Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!

0
5165
Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!
Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!

Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya!Kemampuan beradaptasi adalah salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh karyawan. Seperti yang kita tahu bahwa dunia kerja adalah salah satu bidang yang cukup tidak menentu, akan ada banyak penyesuaian, pengaturan kembali secara terus menerus. Tidak hanya untuk karyawan saja, kemampuan beradaptasi juga harus dimiliki oleh pengusaha.

Bukan hanya dari bawaan lahir atau sifat, kemampuan beradaptasi ternyata bisa dilatih lho hal ini didasarkan pada mindset kita juga.

Orang yang tidak bisa beradaptasi akan kesulitan dalam menjalani kehidupan kesehariannya, baik dalam kantor maupun kehidupan bisnisnya.

Bagaimana sih kemampuan beradaptasi itu? Mari kita bahas bersama di ulasan Kantor Kita hari ini.

 

Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kondisi lingkungan di luar diri kita adalah hal yang memiliki kemungkinan untuk berubah dengan cepat. Pun kita tidak akan bisa menahan kondisi ini.

Dengan memiliki kemampuan beradaptasi, kita akan lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Bisa mengikuti flow lingkungan kita. Tentu saja hal ini akan membantu kita beraktivitas menjadi lebih lancar.

Baca Artikel Tentang : Tips Mengatasi Stress Kerja untuk Karyawan

Kemampuan beradaptasi ini akan langsung berpengaruh terhadap kenyamanan diri kita dengan lingkungan. Kemampuan beradaptasi juga sangat berhubungan dengan penerimaan kondisi lingkungan.

Nah kemampuan adaptasi ini adalah hal yang bisa kita latih secara terus menerus lho, tidak hanya pembawaan lahir saja. Namun kita bisa meningkatkan kemampuan kita dari latihan ini.

Absensi Mudah dengan Kantor Kita

 

Kemampuan Beradaptasi Menurut Pada Ahli

Ada beberapa teori menurut pada ahli mengenai kemampuan beradaptasi ini. Menurut Schneider dan Suparlan (2008) menyatakan bahwa kemampuan berinteraksi dengan tepat dan efektif juga menyeluruh di lingkungannya. Adaptasi ini meliputi kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan lainya.

Sedangkan menurut Sunarto dan Agung Hartono (2006) menuliskan bahwa penyesuaian diri adalah kemampuan untuk mempertahankan eksistensinya, bisa bertahan atau survive juga memperoleh kesejahteraan jasmani maupun rohani. Juga melakukan relasi dengan tuntutan sosial.

Lanjut menurut Satmoko dan Ghufron (2010) penyesuaian diri adalah kemampuan untuk berinteraksi secara berkelanjutan atau kontinyu dengan diri sendiri, orang lain maupun dunianya. Dimana hal ini dikatakan berhasil apabila seseorang tersebut memiliki kepuasan dalam memenuhi kebutuhan, mengatasi ketegangan dan simptom yang mengganggu.

Dari beberapa definisi kemampuan beradaptasi menurut ahli di atas bisa dipahami bahwa kemampuan beradaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan dirinya sendiri maupun dengan orang lain.

Keberhasilan adaptasi bisa dilakukan dengan kenyamanan yang dirasakan dalam kondisi tertentu. Tidak ada simptom tertentu yang mengganggu aktifitasnya.

 

Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja

Kemampuan beradaptasi dalam bekerja adalah kemampuan untuk merespon perubahan dan bisa menyelesaikannya dengan baik dalam dunia kerja.

Dalam dunia kerja ada perubahan yang cukup dinamis, entah dari perubahan struktur organisasi, perubahan lingkungan, perubahan tanggungjawab, perubahan tugas dan jobdesk juga lainya.

Karyawan yang bisa beradaptasi dengan baik akan terlihat dengan pemberian respon yang dimilikinya. Misalnya bisa mengikuti alur, bisa memberikan ide dan strategi juga bisa menghandle perubahan yang terjadi dengan baik.

Juga tetap bisa berinteraksi dan berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja lainya.

Selain memberikan kemudahan untuk menyelaraskan sikap dengan orang lain, kemampuan adaptasi juga membantu Anda lebih nyaman dalam bekerja. Karena tidak ada keluhan kurang nyaman atau yang lainya.

Baca : Employee Gathering : Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan

 

Contoh Kasus : Adaptasi Dalam Dunia Kerja

Ada banyak hal contoh kasus dalam dunia kerja yang membuat kita harus bisa melakukan adaptasi. Dunia kerja yang tidak menentu, mengharuskan kita untuk harus bisa beradaptasi agar menjadi karyawan yang tahan banting maupun bisa bersaing.

1. Perubahan SOP Kerja (Prosedur Kerja)

Selain adjustment struktur organisasi, di lingkungan kerja banyak banget kasus perubahan prosedur kerja (SOP Kerja karyawan). Memang prosedur kerja perlu ditinjau dan diperbaiki dari waktu ke waktu.

Sehingga akan berkembang dan memperbaiki yang salah dari sistem kerjanya. Perubahan SOP kerja sangat mungkin terjadi, maka dari itu kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan agar karyawan bisa mengikuti perubahan dengan baik.

Misalnya SOP kerja seorang CS yang harus memberikan monthly report kemudian diminta memberikan weekly report lengkap dengan kegiatan follow up kegiatan CS kepada team leader atau manager CS.

Atau perubahan model pelayanan kepada customer yang harus diikuti dengan baik oleh para CS.

2. Perubahan Struktur Organisasi

Selain promosi, di dunia kerja juga sangat mungkin terjadi demosi atau penurunan jabatan, bentuk perubahan struktur organisasi yang lainya misalnya pemenuhan kekosongan posisi.

Dengan perubahan struktur organisasi seperti ini akan memungkinkan karyawan memiliki posisi yang berubah lengkap dengan jobdesk atau tanggung jawabnya.

Dengan hal yang seperti ini, perubahan seperti ini memerlukan seseorang untuk memiliki kemampuan adaptasi juga.

3. Perubahan Strategi

Selanjutnya kenapa kemampuan beradaptasi penting dimiliki untuk dunia kerja? Sebab di dunia kerja penuh dengan perubahan yang dinamis. Salah satunya adalah perubahan strategi dalam kerja.

Dimana jika strategi yang Anda gunakan sekarang ini tidak jalan, maka bisa banget melakukan perubahan ke strategi lainya.

Perubahan strategi ini menjadi salah satu penerapan problem solving jika ada masalah di dunia kerja.

Salah satu bagian yang banyak melakukan perubahan strategi ini misalnya tim salem juga marketing. Dimana mereka harus update dengan situasi dan kondisi trend sehingga perubahan dan penyesuaian ini perlu dilakukan.

Itulah beberapa alasan kenapa kemampuan beradaptasi perlu dimiliki dalam dunia kerja. Dimana karyawan perlu menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan kerja yang terus berubah secara dinamis.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Adaptasi?

Seperti yang kita tuliskan di atas, kemampuan adaptasi adalah sesuatu yang bisa kita latih. Memangnya bagaimana sih cara mengembangkan kemampuan adaptasi ini? Mari kita pelajari bersama.

1. Mengasah Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah salah satu tanda keberhasilan beradaptasi. Jika Anda bisa menguasai kemampuan berkomunikasi maka akan memudahkan proses adaptasi dalam lingkungan kerja.

Kemampuan berkomunikasi ini bisa diasah dengan selalu berinteraksi dengan orang lain, mengeluarkan pendapat, mengasah skill berbicara di depan umum juga mendengarkan dan menanggapi.

Berkomunikasi menjadi satu kunci penting dalam dunia kerja. Komunikasi berjalan dengan baik maka akan membuat kerja sama dalam dunia kerja juga berjalan lancar.

2. Mau Berkoordinasi

Koordinasi bukan merupakan tentang kemampuan komunikasi saja lho. Koordinasi adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain atau tim. Koordinasi adalah kemampuan untuk mengelola, memadukan dan menyelaraskan banyak pendapat atau pikiran untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Koordinasi sebuah tim bisa bekerja dan berjalan beriringan, tanpa koordinasi yang jelas dan tepat banyak anggota tim di dalamnya akan berantakan.

Terkadang banyak orang yang malas berinteraksi apalagi berkoordinasi dengan orang lain, dengan kesadaran mau berkoordinasi dan berinteraksi dengan orang lain akan membantu Anda untuk lebih mudah menghadapi perubahan dan adaptasi. Baik dengan orang baru maupun dengan orang lainya.

3. Realistis dan Menerima Perubahan

Salah satu cara untuk memudahkan Anda beradaptasi adalah dengan menerima perubahan dan bersikap realistis dengan perubahan tersebut.

Tidak ada hal yang stay dan berjalan sama dari waktu ke waktu, pasti ada perubahan di dalamnya. Termasuk perubahan di dunia kerja. Akan banyak perubahan dan hal ini pasti terjadi, untuk itu sikap menerima perubahan inilah yang nantinya akan membantu Anda beradaptasi.

Itulah beberapa hal yang untuk membantu meningkatkan kemampuan adaptasi Anda. Semakin ditingkatkan maka kemampuan pastinya akan lebih maksimal.

Baca : Bonding Karyawan : Penting dan Idenya

aplikasi perkantoran

 

Kesimpulan

Kemampuan beradaptasi sangat diperlukan dalam dunia kerja, dimana kemampuan ini berguna untuk membantu karyawan bisa menyesuaikan dengan perubahan yang ada pada dunia kerja. Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki kemampuan beradaptasi cukup baik di dunia kerja? Atau perlu ditingkatkan lagi?

Itulah penjelasan mengenai kemampuan beradaptasi dalam bekerja untuk karyawan. Untuk lebih maksimal dalam dunia kerja, Anda bisa menggunakan layanan HRIS dari aplikasi HR Kantor Kita.

Layanan absensi online dengan fitur lengkap dan terjangkau. Untuk para UMKM sampai dengan perusahaan besar.

Coba dulu aplikasi absensi android dari Kantor Kita untuk dapatkan kemudahannya. Cek selanjutnya dalam demo Kantor Kita free 15 hari. Langsung saja dengan Daftar Kantor Kita 

Previous article5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja
Next articleJenis Slip Gaji dan Keuntungan Menggunakan Slip Gaji Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here