Kerja di Coworking Space? Ini Kelebihan & Kekurangannya

0
212
Kerja di Coworking Space? Ini Kelebihan & Kekurangannya
Kerja di Coworking Space? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Kerja di Coworking Space? Ini Kelebihan & Kekurangannya — Dalam era modern dimana teknologi semakin maju dan gaya hidup bekerja semakin berubah, konsep kerja di coworking space semakin populer. Coworking space adalah ruang kerja bersama yang dapat digunakan oleh individu maupun perusahaan untuk bekerja, berkumpul, dan berkolaborasi. 

Dibandingkan dengan kantor tradisional, coworking space menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah itu cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa keuntungan dan tantangan yang terkait dengan bekerja di coworking space.

Baca juga : Bagaimana Budaya Perusahaan di Era Digital?

Apa itu Coworking Space?

Coworking space adalah sistem perkantoran modern dengan konsep ruang kerja bersama yang dirancang untuk menampung individu atau kelompok yang bekerja secara independen atau dari perusahaan yang berbeda. Tempat ini biasanya disewakan oleh penyedia layanan yang menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk bekerja, seperti meja, kursi, akses internet, ruang pertemuan, dan fasilitas lainnya. 

Dalam beberapa tahun terakhir, coworking space telah menjadi fenomena yang populer di kalangan para pekerja lepas, freelancer, startup, dan perusahaan yang ingin menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan inovatif. Tujuan utama dari coworking space adalah menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif, produktif, dan fleksibel bagi para profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja di luar kantor tradisional.

Baca Tips : Desain Ruang Kantor Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor

Kelebihan Bekerja Di Coworking Space

Dalam ruang kerja bersama, orang-orang dari berbagai latar belakang, profesi, dan industri dapat berkumpul untuk bekerja, berbagi ide, dan berkolaborasi. Hal ini menciptakan suasana yang dinamis dan penuh dengan peluang untuk bertemu dengan orang-orang baru, memperluas jaringan profesional, dan mengembangkan proyek-proyek bersama. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dapat ditemui ketika bekerja di coworking space:

Bekerja di coworking space

1. Fleksibilitas

Ruang kerja bersama menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal jadwal kerja. Anda dapat memilih jam kerja yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa terikat pada jam kantor tradisional. Hal ini sangat menguntungkan bagi pekerja lepas atau freelancer yang membutuhkan lingkungan kerja yang dapat disesuaikan dengan gaya hidup mereka.

2. Lingkungan Kerja Kolaboratif

Salah satu kelebihan utama dari coworking space adalah atmosfer kerja yang kolaboratif. Anda akan bertemu dengan berbagai profesional dari berbagai industri yang dapat menjadi sumber inspirasi, ide, dan kesempatan bisnis baru. Kolaborasi antaranggota coworking space sering kali menghasilkan proyek-proyek yang inovatif dan menarik.

3. Infrastruktur yang Lengkap

Sebagian besar coworking space dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, termasuk internet cepat, peralatan percetak, ruang rapat, dan area istirahat. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan atau perawatan infrastruktur karena semuanya disediakan oleh penyedia tempat kerja.

Ketahui tentang : Peralatan dan Perlengkapan Kantor Apa Sih yang Banyak Dibutuhkan?

4. Networking

Coworking space merupakan tempat yang ideal untuk memperluas jaringan profesional Anda. Dengan bertemu dengan banyak orang baru setiap hari, Anda memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang berharga, baik dalam hal mencari pelanggan baru, mitra bisnis, atau bahkan mencari pekerjaan baru.

5. Biaya yang Terjangkau

Dibandingkan dengan menyewa kantor tradisional, biaya sewa di coworking space cenderung lebih terjangkau. Anda hanya membayar untuk ruang dan fasilitas yang Anda gunakan, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perawatan gedung atau infrastruktur.

Kekurangan Bekerja Di Coworking Space

Secara keseluruhan, ruang kerja bersama telah menjadi pilihan menarik bagi banyak individu dan perusahaan yang mencari alternatif dari kantor tradisional. Dengan menyediakan lingkungan kerja yang kolaboratif, fleksibel, dan terjangkau, ruang kerja bersama terus menjadi pilihan yang relevan dalam dunia kerja yang terus berkembang. Namun, meskipun coworking space menawarkan banyak keuntungan, ada juga beberapa tantangan yang perlu dihadapi, seperti berikut ini:

coworking space

1. Kurangnya Privasi

Salah satu kekurangan utama dari bekerja di ruang kerja bersama adalah kurangnya privasi. Ruang kerja bersama berarti Anda akan berbagi ruang dengan orang lain, yang dapat mengganggu fokus dan konsentrasi Anda. Hal ini mungkin tidak cocok bagi individu yang membutuhkan lingkungan kerja yang tenang dan terisolasi.

Baca juga tentang : Mengenal Tata Ruang Kantor dan Jenisnya

2. Gangguan

Dengan banyaknya orang yang bekerja di coworking space, ada potensi untuk mengalami gangguan di tempat kerja yang dapat mengganggu produktivitas Anda. Suara telepon, obrolan, atau pertemuan di sekitar Anda dapat menjadi sumber gangguan yang mengganggu.

3. Keterbatasan Ruang

Meskipun tempat kerja tersebut menawarkan fleksibilitas dalam hal ruang kerja, namun ada kemungkinan bahwa ruangnya dapat menjadi penuh terutama pada jam-jam sibuk. Ini dapat membuat sulit bagi Anda untuk menemukan tempat yang nyaman untuk bekerja, terutama jika Anda membutuhkan ruang yang tenang dan terisolasi.

4. Tidak Ada Identitas Perusahaan

Bagi perusahaan yang mencari identitas perusahaan yang konsisten, bekerja di ruang kerja bersama mungkin tidaklah ideal. Ruang kerja bersama cenderung tidak memiliki branding atau identitas yang konsisten, yang dapat membuat sulit bagi perusahaan untuk membangun citra dan kehadiran merek mereka.

5. Keterbatasan Akses

Tergantung pada lokasi tempat kerja tersebut, Anda mungkin menghadapi keterbatasan akses terutama jika lokasi coworking space tersebut jauh dari rumah atau tempat tinggal Anda. Ini dapat menyebabkan masalah dalam hal keterlambatan atau kesulitan dalam mengakses fasilitas tersebut.

Kesimpulan

Ruang kerja bersama menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan apakah itu cocok untuk Anda. Meskipun coworking space menawarkan fleksibilitas, lingkungan kerja kolaboratif, dan biaya terjangkau, namun juga memiliki tantangan seperti kurangnya privasi, gangguan, dan keterbatasan ruang. Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan tempat kerja bersama, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda serta bagaimana coworking space dapat memenuhi tujuan Anda dalam hal produktivitas dan kenyamanan kerja.

Itulah pembahasan tentang coworking space. Jika Anda tertarik untuk mengadopsi bekerja di ruang kerja bersama tentunya Anda juga memerlukan teknologi untuk memantau karyawan Anda. Salah satunya Anda bisa menggunakan aplikasi absensi Kantor Kita sebagai sarana untuk memantau absensi dan kinerja karyawan secara online.

Jika mendaftar sekarang Anda bisa mencoba secara gratis selama trial 15 hari dan mendapatkan penawaran harga menarik.

Customer Service Kantor Kita
Previous articlePentingnya Team Building Bagi Perusahaan dan Karyawan
Next articleLebih Mengenal Virtual Office dan Cara Kerjanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here