Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

0
23874
Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru
Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

Contoh Form Penilaian Karyawan TerbaruPenilaian karyawan adalah hal wajib yang perlu dilakukan perusahaan untuk memantau kinerja karyawan. Umumnya penilaian karyawan dilakukan setiap sebulan sekali, namun hal ini juga fleksibel tergantung dengan kebijakan perusahaan masing-masing.

Walaupun sebenarnya pengelolaan karyawan termasuk penilaian kinerja ini tugas HRD, namun bagian lain seperti kepala team leader juga perlu membantu penilaian kinerja ini.

Selain karyawan tetap dengan penilaian kerja yang teratur, penilaian kerja ketat juga diperlukan untuk menilai karyawan baru.

Dalam pengisian penilaian kinerja, Anda bisa menggunakan form penilaian kinerja karyawan. Apa saja sih isi form penilaian karyawan ini? Mari kita bahas bersama.

 

Penilaian Kinerja Karyawan

Penilaian kinerja karyawan adalah pengukuran performa karyawan dalam bekerja secara kuantitas atau menggunakan angka. Sehingga penilaian ini bersifat objektif beradasarkan penilaian yang real bukan hanya didasarkan oleh perasaan atau penilaian subjektif saja.

Penilaian kinerja yang terukur seperti ini akan memudahkan perusahaan untuk menilai karyawannya dengan adil. Pun dalam penilaian bukan hanya hasil akhir saja yang didapatkan melainkan proses kerja, sikap, tanggung jawab, etika dan lain sebagainya.

Software Hris Indonesia
Software Hris Indonesia

Untuk karyawan, penilaian yang bersifat adil seperti ini juga diperlukan sehingga perusahaan menghargai kinerja karyawannya dengan sangat transparan dan tidak bersifat subjektif.

Dengan penilaian kinerja yang adil, karyawan bisa bekerja dengan aman dan nyaman.

Sebelumnya kami sudah pernah menuliskan Indikator yang digunakan dalam penilaian kinerja, yang bisa Anda baca dalam Indikator untuk Penilaian Kinerja Karyawan  ini.

 

Pentingnya Penilaian Kinerja Karyawan

Perusahaan yang berkualitas pastinya akan sangat menjaga kinerja karyawan dengan baik. Hal ini dilakukan dengan melakukan penilaian kinerja karyawan. Penilaian kinerja karyawan dilakukan memiliki beberapa manfaat, diantaranya :

1. Penilaian yang Objektif

Penilaian kinerja menjadi dasar penilaian yang objektif dan jelas dari HRD. sehingga karyawan yang bekerja dengan baik akan mendapatkan penilaian yang adil dibandingkan dengan karyawan yang bekerja kurang maksimal.

Hal ini juga digunakan sebagai motivasi karyawan agar terus memiliki penilaian yang baik setiap bulannya.

Baca Artikel : KPI (Key Performance Indikator) Karyawan : Definisi & Fungsi

Umumnya penilaian kinerja seperti ini juga dibarengi dengan reward untuk karyawan yang berprestasi.

Penilaian yang objektif seperti ini juga menjadi salah satu kenapa karyawan betah di perusahaan sehingga secara tidak langsung juga menekan angka turn over karyawan.

2. Sebagai Bahan Evaluasi Karyawan

Selain digunakan untuk mengertahui prestasi karyawan, penilaian karyawan menunjukkan performa karyawan yang buruk atau kurang maksimal. Sehingga penilaian kinerja digunakan sebagai dasar untuk melakukan evaluasi kepada karyawan tersebut.

Tanpa ada penilaian karyawan, maka performa tidak akan nampak. Tidak transparan mana karyawan yang bekerja dengan baik dan mana karyawan yang kurang maksimal.

Sehingga kegiatan HR seperti konseling dan evaluasi lebih ter-target kepada karyawan yang tepat.

3. Bahan Pengembangan Diri Karyawan

Melakukan penilaian kinerja karyawan juga digunakan sebagai dasar untuk pengembangan diri karyawan. Dimana ada karyawan yang memiliki potensi pada bidang tertentu dan dibutuhkan karyawan, maka sangat mungkin untuk dikembangkan dengan disekolahkan lagi atau di ikutkan pelatihan.

Atau karyawan yang kurang maksimal pada ilmu tertentu yang dibutuhkan perusahaan maka bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhannya.

Begitu juga dengan kebutuhan softskill karyawan, dilakukan dengan kepesertaan training dan lainya.

4. Sebagai Bahan Keputusan Recruitment

Karyawan baru masih ada dalam face percobaan atau probation. Di masa ini, kinerja karyawan baru akan sangat diperhatikan dan di cek sehingga nantinya akan ada hasil lolos probation atau tidak menggunakan dasar penilaian kinerja karyawan.

Itulah beberapa fungsi dari penilaian kinerja untuk karyawan maupun untuk perusahaan. Dengan banyaknya kepentingan dan manfaat dari penilaian kinerja ini, perusahaan rutin melakukan penilaian kinerja karyawan tiap bulannya atau secara teratur.

Baca Artikel : Sistem HRIS Perusahaan : Arti, Jenis, Harga dan Software HRIS Indonesia

 

Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

Berikut adalah beberapa contoh form penilaian karyawan terbaru untuk Anda. Diantaranya adalah

1. Form Penilaian Karyawan

Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru
Contoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

Contoh form penilaian kinerja dapat diunduh

2. Form Penilaian Karyawan

Form Penilaian Karyawan
Form Penilaian Karyawan

Itulah dua contoh form penilaian karyawan untuk Anda. Dari kedua contoh ini, Anda bisa menggunakannya untuk inspirasi membuat form penilaian karyawan dalam bentuk digital maupun cetak.

Baca : Contoh Form Data Hadir Karyawan

 

Kesimpulan

Di atas adalah beberapa contoh form penilaian karyawan yang bisa Anda gunakan untuk membuat penilaian kinerja untuk karyawan di perusahaan. Form penilaian tersebut digunakan sebagai media pengukuran performa kerja karyawan.

promo layanan absensi online
Promo Layanan Absensi Online Kantor Kita

Untuk lebih memudahkan penilaian karyawan dari segi ketertiban dan kedisiplinan, Anda bisa menilai menggunakan absensi karyawan. Pengelolaan absensi karyawan yang mudah dan ringkas bisa menggunakan aplikasi absensi karyawan online.

Misalnya aplikasi absensi online dari Kantor Kita. Aplikasi HRIS  yang membantu Anda mengelola administrasi karyawan dengan mudah.

 

Previous articleKuliah Sambil Kerja? Ketahui Plus Minusnya
Next articleTips Menggunakan Linkedin Untuk Freshgraduate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here