Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Karyawan?

0
939
Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Karyawan?
Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Karyawan?

Bagaimana Cara Mengembangkan Potensi Karyawan? — Membangun potensi karyawan merupakan salah satu tugas perusahaan yang masih masuk dalam rangkaian pengelolaan SDM, dimana hal ini dikelola oleh HRD Perusahaan. Jika perusahaan melihat ada potensi karyawan maka selanjutnya tugas perusahaan bisa mengembangkan potensi tersebut sehingga bisa bermanfaat untuk perusahaan. 

Bagaimana sih cara mengembangkan potensi karyawan di perusahaan? Mari kita bahas bersama. 

Artikel Terkait : Kenapa Perusahaan Perlu Melakukan Pengembangan Karyawan?

 

Cara Mengembangkan Potensi Karyawan

Cara Mengembangkan Potensi Karyawan
Cara Mengembangkan Potensi Karyawan

Berikut adalah cara mengembangkan potensi karyawan. Semoga cara berikut bisa menjadi pilihan jika ingin mengembangkan potensi karyawan di perusahaan. 

1. Investasi dengan pelatihan 

Salah satu cara untuk mengembangkan potensi karyawan adalah dengan memberikan pelatihan maupun training kepada karyawan. Pelatihan maupun short case ini merupakan bentuk investasi perusahaan kepada karyawan. 

Dengan pelatihan, kemampuan karyawan akan lebih meningkat, pengetahuan lebih luas sehingga akan membantu perusahaan menyelesaikan berbagai masalah yang ada. 

Selain membantu menyelesaikan masalah internal pada perusahaan, hal ini juga membantu karyawan memiliki kualitas kerja yang baik sehingga akan berpengaruh terhadap hasil penjualan, misalnya terhadap kepuasan klien, meningkatkan omset, keberhasilan marketing dan lain sebagainya. 

Ilmu baru yang dimiliki karyawan akan memberikan banyak manfaat untuk perusahaan. 

2. Berikan tim yang berkualitas 

Cara internal yang tidak membutuhkan budget besar untuk mengembangkan potensi karyawan adalah berikan karyawan tersebut tim yang tepat. Tempatkan pada tim dan jobdesk yang sesuai. Ibarat menanam bibit tumbuhan pada tanah yang tepat, maka ia akan berkembang dan subur. 

Penempatan tim yang sesuai akan membantu karyawan tersebut meningkatkan kemampuan teknis juga softskill. Kebutuhan akan dukungan psikis dalam bekerja juga didapatkan sehingga proses belajar dan bekerja akan terasa lebih mudah. Karyawan akan merasa lebih bebas dalam eksplor kemampuan dan kreativitasnya. Sebaliknya berada dalam tim yang salah akan menghambat potensi karyawan. 

3. Berikan case untuk dipecahkan 

Terkadang karyawan memiliki kemampuan stuck dari waktu ke waktu karena berhadapan dengan pekerjaan yang sama berulang kali. Tidak ada tantangan atau project tertentu yang harus dicapai sehingga kemampuan karyawan tidak meningkat. 

Untuk mengetahui seberapa besar minat karyawan pada pekerjaan dan meningkatkan kemampuan karyawan, Anda bisa memberikan case tertentu yang perlu ditangani karyawan. Jika karyawan dapat menyelesaikan case tersebut otomatis kemampuan karyawan lebih meningkat daripada sebelumnya. Semakin banyak case yang dapat diselesaikan maka akan semakin tinggi kemampuan karyawan. 

Namun dalam pemberian case ini jangan lupa memberikan apresiasi atau juga benefit lainya, agar karyawan merasa dihargai atas kemampuan dan usahanya menyelesaikan berbagai case di perusahaan. 

Itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan potensi karyawan. Anda bisa memodifikasi ide di atas sesuai kondisi karyawan dan perusahaan namun goal pengembangan potensi karyawan tetap bisa dicapai.

Rekomendasi Aplikasi HRD : Aplikasi Absensi Online 

 

Potensi Karyawan Apa Saja yang Perlu Dikembangkan?

Potensi Karyawan
Pengembangan Potensi Karyawan

Ada beberapa jenis kompetensi yang dimiliki karyawan yang patut untuk dikembangkan, diantaranya adalah 

1. Potensi interpersonal 

Beberapa potensi karyawan yang bisa dikembangkan adalah kemampuan interpersonal, dimana kemampuan ini merupakan kemampuan untuk menjalin hubungan dengan orang lain dengan baik. Kemampuan interpersonal ini diantaranya adalah 

  1. Kemampuan berkomunikasi 
  2. Kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain 
  3. Kemampuan menyelesaikan konflik
  4. Kemampuan melihat perspektif yang luas 

Kemampuan ini perlu dikembangkan karena berhubungan dengan kerjasama tim atau bekerja sama dengan orang lain. Jika karyawan sudah memiliki sifat dasar kemampuan interpersonal yang baik maka tinggal memupuknya dengan berbagai metode yang dianggap cocok. 

Baca juga : Kemampuan Beradaptasi Dalam Bekerja, Karyawan Harus Punya! 

2. Potensi intrapersonal 

Berkebalikan dengan kemampuan interpersonal yang fokus pada menjalin kerja sama dengan orang lain, kemampuan intrapersonal adalah kemampuan untuk mengenali diri sendiri. Dimana ia memiliki 

  1. Kemampuan membawa diri dengan bagus 
  2. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya dengan baik
  3. Kemampuan memotivasi diri dengan baik 

Kemampuan intrapersonal juga dibutuhkan dalam dunia kerja untuk menemukan karyawan yang berkarakter. Jika ia bisa mengenali dirinya dengan baik maka diharapkan ia menikmati pekerjaannya dan memiliki hasil kerja yang maksimal. 

3. Kemampuan teknis 

Potensi selanjutnya yang perlu dimaksimalkan adalah kemampuan teknis di bidang kerja karyawan. Dimana kemampuan teknis ini akan sangat membantu karyawan bekerja dengan cara yang lebih mudah dan juga meminimalkan kesalahan. Hal ini bisa dilakukan dengan upgrade ilmu. 

Jadi ada banyak kemampuan karyawan yang bisa dikembangkan, kemampuan karyawan ini diharapkan bisa memberikan hal baik untuk perusahaan.

 

Kesimpulan 

Mengelola karyawan bukan hanya tentang mengurus administrasinya saja melainkan juga tentang kemampuannya untuk menjalani pekerjaan. Kemampuan karyawan yang dimaksimalkan akan membantu perusahaan mendapatkan hasil kerja maksimal karena tingkat kesalahan berkurang, output lebih baik dan juga hubungan kerja sama antar karyawan bisa terjalin dengan baik. 

Bagaimana dengan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda? Apakah sudah maksimal termasuk pengembangan potensi karyawan? 

Jika membutuhkan software untuk pengelolaan karyawan untuk masalah administrasi berupa absensi sampai payroll bisa menggunakan Aplikasi Absensi Karyawan Kantor Kita. Aplikasi HR yang membantu pengelolaan administrasi lebih mudah dan lengkap. 

aplikasi HR

Itulah penjelasan tentang cara mengembangkan potensi karyawan, semoga bermanfaat! 

Previous articleBagaimana Cara Mengatur Shift Kerja Karyawan?
Next articleCuti Berkabung: Berapa Lama Waktunya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here