Memilih Software Hris Indonesia Yang Tepat Untuk Perusahaan

0
464
Memilih Software Hris Indonesia Yang Tepat Untuk Perusahaan
Memilih Software Hris Indonesia Yang Tepat Untuk Perusahaan

Memilih Software Hris Indonesia Yang Tepat Untuk PerusahaanMenggunakan layanan software hris adalah salah satu cara untuk memudahkan HR dalam mengurus pekerjaan hr, mulai dari masalah pengelolaan karyawan sampai dengan fitur payroll. Sekarang pun ada banyak software hr di Indonesia yang bisa digunakan. Pun fitur software yang dimiliki juga sudah cukup lengkap dan memenuhi kebutuhan perusahaan.

Namun banyak perusahaan yang bimbang untuk memutuskan memilih layanan hris yang tepat untuk perusahaan. Memang ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan, mulai dari harga, fitur, tampilan dan keamanan.

Baca : Payroll : Proses, Komponen dan Software Payroll

Jika Anda bingung memilih layanan hris, jangan khawatir sebab Anda tidak sendiri. Di luar sana ada banyak orang yang mengalami hal yang sama dengan Anda.

Nah bagaimana sih perusahaan bisa memilih software hris indonesia yang tepat. Pas dengan kebutuhan dan juga pas dengan harga yang diberikan. Cek ulasan berikut ini.

Memilih Software Hris Indonesia

Memilih layanan hris menjadi satu hal yang penting agar saat digunakan, software bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Seperti halnya robot yang membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya, maka begitu juga dengan Software Hris Indonesia yang digunakan untuk memberi kemudahan dalam bekerja.

Untuk menemukan satu software hris terbaik, lakukan riset terlebih dahulu dengan mengecek fitur yang dimiliki, penggunaan dan biaya dari software tersebut.

Tentukan kriteria software yang Anda butuhkan, dari pilih software hris yang paling mendekati atau bahkan sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Software Hris Indonesia
Figure 1 Memilih Software Hris

Perhatikan 6 Faktor Dalam Memilih Software Hris Indonesia

Dalam memilih software hris ada beberapa faktor utama yang menjadi pertimbangan pemilihan softwarenya. Jangan percaya begitu saja dengan fitur yang ditawarkan oleh software hr. Anda perlu untuk mencobanya langsung.

Pun umumnya software berbayar seperti ini memberikan kesempatan free trial dalam waktu tertentu. Dengan akses ini Anda bisa mencoba semua fiturnya untuk kemudian memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

1. Keandalan dan Kelengkapan Fitur

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih software hris adalah kelengkapan fitur yang ditawarkannya. Masing-masing software memiliki fitur utamanya sendiri dan fitur lain yang mendukung.

Yang harus diperhatikan dalam memilih fitur software hris ini selain kelengkapannya juga dengan kinerja dari fitur tersebut.

Semakin banyak fitur yang diberikan maka semakin banyak pekerjaan hr yang bisa terbantu menggunakan fitur tersebut. Tentu saja hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan jauh lebih terbantu.

Fitur Software Hris Indonesia
Figure 2 Fitur Software Hris

Selanjutnya adalah dari performa fitur yang diberikan. Apakah fitur sudah cukup bagus untuk membantu pekerjaan. Percuma saja fitur lengkap namun kinerjanya tidak sebagus yang kita inginkan.

Misalnya pada software hr yang memiliki fitur penghitungan otomatis bpjs Kesehatan dan ketenagakerjaan dimana peraturannya pure mengikuti peraturan dari pemerintah. Apakah software tersebut cukup fleksibel dan peraturannya bisa diubah mengikuti peraturan dari pemerintah.

Pekerjaan hr bukan pekerjaan yang sederhana, sehingga perlu software handal yang benar-benar bisa untuk membantu pekerjaan.

2. Keamanan Data

Sekarang ini keamanan data yang kita simpan pada perangkat online menjadi satu hal yang wajib diperhatikan. Sebab kita tahu ada banyak kasus kejahatan terkait keamanan data ini, seperti pencurian data sampai dengan penyadapan.

Jangan sampai data perusahaan yang kita simpan dalam posisi yang berbahaya karena menggunakan software hris yang memiliki tingkat keamanan yang rendah.

Anda bisa mengecek keamanan software ini dengan langsung menanyakannya kepada tim pengembang aplikasi atau CS nya. Dengan begitu informasi keamanan data akan jauh lebih jelas.

Software hris terbaik yang digunakan sebagai alat untuk mengelola pekerjaan hr, harusnya memiliki sistem keamanan yang kuat sehingga semua data aman dari kemungkinan kebocoran atau juga virus.

3. Budget

Selanjutnya adalah masalah budget, dimana Anda perlu menyesuaikan harga yang ditawarkan dengan kriteria budget Anda juga menyesuaikan dengan kualitas aplikasi hr.

Cobalah menilai secara ideal harga yang ditawarkan oleh aplikasi dengan performa aplikasi tersebut. Jika aplikasi sekiranya cukup membantu Anda dalam menyelesaikan masalah HR maka harga bukan menjadi masalah lagi.

Jangan juga mudah tergiur dengan harga aplikasi yang murah, coba cek terlebih dahulu jangan sampai banyak masalah di dalamnya. Baik sering terjadi bug, bekerja tidak akurat sampai dengan performanya yang kurang menarik.

Yang terpenting adalah budget ini bukan menjadi patokan utama dalam memilih aplikasi, sesuaikan harga dengan kualitas yang dimiliki.

Software Hris Indonesia

4. Review Pengguna

Review pengguna juga menjadi satu tolak ukur penting yang perlu diperhatikan dalam memilih software hris. Anda bisa menilai sebuah aplikasi dari review user yang sudah menggunakan software tersebut.

Review pengguna bisa didapatkan dari berbagai sumber, misalnya dari penilaian dari google, penilaian dari apps store dan lain sebagainya.

Baca : Efektifkah Perusahaan Kecil Menggunakan Software HRIS

Umumnya review pengguna bisa diukur dengan rating yang dimiliki. Tentu saja semakin bagus rating yang dimiliki, review pengguna juga bagus.

Pengguna dari software hrisnya juga perlu diperhatikan, apakah aplikasi banyak digunakan oleh perusahaan besar, umkm sampai dengan  perusahaan multinasional. Hal ini akan membantu Anda mengenali penggunaan software hris tersebut.

5. Legalitas Software

Legalitas software adalah izin yang dimiliki software. Ada banyak software yang  beredar dengan izin yang tidak lengkap atau illegal. Dengan begitu Anda perlu mengecek kondisi perizinan aplikasi. Pastikan aplikasi sudah jelas berizin dan legal digunakan di Indonesia.

Software yang sudah ada perizinanannya pastinya juga sudah memenuhi persyaratan penyebaran aplikasi dari segi penggunaan sampai dengan keamanan, sehingga akan aman digunakan dan disebarluaskan.

6. Demo

Jangan lupa untuk cek apakah layanan hris yang Anda gunakan memiliki free demo. Umumnya perusahaan yang memberikan pelayanan jasa pastinya juga memberikan free demo sementara.

Menggunakan free demo ini, Anda bisa mengakses semua fitur yang diberikan dengan leluasa. Jadi Anda tidak perlu menebak-nebak isi dari software tersebut, namun langsung mencoba melalui layanan demo aplikasi.

Umumnya demo diberikan selama 15 hari secara full untuk pengguna yang ingin mencoba free fitur.

Itulah 6 faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan hris. Dari mengecek fitur yang tersedia sampai dengan demo yang diberikan.

Perhatikan dengan baik semua hal ini agar Anda bisa menemukan software hris terbaik dan memenuhi kebutuhan Anda. Akan lebih baik lagi jika mencoba free demo sementara ini agar lebih pasti dan merasakan pengalaman menggunakan software hris dengan baik.

Coba Software Hris Dari Kantor Kita

Cari software hris indonesia terbaik dari Kantor Kita. Hadir dengan fitur pengelolaan karyawan lengkap mulai dari aplikasi absensi online sampai dengan payroll dan add on tambahan yang membantu Anda menyelesaikan pekerjaan HR.

Aplikasi absensi
Aplikasi absensi Kantor Kita

Cek fitur lengkap aplikasi Kantor Kita dengan free trial dari Kantor Kita selama 15 hari secara bebas. Kami juga ada privat zoommeeting dengan tim CS Kantor Kita yang bisa Anda ikuti dengan langsung menghubungi Kontak Kantor Kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here