5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja

0
691
5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja
5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja

5+ Masalah HRD yang Sering Terjadi di Tempat Kerja – Sebagai divisi yang banyak memegang tugas pengelolaan SDM, HRD adalah posisi yang cukup menantang. Sebab HRD mengelola manusia di dalam perusahaan yang pastinya ada banyak tantangan dan juga kesulitan yang dihadapi. Baik itu dalam mengurus SDM sampai dengan urusan administrasinya.

Untuk itulah tim HR tidak hanya berisi satu orang saja untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan SDM di perusahaan. Selain itu sekarang juga hadir tools HRD yang berguna untuk memudahkan pekerjaan HRD. Dari masalah absensi karyawan sampai dengan urusan administrasi karyawan dan penggajian.

Apa saja sih masalah HRD  yang sering terjadi di tempat kerja? Dan bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas bersama di ulasan Kantor Kita hari ini.

Masalah HRD yang Sering Terjadi Di Tempat Kerja

Berikut adalah beberapa masalah yang sering terjadi oleh HRD di perusahaan. bagaimana sih masalah tersebut dan bagaimana penyelesaiannya? Mari kita bahas bersama.

1. Kesulitan Pengelolaan SDM

Pengelolaan SDM cukup menguras energi karena SDM memiliki banyak karakter juga sifatnya yang tidak stabil. Mengelola sekumpulan manusia dengan banyak karakter memang tidak mudah dilakukan.

Namun semua SDM ini bisa disatukan dengan peraturan di perusahaan, sehingga banyak orang yang memiliki karakter masing-masing ini bisa bergerak dalam satu arah dan satu jalan dengan perusahaan.

Baca Artikel : Keuntungan Menggunakan Laporan Absensi Online untuk Mempermudah Kerja HRD

Masalah yang berkaitan dengan pengelolaan SDM ini umumnya adalah pada

  1. Masalah internal
  2. Masalah produktifitas karyawan
  3. Kedisiplinan karyawan

Ada banyak potensi gesekan dan masalah internal yang terjadi di perusahaan, untuk itulah HRD memiliki peran untuk meminimalkan tingkat gesekan dengan memposisikan karyawan sesuai karakter dan kemampuannya.

Masalah kedisiplinan karyawan menjadi satu tantangan tersendiri bagi HRD sehingga sebisa mungkin ia memiliki peraturan untuk mengatur karyawan agar tingkat kedisiplinannya terbentuk dan terbiasa.

Aplikasi kantro kita
Aplikasi Kantor Kita Cara Mudah Memanajemn Pekerjaan

Juga tidak jarang perusahaan memberikan reward dan punishment untuk mengatasi masalah kedisiplinan karyawan ini. Sehingga karyawan yang tidak disiplin akan terbentur dengan aturan dan hukum perusahaan yang membuatnya jera.

Untuk pembuatan peraturan karyawan ini tentunya perusahaan tidak hanya membuat dari pertimbangan satu sisi saja, melainkan dari berbagai pihak. Misalnya HRD sebagai perwakilan perusahaan, ketua perserikatan karyawan sebagai wakil karyawan dan juga dari pihak yang berkaitan lainya.

Sedangkan untuk masalah produktifitas, perusahaan bisa menetapkan target untuk karyawan, sehingga sebisa mungkin karyawan akan berusaha tetap produktif dan mendapatkan target yang diberikannya.

2. Payroll

Selanjutnya masalah yang banyak dihadapi HRD ini adalah urusan payroll. Dari proses penghitungan gaji sampai proses penerimaan gaji itu sendiri dikelola oleh HRD. Pun persiapan penggajian karyawan juga tidak hanya berisi gaji pokok saja, melainkan penghitungan komponen lainya.

Beberapa tugas HRD dalam pengelolaan gaji karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Pengecekan absensi karyawan (alpha/telat)
  2. Pengecekan absensi lembur
  3. Potongan gaji
  4. Tunjangan
  5. Slip gaji

Proses payroll ini tidak mudah, bahkan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. Sehingga HRD membutuhkan fokus dan effort yang besar untuk mengelolannya agar di akhir bulan karyawan bisa mendapatkan upahnya dengan baik.

Jika ada kesalahan dalam nominal penggajian, HRD jugalah yang harus bertanggungjawab dan membetulkan kesalahannya.

Salah satu cara untuk memudahkan HRD dalam pengelolaan gaji atau payroll adalah dengan menggunakan sistem atau aplikasi payroll sehingga urusan payroll HRD bisa lebih mudah dan terbantu.

Pilih aplikasi payroll HRD yang menyediakan banyak fitur yang membantu proses pengelolaan payroll lebih mudah. yang menyediakan perhitungan otomatis untuk BPJS dan pajak karyawan, menyediakan slip gaji, dan juga sudah terintegrasi dengan hasil absensi karyawan. Sehingga HRD tidak perlu repot-repot lagi untuk mengecek absensi bulanan karyawan karena sudah ada laporan dan penghitungan gaji otomatis.

3. Recruitment dan Training Karyawan

Recruitment juga menjadi satu hal yang tidak sederhana untuk HRD. Sebab ada banyak proses yang harus dilakukan dan juga budget yang harus dipesiapkan. Mulai dari awal identifikasi kekosongan tim, pembuatan pengumuman sampai dengan proses wawancara dan training menjadi satu proses panjang dan beruntun. HRD perlu menyiapkan waktu dan effort khusus sampai dengan proses training dilakukan.

Masalah yang sering dihadapi adalah kesulitan mencari SDM yang tepat sampai dengan pengelolaan karyawan baru.

Baca : Kenapa Perjanjian Kerja Karyawan itu Penting?

4. Cuti

Masalah cuti juga menjadi biang masalah jika tidak ter-handle dengan baik. Sebab pengelolaan cuti memang membutuhkan update catatan sehingga HRD bisa meng-acc atau menolak pengajuan cuti dari karyawan.

Acc cuti juga tidak mudah sebab perlu menyocokkan dengan karyawan lainya, agar tidak terjadi kekosongan posisi. Dan hal ini bisa dikelola dengan baik jika data cuti tercatat dengan baik pula.

5. Internal Problem

Selain masalah administrasi dan data, HRD juga harus menghandle jika ada konflik internal di dalam perusahaan. Seperti yang kita tahu, konflik internal ini merupakan hal yang wajar dan kerap terjadi di lingkungan kerja. Untuk menghindari maupun menyelesaikan, HRD sangat berkontribusi dalam pengaturan masalah internal karyawan ini.

Itulah beberapa masalah yang dihadapi HRD dalam menjalankan pekerjaanya. Mulai dari masalah administrasi, pengelolaan karyawan sampai dengan masalah internal di perusahaan yang melibatkan karyawan.

Namun sekarang ini untuk membantu mempermudah kerja HRD juga sudah ada beberapa tools yang berguna dan membantu kerja HRD bukan hanya efisien namun juga cepat.

Bantu Kerja HRD Lebih Cepat Dan Efisien Dengan Aplikasi Kantor Kita

Ada banyak sekali masalah yang harus dihadapi HRD dalam pengelolaan SDM di perusahaan. Untuk membantu HRD dalam pekerjaannya, ada tools HRD. Membantu meng-handle urusan administrasi kantor dan pengelolaan karyawan.

Tools ini adalah Kantor Kita, aplikasi kantor atau sistem HRIS untuk HRD yang memiliki fokus fitur untuk pengelolaan karyawan di perusahaan dan administrasi kantor.

Memiliki fitur utama aplikasi absensi online dengan fitur pelengkap sebagai berikut

fitur aplikasi absensi online Kantor Kita
Figure 1 fitur aplikasi absensi online Kantor Kita

Dilengkapi dengan GPS untuk melacak lokasi membuat aplikasi absensi online Kantor Kita ini banyak dipilih untuk banyak perusahaan yang menjalankan WFH maupun kerja remote.

Selain itu ada beberapa fitur backoffice yang bisa membantu kerja HRD yaitu Laporan Absensi Karyawan dan juga Payroll.

Nah sekarang ini Kantor Kita juga memiliki banyak plugin yang bisa digunakan untuk mendukung kerja HRD, seperti plugin inventaris perusahaan sampai dengan plugin penomoran surat.

Berlangganan bisa tahunan ataupun bulanan, kerja lebih maksimal dan efisien bersama Kantor Kita!

Baca : Dear HRD, Tinggalkan Cara Lama dengan Cara Modern dan Efisien

Daftar atau coba trial segera di halaman Daftar Kantor Kita, free demo selama 15 hari, coba sekarang dan nikmati semua fiturnya!

Jadi….

HRD memiliki banyak tugas untuk menghandle karyawan di perusahaan. Urusan administrasi sampai dengan pengelolaan karyawan. Jadi jika ada masalah dengan pengelolaan karyawan bisa diselesaikan dengan baik. Pemanfaatan tools HRD juga sangat berguna untuk membantu HRD bekerja dengan cepat dan efisien.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here