7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

0
81

7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh GraduateBagi anda fresh graduate atau baru lulus kuliah, biasanya bekerja dan berkarir merupakan impian yang harus terwujud. Namun sayangnya, bersaing di lapangan kerja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Bukan karena anda tidak layak untuk mendapatkan kerja, namun kebanyakan perusahaan memang memilih untuk merekrut karyawan yang sudah berpengalaman. Ditambah, banyaknya jumlah tenaga kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada. Bahkan saat ini, riset membuktikan bahwa lebih dari 40persen fresh graduate masih menganggur. Hal ini membuktikan bahwa persaingan di bidang pekerjaan memang sangatlah ketat. Oleh karena itu, anda butuh trik dan tips cepat untuk mendapatkan keja bagi freshgraduate atau lulusan baru.

Dalam hal ini, ijazah saja tidaklah cukup. Anda perlu memiliki keahlian karena tentu saja banyak perusahaan yang membuka lowongan fresh graduate dengan melihat keahlian dari calon karyawannya. Hal ini dikarenakan mereka memahami fresh graduate belum tentu sudah memiliki pengalaman kerja. Saatnya anda unjuk kemampuan sehingga bisa menjadi pertimbangan perusahaan dan tidak kalah saing dengan pelamar lainnya. Tidak hanya itu, biasanya sebuah perusahaan juga memperhatikan cara anda melamar sebuah pekerjaan. Hal ini dapat melihat seberapa baik dan seberapa siapkah anda untuk bekerja. Oleh karena itu, alangkah baiknya anda mengikuti tips-tips berikut ini :

  1. Jangan Terburu – buru

Absensi Mudah dengan Kantor KitaMeskipun anda sudah lulus dan sudah memiliki waktu luang, anda tidak perlu terburu-buru. Tetap tenang dan persiapkan semuanya dengan baik. Mulai siapkan dengan teliti seperti CV, surat lamaran, dan dokumen pendukung lainnya. Biasanya orang yang terburu-buru untuk mendapatkan pekerjaan, justru tidak fokus dengan apa yang ingin diraih dalam tujuannya. Contohnya, anda sedang membuka situs pekerjaan setelah lulus kuliah dan melihat ada beberapa lowongan kerja fresh graduate yang sesuai dengan kualifikasi atau bidang yang anda miliki kemudian anda langsung memasukkan lamaran kerja tanpa mengetahui bagaimana seluk beluk perusahaan, gaji, dan pekerjaan yang akan anda hadapi nantinya. Dengan mempersiapkannya terlebih dahulu, anda akan lebih yakin dengan pekerjaan yang akan dicoba.

  1. Ikut Job Fair

Tips selanjutnya yang patut anda lakukan adalah dengan sering update dan mengikuti acara job fair. Di acara seperti ini, banyak sekali peluang kerja dengan bidang dan bagian yang berbeda. Memang persaingan juga lebih berat  karena banyak pelamar yang juga mencoba cara ini. Namun bukan berarti anda harus minder dan patah semangat. kalau anda ingin mencoba dan mempersiapkan diri dengan baik, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan menilai anda dengan baik.

Baca Artikel : Ingin Memiliki Karir yang Cerah?? Ini yang Harus Kamu Lakukan 

Di acara ini, anda juga sekaligus bisa mencari informasi seputar kualifikasi apa saja yang harus anda miliki untuk dapat diterima di perusahaan yang baik. Mungkin anda juga bisa bertemu dengan kenalan baru sehingga relasi anda lebih besar dan luas. Apalagi acara ini adalah acara khusus yang berisi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Yang penting, jangan lupa untuk membawa surat lamaran dan dokumen pendukung lainnya untuk melamar kerja dengan teliti. Jangan sampai anda malah memasukkan lamaran ke tempat yang salah atau tertukar.

  1. Perbaiki CV

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah CV atau curriculum vitae apabila anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan. Mulai isi CV dengan data diri, riwayat pendidikan, pengalaman, keahlian serta prestasi. Alangkah baiknya, CV yang anda miliki lebih padat dan  didesain semenarik mungkin. Apabila desain bukanlah keahlian anda, saat ini, banyak jasa pembuatan CV yang siap membuatkan CV terbaik anda. Tidak ada salahnya apabila anda membuat CV sekreatif mungkin. Dengan begitu, perusahaan juga akan melihat usaha serta kesungguhan anda dalam melamar pekerjaan.

Apabila anda mempersiapkan CV sebaik mungkin, anda juga akan lebih cepat dipanggil untuk tahap selanjutnya karena perusahaan sudah tertarik dengan diri anda. CV yang baik juga dapat menjelaskan bagaimana pribadi dan keahlian yang anda miliki. Iya benar sekali, CV dianggap penting di dunia pekerjaan.

  1. Kirim Lamaran Lewat Email

Saat ini, banyak perusahaan yang mencantumkan email ketika mencari karyawan baru. Cara ini perusahaan gunakan untuk menyeleksi para pelamar dengan melihat bagaimana tata cara anda mengirimkan lamaran kerja. Biasanya yang dilihat saat anda mengirim lamaran melalui email adalah alamat email, subject yang benar, isi body email, dan lampiran email.

Pada bagian alamat email, perusahaan akan melihat apakah email yang anda miliki professional atau tidak. Sebaiknya anda gunakan email dengan nama yang benar dan tidak aneh – aneh. Kemudian untuk subject email, anda juga harus mengisinya dengan baik jangan sampai dikosongi. Biasanya pada info lowongan kerja sudah tertera subject email yang harus diisi. Namun apabila memang tidak ada, anda bisa mengisinya dengan bidang lamaran yang ingin anda ajukan. Lalu untuk body email, anda bisa mengisinya dengan ucapan pengantar lamaran kerja yang anda tuju atau ingin anda capai, anda harus mengisinya dengan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Baca Artikel : Sosial Media dan Proses Recruitment Kerja

Untuk lampiran email, alangkah baiknya anda cek kembali apakah masih ada yang tertinggal atau tidak. Jangan sampai email sudah dikirim namun masih ada dokumen yang tertinggal kemudian anda kirim ulang dari reply atau email baru. Hal ini justru akan mengurangi nilai bahkan membuat anda tidak lolos babak pertama. Jangan pernah bosan untuk selalu cek kembali bagian alamat, subject, body dan lampiran sebelum email dikirimkan. Lebih baik anda cek lagi dengan lebih teliti.

  1. Perluas Jaringan

Yang satu ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu memperluas jaringan pertemanan yang anda miliki. Jangan malu dan segan untuk bertanya pada teman, kenalan, dan saudara anda tentang lowongan kerja fresh graduate. Dengan begini, anda juga akan mendapatkan informasi seputar lowongan kerja yang lebih banyak dan beragam yang mungkin salah satunya memang sedang anda cari. Dalam masalah ini, anda juga bisa sering bertanya pada alumni yang sudah mendapatkan kerja. Barangkali ada info lowongan kerja yang bisa dibagikan. Ya, tentu saja cara ini efektif untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih cepat.

  1. Manfaatkan Website Loker dan Media Sosial

Siapapun pasti bisa melakukan hal ini. Iya, dengan memanfaatkan website lowongan kerja paling akurat atau menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, dan grup whatsapp yang anda miliki. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang memasang informasi lowongan kerja melalui website, aplikasi lowongan kerja dan media sosial. Setiap hari bermunculan lowongan kerja di website dan media sosial dengan berbagai bidang dan keterampilan yang dibutuhkan.

Apabila anda memiliki instagram, anda bisa mencarinya melalui website atau akun yang sering berbagi seputar lowongan kerja di daerah anda. Sedangkan melalui facebook, anda bisa memanfaatkan komunitas dan grup yang sering membahas dan membagikan info seputar lowongan kerja. Teknologi juga semakin canggih. Anda harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin untuk cepat dapat kerja setelah lulus kuliah.

  1. Perbanyak Portofolio

Selain CV, portofolio juga merupakan bagian penting yang harus anda siapkan untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan dari calon perusahaan. Dengan memiliki portofolio, perusahaan bisa menilai seberapa besar keahlian yang anda miliki dan apakah sesuai dengan bidang yang akan anda kerjakan atau tidak. Cara satu ini bisa anda gunakan sambil mengisi waktu luang sambil mencari lowongan kerja atau menunggu panggilan tes dan interview kerja.

Anda juga bisa memperbanyak portofolio untuk mengasah kemampuan yang anda miliki supaya lebih ahli. Memperbanyak portofolio juga bisa anda lakukan dengan magang tanpa dibayar. Namun tidak semua perusahaan tempat magang tidak membayar. Ada juga yang membayar separuhnya atau memberikan uang transportasi meskipun tidak sebesar gaji bulanan.

Nah, itu dia beberapa tips yang patut anda lakukan untuk cepat mendapatkan pekerjaan. Kunci utamanya yang penting jangan menyerah dan tetap berusaha serta berdoa. Untuk kantor impiannya, bagi anda pemilik perusahaan, tidak ada salahnya untuk memberikan fasilitas lebih pada karyawan. Terutama dalam hal absensi. Permudahkan karyawan dalam melakukan absensi dengan aplikasi absensi online KantorKita. Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi www.kantorkita.co.id. Dengan kantor kita, nggak hanya menjadikan perusahaan anda menjadi perusahaan impian, namun juga meningkatkan kinerja karyawan melalui kemudahannya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here