Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab HRD dalam Membantu Perusahaan

0
5469
Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab HRD dalam Membantu Perusahaan

Tugas Wewenang dan Tanggung Jawab HRD dalam Membantu PerusahaanHRD adalah salah satu posisi yang cukup banyak disebut dalam lingkungan pekerjaan bahkan juga dalam proses perekruitan karyawan. Secara umum, HRD dikenal dengan tugasnya mengatur managemen SDM namun banyak orang yang masih bingung dan awam, apasih sebenarnya tugas dan fungsi HRD dalam perusahaan itu?

Selain mengelola SDM perusahaan, apa saja sih jobdeks HRD? Mengenai HRD ini, Kantor Kita akan mengulas mengenai tugas dan tanggung jawab HRD untuk perusaahaan. Simak dengan baik di ulasan di bawah ini ya!

HRD

HRD merupakan singkatan dari Human Resource Development atau bagian yang mengurus managemen SDM (Sumber Daya Manusia) dalam perusahaan tersebut.

Siapakah SDM yang dimaksud? SDM dalam perusahaan adalah seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Karyawan perlu di kelola untuk kehidupan lingkungan kerja yang teratur dan berjalan dengan baik.Bidang HRD Yuk Ketahui Pentingnya Tips Memilih Software HRD Perusahaan

Tentu saja untuk me-manage banyak karyawan, HRD mengurusnya dengan membuat aturan-aturan yang penting untuk kebaikan bersama. Secara umum tugas dari HRD adalah membantu karyawan mendapatkan hak-haknya, perantara komunikasi karyawan dengan pihak perusahaan, mengurus SDM mulai dari perekrutan, proses kerja sampai resign kerja karyawan.

Aplikasi Human Resource Development
Gunakan Aplikasi Human Resource Development dari Kantor Kita

HRD menjalankan tugasnya juga berdasarkan aturan dari negara lho, jadi HRD juga ikut andil dalam kesejahteraan karyawan juga. Dasar kerja HRD menggunakan peraturan dari pemerintah daerah juga berasal dari Undang-Undang Ketenagakerjaan yang mengurus mengenai hak dan kewajiban karyawan. Jadi dalam setiap kebijakan yang dibuat HRD juga melihat dari dasar hukum tersebut agar tidak melanggar aturan pemerintah.

Untuk perusahaan yang besar umumnya memiliki tim HRD yang terdiri dari lebih dari satu HRD sedangkan untuk perusahaan yang menengah ke bawah umumnya hanya memiliki satu HRD.

Apasih Syarat Menjadi HRD?

Mengurus banyak SDM bukan merupakan perkara yang mudah, untuk itu untuk menjadi HRD tidak semua orang bisa masuk kualifikasinya. Apa saja sih syarat agar bisa menjadi HRD untuk perusahaan?

1. Memiliki Background Pendidikan yang Tepat

Beberapa jalur atau jurusan yang banyak dicari untuk posisi HRD adalah jurusan psikologi dan hukum.

Dua jurusan perkuliahan ini dinilai cocok dengan posisi HRD karena bidang ilmu tersebut bisa membantu atau mendukung proses kerja menjadi HRD. Misalnya jurusan psikologi akan berguna untuk memahami karakter karyawan sehingga berguna untuk proses perekrutan sampai dengan pengelolaan SDM.

Background Pendidikan yang Tepat Berguna Untuk Memahami Karakter Karyawan

Sedangkan jurusan Hukum dibutuhkan untuk memahami peraturan dari pemerintah dan perusahaan memiliki orang yang paham hukum dan melindungi ketika ada masalah hukum di perusahaan tersebut.

2. Memiliki Kemampuan Managemen Perusahaan

Pekerjaan HRD sangat berkutat dengan masalah managemen data baik untuk perusahaan -ataupun karyawan. Ini adalah kemampuan wajib yang harus dikuasai jika ingin menjadi HRD. Pengetahuan tentang managemen dan tools yang digunakan juga akan membantu mendapatkan posisi HRD.

Tugas dan Tanggung Jawab

Beberapa tugas dan tanggung jawab HRD dalam perusahaan bisa Anda pahami di ulasan berikut

1. Pemenuhan SDM Perusahaan

Salah satu tugas dari HRD adalah mengerti kebutuhan SDM yang dibutuhkan perusahaan. Jika ada kekosongan posisi atau kekurangan tenaga untuk menyelesaikan tugas di salah satu divisi perusahaan maka tugas HRD adalah mencari kandidat terbaik yang bisa menempati posisi tersebut.

Proses ini disebut dengan perekrutan karyawan, pada proses ini HRD harus mengetahui posisi apa yang sedang dibutuhkan  perusahaan, kualifikasi apa yang dibutuhkan dan pembuatan dan penyebaran informasi hiring karyawan.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id

Proses recruitmen bukan hal yang mudah karena memiliki tahapan yang panjang, mulai dari seleksi CV, tes tulis, tes wawancara sampai dengan urusan kontrak dan training  karyawan. Tahapan recruitmen cukup memakan banyak waktu untuk proses penyeleksian agar mendapat kandidat terbaik.

Untuk itu HRD harus memiliki pengetahuan atau ilmu psikologi karena ilmu tersebut sangat dibutuhkan dalam proses ini.

2. Pengelolaan SDM Perusahaan

Tugas utama dari seorang HRD adalah mengelola SDM nya agar bisa menghasilkan lingkungan kerja yang positif dan karyawan produktif.

Managemen SDM ini bukan hanya soal peraturan yang dibuat untuk karyawan saja     namun juga tentang pemenuhan hak karyawan seperti pemberian upah, bonus atau mengurus masalah kinerja seperti absesi dan peraturan cuti sampai dengan mengurus pengembangan diri.

Ada banyak sekali yang harus diurus untuk mengelola SDM ini, misalnya pemberian reward dan punishmen sebagai salah satu hasil dari pemberlakuan aturan dan pencampaian karyawan. Masalah pengembangan diri seperti pengadaan training soft skill dan hard skill, pergantian posisi dan lain sebagainya yang membangu karyawan berkembang.

Atau pengelolaan karyawan untuk masalah absensi yang nantinya juga berhubungan dengan gaji karyawan. Untuk masalah ini, HRD harus teliti dan cermat karena masuk dalam salah satu kriteria penilaian kinerja karyawan. Apalagi jika karyawannya cukup banyak, tentu saja bukan perkara yang mudah untuk bisa menilai kinerja karyawan.

Namun sekarang ini, banyak aplikasi yang membantu HRD mengelola absensi karyawan dengan baik, salah satunya adalah aplikasi absensi Kantor Kita. Memiliki dashboard yang menarik dan lengkap, menilai kinerja karyawan bisa mudah dilakukan dengan cepat  dan akurat.

Sehingga pengelolaan karyawan sebagai tugas HRD  ini secara singkat dapat dituliskan dengan

  1. Mengurus kinerja dan absensi karyawan
  2. Mengurus pemberian hak (upah, bonus karyawan dan lainya)
  3. Pengembangan diri karyawan (training)
  4. Pembuatan peraturan untuk karyawan (reward and punishment)

3. Managemen Konflik

Sebagai mahluk sosial yang terus berkomunikasi, konflik adalah salah satu hal yang pasti terjadi dalam lingkungan kerja, baik itu sesama karyawan maupun karyawan dengan pihak perusahaan. Namun setiap konflik di dunia kerja pasti ada penyelesaiannya. Salah satu cara penyelesaianya adalah dengan komunikasi.

 Memanagement Konflik
HRD Bertindak Sebagai Penengah dan Mampu Memanagement Konflik

HRD bertindak sebagai penengah yang netral ketika ada konflik di perusahaan. Sebagai HRD yang profesional, ia tidak boleh memihak salah satu pihak dan menyelesaikannya dengan seadil-adilnya. HRD sebagai mediator agar konflik bisa diselesaikan.

Konflik yang berkepanjangan di perusahaan hanya akan membuat kinerja karyawan berantakan dan lingkungan kerja menjadi tidak nyaman, untuk menghindarinya maka harus ada penengah atau pihak yang membantu menyelesaikan masalah agar tidak berlarut dan merusak tatanan perusahaan.

Begitu juga jika ada karyawan yang merasa keberatan dengan perusahaan maka HRD sebagai mediator untuk menyampaikan informasi dan penengah antara perusahaan dengan karyawan.

4. Career Path untuk Karyawan

Salah satu bagian yang mengurus jenjang karir karyawan adalah HRD karena HRD memiliki penilaian tentang karyawan tersebut dan bagaimana perkembangan kinerjanya selama kurun waktu tertentu.

Career Path Karyawan
Tahukah Kamu Career Path Karyawan Bisa Terjadi Karena Rekomendasi HRD

Bahkan career path karyawan bisa terjadi karena rekomendasi HRD kepada atasan lho. Pergantian posisi karyawan juga salah satu hal yang diurus HRD jika ada karyawan yang ingin berpindah ke divisi lain maka harus dengan izin HRD untuk kemudian HRD berkoordinasi atau komunikasi dengan divisi atau bidang tersebut.

Itulah tugas dan tanggung jawab HRD  untuk perusahaan. HRD memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar oleh karena itu ilmu dan karakter yang dimiliki HRD juga harus sesuai. Peran HRD untuk perusahaan cukup penting agar perusahaan ter-manage dengan baik jadi produktifitas perusahaan terus berjalan.

Bantu HRD dengan Aplikasi Kantor Kita

Sekarang ini, pekerjaan HRD bisa lebih ringan dengan media digital seperti aplikasi HRIS. Salah satu aplikasi HRIS Indonesia terpopuler adalah Kantor Kita. Membantu pengelolaan karyawan lebih mudah dengan hasil akurat.

Beberapa fitur management pegawai oleh Kantor Kita adalah sebagai berikut:

  1. Aplikasi absensi karyawan online
  2. Kelola izin dan cuti
  3. Payroll
  4. Laporan absensi karyawan
  5. Penomoran surat
  6. Kartu nama online
  7. Manajemen keuangan dan kas
  8. Inventaris barang
  9. Manajemen kasir dan sales
  10. Procurement

Dengan fitur-fitur di atas, HRD dan perusahaan bisa lebih mudah mengelola urusan SDM sampai dengan kebutuhan perusahaan lainya. Coba aplikasi Kantor Kita full fitur dengan menggunakan kesempatan free trial selama 15 hari secara gratis dengan langsung menghubungi kontak Kantor Kita. Daftarkan perusahaan dalam paket tahunan Kantor Kita untuk dapatkan harga yang super terjangkau, cek harga langsung di harga aplikasi kantor kita atau langsung menghubungi CS Kantor Kita sekarang juga!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here