Penjelasan Dan Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

0
1304
Penjelasan Dan Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

Penjelasan Dan Indikator Kepuasan Kerja KaryawanKepuasan kinerja adalah hal yang perlu diperhatikan manajemen perusahaan untuk karyawan. Dimana ini akan berpengaruh terhadap loyalitas karyawan juga turnover karyawan. Selain itu kepuasan karyawan juga berpengaruh terhadap motivasi karyawan dalam bekerja. Untuk menilai kepuasan kinerja karyawan ada indikator yang digunakan.

Hari ini kita akan membahas tentang kepuasan kerja karyawan lengkap dengan indikator untuk mendukungnya. Mari kita bahas bersama

 

Kepuasan Kinerja Karyawan

Kepuasan kinerja karyawan adalah perasaan dimana karyawan merasa puas dengan pekerjaan yang ia lakukan baik dari jobdesk yang diberikan juga tentang perusahaan. Seseorang memiliki tingkat kepuasan kerja tersendiri. Semakin tinggi penilaian karyawan terhadap kegiatan yang sesuai dengan keinginannya maka nilai kepuasan kinerja juga semakin tinggi. Kepuasan kerja ini juga akan mempengaruhi performa dan produktivitas karyawan juga nantinya.

Menurut Martoyo (2003), kepuasan kerja adalah elemen yang penting dalam organisasi. Sebab kepuasan kerja akan mempengaruhi perilaku kerja karyawan seperti kerja, rajin, produktif dan lainya. Juga memiliki hubungan dengan beberapa jenis perilaku yang penting dalam berorganisasi.

Sedangkan menurut Keith Davis dalam buku Mangkunegara menuliskan bahwa kepuasan kerja adalah perasaan yang menyokong atau tidak menyokong diri karyawan yang berhubungan dengan pekerjaan maupun kondisi diri.

Hal yang berhubungan dengan pekerjaan melibatkan aspek seperti upah, gaji, pengembangan karir, hubungan dengan pegawai, penempatan kerja, jenis pekerjaan, struktur organisasi dan lainya.

Sedangkan hal yang berhubungan dengan diri karyawan diantaranya adalah umur, kondisi kesehatan, kemampuan juga pendidikan. Pegawai akan merasa puas bekerja jika aspek pekerjaan dan dirinya menyokong dengan baik, dan sebaliknya.

Menurut Handoko 2003, kepuasan kerja karyawan adalah harapan yang hendak dicapainya setelah melaksanakan tugas dan kewajibannya sehari-hari. Jika harapannya tidak sesuai dengan kenyataan akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja adalah hal emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dalam karyawan memandang pekerjaannya.

Baca : Korelasi Tingkat Pendidikan dengan Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan

Jadi dengan beberapa pengertian di atas, dapat dipahami bahwa kepuasan kerja adalah kondisi emosional karyawan dalam menjalani pekerjaan mereka yang berhubungan dengan diri dan juga jobdesk.

 

Variabel Kepuasan Kinerja

Ada beberapa variabel yang mempengaruhi tingkat kepuasan kinerja karyawan. Diantaranya adalah

1. Kehadiran Karyawan

Kepuasan kinerja karyawan berhubungan dengan jumlah kehadiran karyawan. Dimana karyawan yang merasa tidak puas dengan pekerjaannya cenderung memiliki jumlah absensi yang rendah.

2. Turnover Karyawan

Kepuasan kinerja karyawan juga mempengaruhi tingkat turnover perusahaan. Semakin tinggi tingkat turnover karyawan nya bisa disebabkan salah satunya dari tingkat kepuasan kinerja yang kurang.

3. Umur

Variabel kepuasan kinerja selanjutnya adalah umur. Dimana pekerja yang memiliki umur lebih tua memiliki tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi dengan karyawan dengan umur muda.

Hal ini dipengaruhi oleh pengalaman juga kemampuan karyawan yang lebih tua menyesuaikan diri. Sedangkan karyawan mudah masih memiliki idealisme tinggi juga harapan dalam pekerjaan yang tinggi. Yang akhirnya mempengaruhi tingkat kepuasan kinerja pada karyawan.

4. Tingkat Pekerjaan

Ada beberapa tingkatan karir karyawan, mulai dari tingkat rendah dan tinggi. Seorang karyawan yang menempati posisi kerja tinggi memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena karyawan tersebut memiliki kesempatan untuk mengemukakan ide, memberikan masukan dan posisi yang strategis di perusahaan tersebut.

Sebaliknya karir untuk karyawan di posisi rendah cenderung memiliki tingkat kepuasan kerja yang rendah karena keterbatasannya.

Jadi tingkat kepuasan kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari umur karyawan sampai dengan tingkat posisi karyawan. Yang akhirnya kondisi kepuasan karyawan juga memberikan pengaruh yang lainya seperti turnover karyawan.

 

Indikator yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja

Ada beberapa indikator yang mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan di perusahaan. Beberapa indikator tersebut adalah

Indikator yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja
Indikator yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja

Kepuasan kinerja tidak hanya berasal dari kondisi perusahaan atau tempat bekerja saja, melainkan juga berasal dari diri karyawan.

1. Pengaruh Dari Diri Karyawan

Ada beberapa hal dari diri karyawan yang mempengaruhi tingkat kepuasan kerjanya di perusahan. Hal-hal yang menyangkut kepuasan kerja dari diri karyawan adalah

  1. IQ karyawan
  2. Kemampuan adaptasi karyawan
  3. Kemampuan karyawan dalam bekerja
  4. Kepribadian
  5. Pendidikan
  6. Pengalaman kerja
  7. Masa kerja

2. Pengaruh Dari Lingkungan Kerja

Kepuasan kerja yang dipengaruhi oleh kondisi perusahaan adalah

a. Sikap Sesama Karyawan

Dalam kehidupan organisasi, interaksi dan komunikasi sangat diperlukan. Kondisi sosial di lingkungan kerja akan sangat mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan. Kondisi yang harmonis dalam lingkungan kerja akan memberikan tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi daripada kondisi komunikasi antar karyawan yang buruk. Kondisi keharmonisan antar karyawan ini akan mempengaruhi kenyamanan karyawan.

b. Apresiasi Perusahaan

Karyawan juga sangat membutuhkan apresiasi atas pekerjaan yang telah dilakukan. Apresiasi yang baik dari perusahaan membuat karyawan memiliki motivasi dan rasa bangga tersendiri.

Apresiasi dapat berupa ucapan sampai dengan bonus yang akhirnya berpengaruh terhadap tingkat kepuasan karyawan dalam bekerja.

c. Fasilitas

Kelengkapan fasilitas membawa kenyamanan dan pemaksimalan kerja karyawan. Dengan didukung fasilitas yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan karyawan maka akan mempengaruhi tingkat kepuasan kerja karyawan.

Baca : Lingkungan Serta Fasilitas Kerja Memepengaruhi Produktifitas Kerja Karyawan

d. Jenis Pekerjaan

Banyak pekerja yang merasa kurang termotivasi mengerjakan pekerjaannya, hal ini karena karyawan merasa kurang tertantang, terlalu keras atau kurang menggunakan kreativitasnya.

 

Apa Pentingnya Mengetahui Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan untuk Perusahaan?

Apa sih pentingnya mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan? Apakah perusahaan membutuhkan hal ini? Tentu saja! Perusahaan perlu mengetahui kepuasan karyawan karena akan mempengaruhi performa perusahaan di waktu ke depan.

Kepuasan Kerja Karyawan
Kepuasan Kerja Karyawan

Jadi perusahaan perlu mengetahui tentang kepuasan kerja karyawan. Hal ini berhubungan dengan kenyamanan karyawan dan loyalitas karyawan di perusahaan.

 

Kesimpulan

Kepuasan kerja karyawan tidak hanya dipengaruhi dari kondisi diri karyawan saja, melainkan juga dari kondisi perusahaan dalam mempekerjakan karyawannya. Banyak karyawan yang merasakan kepuasan kerja memiliki loyalitas kerja lebih tinggi terhadap perusahaan. Pun tingkat kepuasan kerja per karyawan cukup berbeda-beda.

software hris indonesia
software hris kantor kita

Lengkapi fasilitas di perusahaan Anda menggunakan sistem HRIS dari Kantor Kita, aplikasi HR yang membantu HRD dalam pengelolaan administrasi karyawan agar lebih mudah dan efisien.

Aplikasi HR Kantor Kita hadir untuk memudahkan pekerjaan Anda!

Previous articleFitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan
Next articleTips Agar Tidak Telat Pergi Ke Kantor                      

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here