Gangguan Di Tempat Kerja yang Mengganggu Produktivitas

0
633
Gangguan Di Tempat Kerja yang Mengganggu Produktivitas
Gangguan Di Tempat Kerja yang Mengganggu Produktivitas

Gangguan Di Tempat Kerja yang Mengganggu ProduktivitasDimana saja kita berada, pasti tidak akan lepas dari kejadian yang mengganggu. Salah satunya di tempat kerja. Pasti akan ada gangguan di tempat kerja yang jika tidak ditangani dengan baik akan mengganggu waktu juga hasil kerja kita.

Sayangnya banyak orang atau  pekerja yang tidak tahu bagaimana mengatasi gangguan di tempat kerja ini. Padahal jika kita tahu bagaimana cara menghadapinya, gangguan ini tidak akan mengganggu lebih banyak dan berkelanjutan.

Apa saja sih gangguan ini? Apakah Anda juga mengalaminya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Cek ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi gangguan, dan mungkin saja bermanfaat untuk Anda. Mari kita simak bersama.

 

Survey Gangguan di Tempat Kerja

Ada banyak hal buruk yang didapatkan dari masalah gangguan pada pekerjaan, selain berimbas pada pekerjaan yang tidak kunjung beres juga kerugian yang dialami perusahaan pada karyawannya yang tidak produktif.

Menurut Infografik dari atlassian.com, ada beberapa hal yang mengganggu karyawan dan menghabiskan banyak waktu dalam bekerja. Diantaranya

  1. Penggunaan email yang berlebihan
  2. Meeting yang tidak ada poinya
  3. Interupsi dari lingkungan
Gangguan Dalam Pekerjaan | Atlassian.Com
Gangguan Dalam Pekerjaan | Atlassian.Com

Sedangkan menurut Survey dari Career Builder, ada 10 hal yang membuat pekerjaan terganggu sehingga akan mempengaruhi produktivitas karyawan, diantaranya adalah

Survey dari Career Builder
Survey dari Career Builder
  1. Ponsel/SMS: 52 persen
  2. Internet: 44 persen
  3. Gosip: 37 persen
  4. Media sosial: 36 persen
  5. Email: 31 persen
  6. Rekan kerja mampir: 27 persen
  7. Rapat: 26 persen
  8. Istirahat asap / istirahat camilan: 27 persen
  9. Rekan kerja yang berisik: 17 persen
  10. Duduk di bilik: 10 persen

Dengan beberapa survey di atas, ternyata ada banyak gangguan pada karyawan yang bersumber dari teknologi yang digunakannya. Seperti internet dan juga smartphone dan email yang digunakan dalam bekerja.

aplikasi absensi online
Cara Mudah Pantau Produktifitas Karyawan

 

Gangguan di Tempat Kerja yang Mengganggu Produktivitas Karyawan

Banyak didapati gangguan kerja yang sangat mengganggu proses kerja karyawan sehingga hasil pekerjaan kurang maksimal.

1. Bising

Bising merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu fokus karyawan dalam menjalani pekerjaannya. Terutama pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan fokus kerja tinggi seperti mengajar, penulis, analisis dan lainya. Bising sangat bisa bersumber dari lingkungan kerja, seperti rekan kerja yang berisik, penggunaan mesin tertentu juga suara keras lainya.

Tips :

Sebaiknya memang perusahaan membantu mewujudkan lingkungan kerja yang jauh dari kebisingan. Misalnya dengan cara membagi ruang kerja, tim yang banyak koordinasi dan interaksi dengan tim kerja yang banyak bekerja dengan konsentrasi tinggi dan membutuhkan ruang sepi.

Jika pada kondisi yang tidak terduga, karyawan bisa mengkondisikan dengan penggunaan headset atau sejenis earplug lainya.

2. Gossip

Ruang kerja akan terasa hidup jika diselingi dengan interaksi antar karyawan. Namun interaksi yang berlebihan malah akan mengganggu produktivitas karyawan. Gosip hanya akan menghabiskan banyak pekerjaan waktu untuk hal tidak bermanfaat. Pun bergosip dilakukan tidak hanya satu orang melainkan banyak orang sekaligus.

Ada banyak hal yang kurang bermanfaat dari gosip daripada manfaat yang baik. Sehingga kebiasan ini di kantor sangat perlu diminimalkan.

Tips :

Budaya gossip perlu diminimalkan, seorang team leader maupun manajer dan pemangku kepentingan lainya perlu mencontohkan hal baik termasuk menghindari perilaku bergosip. Membiasakan dan membangun lingkungan yang produktif akan membantu karyawan bekerja maksimal tanpa bergosip.

3. Internet dan Aktivitas Digital

Selanjutnya hal internal yang mengganggu kinerja karyawan adalah masalah internet. Perusahaan tidak bisa mengawasi bagaimana aktifitas karyawan menggunakan internet, apa situs website yang ia buka dan apa yang dilakukannya. Hal ini menjadi hal penting karena dari internet karyawan bisa menjelajah apa saja dan menggunakan waktu kerjanya untuk hal seperti ini.

Dari internet karyawan bisa membuka Youtube, Spotify, Situs e-commerce, situs download drama dan lainya.

Tips :

Perusahaan perlu memberikan kebijakan yang jelas terkait penggunaan teknologi dan internet di perusahaan untuk mengurangi masalah produktivitas karena internet dan kegiatan digital. Dengan kebijakan yang transparan membuat karyawan mengerti tentang batasan penggunaan internet juga perusahaan aman karena produktivitas karyawan terjaga.

4. Penggunaan Smartphone

Smartphone jika penggunaannya over juga merupakan salah satu hal yang akan mengganggu kelancaran kerja karyawan. Sebenarnya untuk urusan pekerjaan, penggunaan smartphone ini akan sangat membantu meningkatkan produktivitas karyawan sayangnya banyak juga karyawan yang menggunakan smartphone untuk kegiatan diluar pekerjaan. Hal ini yang akhirnya membuat karyawan kehilangan banyak waktu bekerja karena smartphone.

Tips :

Memang cukup sulit mengawasi penggunaan smartphone untuk masalah pekerjaan. Namun perusahaan bisa merekomendasikan karyawan untuk meminimalkan menggunakan smartphone pada jam kerja atau menyimpan smartphone pada loker-loker khusus.

Itulah beberapa gangguan di tempat kerja dan beberapa cara untuk mengatasinya. Bagaimana dengan gangguan kerja yang sering Anda alami?

 

Akibat Gangguan Pekerjaan

Ada beberapa akibat yang didapatkan dari beberapa gangguan dalam bekerja seperti di atas. Akibatnya adalah

1. Produktivitas Karyawan Berkurang

Salah satu hal yang langsung berimbas pada kondisi karyawan adalah masalah produktivitas. Dimana waktu yang dihabiskan di jam kerja tidak memberikan hasil yang sesuai. Jika terus terjadi penurunan kinerja karyawan tentu saja perusahaan yang akan terus mengalami kerugian. Perusahaan tetap membayar karyawan seperti biasa namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Perusahaan merugi atas biaya yang dikeluarkan, biaya operasional, biaya gaji pokok karyawan dan lainya dengan kualitas kerja karyawan yang tidak maksimal.

2. Menjadi Tugas Berkelanjutan Untuk Budaya Perusahaan 

Membiarkan gangguan yang terjadi di perusahaan terus menerus akan menjadi budaya kerja di perusahaan yang berkelanjutan. Jika dibiarkan perusahaan hanya akan merugi karena tidak bisa mengatur karyawan untuk tetap produktif. Kebiasan seperti ini jika terus dibiarkan hanya akan menjadi budaya kerja buruk.

Ada banyak hal yang kurang bagus karena masalah distraksi dari lingkungan kantor maupun internal karyawan sendiri. Perusahaan perlu melakukan pengawasan sehingga karyawan juga dapat bekerja dengan maksimal.

 

Kesimpulan

Perusahaan perlu menjaga produktivitas karyawan guna menjaga performa kerjanya. Namun dalam pekerjaan, pasti ada hal pengganggu yang mendistraksi karyawan dapat bekerja dengan maksimal. Baik dari lingkungan perusahaan maupun dari internal karyawan sendiri. Monitoring karyawan memang tidak mudah namun diperlukan sehingga karyawan dapat fokus dengan baik.

Itulah penjelasan tentang gangguan di tempat kerja yang mengganggu produktivitas. Untuk mendukung karyawan bekerja dengan maksimal bisa menggunakan teknologi yang dibutuhkan. Misalnya penggunaan aplikasi absensi karyawan online yang akan membantu karyawan absens dengan mudah dan cepat. Juga membantu HRD dalam pengelolaan absensi karyawan.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Salah satu aplikasi absensi karyawan yang banyak dipilih adalah Kantor Kita. Aplikasi absensi karyawan online dengan fitur lengkap mulai dari time tracker, gps dan laporan absensi siap saji yang bisa digunakan.

Anda bisa mencoba Kantor Kita menggunakan fitur demo gratis selama 15 hari. Atau jika ingin berkonsultasi lebih dalam bisa menggunakan privat meeting bersama tim kami!

Semoga artikel hari ini bermanfaat!

Previous articleTutorial Mendaftar Kantor Kita
Next articleMengenal Perbedaan Rekrutmen  Internal dan Eksternal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here