Tips Mengatasi Stress Kerja untuk Karyawan

0
534
Tips Mengatasi Stress Kerja untuk Karyawan

Tips Mengatasi Stress Kerja untuk KaryawanBekerja dari pagi sampai sore selama 5 atau 6 hari penuh pastinya membuat karyawan merasa jenuh, penat bahkan stress. Kondisi seperti ini banyak terjadi  pada karyawan kantor yang memiliki beban kerja tinggi, mobilitas tinggi dan tekanan yang tinggi.

Tekanan yang diberikan terus menerus pastinya akan menumpuk hingga membuat karyawan tersebut  mengalami stress kerja. Dari stress seperti ini biasanya juga akan membawa kepada pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti pola makan tidak teratur, pola tidur acak-acakan, atau mengkonsumsi alcohol dan rokok untuk mengurangi rasa stress yang akhirnya membuat kondisi tubuh dan mental karyawan semakin melemah.

Untuk menghindari stress kerja, kamu perlu melakukan hal-hal tertentu sehingga badan dan pikiran lebih terasa ringan. Pas banget karena Kantor Kita akan membagikan tips mengatasi stress kerja untuk karyawan. Apa sajakah tips nya? Mari kita ulas di artikel berikut.

1. Stress Kerja

Stress kerja adalah tekanan yang dirasakan karyawan yang berkaitan dengan masalah pekerjaan. Tekanan ini bisa terjadi karena tuntutan pekerjaan, penggunaan fisik yang berlebih atau  tekanan emosional seorang karyawan.

stress kerja
Stress kerja bisa mengakibatkan hal yang negative

Memang tidak semua stress bisa mengakibatkan hal yang negative, sebab ada stress yang malah menjadi pemicu karyawan untuk melakukan yang lebih baik atau sebagai motivasi. Namun jika stress sudah mengarah kepada hal-hal yang kurang baik maka sebaiknya karyawan perlu melakukan healing untuk menghindari hal yang negative terjadi.

2. Tanda Bahwa Kamu Mengalami Stress Kerja

Ada beberapa tanda yang bisa digunakan sebagai tanda atau indikasi bahwa kamu sedang mengalami stress kerja. Indikator ini ada tiga jenis mulai dari fisik, psikologis dan perilaku. Beberapa tanda stress kerja bisa kamu lihat pada tabel berikut ini.

NO

Tanda Psikologis Tanda Fisik

Tanda Perilaku

1. Cemas Mudah tegang Malas menghadapi pekerjaan
2. Sensitive Denyut jantung dan tekanan darah naik Membutuhkan pelampiasan (makan, rokok, tidur, gaming)
3. Marah Mengalami kelelahan Produktifitas menurun
4. Bingung Sakit di area punggung, leher dan belakang kepala Makan yang tidak normal
5. Mudah tersinggung Gangguan tidur Penampilan berantakan
6. Kurang percaya diri Gangguan lambung
7. Perasaan terkucil
8. Ingin menarik diri dari lingkungan

Indikasi Mengalami Stress Kerja

Stress kerja dengan ciri di atas bisa terjadi kapan saja, baik hanya sesekali maupun berulangkali. Jika kamu mengalami stress ringan maka bisa menggunakan cara sederhana untuk menanganinya. Sedangkan jika kamu merasa stress terus berulang dalam jangka waktu yang panjang maka kamu perlu beristirahat bahkan mencari penangananya lebih serius.

Apa Hal yang Memicu Stress Kerja Pada Karyawan?

Stres kerja tidak hadir begitu saja melainkan ada pemicunya. Di dunia kerja, pemicu stress kerja bisa berasal dari  banyak hal. Yuk cari tahu apa sih pemicu stress kerja kamu di poin berikut.

  1. Lingkungan kerja yang toxic/ tidak supportif
  2. Tuntutan waktu pekerjaan
  3. Beban kerja tinggi
  4. Tekanan dari atasan
  5. Banyaknya tanggung jawab
  6. Konfilik di lingkungan kerja

System kerja yang buruk juga sangat mengganggu kenyamanan karyawan sehingga menjadi penyebab karyawan mudah stress. Sebenarnya perusahaan bisa menggunakan sistem aplikasi kantor yang lebih memudahkan karyawan.

Ke-enam poin di atas adalah penyebab stress paling banyak dalam dunia kerja, ketahui apa sih penyebab kamu stress dan coba untuk mencari solusinya.

Bagaimana Cara Menangani Stress Kerja?

Stress yang dibiarkan berlarut-larut akan sangat berbahaya untuk fisik maupun psikis karyawan. Stress merupakan hal yang wajar dalam kehidupan namun jika tidak di kelola dengan baik akan jadi boomerang untuk diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk menangani stress di dunia kerja.

1. Jangan Bawa Masalah Kantor Saat Pulang

Salah satu penyebab kenapa karyawan tidak menikmati harinya adalah dengan membawa masalah kantor ke rumah. Padahal ketika kita sudah masuk ke rumah memang waktunya untuk istirahat dan bersantai setelah seharian fokus dengan pekerjaan.

Baca Artikel : Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

Banyak hal kantor yang memicu terjadi overthinking ketika berisitirahat di rumah namun kamu juga harus mengatur pikiran kamu untuk menempatkan sesuai waktunya. Jadi masalah kantor akan lebih baik diselesaikan di kantor sedangkan rumah merupakan tempat untuk beristirahat.

Buat dirimu rileks di rumah dengan mengkonsumsi makanan yang kamu suka, mandi air hangat maupun membaca dengan lilin aromaterapi. Jangan lupa untuk menonaktifkan handphone kerja mu agar tidak terdistraksi masalah kantor kembali.

2. Olahraga Ringan

Seperti yang kita tahu, olahraga adalah kegiatan yang memicu tubuh menghasilkan hormone kebahagiaan. Untuk itu olahraga bisa kamu coba sebagai cara untuk mengurangi stress karena beban kerja yang menumpuk.

Olahraga ringan akan membantu mengurangi stess saat bekerja

Beberapa contoh olahraga ringan yang bisa dicoba misalnya jogging, yoga, dance practice, maupun senam. Mulai hari mu dengan bangun pagi dan lanjut olahraga ringan, pastinya badan akan lebih siap untuk menjalani hari sebelum bekerja lagi.

Beberapa literatur gerakan badan untuk senam, dance maupun yoga bisa kamu lihat di kanal Youtube sehingga kamu memiliki panduan yang jelas untuk gerakannya.

3. Meditasi

Pilihan kegiatan lain untuk mengurangi stress adalah dengan melakukan meditasi sebelum melakukan aktifitas harian maupun bekerja.

Meditasi adalah kegiatan yang sangat cocok untuk kamu yang mencari ketenangan jiwa dan pikiran. Walaupun terlihat sederhana namun meditasi ini membutuhkan energi juga lho, pun manfaatnya juga cukup besar untuk kesehatan tubuh dan mental.

 Meditasi membantu untuk ketenangan jiwa dan pikiran

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari proses meditasi adalah

  1. Mengurangi stress
  2. Membantu mengatasi gangguan kecemasan
  3. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  4. Membuka pikiran lebih positif dan rileks
  5. Meningkatkan konsentrasi dan ingatan

Untuk umat muslim meditasi pagi ini bisa dilakukan dalam bentuk ibadah solat dimana kamu bisa melakukan doa dan memasrahkan semua urusan kepada Tuhan, dengan begitu pikiran lebih tenang dan siap untuk menjalani hari.

4. Cuti

Jika kamu merasa badan sudah dalam kondisi exhausted maka perlu memikirkan untuk mengajukan Cuti. Bisa kamu gunakan untuk beristirahat maupun berlibur dan bersantai. Manfaatkan waktu cuti yang ada untuk mengurangi stress kerja selama ini sehingga membantu kamu merasa lebih baik.

5. Menyelesaikan Masalah Dengan yang Bersangkutan

Salah satu masalah dalam dunia kerja adalah masalah dengan rekan. Untuk masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan langsung mengkomunikasikan secara langsung. Sehingga jika sebelumnya ada kendala bisa jelas akar permasalahan dan penyelesaiannya.

Komunikasi antar rekan kerja sangat penting untuk menghindari timbulnya masalah. Jika kamu memiliki masalah komunikasi dengan rekan kerja maka coba untuk perbaiki untuk memudahkan pekerjaan.

Taukah Anda Tingkat Pendidikan Karyawan Akan Sangat Memengaruhi Dua Variabel Dalam Bekerja. Lalu Seperti Apa Sih Korelasi Tingkat Pendidikan dengan Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan?

Setiap orang memiliki cara menghilangkan stress nya masing-masing, kamu bisa menggunakan cara kamu untuk menangani stress agar tidak berlarut-larut.

Kesimpulan

Hindari terjadinya stress kerja berlebihan dengan manajemen stress sehingga kamu bisa merasa lebih baik ketika di rumah maupun di tempat kerja. Stres kerja yang berlebihan hanya akan membuat tubuh dan mental menjadi lebih lemah.

Mudahkan urusan kerja dengan aplikasi absensi Kantor Kita untuk proses kerja yang lebih efisien. Urusan absen karyawan makin mudah dan kerja lebih nyaman. Dapatkan free trial 15 hari secara gratis plus Tutorial Kantor Kita dengan menghubungi CS Kantor Kita.

Berikan kenyamanan karyawan mulai dari proses absensi!

Sekian ulasan Tips Mengatasi stress kerja untuk karyawan, semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here