Software HRD Perusahaan – HRD merupakan satu bagian dari perusahaan yang memiliki peran vital untuk mendukung operasional bisnis. Salah satu jobdesk utama dari HRD adalah pengelolaan SDM sampai dengan payroll dan administrasinya. Luasnya cakupan kerja HRD membuat pekerjaan ini memerlukan banyak sumber tenaga dan juga fokus yang tinggi.

Namun sekarang ini kita hidup dalam perkembangan teknologi yang cukup baik sehingga dalam perusahaan terutama urusan Human Resource (HR) bisa terbantu dengan teknologi ini. Bidang HRD yang bisa terbantu menggunakan software HRD perusahaan misalnya pada manajemen karyawan, payroll, dan administrasi HR.

Jika ingin mulai menggunakan teknologi HR untuk kemudahan pekerjaan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa mendapatkan software HRD yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.
Berikut tips-tips yang bisa Anda perhatikan sebelum menentukan software HRD yang tepat untuk Anda.

Tips Memilih Software HRD Perusahaan yang Tepat

1. Mengetahui Kebutuhan HR Team

Memilih satu software untuk kemudahan pekerjaan HR, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apasih kebutuhan tim HR? hal ini akan membantu menemukan satu software yang tepat dan berguna sebab sudah memiliki target penggunaan yang jelas.

Proses pencarian software juga akan semakin mengerucut pada kriteria tertentu sehingga kemungkinan menemukan software yang tepat akan lebih besar. Ketika membicarakan soal kebutuhan tim HR kita akan kembali pada apa sih tugas HR? secara umum tugas HR terbagi dalam tiga hal di bawah ini.

1. Pengelolaan SDM
2. Administrasi
3. Membantu pengelolaan lingkungan kerja yang kondusif.

Software HRD Perusahaan

Tips Memilih Software HRD Perusahaan Unruk Kelancaran Bisnis

Pengelolaan SDM ini memiliki tugas yang saling berkorelasi satu dengan yang lainya sehingga memiliki bagian yang cukup kompleks. Misalnya pada :

1. Memantau kebutuhan SDM perusahaan
2. Seleksi dan recruitment
3. Orientasi karyawan
4. Penilaian kinerja karyawan
5. Pengembangan kemampuan karyawan
6. Pengembangan karir

Sedangkan dalam urusan administrasi ini juga tidak kalah pentingnya dengan urusan SDM. Administrasi disini juga masih berhubungan dengan administrasi SDM, misalnya untuk urusan :

1. Penghitungan gaji / payroll
2. Penghitungan bonus, potongan, pajak dll
3. Database karyawan.

Baca Artikel : Review Aplikasi Absensi Online untuk Karyawan

Yang terakhir adalah mengelola lingkungan yang kondusif, hal ini tidak bersifat administratif namun lebih kepada sosial, misalnya seperti

1. Pemberian edukasi ketika karyawan membutuhkan
2. Layanan konseling pekerjaan
3. Mendamaikan jika ada perselisihan.

Berdasarkan jobdesk di atas, HR bisa mengetahui bagian apa yang paling dibutuhkan dan membutuhkan teknologi untuk mempermudah penyelesaian urusan. Perlu diketahui, untuk urusan administratif seperti seleksi dan recruitment sampai dengan pengelolaan database sekarang sudah ada software HR yang memudahkan penyelesaian pekerjaan.

2. Menyesuaikan dengan Budget Perusahaan

Jika sudah mengetahui apa kebutuhan software untuk tim HR, seleksi untuk kebutuhan software HR selanjutnya adalah memilah berdasarkan budgetnya.

Ketika perusahaan sudah memutuskan menggunakan software pastinya juga sudah menyiapkan anggaran khusus untuk itu. Yang perlu diperhatikan untuk masalah biaya software adalah ketahui apa feed backnya, misalnya pada fitur yang diberikan dan kemudahan penggunaan.

software perusahaan

Penetapan Anggaran untuk Penggunaan Software HRD Perusahaan

Memiliki harga yang lebih mahal namun sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan memberikan keuntungan lebih banyak, kenapa tidak?

Penetapan anggaran untuk penggunaan software ini umumnya digunakan sebagai pematok supaya anggaran pembelian tidak melambung jauh dari harga tersebut. Anggaran yang ditentukan pastinya sesuai dengan kemampuan perusahaan. Namun jika jumlah anggaran sangat terbatas, maka pilihan yang terbaik adalah memilih berdasarkan anggaran tersebut.

3. Ketahui Apa Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan dari satu software pembantu HR harus diketahui dengan baik. Hal ini untuk mengukur toleransi seberapa bisa menerima kekurangan software tersebut, jangan sampai jika software sudah digunakan ternyata memiliki poin minus yang cukup merepotkan atau merugikan.

Jika kekurangan diketahui dan bisa diterima berarti perusahaan masih bisa mengatasi kekurangan tersebut. Sedangkan mengetahui kelebihan atau keunggulan software penting diketahui sebagai tolok ukur kenapa memilih software tersebut. Tentunya semua orang akan memilih hal yang memiliki banyak kelebihannya untuk kemudian dikorelasikan dengan budget yang ada.

Membandingkan satu software dengan yang lainya juga sangat penting melihat dari sisi positif dan negatifnya, agar penilaian bisa adil dan tepat sesuai dengan kebutuhan.

4. Keamanan

Ketika membicarakan software untuk pekerjaan, maka satu kriteria yang tidak boleh tertinggal adalah mengenai keamanannya. Sebab pengerjaan banyak menginput informasi yang sensitive seperti identitas perusahaan, semua karyawan, asset bahkan juga informas keuangan seperti nomor rekening dan password tertentu.

Software Akan Membantu Memberikan Perlindungan Kepada DataAanda

Software akan bekerja secara online dimana hal ini sangat rawan terhadap penyadapan, pencurian data dan juga pembobolan. Untuk itu faktor keamanan perlu diperhatikan dengan betul, Anda harus memperhatikan fitur keamanan apa yang diberikan untuk melindungi software tersebut.

5. Kemudahan

Seperti yang kita bahas pada ulasan di atas, penggunaan terknologi sangat berguna untuk memudahkan penyelesaian pekerjaan. Maka software yang kita pilih tentunya harus memiliki kriteria friendly use untuk penggunaanya. Untuk apa kita menggukan teknologi namun memiliki sistem yang rumit dan membingungkan? Teknologi di ciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Nah untuk mengetahui gimana sih sistem yang digunakan dalam software, maka Anda bisa melakukan demo pemakaian sehingga bisa mengetahui cara kerja di dalamnya secara langsung. Text book tidak cukup untuk mengetahui cara kerja sistem.

Baca : 5 Aplikasi Untuk Menunjang Kelancaran Bisnis

Pilih satu software yang menurut Anda memiliki penggunaan mudah atau paling tidak Anda bisa paham dan mengikuti cara kerja di software tersebut untuk kemudahan penggunaan selanjutnya.
Umumnya untuk software berbayar, mereka memberikan demo secara gratis selama 7 sampai 15 hari. Jika pemakaian demo ini cocok maka Anda bisa meneruskan penggunaan software untuk ke depannya.

6. Review

Yang terakhir dalam penentuan software yang cocok untuk perusahaan Anda adalah melihat review dari pengguna lainya atas software tersebut. Ulasan seperti ini bisa memberikan gambaran gimana sih software tersebut.

Walau tidak bisa digunakan sebagai patokan tetap, namun cukup memberikan informasi secara real.

Contoh Software HR

Beberapa jenis software yang membantu dalam penyelesaian tugas HR adalah dalam bidang,

No Employee Management / Pengelolaan SDM Administrasi dan pembayaran
1 Aplikasi untuk absen Aplikasi Reimbursement
2 Aplikasi recruitment pegawai Software Payroll
3 Software penilaian kinerja Software Perpajakan
4 Software surat menyurat / software penomoran surat
5 Software pembuatan laporan karyawan

Software dan aplikasi yang telah di sebutkan di atas, sekarang sudah ada dan banyak digunakan oleh HR di Indonesia untuk memudahkan urusan pengelolaan karyawan dan administrasi. Ketahui mana yang Anda butuhkan dan tentukan software HR segera.

Software HRD Perusahaan : Kantor Kita

Kantor Kita merupakan software HR yang memiliki banyak fitur untuk membantu HRD mengelola perusahaan dengan mudah. beberapa fitur yang kami sediakan untuk memenuhi kebutuhan HRD adalah sebagai berikut:

a. Absensi online
b. Payroll – slip gaji digital
c. Reimbursement
d. Laporan bulanan karyawan

Baca : Software Manajemen Kantor

Fitur di atas terbungkus dengan lengkap dalam aplikasi absensi online Kantor Kita. Kami juga menyediakan fitur add-on yang bisa digunakan kapan saja oleh HRD, meliputi:

a. Penomoran surat
b. Inventaris barang
c. Kartu nama
d. Keuangan
e. Procurement
f. Manajemen sales dan kasir.

Anda bisa menikmati semua fitur ini dalam aplikasi Kantor Kita. Bersama kami, Anda bisa mendapatkan Kemudahan dan efisiensi urusan HRIS secara maksimal. Kantor Kita juga memberikan free trial 15 hari untuk pelanggan yang ingin mencoba semua fitur Kantor Kita, yuk coba aplikasi Kantor Kita sekarang juga!

Jadi gimana? Sudah paham ya untuk tips memilih software HRD perusahaan di atas. Semoga informasi ini bisa membantu Anda menemukan software perusahaan yang tepat.