Kuliah Sambil Kerja? Ketahui Plus Minusnya

0
1488
Kuliah Sambil Kerja Ketahui Plus Minusnya
Kuliah Sambil Kerja Ketahui Plus Minusnya

Kuliah Sambil Kerja? Ketahui Plus MinusnyaUntuk kamu yang ingin meneruskan kuliah tapi sudah mendapatkan pekerjaan tetap, pasti dilema dengan pembagian waktu dan tugasnya. Namun bukan berarti kuliah dan bekerja tidak bisa dilakukan.

Beberapa perusahaan sangat mendukung karyawannya untuk mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi bahkan diantaranya juga mendapatkan beasiswa dan dukungan penuh dari perusahaan.

Nah hari ini, Kantor Kita akan membagikan beberapa tips dan pertimbangan yang harus diperhatikan ketika kamu mengambil kerja sambil kuliah.

Mari langsung saja kita bahas bersama.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Kerja Sambil Kuliah

Sebelum benar-benar memutuskan untuk mengambil kelas kuliah ditengah jadwal kerja kamu, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Resiko dan keuntungannya.

1. Harus Tahu Prioritas

Ketika mengambil kerja sambil kuliah, kamu harus tahu mana yang harus di prioritaskan. Jangan sampai tugas kuliah dicampur dalam pekerjaan atau pekerjaan dicampur dalam urusan kuliah.

Jika hal ini terjadi, keduanya tidak akan berjalan beriringan. Bahkan salah satunya yang akan terbengkalai.

Buat skala prioritas dan agenda kerja sehingga kamu tahu mana hal yang perlu didahulukan, antara tugas kuliah dan kepentingan pekerjaan.

Baca : 6 Tips Menjalani Kuliah Dan Bekerja

Beberapa karyawan yang juga mengambil kuliah, tidak jarang membawa tugasnya pada jam kerja. Padahal hal ini akan mengganggu kinerja dan hasil pekerjaan kamu. Selain dinilai kurang profesional, mengerjakan tugas kuliah saat bekerja juga akan membuat kamu kurang maksimal dalam bekerja.

Berikan sekat untuk keduanya, sehingga kamu bisa membatasi dan memisahkan urusan pekerjaan dan kuliah.

Buatlah skala prioritas untuk memudahkan kamu memilah mana hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

To do list :

Kerja :

●     Meeting dengan tim marketing 

●     Menyelesaikan proposal penawaran

●     Buat konten instagram dan linkedin

●     Buat ppt laporan bulanan

 

Kuliah :

●     Tugas mandiri wawancara umkm

●     Cari referensi jurnal

●     Tugas bahasa & penulisan ilmiah

Contoh To Do List untuk Menentukan Prioritas

2. Pembagian Waktu

Seperti yang kita tahu, dalam kehidupan ada pembagian waktu lain selain untuk pekerjaan utama, misalnya :

  1. Waktu bersosial
  2. Waktu berkeluarga
  3. Waktu dengan teman
  4. Waktu pengembangan diri
  5. Hiburan

Dengan kuliah, prioritas bertambah. Waktu banyak digunakan untuk jam kuliah dan  mengerjakan tugas dengan begitu ada waktu yang harus dikurangi.

Selain itu kamu harus bisa membagi waktu dalam keseharian, waktu bekerja, waktu membuat tugas dan kuliah, waktu istirahat.

Dalam banyak kasus, banyak karyawan yang kuliah sulit untuk membagi waktu. Dimana ia memiliki waktu istirahat sangat kurang karena harus begadang membuat tugas atau waktu membuat tugas berkurang karena memilih lembur.

Bagilah waktu sebijak mungkin, agar keduanya bisa berjalan dengan baik. Pembagian waktu ini juga masih berhubungan dengan skala prioritas.

3. Fokus Bercabang

Salah satu pertimbangan kerja sambil kuliah yang harus diperhatikan adalah fokus kamu bercabang. Dari yang awalnya hanya fokus di pekerjaan saja, sekarang juga perlu fokus pada kuliah dan tugas-tugasnya.

Jika keduanya tidak di manage dengan baik, akan meningkatkan potensi stress yang semakin meningkat lho.

Jika hal ini berlarut-larut maka akan memberikan dampak buruk untuk kehidupan kamu.

Fokus Kerja Sambil Kuliah
Fokus Kerja Sambil Kuliah

4. Relasi Bertambah

Salah satu kelebihan dari mengambil kuliah sambil kerja adalah meningkatnya relasi yang kita miliki.

Sehingga untuk kamu yang sangat memerhatikan kehidupan sosial dan ingin memperbesar relasi, hal ini menjadi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Lingkup kamu bukan hanya dari lingkungan kerja saja, melainkan bertambah dari berbagai kelas dan kalangan. Bisa menambah kenalan dari dosen kampus dan juga pertemanan kuliah.

Kuliah di kelas karyawan, membuatmu berkesempatan bertemu banyak orang dari berbagai latar belakang. Jika beruntung kamu bisa bertemu dengan partner yang bisa diajak kerja bersama.

Itulah beberapa hal yang harus kamu tahu jika ingin mengambil kerja sambil kuliah. Pastinya banyak orang tahu bahwa mengerjakan dua hal dalam satu waktu bukan hal yang mudah. Namun dengan pertimbangan yang matang, kamu sudah menilai resiko, memikirkan cara mengatasi masalahnya bahkan juga bisa mengukur kemampuan kamu untuk mengambil keputusan tersebut.

Tips Kerja Sambil Kuliah

Berikut adalah beberapa tips menjalankan kerja sambil kuliah untuk kamu.

1. Lihat Kondisi Pekerjaan

Sebelum memutuskan mengambil kerja sambil kuliah, kamu perlu melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu, apakah bidang kerja dan perusahaan kamu mendukung untuk di sambi kuliah?

Beberapa bidang kerja sangat padat dan tidak memberikan celah untuk mengambil kuliah. Ada juga pekerjaan yang masih mungkin untuk dibarengi kuliah karena tugas kerjanya yang masih fleksibel dan masih ada waktu untuk belajar.

Jika waktu kerja saja sudah sangat padat dan menyita pikiran, akan lebih baik jika menunda kuliah atau mengganti dengan pelatihan pendek.

Selain itu opsi yang bisa dipilih adalah dengan mencari pekerjaan yang masih memungkinkan untuk kuliah.

Contoh pekerjaan yang sulit disambi kuliah misalnya :

  1. Pekerja pabrik dengan kerja 8 jam sehari dan lembur sampai malam
  2. Pekerja bidang konstruksi dan bangunan yang banyak bekerja di lapangan dan lembur sampai malam

Jika sudah overload dengan pekerjaan, maka pikirkan kembali keputusanmu untuk menambahkan kuliah di tengah kesibukan bekerja.

2. Pilih Kampus yang Menyediakan Kelas Karyawan

Sekarang ini ada banyak kampus yang menyediakan kelas karyawan lho. Dengan membuat jadwal yang berbeda dengan perkuliahan reguler.

Kelas karyawan memiliki jadwal kuliah malam atau memberikan kuliah online (non tatap muka) dan hanya offline di saat tertentu saja.

Dengan waktu yang cukup fleksibel seperti ini akan memudahkan karyawan untuk tetap bisa mengikuti kuliah di luar jam kerja dan tidak akan mengganggu pekerjaan.

Baca Artikel : 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

3. Tunda Dulu Ber-organisasi

Ada kalanya kamu perlu fokus dengan apa yang perlu dijalani, tidak perlu semua hal harus diikuti namun memberikan hasil yang kurang maksimal.

Umumnya kampus akan memberikan kesempatan kamu untuk berorganisasi, baik dalam organisasi kreatif maupun organisasi kemahasiswaan.

Namun alangkah lebih baiknya jika melewatkan organisasi kampus dan berfokus pada bidang kuliah dan pekerjaan kamu. Dengan begitu konsentrasi akan tetap terjaga, manajemen waktu juga akan lebih mudah.

4. Manage Keuangan

Biaya kuliah juga tidak kecil lho. Otomatis pengerluaran kamu banyak tersita untuk biaya kuliah. Selain biaya semester juga akan ada biaya pembuatan tugas dan biaya keperluan lainya.

Jadi kamu perlu menyisihkan uangmu untuk kuliah. Tabung gaji karyawan untuk biaya semester, sisihkan nominal tertentu sehingga pembagian untuk uang pendidikan sudah jelas dan tidak bisa di ganggu lagi.

Kamu bisa membuat post-post pengeluaran, sehingga akan lebih terstruktur

Tips Nabung Kerja Sambil Kuliah
Tips Nabung Kerja Sambil Kuliah

5. Bagi Waktu

Mulai hilangkan kebiasaan yang kurang penting dan tidak efektif seperti kebiasan nongkrong yang kurang bermanfaat, nonton film sebulan sekali, nonton setiap konser yang ada atau bemain sosial media sampai lupa waktu.

Buat manajemen waktu yang baik dan sesuai dengan dirimu sendiri sehingga membuat hidup lebih teratur.

Baca : Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

Kesimpulan

Bekerja sambil kuliah bukan hal yang mudah, ada banyak hal yang perlu diurus, baik dari pembagian tugas, waktu dan keuangan. Untuk itu sebelum mengambil keputusan untuk kerja sambil kuliah, akan lebih baik mempertimbangkannya dengan baik sehingga keduanya akan berjalan dengan baik pula.

Itulah penjelasan kita hari ini tentang kerja sambil kuliah untuk kamu, semoga bermanfaat dan membantu kamu.

aplikasi absensi kantor kita

Untuk kebutuhan absensi online, jangan lupa bisa menggunakan aplikasi absensi karyawan online dari Kantor Kita.

Aplikasi absensi dengan fitur lengkap dan terjangkau. Daftar dan gunakan gratis selama 14 hari dengan mengikuti free trial Kantor Kita!

 

Previous articleTips Mengelola dan Mengatasi Karyawan yang Sering Absen
Next articleContoh Form Penilaian Karyawan Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here