Hindari 5 Kesalahan Ini untuk Mencegah Penurunan Kinerja Karyawan

0
735
Hindari 5 Kesalahan Ini untuk Mencegah Penurunan Kinerja Karyawan

Hindari 5 Kesalahan Ini untuk Mencegah Penurunan Kinerja Karyawan – Salah satu persoalan yang kerap melanda sebuah perusahaan adalah employee management yang kurang baik. Hal tersebut akhirnya berdampak pada penurunan kinerja karyawan. Tentu saja untuk jangka panjang kondisi ini akan kurang baik terhadap ekosistem perusahaan.

Biasanya, kurangnya manajemen karyawan ini berupa ketidakmampuan sebuah pemimpin perusahaan dalam menjalankan praktik kepemimpinan. Pemimpin seharusnya mempunyai kesadaran bahwa karyawan adalah aset yang sangat berharga sehingga perlu membina baik hubungan keduanya.

Penurunan Kinerja Karyawan
Penurunan Kinerja Karyawan

Untuk menjadi bahan referensi, pada kali ini akan dijelaskan kesalahan apa saja yang kerap dilakukan oleh perusahaan yang menyebabkan produktivitas karyawan atau kinerja karyawan menurun. Pembahasan ini juga akan membantu jika Anda memang bergerak di bidang tersebut.

 

Kesalahan yang Menyebabkan Penurunan Kinerja Karyawan

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan hingga membuat kinerja karyawan menurun drastis. Jadi, sebaiknya hindari beberapa hal tersebut demi menjaga ekosistem kerja yang lebih baik.

1. Kurangnya Komunikasi Secara Efektif

Komunikasi terbuka dengan karyawan sangat penting agar tidak ada jarak yang terlalu jauh yang menyebabkan hubungan menjadi renggang. Ada kalanya perusahaan harus melakukan komunikasi secara tertutup atau terbuka tergantung dari situasinya.

Ketika hal itu mencakup permasalahan yang lebih personal, maka komunikasi tertutup adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, cara ini akan membuat komunikasi terjalin lebih personal dan elemen perusahaan lainnya tidak perlu mengetahui hal tersebut.

Baca : Komunikasi dalam Tata Hubungan Kantor

2. Tidak Adil dengan Karyawan

Mungkin ini adalah salah satu kesalahan yang paling sering terjadi di sebuah perusahaan. Mereka kerap memperlakukan karyawan dengan tidak adil. Biasanya karyawan dengan performa bagus dan berpengaruh pada perusahaan akan mendapatkan perhatian lebih.

Padahal, jika hal ini diteruskan dalam jangka waktu yang lama, ekosistem perusahaan akan menjadi tidak baik dan menimbulkan kecemburuan antar karyawan. Kalau kecemburuan sudah muncul, tentu saja kinerja mereka pasti juga akan terpengaruh dan berdampak juga pada perusahaan.

Fitur Broadcast Di Aplikasi Kantor Kita

3. Lepas Tanggung Jawab Ketika Mengalami Kegagalan

Ketika mengalami kegagalan, besar kemungkinan karyawan atau pihak petinggi akan saling menyalahkan satu sama lain. Tentu saja kondisi tersebut akan membuat lingkungan menjadi tidak kondusif dan berimbas pada menurunnya kinerja karyawan.

Alih-alih berdiam diri atau justru ikut menyalahkan, pemimpin perusahaan sebaiknya mengambil tanggung jawab untuk meredam saling menyalahkan atas kegagalan yang terjadi. Setelah itu, barulah perusahaan bisa berdiskusi bersama-sama untuk menemukan solusi terbaik.

Kebanyakan manajer tidak berani mengambil tanggung jawab ini karena merasa tidak bersalah atas kegagalan yang terjadi. Memang hal tersebut bisa saja benar. Namun, sekali lagi jika kondisi sudah saling menyalahkan dan tidak kunjung diredakan, dampaknya akan cukup fatal untuk keberlangsungan sebuah perusahaan.

4. Kurang Memahami Karyawan

Satu hal yang perlu ditekankan adalah bahwa karyawan juga manusia. Artinya, setiap dari mereka memiliki karakteristik dan sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pemimpin perusahaan setidaknya harus benar-benar memahami mereka dengan baik.

Hubungan baik dengan karyawan akan membuat mereka menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan visi misi perusahaan. Begitu juga sebaliknya. Ketika pemimpin perusahaan kurang memahami karyawan, maka dampaknya akan cukup besar seperti penurunan performa mereka secara drastis.

Pemimpin perusahaan perlu memperhatikan hal-hal seperti latar belakang karyawan hingga aktivitas untuk memicu produktivitas seperti liburan dan sebagainya. Selain liburan, pemimpin juga bisa menjalin hubungan personal lebih dekat agar karyawan merasa benar-benar diperlakukan dengan baik.

5. Memberikan Arahan Kurang Jelas

Kesalahan dalam manajemen karyawan yang terakhir adalah tidak memberikan arahan dengan jelas. Sebuah perusahaan pasti memiliki visi dan misi yang harus terus dipertahankan. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa memberikan arahan dengan jelas untuk menjalankan visi misi tersebut.

Selain itu, arahan untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil juga harus jelas. Jika tidak, karyawan pun akan bingung tentang hal apa yang harus dikerjakan dan membuat kurang produktif.

Aplikasi manajemen karyawan
Aplikasi manajemen karyawan

 

Kesimpulan

Bisa dikatakan penting sekali untuk menjaga kinerja para karyawan untuk keberlangsungan jangka panjang sebuah perusahaan. Selain cara di atas, salah satu yang juga efektif dalam meningkatkan kinerja adalah menekankan kedisiplinan kehadiran menggunakan sistem absensi yang modern.

Saat ini sudah terdapat banyak penyedia sistem absensi karyawan modern seperti aplikasi absensi android Kantor Kita. Dengan sistem absensi online Kantor Kita, penurunan kinerja karyawan bisa diminimalkan karena perusahaan bisa memantau kedisiplinan mereka melalui catatan kehadirannya.

Previous articleMenagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja
Next articleKeahlian yang Harus Dimiliki Di Dunia Kerja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here