4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh  [Penjelasan Lengkap]

0
2535
4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh [Penjelasan Lengkap]

4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh  [Penjelasan Lengkap]Kita mengenal HRD adalah divisi yang cukup sibuk dan memiliki kebijakan dan kewenangan tertentu di kantor. Mengurus banyak hal terkait karyawannya, membuat HRD memiliki tugas dan kewajiban yang berbeda dengan divisi yang lainya.

Salah satu tugas yang wajib dibuat HRD adalah laporan. Ada banyak jenis laporan yang perlu diiurus tim HR dalam satu bulan. Bukan hanya laporan absensi saja, namun lainya juga. Tugas harian juga tidak kalah rumit karena perlu fokus untuk menghitung, dan Analisa yang tinggi.

Baca : Dear HRD, Tinggalkan Cara Lama dengan Cara Modern dan Efisien

Nah hari ini kita akan membahas mengenai laporan HRD, mulai dari jenis, fungsi dan contohnya untuk Anda. mari langsung kita bahas Bersama.

Laporan HRD

Ini adalah tugas yang perlu dibuat HRD minimal perbulannya. Dimana laporan ini digunakan untuk melakukan evaluasi dan penilaian karyawan. Laporan HRD terdiri dari beberapa macam, sehingga hasil setiap bulannya digunakan untuk mengevaluasi beberapa bidang.

HRD memiliki banyak laporan yang berisifat umum dan juga spesifik, misalnya laporan keterlambatan sampai dengan laporan turn over karyawan di perusahaan tersebut.

Jenis Jenis Laporan HRD

Ada beberapa jenis laporan untuk HRD. Mulai dari employee productivity sampai dengan employee loyalty. Di dalam laporan ini pastinya masuk variable yang dibutuhkan untuk penilaian. Mari langsung saja kita bahas.

Laporan Employee Productivity

Ini adalah laporan yang berisi penilaian terkait produktifitas karyawan. Bisa dinilai dari beberapa hal, misalnya dari

  1. Absensi
  2. Cuti
  3. Keterlambatan
  4. Lost hour

Laporan Employee Cost

Laporan employe cost ini adalah laporan keuangan dari HRD, yang meliputi keuangan karyawan berupa gaji dan juga operasional.

Memang urusan keuangan dan penyerahan gaji adalah tugas bagian keuangan, namun laporan keuangan HRD ini untuk melihat gaji karyawan dan digunakan untuk melihat kemampuan perusahaan untuk perekrutan Kembali.

Laporan gaji ini juga ada kaitanya dengan potongan pajak, BPJS dan lain sebagainya yang wajib dibayarkan kepada pemerintah.

Baca Artikel Rekomendasi Aplikasi Untuk Mempermudah Kerja Hrd

Employee Turn Over

Laporan employee turn over adalah laporan yang menggambarkan tingkat karyawan masuk dan karyawan undur diri. Kenapa laporan ini cukup berguna untuk perusahaan? Karena laporan ini akan menampilan tingkat turn over tinggi perusahaan.

Jika laporan menunjukkan turn over tinggi maka ada yang perlu diperbaiki dalam perusahaan tersebut. Atau bisa digunakan sebagai media evaluasi terkait manajemen, gaji dan lain sebagainya yang berkaitan dengan karyawan.

Employee Loyalty

Employee loyalty adalah laporan yang menggambarkan tingkat lama waktu kerja karyawan. Laporan ini didapatkan dari rata-rata tingkat masa kerja karyawan di perusahaan tersebut.

Ada banyak jenis laporan yang dibuat HRD setiap bualannya. Laporan dibuat bukan hanya untuk kepentingan administrative saja melainkan juga digunakan sebagai bahan untuk evaluasi kekurangan perusahaan dan juga digunakan untuk penyusunan rencana ke depannya.

Fungsi Laporan HR

Ada beberapa fungsi dari pembuatan laporan HR ini. Mari kita bahas lebih detail dari perpointnya.

Fungsi Penilaian

Laporan digunakan untuk bahan penilaian karyawan. Hal ini bisa dilihat dari absensi, dari total telat, total alpha dan lain sebagainya. sehingga dengan adanya laporan tertulis seperti ini, bisa digunakan untuk men-tracking kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Bayangkan saja jika karyawan tidak dinilai dari waktu ke waktu, maka total kesalahan tidak akan diketahui. Hasil kinerja dari waktu ke waktu tidak akan bisa ter-tracing dengan baik.

Tidak hanya dari sisi penilaian karyawan saja, namun ini juga digunakan untuk penilaian perusahaan. Bagaimana kualitas perusahaan dalam memberikan gaji kepada karyawan, bagaimana lingkungan kerja perusahaan yang akhirnya memengaruhi turn over karyawan dan lain sebagainya.

Tentunya sebuah perusahaan yang baik ingin menjadi perusahaan yang baik dan memberikan kesejahteraan untuk karyawannya.

Fungsi Administrative

Selanjutnya adalah fungsi administrasi. Dimana laporan sebagai bukti tertulis yang juga digunakan untuk sumber informasi perusahaan. Sehingga jika nantinya ada audit juga pemeriksaan atau sekedar kebutuhan informasi biasa tentang perusahaan dan karyawan, bisa langsung melihat data administrative ini.

Fungsi Evaluasi

Fungsi evaluasi, ini adalah fungsi laporan untuk evaluasi hasil kerja karyawan dan juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan.

Jika hasilnya menurun tentu saja akan dilakukan tindakan lanjut sehingga hasilnya bisa kembali normal ataupun hasilnya bisa lebih baik dari sebelumnya.

Jadi sebuah laporan memiliki tujuan tersendiri untuk dibuat baik itu digunakan untuk evaluasi atau menampilkan kerja karyawan namun semuanya sama-sama dibutuhkan dalam perusahaan.

Contoh Laporan HRD

Berikut adalah contoh laporan absensi karyawan yang terdiri dari laporan productivity sampai dengan turn over.

Employee Productivity

  1. Jumlah Pegawai Pertahun
Gambar 1 Contoh Laporan Jumlah Pegawai
Gambar 1 Contoh Laporan Jumlah Pegawai

2. Laporan Absensi Karyawan

contoh laporan absensi karyawan
Gambar 2. Contoh Laporan Absensi Karyawan

3. Keterlambatan

 Contoh Keterlambatan
Gambar 3 Contoh Keterlambatan

Dengan beberapa contoh laporan di atas, Anda bisa mengetahui bagaimana HRD membuat laporan setiap bulannya.

Baca Artikel Tentang Keuntungan Menggunakan Laporan Absensi Online untuk Mempermudah Kerja HRD

Mudahkan Buat Laporan dengan Kantor Kita!

Kini buat laporan tidak lagi susah harus buat manual, karena sudah ada aplikasi yang membantu HR untuk bergerak dengan cepat dan hasil yang akurat, yaitu menggunakan aplikasi HR. Urusan membuat laporan absensi, payroll dan cuti bisa dengan mudah diurus hanya dengan satu aplikasi.

Anda bisa menggunakan aplikasi HR untuk mendapatkan laporan absensi karyawan online otomatis, salah satunya dari aplikasi HR Kantor Kita. Ditampilkan dengan baik, mudah dibaca dan tentunya bisa didownload sesuai dengan kebutuhan.

Dengan aplikasi HR Kantor Kita tidak perlu lagi membuat laporan absensi karyawan, karena sudah tercatat dengan baik sehingga Anda tidak perlu buat manual lagi.

Mau mencoba menggunakan Kantor Kita? coba gratis dengan kesempatan free trial 15 hari untuk mencoba semua fitur gratisnya!

Sekian ulasan kita hari ini tentang 4 laporan HRD : jenis, fungsi dan contohnya, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here