerjaan step per stepnya. Salah satu hal yang diatur dalam SOP karyawan adalah perihal absensi. Perlu ada kebijakan atau aturan bagaimana tata cara absensi dilakukan baik absensi datang maupun absensi pulang kerja.

Ingin membuat SOP absensi karyawan? Bisa simak ulasan berikut untuk mencontoh pembuatan SOP karyawan dengan baik dan benar. Mari langsung kita bahas bersama.

Produk Terbaik : Software Absensi

 

SOP Absensi Karyawan

Sebelum masuk ke SOP absensi, akan lebih baik tahu terlebih dahulu apa itu SOP dan kenapa SOP itu penting dimiliki? SOP adalah standar operating procedure atau prosedur standar dalam melakukan pekerjaan. SOP perusahaan dibuat dengan tujuan agar perusahaan memiliki sistem yang resmi untuk mengatur pekerjaan tersebut agar berjalan lancar dan output seperti yang diharapkan

Sedangkan SOP Absensi karyawan adalah standar yang mengatur pola absensi karyawan baik absensi pulang maupun absensi kedatangan. Hal-hal yang diatur adalah cara absensi, media yang digunakan untuk absensi dan lainya.

Tujuan pembuatan dan pengaturan SOP absensi karyawan untuk

  1. Meminimalkan kesalahan absensi
  2. Menjaga agar hasil absensi sesuai yang diharapkan
  3. Meminimalkan kesalahan absensi
  4. Meminimalkan kecurangan
  5. Mendisiplinkan kerja karyawan

Dengan memiliki SOP Absensi, karyawan akan terbiasa melakukan absensi sesuai SOP yang dibuat.

Baca Juga : Software HRD

 

Kapan Perlu Membuat SOP Absensi Karyawan?

Ada beberapa kondisi di perusahaan yang membuat SOP menjadi satu hal penting dan diperlukan untuk selalu ada. Perusahaan perlu membuat SOP absensi karyawan ketika

  1. Sistem absensi karyawan perlu perbaikan (banyak terjadi kecurangan)
  2. Sistem absensi yang masih berantakan
  3. Membutuhkan pedoman resmi untuk absensi karyawan

Jika perusahaan Anda belum punya SOP absensi untuk dasar pengelolaan absensi karyawan, bisa banget membuat SOP karyawan mulai dari sekarang.

Slip Gaji Digital Kantor Kita
Slip Gaji Digital Kantor Kita

 

Apa Saja yang Harus Ada dalam SOP Absensi Karyawan?

Seperti yang dituliskan di atas, SOP mengatur tentang sistem kerja karyawan. Di SOP Absensi perlu menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan absensi karyawan, diantaranya adalah

  1. Tata cara absen harian (datang dan pulang)
  2. Tata cara izin dan cuti karyawan
  3. Peraturan tentang keterlambatan
  4. Peraturan tentang  pulang awal
  5. Sanksi

Dengan kelengkapan SOP Absensi seperti di atas, akan memudahkan karyawan memahami peraturan absensi dengan baik dan mudah. Pun memudahkan HR dalam menjelaskan ketentuan absensi dengan gamblang pula.

Baca juga : Software HRIS

 

Contoh SOP Absensi Karyawan

Berikut adalah contoh SOP absensi karyawan untuk Anda, semoga contoh ini bisa digunakan sebagai referensi membuat SOP di rumah.

 

 

 

 

 

SOP Absensi Karyawan

PT Kantor Kita Maju

Nomor SOP:Revisi: –
Tanggal pembuatan: 12 Desember 2022Halaman: 5
PENGERTIAN Pencatatan absensi karyawan adalah pencatatan jam kerja karyawan di awal jam kerja dan juga jam pulang kerja. Absensi karyawan meliputi absensi harian, absensi lembur dan juga absensi perjalan dinas.

 

TUJUAN Pencatatan absensi akan membantu perusahaan mengidentifikasi karyawan datang tepat waktu,terlambat, cuti dan izin. Hal yang disebutkan tersebut akan berpengaruh terhadap penilaian performa kerja juga penghitungan gaji karyawan.
KEBIJAKAN
  1. Surat Direktur Nomor 10A/IIX/Direktur/Juli-2015 tentang jam kerja karyawan
  2. Surat Direktur Nomor 12B/IIX/Direktur/Mei-2008 tentang penggajian karyawan
  3. Surat Direktur Nomor 12B/IIX/Direktur/Januari-2019 tentang peraturan karyawan

 

PROSEDUR Absensi Masuk

  1. Karyawan tiba di kantor
  2. Absensi menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita
  3. Waktu tenggat absensi maksimal jam 08.05 WIB
  4. Pastikan absensi tercatat masuk dengan baik di aplikasi dengan melakukan pengecekan
 Absensi Lembur

  1. Karyawan mengajukan lembur kepada masing-masing ketua tim
  2. Absensi lembur dilakukan ketika jam kerja selesai dan jam lembur dimulai
  3. Absensi dilakukan menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita di menu lembur
  4. Pastikan absensi tercatat masuk dengan baik di aplikasi dengan melakukan pengecekan
Absensi Perjalanan Dinas

  1. GPS di perangkat absensi karyawan harus diaktifkan
  2. Absensi bisa dilakukan ketika pekerjaan kedinasan dimulai
  3. Pastikan absensi tercatat masuk dengan baik di aplikasi dengan melakukan pengecekan
Konfirmasi absensi

  1. Konfirmasi absensi dilakukan kepada HRD
  2. Konfirmasi absensi bisa dilakukan jika
    – Karyawan terlambat karena alasan urget (Kecelakaan, Perangkat mati/hilang/rusak, dan lainya)
  3. Karyawan yang tidak melakukan konfirmasi absensi dianggap tidak terjadi masalah apapun dan penghitungan absensi seperti biasanya
Cuti dan izin

  1. Pengajuan Cuti dan izin bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita
  2. Pengajuan izin dan cuti dilakukan di menu cuti dan izin
  3. Karyawan yang izin sakit wajib memberikan keterangan surat dokter
  4. Karyawan yang izin karena keluarga meninggal, menikah, menunggu keluarga sakit bisa memberikan surat keterangan pendukung.
Ketidakhadiran

  1. Karyawan yang tidak hadir wajib memberikan konfirmasi kepada HRD melalui aplikasi absensi Kantor Kita
  2. Tidak hadir tanpa konfirmasi dianggap alfa dan dikenai potongan Rp 100.000
Keterlambatan

  1. Karyawan yang terlambat selain karena alasan penting di potong Rp 5000/jamnya
  2. Keterlambatan akan menghapus bonus bulanan karyawan
Pendisiplinan Karyawan

  1. Pendisiplinan dilakukan agar memberikan efek jera kepada karyawan
  2. Karyawan yang terlambat dikenai denda Rp 5000/jamnya
  3. Keterlambatan akan menghapus bonus bulanan akan dihapus
  4. Keterlambatan lebih dari 5x sebulan akan dikenai SP I
  5. Ketidakhadiran tanpa sebab lebih dari 3x akan dikenai SP I
  6. Ketidakhadiran tanpa sebab akan dikenai potongan Rp 100.000/harinya
UNIT TERKAIT
  1. HR Team
  2. Seluruh karyawan
DOKUMEN TERKAIT
  1. Laporan absensi
  2. Form cuti dan izin
  3. Slip gaji karyawan

Download Dokumen di

 

Kesimpulan

SOP absensi karyawan adalah salah satu SOP penting yang wajib dimiliki perusahaan untuk menjaga prosedur absensi karyawan setiap harinya. SOP absensi ini merupakan hal wajib dimiliki untuk menjaga sistem absensi di perusahaan berjalan dengan baik.

Nah itulah penjelasan tentang SOP Absensi Karyawan, jika ingin menggunakan absensi online bisa menggunakan aplikasi absensi wajah dari Kantor Kita. Absensi karyawan online dengan fitur yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan HR. Bisa demo 15 hari full untuk mencoba semua fiturnya secara gratis!

Semoga bermanfaat!

Customer Service Kantor Kita
Customer Service Kantor Kita
Previous articleKPI untuk HRD : Penjelasan dan Contohnya
Next articleBagaimana Cara Menghitung THR Karyawan? [Lengkap Dengan Contoh]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here