Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor                      

0
3397
Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor
Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke KantorTelat pergi ke kantor adalah salah satu masalah banyak karyawan. Sayangnya kebiasaan ini cukup merugikan diri karyawan. Mulai dari terkena potongan gaji sampai dengan surat peringatan tidak disiplin yang akhirnya mempengaruhi nilai kedisiplinan karyawan. Selain itu hal ini juga akan mengganggu kenyamanan dalam bekerja. Banyak resiko yang didapatkan dari terlambat semua serba terburu-buru juga kurang fokus dalam bekerja.

Untuk itu kebiasaan terlambat perlu diperbaiki segera agar tidak mengganggu pekerjaan dan performa kerja kamu. Bagaimana sih cara memperbaiki kebiasaan agar selalu on time ke kantor? Mari kita bahas bersama.

 

Akibat Datang Telat Ke Kantor

Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

Ada beberapa akibat yang harus ditanggung saat Anda terlambat datang ke kantor. Diantaranya adalah

a. Potongan Keterlambatan

Terlambat beberapa menit dari waktu masuk kerja, akan mendapatkan potongan gaji sesuai aturan yang berlaku di Perusahaan masing- masing. Semakin banyak kedatangan yang terlambat maka potongan juga semakin banyak.

Namun potongan keterlambatan ini bisa berbentuk hukuman yang lain, misalnya penghangusan bonus kinerja sampai dengan denda. Besaran ini tergantung dengan ketentuan perusahaan masing-masing.

Baca : Jenis-Jenis Potongan Gaji Karyawan

b. Teguran Atasan

Sanksi yang didapatkan dari keterlambatan adalah teguran dari atasan, mulai dari teguran dari team leader, manager sampai dengan HRD. Seperti yang kita ketahui bahwa teguran lisan ini masih di taraf ringan dalam sanksi keterlambatan. Jika hal ini terus dilakukan maka teguran atasan ini bisa diikuti teguran tertulis berupa SP.

c. Surat Peringatan

Surat peringatan karyawan adalah hal yang bisa diambil jika karyawan bermasalah dengan kedisiplinan termasuk keterlambatan. Tujuan dari penggunaan surat peringatan adalah untuk memberikan efek jera kepada karyawan. Kita sudah pernah bahas tentang surat peringatan karyawan yang bisa dibaca lengkap di Surat Peringatan Karyawan, Juga Diatur Undang-Undang Lho! 

d. Fokus Berkurang

Fokus dalam bekerja juga akan berkurang ketika karyawan terlambat. Banyak karyawan yang akan terburu-buru dalam hal persiapan kerja juga mengikuti pekerjaan hari tersebut. Jika konsentrasi berantakan maka menjalani pekerjaan juga tidak akan nyaman.

Jadi ada banyak akibat dari terlambat pergi ke kantor untuk karyawan. Jangan sampai akibat ini terjadi kepada Anda ya!

 

Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari telat pergi ke kantor untuk kamu. Cek poinnya dan terapkan di kehidupan Anda agar tidak terlambat!

1. Hindari Begadang

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mencegah keterlambatan ke kantor adalah dengan menghindari begadang. Seperti yang kita tahu bangun terlambat menimbulkan masalah besar lainya.

Untuk itu di malam hari biasakan untuk men-set waktu tidur dan mentaati aturan waktu tersebut. Sehingga dengan atur pola tidur akan membawa kebiasaan ini pada waktu tidur malam kamu.

Begadang juga sangat berhubungan dengan kondisi tubuh, jika tubuh tidak cukup beristirahat maka tidak heran jika akan lemas dan lesu pada keesokan harinya.

2. Hindari Aktivitas yang Berlebihan di Malam Hari

Aktivitas malam yang berat juga akan menyebabkan tubuh kelelahan dan waktu beristirahat lebih lama dari biasanya. Hindari beraktifitas berat di malam hari karena akan mengganggu waktu bangun dan juga kebugaran di waktu pagi.

3. Siapkan Semuanya di Malam Hari

Menyiapkan berbagai kebutuhan kerja di malam hari juga terbukti sangat efektif untuk mencegah terjadinya terlambat kerja lho. Anda tidak perlu ribet menyiapkan banyak hal di waktu yang terbatas. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan di malam hari diantaranya adalah

  1. Setrika pakaian
  2. Tas dan peralatan yang perlu dibawa
  3. Laptop dan elektronik lainya.

Semakin simpel di pagi hari akan semakin memudahkan Anda persiapan kerja.

4. Berangkat Lebih Pagi

Selain hal-hal di atas, penyebab keterlambatan adalah pengaruh eksternal atau hal-hal yang tidak bisa kita atur. Seperti macet, hujan juga kondisi kendaraan dan lainya. Untuk kondisi tertentu seperti macet bisa diakali dengan berangkat lebih pagi sehingga tetap bisa datang tepat waktu.

5. Pindah ke Lokasi Kerja yang Lebih Dekat

Pindah rumah ke lokasi yang lebih dekat dengan kantor merupakan salah satu hal yang bisa dipertimbangkan jika ingin menghindari keterlambatan. Anda bisa memilih tempat tinggal lebih lebih dekat kantor sehingga memakan waktu transportasi yang lebih singkat.

Pilih beberapa tips di atas untuk mengurangi kebiasan terlambat di kantor!

 

Manfaat Datang Tepat Waktu Ke Kantor

Apa saja sih manfaat yang bisa di dapatkan saat datang tepat waktu ke Kantor?  banyak sekali manfaat yang di dapatkan jika kita mentaati aturan yang berlaku di Kantor.

1. Kenyamanan Kerja

Datang tepat waktu dan tidak berburu-buru merupakan hal yang membuat nyaman dalam bekerja. Anda bisa melakukan persiapan dengan baik, menata ruang kerja dan juga mengecek email masuk dengan lebih rileks.

2. Nilai Kehadiran

Nilai kehadiran karyawan juga merupakan satu hal yang akan terus dinilai dari performa kerja karyawan. Jika keterlambatan terus dilakukan maka otomatis nilai kehadiran juga akan berkurang atau malah buruk.

3. Bonus Absensi Tetap Aman

Di beberapa perusahaan memberikan bonus absensi full jika absensi pada bulan tersebut dilakukan dengan bagus tanpa ada keterlambatan. Jika tidak datang terlambat maka uang bonus absensi ini akan tetap aman.

Baca : Mengenal 6 Jenis Bonus Karyawan yang diberikan Kantor

Aplikasi hr
Aplikasi absensi Kantor Kita

 

Kesimpulan

Terlambat bukan merupakan hal yang bisa diremehkan. Akibat yang ditimbulkan dari masalah keterlambatan ini juga tidak sepele. Untuk itu para HR perlu mengecek kehadiran karyawan dengan akurat dan baik agar masalah keterlambatan teratasi dengan baik pula.

Bisa mengelola kehadiran karyawan dengan mudah menggunakan aplikasi hris dari Kantor Kita. Software hris indonesia yang menyediakan fitur utama pencatatan absensi online yang akurat juga tools untuk HR lainya.

Silahkan berlangganan dengan mengikuti demo Kantor Kita yang free bisa digunakan 15 hari!

Sekian informasi hari ini tentang Tips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor, semoga bermanfaat!

Previous articlePenjelasan Dan Indikator Kepuasan Kerja Karyawan
Next articlePasangan Menikah Satu Kantor, Boleh Atau Tidak Sih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here