Employee Gathering : Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan

0
22
gathering
Employee Gathering : Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan

Employee Gathering : Menyenangkan dan Bermanfaat untuk Karyawan. Masuk di dunia kerja berarti kita akan masuk dalam satu tatanan organisasi baru, apapun posisinya, kita juga memiliki tanggung jawab sosial dalam tempat kerja. Namun masih banyak sekali karyawan yang tidak dekat walau sudah bekerja dalam waktu tertentu atau ke-solid an tim masih dipertanyakan.

Melihat hubungan antar rekan kerja dan tim yang masih renggang ini tentunya juga tidak bagus untuk koordinasi pekerjaan bahkan bisa menghambat. Masalah seperti ini sebenarnya bisa untuk diperkuat lagi hubungan antar karyawan, jadi selain menghasilkan ikatan yang kuat dalam satu tim juga memberi dampak positive vibes untuk perusahaan tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan Employee Gathering. Kegiatan luar pekerjaan seperti ini sudah banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan untuk menjaga kebersamaan. Gimana sih sebenarnya employee gathering itu dan apa manfaatnya? Di artikel kali ini Kantor Kita akan membahas mengenai Manfaat employe gathering. Langsung saja kita bahas…

Apa Itu Gathering??

Kata gathering merupakan kata asing yaitu dari bahasa inggris yang memiliki arti pertemuan. Jika employee gathering berarti pertemuan dengan sesama karyawan di perusahaan. Namun sebenarnya gathering memiliki arti yang lebih dari itu.

Gathering tidak hanya sekedar bertemu saja namun ada waktu yang terjadwal untuk kegiatan bersama karyawan dengan diisi kegiatan-kegiatan yang betujuan untuk menjalin kebersamaan antar karyawan.Absensi Mudah dengan Kantor Kita

Kegiatan ini dilakukan juga untuk meredakan kejenuhan dan stress karyawan yang sudah bekerja berhari-hari. Jika biasanya antar karyawan berkoordinasi untuk masalah pekerjaan saja maka di acara gathering ini komunikasi dan koordinasi antar karyawan dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih akrab.

Apa Bedanya Outing, Outbound dengan Gathering?

Memang ada beberapa kegiatan di luar pekerjaan yang sering dilakukan perusahaan. Beberapa kegiatan tersebut adalah outing, gathering dan outbound. Ketiga hal di atas tersebut berbeda lho. Berikut perbedaan ketiga kegiatan tersebut

  1. Outing

Outing adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam dan lingkungan kerja untuk hiburan maupun ajang pengakraban diri dengan karyawan. Kegiatan yang biasa dilakukan untuk outing ini biasa berisi permainan yang tidak begitu menguras tenaga namun tetap fun.

  1. Gathering

Gathering hampir sama dengan outing hanya saja gathering ini lebih condong kepada kegiatan-kegiatan yang santai dan menghibur karena tujuannya memang untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Acara gathering ini cenderung ke acara yang santai seperti staycation bersama, camping atau makan dan masak dan acara hiburan non fisik lainya.

  1. Outbound

Ini ada jenis acara yang cukup berbeda dari kegiatan karyawan yang sebelumnya. Jika di atas acara cenderung ringan maka outbound ini banyak dilakukan dengan kegiatan fisik yang menyenangkan seperti permainan.

Tujuan dari outbound ini memang lebih dari sekedar menjalin keakraban namun juga untuk memperkuat kerja sama tim, kepemimpinan dan lain sebagainya. Baca artikel : Pentingnya Work Life Balance dan Berbagai Manfaatnya untuk Karyawan

Apa sih Manfaat Employee Gathering??

Ada banyak sekali Manfaat employe gathering yang dilakukan oleh perusahaan, manfaat ini terutama di rasakan untuk karyawannya. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika mengikuti Gathering adalah

  1. Lebih Mengenal Satu Sama Lain

Perusahaan yang memiliki banyak karyawan memiliki kemungkinan belum mengenal satu sama lain loh. Pekerjaan yang menuntut untuk fokus dari pagi sampai sore membuat karyawan hanya befokus pada pekerjaannya sehingga terkadang sesama karyawan tidak begitu mengenal dengan baik.

aplikasi absensi online
www.kantorkita.co.id

Dengan acara gathering ini, pastinya semua karyawan berkumpul. Inilah waktu yang tepat untuk mengenal satu sama lain, bahkan di luar konteks pekerjaan. Semakin banyak mengenal dengan baik pastinya relasi semakin bertambah, bukan?

Pun saat di kantor juga terasa lebih menyenangkan karena sudah saling kenal.

  1. Sebagai Ajang Mengakrabkan Diri

Pernahkah Anda mengenal seseorang namun aktifitas sosialnya hanya sebatas bertegur sapa walaupun bekerja dalam satu lantai? Hal ini biasanya memberikan rasa sungkan dan bahkan juga kurang nyaman di beberapa situasi tertentu.

Untuk lebih mengenal dan mengakrabkan diri, Employee Gathering adalah salah satu kegiatan yang cocok untuk proses pengakraban diri sesama karyawan. Disini karyawan memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dan berinteraksi lebih santai dengan karyawan lain. Jadi suasana di kantor juga lebih cair dan menyenangkan jika sudah akrab satu sama lain.

  1. Me-refresh Otak

Acara gathering yang santai pastinya membuat karyawan merasa lebih rileks. Mengahbiskan waktu 5 atau 6 hari dalam satu minggu untuk bekerja terus menerus membuat karyawan stuck bahkan juga kurang termotivasi. Entah karena jenuh atau karena stress dari tekanan pekerjaan.

gathering
Acara gathering yang santai pastinya membuat karyawan merasa lebih rileks

Untuk me-refresh karyawan agar kembali bersemangat dalam bekerja maka acara gathering ini sangat cocok dilakukan. Kebosanan dan stress bisa dihilangkan sejenak dengan melakukan aktifitas yang santai dengan tempat yang menyenangkan. Pastinya semua karyawan akan merasa senang jika melakukan gathering namun dengan konsep yang santai dan menyegarkan pikiran.

Jika biasanya karyawan kurang aktif dan bosan dengan pekerjaanya yang mengakibatkan deadline telat atau absensi dan ketepatan waktu yang buruk, jika sudah re-fresing bisa banget semangatnya kembali. Target lebih baik dan Absensi jadi tertib. Untuk masalah absensi  jangan lupa menggunakan aplikasi absensi online Kantor Kita.

Setelah gathering, Semangat karyawan yang sudah kembali pastinya juga akan membuat karyawan produktif dalam pekerjaan. Dengan begitu bisa memberikan ide-ide segar dan vibes yang postif untuk perusahaan.

  1. Memperbaiki Hubungan

Hubungan manusia dengan manusia yang lainya terkadang cukup kompleks sehingga meninmbulkan pertentangan atau konflik satu sama lain. Masalah hubungan yang buruk sesama karyawan bisa disebabkan karena masalah kerja atau komunikasi yang buruk sehingga menimbulkan prasangka-prasangka.

Untuk menghilangkan konflik-konflik seperti ini, employee gathering bisa menjadi media untuk mengenal, memahami dan mengerti satu sama lainya. Jadi hubungan bisa lebih baik jika sudah mengenal dengan baik.

Rekomendasi Employee Gathering yang Cocok untuk Karyawan

Ada banyak sekali konsep atau tema gathering untuk karyawan. Apa saja sih ide-ide gathering yang cocok digunakan untuk employee gathering?

  1. Gathering di Alam

Ada banyak sekali objek wisata alam yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul. Misalnya di daerah pantai dimana melakukan piknik dengan membawa banyak makanan. Gathering di pantai bisa menjadi  ide yang menarik, disana bisa melakukan permainan, makan bersama, atau bermain air pantai sepuasnya. Bebas namun tetap terkoordinasi dengan baik.

Baca Artikel : Tips Mengatur Waktu di Bulan Ramadhan untuk Pekerja

Ide gathering di alam tidak hanya di daerah pantai saja lho, daerah dataran tinggi seperti pegunungan juga bisa banget digunakan untuk lokasi gathering. Daerah tinggi biasanya terdapat villa yang bisa digunakan untuk banyak orang. Dengan udara yang sejuk, dingin dan pemandangan yang bagus, acara gathering akan menjadi aktifitas yang menyenangkan.

  1. Cooking dan Dinner Gathering

Masak bersama menjadi satu kegiatan yang populer dan menyenangkan beberapa waktu ini. Untuk perusahaan yang masih memiliki karyawan tidak terlalu banyak, kegiatan memasak dan makan bersama ini bisa menjadi ide gathering yang menyenangkan. Tidak harus memasak dengan menu yang sulit, cukup membuat barbeque ataupun konsep menu grill lainya bisa menjadi kegiatan memasak yang menyenangkan.

  1. Camping

Kegiatan gathering yang satu ini cocok ketika dilakukan ketika pesertanya berisi anak-anak muda. Camping menjadi satu hal yang menantang sekaligus menyenangkan. Camping ini bisa menjadi acara gathering yang seru dan berkesan loh, selain santai juga seru.Aplikasi Absensi pegawai

Acara employee gathering adalah satu kegiatan perusahaan untuk meningkatkan keakraban dan ke solid an karyawan. Acara ini diperlukan sebagai bentuk perkembangan diri karyawan dan meningkatkan kenyamanan kerja karyawan, yang memiliki harapan output nya bisa memberikan dampak yang baik untuk perusahaan.

Jangan lupa lengkapi perusahaan dengan aplikasi absensi online Kantor Kita untuk membantu memantau kinerja karyawan dengan baik.

Itulah informasi mengenai Manfaat employe gathering untuk karyawan dan perusahaan. Jadi gimana? Sudahkan kantor Anda melakukan gathering?  Yuk Gathering untuk hubungan karyawan yang lebih baik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here