Inilah Cara Sukses Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

2
6653

Inilah Cara Sukses Meningkatkan Produktivitas Kerja KaryawanProduktivitas karyawan menjadi salah satu hal yang penting untuk mendukung keberlangsungan suatu usaha. Saat karyawan kurang produktif, kegiatan operasional perusahaan tentu akan tertunda dan dapat menghambat perusahaan Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Jika produktivitas karyawan menurun, hal ini mungkin disebabkan karena Anda belum mengimplementasikan strategi peningkatan produktivitas dengan tepat.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan di perusahaan Anda.

 

Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Menjaga produktivitas kerja karyawan merupakan hal yang dibutuhkan di dunia kerja. Jika produktivitas kerja karyawan menurun maka alur kerja akan terhambat dan juga ikut menurun. Jika produktivitas karyawan menurun maka penanggung jawab kerja seperti HRD, manajer maupun koordinator tim perlu meningkatkan produktivitas karyawan tersebut.

Ada banyak hal yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Diantaranya adalah

1. Menyediakan Lingkungan Kerja yang Baik

Beberapa ahli SDM mengatakan bahwa lingkungan kerja adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan. Lingkungan kerja di sini dapat berupa fasilitas dan suasana kerja misalnya suhu ruangan, kebisingan, sirkulasi udara, keselamatan kerja, dan hal lainnya.

Baca : Lingkungan Serta Fasilitas Kerja Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan

Selain dari desain ruangan kantor seperti di atas, lingkungan kerja yang baik juga dapat dilihat dari hubungan antar karyawannya. Hubungan kerja yang sehat akan membantu proses kerja menjadi lebih mudah dan berjalan lancar.

Namun untuk membentuk lingkungan kerja yang sehat diperlukan budaya yang perlu dibangun dengan baik pula. Misalnya melakukan employee gathering sampai dengan kegiatan karyawan lainya.

2. Memberi Pelatihan yang Cukup Untuk Karyawan

Manfaat Memberikan Training Untuk Karyawan
Manfaat Memberikan Training Untuk Karyawan | Memberi Pelatihan Karyawan

Mungkin ada yang beranggapan bahwa pelatihan karyawan bukan hal yang penting dan hanya menghambur-hamburkan uang perusahaan. Atau Anda mungkin berharap karyawan mampu melatih diri sendiri dengan mempraktekkan pekerjaan mereka secara langsung. Namun tidak semua karyawan mampu belajar secara otodidak.

Selain itu, tanpa adanya training juga berpotensi menimbulkan masalah yang lebih banyak untuk perusahaan.

Pelatihan yang tepat merupakan hal yang penting untuk mendukung produktivitas karyawan. Training atau pelatihan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karyawan dalam bekerja. Jadi karyawan dapat melaksanakan pekerjaan secara profesional dan lebih bersemangat dalam bekerja. Jika biaya yang tersedia sangat terbatas, Anda dapat memberikan training melalui seminar internal dengan Anda menjadi pembicara atau meminta karyawan dengan skill yang bagus untuk melatih karyawan lainnya.

Coba mintalah pula karyawan tersebut untuk belajar dari webinar atau tutorial gratis yang banyak tersedia di internet.

Anda juga dapat melakukan cross-training yang mudah dilakukan serta tidak memerlukan biaya. Cara ini dilakukan dengan cara mengijinkan karyawan bertukar kemampuan atau saling mengajari satu sama lain. Cross training akan membuat setiap karyawan menjadi bisa lebih diandalkan.

Contohnya, saat staff keuangan sedang cuti, karyawan lain yang telah mendapat cross training dapat menggantikan pekerjaannya untuk sementara. Anda juga tidak perlu khawatir tentang keterlambatan pembayaran.

Peningkatan ilmu dari pelatihan seperti ini juga merupakan hal yang di cari karyawan dalam pemilihan perusahaan.

3. Memberikan Mesin dan Peralatan Kerja Memadai

Produktivitas karyawan akan sulit ditingkatkan ketika mereka tidak memperoleh fasilitas yang memadai di tempat kerja. Koneksi internet yang lambat atau komputer sering error dapat menyulitkan karyawan untuk menyelesaikan tugas. Untuk memotivasi karyawan agar dapat bekerja secara produktif, Anda sebaiknya mengurangi berbagai paperwork di perusahaan.

Misalnya untuk membantu tim HR untuk mengelola gaji dan rekap absensi karyawan bisa menggunakan sistem HR yang saat ini banyak digunakan. Sistem HR seperti ini akan membantu HR lebih efisien dalam bekerja dan juga lebih cepat.

Selain itu untuk mendukung desainer bisa menggunakan software yang berlisensi sehingga akan sangat memudahkan karyawan desain dalam mengerjakan desain dengan baik.

Begitu juga dengan hardware pendukung kerja, seperti penggunaan meja kursi yang sesuai. Pemilihan PC yang disesuaikan jobdesk karyawan juga fasilitas pendukungnya.

4. Meyakinkan Karyawan Bahwa Mereka Mampu Melakukan Pekerjaan dengan Baik

Doronglah karyawan untuk menemukan solusi sendiri lebih dahulu ketika menghadapi permasalahan. Bila memang perlu bantuan, Anda baru dapat memberikan mereka bantuan untuk menyelesaikan masalah. Beri mereka tantangan serta ruang gerak lebih besar dalam bekerja

Beri mereka keyakinan bahwa mereka tidak bekerja sendirian dan Anda selalu ada di belakang mereka serta siap memberi arahan yang tepat. Dengan cara ini, karyawan tentu akan merasa lebih percaya diri dalam bekerja

5. Menentukan Target dan Tujuan yang Jelas

Setiap karyawan wajib mengetahui apa yang Anda inginkan dari mereka. Jadi kepuasan kerja akan muncul ketika target atau tujuan yang ditentukan berhasil dicapai. Cobalah menentukan tujuan yang realistis dan mungkin dicapai

6.  Berikan Pujian

“Dalam sebulan progresnya sudah mulai kelihatan dan cenderung ada peningkatan. Kerja bagus, terima kasih tim sales”

“Terimakasih kerja kerasnya untuk membawa project ini terus berjalan. Semangat teman-teman!”

“Klien sangat menyukai hasil karya tim kita, terima kasih kerja kerasnya!”

Setiap orang tentu merasa senang mendengar pujian. Pujian yang tepat dapat memberikan semangat kerja dan memotivasi karyawan untuk menjalankan tugas dengan lebih baik. Tidak sedikit atasan yang enggan dan malu memberikan pujian untuk karyawannya. Padahal hal ini dapat memberikan efek yang luar biasa.

7. Merayakan Keberhasilan

Ketika tim yang Anda pimpin berhasil meraih target yang sudah ditentukan, Anda dapat memberikan apresiasi baik berupa acara makan bersama atau piknik bersama. Bahkan perayaan keberhasilan dengan hadiah seperti coklat pun sudah termasuk bentuk apresiasi. Tidak peduli sekecil apapun pencapaian karyawan, mereka perlu diberi apresiasi.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan | Merayakan Keberhasilan
Meningkatkan Produktivitas Karyawan | Merayakan Keberhasilan

Dengan adanya apresiasi, karyawan akan mengetahui bahwa Anda menyadari keberhasilan mereka. Hal ini akan meningkatkan semangat dan kepercayaan diri karyawan dalam bekerja sehingga mereka dapat termotivasi untuk meraih hasil yang lebih baik di kemudian hari.

8. Memberikan Penghargaan Secara Finansial

Memberikan bonus untuk karyawan adalah hal yang baik. Namun perlu diingat bahwa karyawan yang terlalu mengharapkan bonus dapat membuat mereka mudah putus asa, kurang bahagia, dan hidup tegang. Oleh sebab itu Anda perlu selalu mengingatkan mereka untuk tidak terlalu melihat nominal bonus yang diberikan tetapi menganggap bahwa bonus merupakan bentuk apresiasi perusahaan terhadap produktivitas dan kinerja yang berhasil mereka capai.

9. Menyesuaikan Pekerjaan Karyawan Dengan Minat dan Kemampuan

Menuntut karyawan agar menjadi hebat di setiap pekerjaan bukan hal yang efektif. Mereka akan sulit bekerja secara produktif jika mereka diminta melakukan tugas yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuannya. Sebelum memberikan tugas untuk karyawan, coba tanyakan kepada diri sendiri apakah ia adalah orang yang tepat untuk menjalankan pekerjaan tersebut? Bila tidak, maka carilah orang yang lebih sesuai untuk melakukannya.

Contohnya, karyawan dengan karakter kreatif dan ekstrovert mungkin dapat mampu melakukan pitching dengan baik pada klien. Namun, mereka mungkin akan kesulitan ketika diberi tugas yang berorientasi detail atau berdasarkan aturan.

Baca : Pekerjaan untuk Introvert

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Sebenarnya produktivitas perlu dijaga sehingga performa kerja tetap maksimal. Pun untuk meningkatkan produktivitas karyawan tidak hanya dengan memberikan imbalan berupa hadiah dan lainya namun juga bisa dengan memberikan konsultasi.

Memberitahu tentang target yang harus dicapai juga cukup membantu karyawan berusaha dan tetap produktif.

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

 

Kesimpulan

Produktivitas karyawan adalah salah satu hal yang akan mempengaruhi performa kerja perusahaan. Pun dalam meningkatkan performa karyawan diperlukan mencari tahu sebab performa turun terlebih dahulu. Sehingga juga bisa mencari solusinya bersama.

Permudah kerja karyawan bersama bisa banget menggunakan aplikasi Kantor Kita. software HRIS yang sudah banyak dipercaya UMKM juga enterprise untuk membantu mengurus payroll juga rekap absensi.

Sekian ulasan hari ini tentang meningkatkan produktivitas kerja karyawan, semoga bermanfaat!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here