Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

0
2332
Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate
Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

Tips Menggunakan Linkedin Untuk FreshgraduateLinkedin sekarang ini memiliki pamor yang cukup tinggi, terutama di kalangan gen Z. Sekarang ini Linkedin menjadi salah satu media sosial yang juga dimanfaatkan untuk kepentingan profesional terutama dalam hal dunia kerja.

Nah untuk kamu yang ingin masuk di dunia kerja, bisa memanfaatkan Linkedin ini untuk media profesional mencari kerja dan menghubungkan kamu dengan banyak tokoh dan kesempatan.

Bagaimana sih penggunaan Linkedin terutama untuk freshgraduate? Mari kita bahas bersama Linkedin sebagai sosial media dalam recruitment kerja.

 

Baca : 7 Tips Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate

 

Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

Berikut adalah tips menggunakan Linkedin untuk freshgraduate. Pemanfaatan Linkedin bisa bermanfaat untuk menambah link sampai dengan kesempatan kerja untuk kamu. Diantaranya adalah

1. Menggunakan Foto Profil yang Profesional

Hindari menggunakan foto profil selfie atau foto profil yang random, jika hal ini biasa kamu gunakan pada sosial media yang lainya, maka jangan sampai hal ini digunakan di Linkedin.

Seperti yang kita tuliskan di atas, Linkedin adalah sosial media profesional yang fungsinya untuk kebutuhan profesional seperti mencari kerja dan menghubungkan seseorang di lingkup bisnis.

Tentu saja hal profesional ini juga perlu foto yang bagus dan tepat. Walaupun tidak harus berjas dan klimis namun usahakan menggunakan foto profil yang proper dan menarik.

Foto Profil yang Profesional
Contoh Foto Profil yang Profesional | Sumber : linkedin.com/in/j-baron

Selain itu, hindari membiarkan foto profil tetap kosong. Hal ini membuat orang mengira kamu tidak mengurusi Linkedinmu dengan baik.

2. Lengkapi Foto Background

Jika kamu memiliki foto menarik untuk digunakan sebagai background foto Linkedin, maka akan lebih menarik jika diisi. Kamu bisa memposting foto sedang pidato, lagi sibuk kerja atau lagi berorganisasi.

Tidak harus formal namun pilihlah foto background yang sekiranya pantas.

3. Kolom About Me

Selanjutnya yang tidak bisa disepelekan dari penggunaan Linkedin adalah pengisian kolom about me atau kolom tentang saya.

Banyak orang yang bingung harus menuliskan apa di kolom ini, namun sebenarnya about me ini dibuat untuk memudahkan kamu menceritakan diri kamu secara profesional. Singkat namun mengena.

Jangan hanya menuliskan “Hi iam freshgraduate from…. Iam looking for job…………” tulislah dirimu yang sebenarnya, bukan hanya dari kelebihan kamu saja.

Freshgraduate psikologi di UIN Jakarta. Suka menulis dan berorganisasi. Kerja paruh waktu sebagai content writer dan sukarelawan di yayasan anak berkebutuhan khusus. Ingin menjadi manusia yang selalu tumbuh dan bermanfaat”

Dan lain sebagainya. Banyak recruiter yang tertarik dengan kesibukan, background dan minat kamu lho dari sini. Tidak melulu soal akademik dan posisi kerja saja.

Tulis dirimu secara profesional.

Baca : Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Lengkap

4. Isi Profil dengan Lengkap dan Sesuai

Linkedin digunakan sebagai Curriculum Vitae (CV) untuk kamu, maka isikanlah profil dengan lengkap dan sebaik mungkin sesuai dengan kondisi kamu. Mulai dari

  1. Pendidikan
  2. Pengalaman
  3. Keahlian
  4. Organisasi

Sebab recruiter nantinya akan melihat background kamu secara detail lewat informasi ini.

Untuk riwayat pendidikan pastinya tidak sulit diisi, isikan dari pendidikan terakhir seperti misalnya riwayat S1 atau S2 kamu.

Selanjutnya pengalaman bisa diisi dengan riwayat pengalaman bekerja atau organisasi yang pernah kamu ikuti. Tuliskan pengalaman berupa

  1. Riwayat Magang
  2. Riwayat Mengikuti Pelatihan
  3. Riwayat Freelance
  4. Riwayat Bekerja
  5. Riwayat Organisasi/Sosial/Kemasyarakatan

Menuliskan riwayat ini membantu recruiter memahami pengalaman organisasi yang kamu miliki. Tentunya juga akan menaikkan prospek atau value diri kamu.

Riwayat berorganisasi sosial juga akan sangat  membantu kamu memiliki nilai lebih di mata recruiter. Sedangkan riwayat pelatihan atau penunjang akademik lainya akan dinilai ketertarikan pada bidang yang kamu jalani.

Jadi tuliskan semua dengan lengkap riwayat organisasi kamu ya.

5. Terhubung dengan Pengguna dengan Bidang yang Sama

Langkah selanjutnya yang bisa menambah peluang kamu dalam memperoleh manfaat dari linkedin baik dari segi ilmu maupun lowongan kerja adalah dengan mengikuti orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan kamu.

Se-bidang kerja, se-profesi maupun pada ketertarikan lainya. Hal ini akan membuat kamu mendapatkan pengembangan ilmu maupun peluang kerja.

Banyak orang di Linkedin menyebarkan ilmu dengan membuat postingan di bidang yang ia dalami. Dengan begitu pengikutnya bisa mendapatkan ilmu baru di bidang tersebut.

Begitu juga jika ada lowongan kerja di perusahaan atau ia membutuhkan karyawan, maka bisa mempostingnya di Linkedin juga.

Ikuti para HRD , CEO, Expert atau teman yang kamu mmiliki untuk menambah peluang. Diskusi dengan mereka juga sangat terbuka lho.

Aplikasi absensi
Aplikasi absensi Kantor Kita

6. Update Linkedin

Hal yang banyak terjadi pada pengguna Linkedin yang masih baru adalah ia melengkapi profil linkedinnya untuk kemudian ditinggalkan tanpa ada update profil dan juga tidak pernah berinteraksi dengan pengguna lainya.

Profil linkedin ini akan terus dibutuhkan bahkan di cek oleh beberapa recruiter yang sesuai dengan bidang kamu. Jika dari waktu ke waktu tidak ada perubahan atau perkembangan bahkan cenderung tidak terurus maka akan membuat recruiter tidak tertarik dengan profil kamu.

7. Sambungkan dengan Sosial Media yang Dimiliki

Sosial media masih menjadi salah satu hal yang di cek recruiter. Jika kamu bisa memanfaatkan sosial media dengan baik maka bukan tidak mungkin recruiter akan sangat terbuka dengan kamu.

Misalnya kamu seorang penulis, dan menyertakan website yang kamu miliki. Dimana website kamu diisi dengan berbagai tulisan menarik dan berguna untuk orang lain.

Atau instagram kamu digunakan sebagai platform untuk posting informasi yang berguna. Maka bukan tidak mungkin recruiter atau lainya akan menyukai profil dan background kamu.

9. Langsung Menghubungi Recruiter

Langkah yang cukup umum digunakan di Linkedin adalah dengan langsung menghubungi recruiter melalui personal messages. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh pengguna Linkedin.

Banyak diantaranya yang melakukan jemput bola daripada menunggu pesan dari recruiter.

Namun yang wajib diperhatikan dalam menggunakan teknik ini adalah kamu perlu melakukannya dengan sopan dan formal. Seperti halnya kita sedang melamar pekerjaan.

Pastikan profil yang kamu pasang juga sudah pas, menaik dan memiliki value yang bisa ditawarkan.

Sehingga jika langsung menghubungi recruiter, kamu sudah memiliki modal.

Jadi untuk kamu yang belum banyak pengalaman dan baru pertama kali menggunakan Linkedin, informasi di atas penting dipahami agar Linkedin kamu bermanfaat untuk mencari pekerjaan, ilmu maupun kenalan baru.

Baca : General Affair Di Perusahaan, Apasih Jobdesknya?

 

aplikasi absensi

 

Kesimpulan

Linkedin digunakan untuk membantu kamu menemukan banyak ilmu sampai dengan peluang kerja. Linkedin menjadi media professional yang banyak digunakan, untuk kamu yang freshgraduate dan sedang membangun branding maupun koneksi, sangat bisa menggunakan Linkedin ini.

Nah itulah informasi Tips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate dari aplikasi HR Kantor Kita tentang tips menggunakan Linkedin untuk freshgraduate, semoga bermanfaat!

Dapatkan Promo Spesial Layanan Kantor Kita Disini!

Previous articleContoh Form Penilaian Karyawan Terbaru
Next articleHati-Hati, Salah Hitung Payroll Munculkan Kegaduhan Di Perusahaan 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here