Sales Canvasser : Definisi, Tugas, dan Fungsi

0
15516
Sales Canvasser : Definisi, Tugas, dan Fungsi

Sales Canvaser : Definisi, Tugas, dan FungsiSales canvasser adalah salah satu jenis pekerjaan yang saat ini cukup banyak dicari oleh perusahaan. Berbeda dengan tugas sales biasa yang bergerak dengan fokus kegiatan menjual, maka sales canvasser ini lebih kepada kegiatan menawarkan.

Sales canvasser sendiri bertugas untuk menjalankan tugas canvasing, dimana canvasing ini sendiri memiliki arti komunikasi dengan pelanggan.

Sales canvasser juga semakin banyak dicari apalagi sekarang media komunikasi juga sangat mendukung untuk melakukan hal ini. Pekerjaan ini cukup menjanjikan, namun bagaimana sih sebenarnya tugas sales canvasser di dalamnya? Mari kita ulas.

Definisi Sales Canvasser

Sales canvasser adalah seseorang yang berugas untuk menjalin komunukasi dengan konsumen, sebagai bentuk penerapan metode canvasing itu sendiri. Metode canvasing adalah metode komunikasi langsung dengan  pelanggan.

Dimana sales canvasser ini bisa menggunakan berbagai media untuk menjalankan pekerjaanya. Beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan sosial media, email, sampai dengan aplikasi perpesanan lainya.

Jadi memang sales canvasser masih di lingkup penjualan namun memilik jobdesk yang berbeda dengan sales lainya.

Sales Sales canvasser Marketing
Menjual dan mendistribusikan produk Melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk menjual produk melalui banyak media Mengiklankan produk di berbagai media dan bertanggung jawab atas brand awareness produk

Table 1 Perbedaan Sales, Sales Canvaser dan Marketing

Apa Jobdesk Sales Canvasser ?

Sales canvasser memiliki satu jobdesk khusus yaitu melakukan komunikasi. Namun ada tugas secara mendetail dari sales canvasser ini.

1. Melakukan Pemetaan Penjualan

Walaupun penjualan dilakukan secara online, namun cara penjualan ini tidak bisa dilakukan dengan merata, semua orang ditawari produk yang dijual. Melainkan sales canvasser juga perlu memiliki database dan pengelompokan target konsumen juga. Sehingga dengan begitu proses penjualan akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan kerja yang efisien.

2. Melakukan Penjualan di Media Online

Jobdesk sales canvasser yang utama adalah melakukan penjualan produk di berbagai media sekarang ini misalnya bisa  menggunakan email, whatsapp, facebook, atau juga pesan pribadi. Untuk melakukan penjualan dengan cara komunikasi dengan pelanggan ini, tentu saja ada etika dan aturannya sendiri.

Baca Artikel Tentang Sales: Definisi, Jobdesk dan Manajemenya

Sebab mereka menjual atas nama perusahaan, jika komunikasi dilakukan dengan sembarangan tentu saja akan membawa nama buruk juga untuk perusahaan.

3. Melakukan Follow Up

Selanjutnya adalah melakukan follow up kepada pelanggan. Melakukan follow yip ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya adalah menarik pelanggan agar melakukan pembelian lagi, untuk mengingatkan pelanggan untuk memperpanjang layanan atau sekedar memberikan informasi tentang produk baru atau promo.

4. Menghadiri Event Tertentu

Sebagai seseorang yang memiliki tugas untuk berkomunikasi dengan pelanggan, maka tugas sales canvasser adalah juga menghadiri event tertentu dimana ini bisa membuat seorang sales bisa mendekati konsumen. Pun bisa mendapatkan konsumen baru, menawarkan jasa dan meningkatkan penghasilan.

Itulah beberapa tugas utama dari seorang sales canvasser. Dengan adanya sales canvasser penjualan bisa ditingkatkan dan komunikasi dengan pelanggan juga bisa terjalin.

Bagaimana Sales Canvasser Bekerja?

Ada beberapa tahapan seorang canvasser untuk melakukan komunikasi dan penjualan dengan pelanggannya. Beberapa alur kerja sales canvasser adalah

pola kerja sales canvaser
Figure 1. Pola Kerja Sales Canvaser

1. Melakukan Pendekatan dengan Pelanggan

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh sales canvasser adalah melakukan pendekatan kepada pelanggan. Tentu saja untuk melakukan pendekatan ini, seorang sales canvasser perlu memiliki target konsumen yang jelas.

Dengan penetapan target konsumen seperti ini, konsumen bisa lebih tepat, pelanggan yang membutuhkan sehingga keduanya akan merasa diuntungkan. Dengan begitu penjualan bisa berhasil dilakukan.

2. Menawarkan Produk

Selanjutnya adalah sales canvasser menawarkan produk yang ia miliki kepada target konsumen. hal ini bisa dilakukan dengan presentasi, mengirimkan proposal, penawaran dan lain sebagainya. tujuan dari penawaran produk ini adalah konsumen bisa mendapatkan informasi mengenai produk apa yang akan dijual, manfaatnya, harganya dan lain sebagainya.

Tanpa penawaran produk ini, konsumen tidak akan tahu bagaimana produk kita, bagaimana kualitas dan lain sebagainya. Semakin seseorang lebih mengenal produk maka tentu saja akan lebih mudah untuk dijual.

3. Closing

Transaksi adalah proses penjualan produk, dimana sales canvasser bisa menjual produknya untuk konsumen. sehingga proses jual beli atau transaksi bisa dilakukan. Berbeda dengan proses pengenalan produk, proses menjual ini, sales canvasser sudah berhasil meyakinkan calon konsumen akan produk yang dijualnya. Sehingga konsumen deal untuk melakukan pembelian.

4. Aftersale

Pelayanan aftersale juga cukup penting untuk menjaga seorang konsumen untuk menjadi pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan bantuan kepada konsumen jika ada masalah, pelayanan yang bagus dan juga memberikan after closing misalnya dengan pemberikan bonus, diskon atau lain sebagainya.

Baca Artikel Tentang Aplikasi Sales Management

Jadi sales canvasser memiliki pola kerja sendiri untuk meningkatkan penjualan. Hal ini berhubungan dengan jobdesk yang dimiliki.

Kenapa Sales Canvasser Itu Penting?

Ada beberapa hal yang membuat sales canvasser itu penting dan memiliki peran tersendiri dibandingkan dengan sales biasanya. Sebab sales canvasser ini memiliki peran untuk

1. Meluaskan Jangkauan Penjualan

Ada beberapa peran sales canvasser untuk perusahaan. Salah satunya dengan jasa sales ini, penjualan bisa lebih luas dari berbagai daerah. Bahkan tidak menutup kemungkinan di seluruh Indonesia. Jika sales biasa hanya menjual dan mendistribusikan berdasarkan wilayah jangkauan saja, maka sales canvasser yang menggunakan berbagai media bisa menjual produk di banyak tempat sehingga hal ini akan meningkatkan penjualan.

2. Penetrasi Produk

Penetrasi produk di lapangan juga lebih tinggi, sebab sales canvasser akan melakukan penjualan sampai deal. Produk bisa lebih dikenal dan bisa berkompetisi dengan produk lainya. Penterasi produk ini juga cukup luas.

Baca Artikel : Cara Monitoring Sales

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan di Masyarakat

Semakin tingginya angka distribusi dan penetasi produk di masyarakat maka akan meningkatkan kepercayaan produk di masyarakat. Produk bisa lebih banyak dikenal dan dipercaya sehingga juga meningkatkan peluang produk lebih banyak dipilih.

Ada banyak kelebihan menggunakan sales canvasser di perusahaan. Bekerja sama dengan para marketing dan sales biasa untuk meningkatkan penjualan di produk.

Kelola Sales dengan Aplikasi Manajemen Sales Kantor Kita

Anda bisa melakukan pematauan dan mengelolaan sales di perusahaan menggunakan aplikasi manajemen sales dari Kantor Kita. Hadir dengan berbagai fitur yang berguna untuk tim sales dan memudahkan manajer untuk memonitor kerja tim sales.

Beberapa fitur ini misalnya gps untuk tracing lokasi, laporan penjualan, manajemen pelanggan sampai dengan analisis penjualan.

Dengan penggunaan aplikasi manajemen penjualan ini, sales bisa lebih terkontrol dan kerja lebih efisien untuk mendapatkan target penjualan.

Kesimpulan

Sales canvasser adalah satu hal yang berguna untuk perusahaan terutama untuk mengelola penjualan perusahaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sales canvasser lebih bekerja dengan fokus untuk komunikasi dengan konsumen sehingga penjualan bisa dilakukan.

Perusahaan juga perlu melakukan monitoring dengan sales canvasser agar bisa terjaga dan bekerja secara efisien. Anda bisa menggunakan aplikasi sales dan marketing Kantor Kita untuk membantu mengelola sales canvasser dengan baik. Berisi hasil kinerja sales sampai dengan laporan penjualan dan pencapaian yang bisa digunakan.

Itulah penjelasan tentang sales canvasser ini untuk perusahaan. Semoga bermanfaat!

Previous articleBolehkah Karyawan Pinjam Uang ke Perusahaan?
Next article4 Laporan HRD : Jenis, Fungsi, dan Contoh  [Penjelasan Lengkap]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here