Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

0
9960
Skill Penting dalam Dunia Kerja
Skill Penting dalam Dunia Kerja

Keahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia KerjaDunia kerja adalah dunia yang sangat dinamis dan sangat berbeda dengan dunia sekolah ataupun kuliah. Adanya perbedaan-perbedaan ini membuat kita harus berlajar dan berubah mengikuti kehidupan dunia kerja. Jika masa belajar kita hanya menerima pelajaran dan membuat tugas, maka di kehidupan kerja kamu melihat dunia yang sama sekali berbeda. Apa saja bekal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja agar lebih mudah beradaptasi dan mengikuti lingkungan kerja? Berikut ulasan tentang Skill Penting dalam Dunia Kerja untuk kamu

 

Skill Penting dalam Dunia Kerja  

Agar bisa lancar dalam bekerja baik dalam hal adaptasi lingkungan maupun bidang kerja yang dikerjakan, seorang karyawan perlu melengkapi dirinya dengan skill khusus atau keahlian yang membuat proses kerja lebih mudah.

Skill Penting dalam Dunia Kerja  
Skill Penting dalam Dunia Kerja

Seperti yang kita tahu keterbatasan skill membuat proses kerja bisa terhambat. Itulah yang membuat penguasaan keahlian menjadi hal yang diperlukan di dunia kerja. Berikut adalah beberapa contoh keahlian yang perlu dimiliki di dunia kerja.

1. Technical skill

Kemampuan teknik adalah salah satu hal yang harus kamu persiapkan untuk memasuki dunia kerja. Kemampuan teknik ini akan membantumu menyelesaikan atau meng handle pekerjaanmu dengan baik, tanpa menguasai kemampuan Skill Penting dalam Dunia Kerja ini kamu akan kesulitan dalam menjalani kehiudpan kerjamu. Ada bebeapa kamampuan teknik yang penting dikuasai untuk masuk di dunia kerja seperti

a. Kemampuan Menggunakan Teknologi 

Menggunakan komputer adalah kemampuan dasar dimana semua pekerjaan sekarang ini sudah menggunakan teknologi ini untuk menyelesaikan pekerjaan. Pasti kamu sudah sangat familiar mengoperasikan komputer, jika kamu kurang mahir menggunakan komputer lebih baik latihlah kemampuanmu dari sekarang karena ini adalah kemampuan basic. Software dasar yang pasti selalu digunakan dalam dunia kerja dan perlu kuasai untuk memudahkan pekerjaanmu adalah Pengolah data, pengolah angka  juga kemampuan mengoperasikan PC dan perangkat lain dengan baik.

Penguasaan software juga tergantung dari pekerjaan yang kamu miliki, misalnya kamu adalah kontraktor atau designer maka beberapa aplikasi yang harus kamu kuasai untuk mendukung pekerjaanmu adalah Autocad atau SketchUp.

Sedangkan untuk kamu yang bekerja sebagai desainer grafis misalnya, maka wajib untuk menguasai software editing foto seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator dan lainya.

Juga penguasaan software lainya, seperti penyimpanan cloud, aplikasi hris dan payroll dan software sesuai kebutuhan kerja.  Kemampuan teknik ini menjadi dasar kamu bekerja jadi persiapkan sebaik mungkin agar kinerjamu bagus dan lancar. Jika kamu bisa menguasai dengan bagus pekerjaan akan terasa ringan.

b. Kemampuan Teknis Pendukung Kerja 

Technical skill sangat bergantung dengan jenis profesi yang kamu miliki misalnya kamu fashion baju maka kemampuan teknik yang harus kamu kuasai adalah menggambar design, membuat pola, menjahit, memotong dan lain sebagainya.

Techical skill ini akan sangat menentukan kualitas hasil pekerjaan kamu. Jika kamu dapat menguasai kemampuan teknis dengan baik, bukan hanya pekerjaan yang lancar namun juga hasil lebih maksimal.

2. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah salah satu kemampuan yang harus dilatih sejak masa belajar untuk bekal masuk kerja, kemampuan komunikasi ini sangat penting digunakan di dunia kerja sehingga proses koordinasi dengan rekan kerja bisa terjaga. Kemampuan ini sangat dibutuhkan sepanjang waktu. Dan tentu saja akan mempengaruhi proses adaptasi kerja juga proses bekerja.

Di dunia kerja yang banyak dijumpai berbagai macam masalah, maka dengan komunikasi yang baik problem solving akan didapatkan dengan mudah. Komunikasi yang buruk juga menjadi salah satu penyebab konflik internal dimana saja. Untuk itu banyak proses rekruitmen kerja dimana HR melihat seberapa bagus kemampuan komunikasi seorang kandidat.

Fitur Broadcast Di Aplikasi Kantor Kita
Fitur Broadcast Di Aplikasi Kantor Kita

Kemampuan berkomunikasi yang bagus akan kelihatan dari bagaimana kamu menyusun kata-kata ataupun berbicara di depan publik, cara berkomunikasi dengan orang lain dan lainya.

Kemampuan komunikasi selain penting digunakan untuk internal juga sangat penting digunakan jika kamu memiliki profesi yang langsung berhubungan dengan pelanggan misalnya customer service, pebisnis, sales juga freelancer dengan banyak klien. jadi kamu bisa memberikan informasi dengan baik dan tetap percaya diri. Kemampuan berkomunikasi bisa kamu pelajari di sekolah atau di kampus dengan mengikuti berbagai organisasi. Ini merupakan softskill dimana tidak semua orang memilikinya dan sangat penting untuk dimiliki dan mendukung proses kerja lebih lancar.

Baca Juga Artikel : 5 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

3. Manajemen Waktu

Hal yang harus dikuasai ketika masuk di dunia kerja adalah managemen waktu. Dunia kerja penuh dengan peraturan, deadline, agenda maupun jadwal sehingga kamu harus bisa mengelola waktu dengan baik agar semua pekerjaan selesai dengan baik. Managemen waktu yang baik akan memberimu banyak kemudahan sebaliknya managemen yang buruk akan membuatmu lebih sulit untuk mengatur pekerjaan dengan baik.

informasi tentang manajemen waktu yang baik di dunia kerja sudah pernah kami bahas dalam ulasan Manajemen Waktu Kerja Karyawan.

4. Team Work

Skill Penting dalam Dunia Kerja penting lain yang harus dimiliki pekerja adalah kemampuan bekerja dalam tim, sepertinya hal ini sangat mudah dan sederhana namun tidak semudah itu.

Kemampuan bekerja dalam tim membutuhkan kemampuan berbicara, mendengarkan, dan bekerja sama dengan orang lain. Banyak orang yang sulit untuk bekerja dengan orang lain karena perbedaan sifat oleh karena itu ini memerlukan karakte yang flesibel dan sportif agar target tim bisa terpenuhi. Kemampuan ini banyak dibutuhkan di dunia kerja jadi persiapkan hal ini dengan baik.

5. Problem Solving

Menjadi orang yang memiliki kemampuan problem solving harus memiliki banyak wawasan dan pengetahuan, tentu saja hal ini bisa didapat dari proses belajar. Kemampuan problem solving adalah kemampuan yang banyak dibutuhkan perusahaan sehingga saat menemui masalah baik ketika bekeja sendiri maupun bekerja dengan orang lain bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

6. Kreatif

Menjadi karyawan tidak melulu menggunakan satu cara yang sama untuk mengerjakan pekerjaan, hal ini membuat karyawan harus memiliki sikap kreatif agar bisa mengerjakan sesuatu dengan cara yang berbeda. Sikap kreatif juga bisa digunakan dalam menyelesaikan masalah sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik.

 

Kesimpulan 

Masuk ke dunia kerja memang tidak mudah karena dituntut harus bisa meng-handle banyak hal. Namun kamu harus bisa mengikuti pola yang ada dalam dunia kerja. Sikap fleksibel, soft skill dan kemampuan teknis bisa membantumu bekerja lebih baik sehingga betah dalam suasana kerja di kantor.

customer service kantor kita
customer service kantor kita

Jangan lupa gunakan aplikasi absensi online Kantor Kita yang bisa membantu Anda dalam berabsen di kantor ataupun di mana saja baik WFO maupun WFH, salah satu sistem HRIS Indonesia yang cukup lengkap dengan harga terjangkau.

sekian ulasan ini tentang Skill Penting dalam Dunia Kerja, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here