Fitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan

0
2823

Fitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja KaryawanFitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan – Aplikasi absensi online merupakan aplikasi dunia kerja yang cukup populer dewasa ini, sebelum ada pandemi sebenarnya aplikasi ini sudah ada, namun namanya cukup booming ketika banyak kantor yang melakukan WFH untuk karyawannya.

Aplikasi absensi online ini memberikan banyak kemudahan untuk kantor dalam hal penilaian karyawan, dimana  cukup menggunakan teknologi, semua karyawan bisa dipantau bagaimana ketertiban absensinya. Sebenarnya apa sih fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi absensi online? Apa yang membuat aplikasi ini banyak digunakan untuk membantu kantor mengelola SDM nya? Mari kita bahas bersama di ulasan kali ini.

 

Fitur Aplikasi Absensi Online yang Menambah Kenyamanan Kerja Karyawan

Fitur apa saja sih yang ada dalam aplikasi absensi online sehingga menambah kenyamanan kerja karyawan?

1.  Fitur Time Tracker yang Akurat

Absensi online di lengkapi dengan time tracker sehingga waktu absensi karyawan akan tercatat dengan baik di sistem. Untuk kemudian hasil dari absensi ini akan terinput otomatis di laporan absensi harian maupun bulanan. Memangnya apa manfaat dari time tracker ini? Tentu saja dengan adanya time tracker ini akan terlacak bagaimana ketertiban dan ketepatan waktu absensi karyawan dalam kurun waktu tertentu. Jika karyawan datang di waktu awal, maupun terlambat makan terbaca dengan jelas di aplikasi absensi karyawan online ini.

Jangan lupa bahwa ketepatan waktu dan ketertiban adalah salah satu kriteria penilaian karyawan, jadi jika kamu selalu tepat waktu dalam absensi masuk pastinya HRD bisa menilainya dengan baik, pun untuk karyawan yang memiliki time management yang buruk seperti sering terlambat juga akan terlihat dengan baik sehingga tidak akan bisa untuk melakukan kecurangan.

Tentu saja ini juga akan memberikan keadilan untuk karyawan, karena umumnya dalam manajemen tempat kerja ada reward dan punishment untuk karyawannya, sehingga reward dan punishment bisa diberikan kepada karyawan yang tepat.

2. Pencatatan Absensi Lengkap

Penggunaan Aplikasi Absensi | Fitur Aplikasi Absensi Online
Penggunaan Aplikasi Absensi | Fitur Aplikasi Absensi Online

Menggunakan aplikasi absensi online bisa digunakan untuk kebutuhan absensi apa saja. Aplikasi absensi online ini bisa diatur untuk absensi harian, absensi lembur sampai dengan absensi perjalanan dinas. Hanya menggunakan satu perangkat seperti smartphone karyawan bisa absensi dengan mudah dan cepat.

Sehingga untuk kebutuhan absensi jarak jauh seperti kerja remote (WFA), WFA maupun kerja dinas akan ter-record dengan akurat. Kecurangan proses absensi akan lebih minim.

Untuk kemudian HR bisa menerima rekapitulasi absensi sampai dengan penghitungan payroll dari data absensi tersebut.

3. Fitur Pengajuan Izin Dan Cuti online

Fitur Pengajuan Izin Dan Cuti online
Pengajuan Izin Dan Cuti | Fitur Aplikasi Absensi Online

Menggunakan absensi konvensional, mengajukan cuti dan izin harus mengajukan secara manual. Menggunakan aplikasi absensi online, ada fitur pengajuan izin dan cuti yang bisa dilakukan dengan mudah.

Pengajuan cuti tidak perlu dengan bertatap muka ataupun menuliskan cuti di kertas. Apalagi di saat WFH maupun kerja remote, kamu bisa dengan mudah mengajukan cuti hanya dari rumah menggunakan aplikasi absensi online ini.

Baca : Perbedaan Remote Working dan WFH

Fitur yang cukup memudahkan karyawan lainya adalah fitur izin online yang membantu karyawan jika sedang ada halangan. Tidak perlu izin menggunakan aplikasi perpesanan pribadi, aplikasi absensi online dilengkapi dengan fitur izin yang membantu karyawan izin dengan mudah secara online. Jadi izin bisa dilakukan dari rumah saja menggunakan aplikasi ini.

4. Slip Gaji Digital

Slip Gaji Digital
Slip Gaji Digital | Fitur Aplikasi Absensi Online

Menggunakan aplikasi absensi online, karyawan bisa mengakses slip gaji digital. Slip gaji yang diberikan menggunakan aplikasi absensi ini memudahkan HRD untuk menyampaikan rincian gaji untuk karyawan tanpa harus bertatap muka.

Tidak lagi perlu kertas untuk mencetak, juga tidak perlu lagi mendistribusikan slip gaji satu persatu karena menggunakan aplikasi absensi online ini slip gaji bisa diberikan dengan mudah.

HRD juga tidak perlu menyebarkan slip gaji karyawan melalui email maupun perpesanan online untuk memberikan slip gaji satu per satu kepada karyawan, selain harus menuliskan alamat atau kontak juga akan menghabiskan waktu.

Pemberian slip gaji dalam bentuk digital kepada karyawan ini juga memberikan keuntungan karena mereka bisa melihat rincian gajinya tanpa khawatir hilang, bahkan slip gaji bisa disimpan dan diakses kapanpun. Slip gaji adalah salah satu syarat jika ingin mengajukan pinjaman bank maupun kredit, dengan slip gaji digital ini karyawan bisa mengakses slip gaji 3 sampai 6 bulan lalu dengan mudah, pun juga tidak perlu mencari-cari lagi jika slip gaji hilang.

5. Fitur Tracking Lokasi

Tracking Lokasi | Fitur Aplikasi Absensi Online
Tracking Lokasi | Fitur Aplikasi Absensi Online

Tracking lokasi adalah salah satu hal yang dibutuhkan untuk memantau karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas. Dengan aplikasi absensi online, karyawan bisa memberikan update lokasi yang jelas dan akurat kepada kantor sehingga mereka bisa melihat perjalanan dinas karyawan.

Melakukan tracking lokasi untuk karyawan yang sedang melakukan perjalanan dinas menggunakan aplikasi absensi online memberikan kemudahan kepada HRD dalam memantau karyawan tersebut secara otomatis. Menggunakan media absensi konvensional, HRD tidak bisa memantau perjalanan dan lokasi karyawan dengan baik. Jadi aplikasi absensi online cukup efektif    untuk mengecek lokasi karyawan ketika sedang di perjalanan dinas.

 

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online

Mencari fitur-fitur di atas pada aplikasi absensi online? Anda bisa menemukan fitur hebat aplikasi absensi online dalam Kantor Kita. Software HRIS Indonesia yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi karyawan dan HRD dalam pengelolaan data administratif seperti absensi, pendataan dan gaji.

Menggunakan Kantor Kita pengelolaan data menjadi lebih mudah dan rapi. HR bisa mengelola pekerjaan administratif lebih gampang dan maksimal.

kontak aplikasi absensi kantor kita

Jika tertarik menggunakan Kantor Kita bisa menggunakan fitur demo terlebih dahulu. Fitur demo bisa digunakan secara gratis selama 15 hari. Anda juga bisa mengikuti privat zoom meeting bersama tim Kantor Kita untuk berkonsultasi mengenai teknis dan berlangganan.

Hubungi tim kami di Kontak Kantor Kita!

Previous articleBagaimana Sih Ciri Lingkungan Kerja yang Baik?
Next articlePenjelasan Dan Indikator Kepuasan Kerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here