7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

0
1065
Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate
7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate — Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan layak setelah masa belajar adalah impian banyak fresh graduate. Namun sayangnya, bersaing di lapangan kerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bukan karena kamu tidak layak untuk mendapatkan kerja, namun kebanyakan perusahaan memang memilih untuk merekrut karyawan yang sudah berpengalaman.

Ditambah, banyaknya jumlah tenaga kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada. Bahkan saat ini, riset membuktikan bahwa lebih dari 40 persen fresh graduate masih menganggur. Hal ini membuktikan bahwa persaingan di dunia kerja memang sangatlah ketat. Oleh karena itu, kamu butuh trik dan tips cepat untuk mendapatkan kerja bagi fresh graduate atau lulusan baru.

Bagaimana sih tips cepat dapat kerja bagi fresh graduate? Apakah mungkin bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat? Mari kita bahas bersama.

Rekomendasi Software : Software HR Terbaik

 

Tips Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate 

Simak tips-tips berikut ini dan cek mana yang kurang dari kamu untuk selanjutnya bisa diperbaiki agar segera bisa dapat kerja. 

1. Belajar dan Persiapkan Kebutuhan Pendaftaran Kerja 

Meskipun kamu sudah lulus dan sudah memiliki waktu luang, kamu tidak perlu terburu-buru. Tetap tenang dan persiapkan semuanya dengan baik. Mulai siapkan dengan teliti seperti CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya. Terkadang rasa terburu-buru untuk mendapatkan pekerjaan malah membuat kamu tidak fokus dalam persiapan yang akhirnya hasilnya juga tidak maksimal. 

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan baik agar bisa mengikuti proses seleksi lowongan kerja dengan baik.

Persiapan Pendaftaran Kerja

2. Ikut Job Fair

Tips selanjutnya yang patut kamu lakukan adalah dengan sering update dan mengikuti acara job fair. Di acara seperti ini, banyak sekali peluang kerja dengan bidang dan bagian yang berbeda. 

Dalam kegiatan job fair seperti ini banyak perusahaan besar yang memberikan kesempatan walk in interview dimana screening dilakukan di hari yang sama dari proses sampai proses interview dengan tujuan perusahaan bisa merekrut banyak pekerja dalam waktu yang singkat. 

Ada kemungkinan besar kamu mendapatkan kesempatan yang baik dalam job fair seperti ini, manfaatkan dan dapatkan banyak hal yang bagus untuk karir kamu. 

3. Manfaatkan Website Loker dan Media Sosial

Sekarang ini banyak website resmi dari perusahaan atau website khusus portal lowongan kerja profesional yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi tentang ketersediaan loker di berbagai daerah. 

Begitu juga dengan aplikasi maupun postingan sosial media khusus lowongan kerja yang memberikan banyak informasi loker yang tersedia. Mulai download, ikuti maupun sematkan website, aplikasi maupun sosial media ini sehingga kamu akan update informasi pekerjaan dengan baik pula. 

Hal ini juga gratis ya! Jadi manfaatkan dengan baik media-media potensial ini untuk dapatkan pekerjaan terbaik. 

4. Mulai Perbaiki CV dan Lamaran Pekerjaan 

Salah satu hal yang sangat dipertimbangkan dalam pemilihan kandidat selama proses rekrutmen adalah CV. Mulai isi CV dengan data diri, riwayat pendidikan, pengalaman, keahlian serta prestasi yang dimiliki. 

Alangkah baiknya, CV yang kamu miliki lebih padat dan  didesain semenarik mungkin. Apabila desain bukanlah keahlian kamu, saat ini, banyak jasa pembuatan CV maupun alat desain dengan template siap pakai yang membantu proses pembuatan CV terbaik. Tidak ada salahnya apabila kamu membuat CV sekreatif mungkin. Dengan begitu, perusahaan juga akan melihat usaha serta kesungguhan dalam melamar pekerjaan.

Cara Cepat Dapat Kerja untuk Fresh Graduate

Jika CV digunakan untuk menjelaskan diri kamu dengan singkat maka lamaran seperti halnya surat pengantar yang menunjukkan keinginan untuk mengikuti lowongan kerja tersebut. Untuk itu dalam lamaran kerja menjelaskan tentang data diri, maksud dan tujuan juga ketertarikan posisi kerja. 

Membuat lamaran kerja ini juga perlu diperhatikan dengan baik seperti nama HRD, nama perusahaan, struktur surat sampai dengan penulisan keseluruhan. Ikuti pelatihan menulis CV dan lamaran kerja atau pelajari secara otodidak dari berbagai sumber seperti sosial media maupun artikel website. 

5. Cari Tahu Detail Perusahaan Sebelum Melamar 

Sekarang ada banyak informasi lowongan kerja palsu maupun indikasi penipuan. Namun hal ini sangat bisa diminimalkan dengan melakukan kroscek pada perusahaan yang akan kamu lamar. Dengan melakukan riset kecil pada perusahaan akan memberimu banyak informasi, terutama tentang citra perusahaan, bidang kerja perusahaan, lokasi perusahaan bahkan lingkungan kerja dari karyawan dan lainya. Cari tahu dengan baik detail perusahaan sebelum resmi melamar ke perusahaan ya!

6. Perluas Jaringan

Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu memperluas jaringan pertemanan yang kamu miliki. Jangan malu dan segan untuk bertanya pada teman, kenalan, dan saudara kamu tentang lowongan kerja fresh graduate. 

Dengan begini, kamu juga akan mendapatkan informasi seputar lowongan kerja yang lebih banyak dan beragam yang mungkin salah satunya memang sedang kamu cari. Dalam masalah ini, kamu juga bisa sering bertanya pada alumni yang sudah mendapatkan kerja. Barangkali ada info lowongan kerja yang bisa dibagikan. Ya, tentu saja cara ini efektif untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih cepat.

7. Perbanyak Portofolio

Selain CV, portofolio juga merupakan bagian penting yang harus kamu siapkan untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dari calon perusahaan. Dengan memiliki portofolio, perusahaan bisa menilai seberapa besar keahlian yang kamu miliki dan apakah sesuai dengan bidang yang akan kamu kerjakan atau tidak. Cara satu ini bisa kamu gunakan sambil mengisi waktu luang sambil mencari lowongan kerja atau menunggu panggilan tes dan interview kerja.

Tips cepat dapat kerja

Kamu juga bisa memperbanyak portofolio untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki supaya lebih ahli. Memperbanyak portofolio juga bisa kamu lakukan dengan magang, mengikuti pelatihan dan juga kursus online dan bootcamp. 

Jadi itulah beberapa Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate yang bisa diterapkan agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah. 

Artikel pilihan:
Alasan Kenapa Lamaran Kerja Ditolak HRD Perusahaan
Apa yang dicek HRD dalam Sosial Media Kandidat?
Cara Menghadapi Interview Kerja untuk Freshgraduate
Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate
Cara Mengundurkan Diri Saat Interview/Recruitment 

 

Kesimpulan 

Dalam artikel ini, telah disajikan serangkaian tips yang dapat membantu para fresh graduate mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Dari memperbarui CV hingga membangun jaringan profesional, artikel ini memberikan strategi praktis yang dapat diterapkan. Selain itu, disoroti pula pentingnya meningkatkan keahlian dan melakukan riset tentang perusahaan yang diminati. 

Dengan mengikuti tips ini, fresh graduate dapat memperkuat peluang mereka dalam persaingan ketat di dunia kerja. Kesabaran, ketekunan, dan keterbukaan terhadap peluang yang beragam juga menjadi kunci kesuksesan. Dalam akhirnya, artikel ini memberikan panduan yang komprehensif untuk mempersiapkan diri dan berhasil memulai karir profesional.

Untuk HRD, untuk memudahkan pengelolaan karyawan bisa menggunakan software HRD absensi online yang cukup mudah dan juga full fitur. Pengelolaan karyawan jadi lebih mudah dan efisien. 

Software HRD Terbaik

Cek lebih lanjut di software absensi Kantor Kita! Cek harga, fasilitas, fitur dan lainnya dengan lengkap. Gunakan juga free trial 15 hari di awal penggunaan dengan daftar Kantor Kita. 

Sekian informasi hari ini dari Kantor Kita, semoga bermanfaat! 

Previous articlePentingnya Menjaga dan Meningkatkan Reputasi Perusahaan
Next articleBagaimana Cara Marketing Bisnis B2B?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here