Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

0
105

Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja – Tempat kerja adalah salah satu alasan kenapa karyawan mengalami stress atau biasa disebut juga dengan stres kerja. Tidak heran hal ini terjadi, karena di kantor atau tempat kerja ini pekerja di hadapkan dengan banyak tuntutan dan tekanan. Ada juga, masalah pertemanan di dunia kerja juga sangat mungkin menjadi stressor pekerja loh. Dengan tanggung jawab yang besar dan kehidupan pribadi membuat karyawan stress hingga mempengaruhi kinerjanya di kantor atau tempat kerja, dengan begini produktfitasnya bisa menurun. Gunakan piranti pendukung kerja untuk mengurangi beban di dunia kerja, salah satunya menggunakan aplikasi absensi online KANTOR KITA, membantu kamu mengurus masalah absensi jadi bekerja lebih mudah.

Aplikasi Kantor Kita Membantu Memanagement waktu

Oleh karena itu pekerja harus mengetahui ilmu managemen stress untuk membantunya mengatasi stress dan tetap memiliki kinerja yang bagus di kantor. Salah satu cara yang membantu karyawan memiliki ilmu manage stress adalah dari pelatihan. Perusahaan yang peduli dengan karyawannya pasti melakukan pelatihan untuk pengembangan produktifitas karyawan. Bagaimana sih Cara Mengatur Stress Agar Bisa Fokus Saat Bekerja?? kita ulas di artikel berikut ini

Ketahui Apa Pencetus Stress

Terkadang stress yang ada dalam diri kita tidak diketahui apa penyebabnya sampai akhirnya kita menelusur sendiri apa yang terjadi. Stress bisa datang tidak hanya dengan ciri overthinking dan sedih saja namun juga dengan rasa lelah berkepanjangan, mood swing, mudah marah ataupun nafsu makan yang menurun. Jika kamu pernah merasakan seperti yang sudah di sebutkan di atas, bisa jadi kamu sedang stress.

Nah jika dibiarkan berlarut-larut, stres ini akan membawa dampak buruk pada tubuh, kehidupan pribadi, sosial maupun untuk pekerjaan. Segera sadari bahwa ada yang aneh dan berbeda dari dirimu untuk memperoleh jawabnya adalah kamu harus menelur pikiranmu sendiri, apa yang menyebabkanmu seperti ini kemudian kamu bisa mencari solusi atas masalah tersebut. Mengetahui pencetus stress bisa membantu kamu menemukan solusi atas hidupmu.

Prioritas Pikiran

Tidak semua hal bisa kamu pikirkan terus menerus, hal ini hanya akan membuat kamu lelah dan terbabani. Bagaimana ingin mencari solusi jika kamu hanya fokus memikirkan masalah tersebut tanpa bertindak? Masuk di dunia kerja ada banyak hal penting yang harus kamu pikirkan, akan lebih baik kamu mulai menyaring hal-hal yang dirasa tidak penting untuk dipikirkan untuk mu, misalnya kamu tidak akan bisa mengatur pikiran dan perkataan orang lain namun kamu harus mengetahui cara menyikapinya. Prioritaskan mana yang harus dipikirkan sekarang atau tidak perlu dipikirkan dan mana yang harus dipikirkan. Membiasakan hal ini membuat hidupmu lebih nyaman karena tidak semua hal perlu dipikirkan.

Baca : 10 Tips Mengatasi Stres Di Temapt Kerja 

Komunikasi

Salah satu cara menyelesaikan masalah dengan mengkomunikasikanya. Managemen stress yang cukup efektif untuk seseorang yang sedang bermasalah dengan rekan kerja yang lain adalah membicarakan masalah yang terjadi. Atau mengkomunikasikan masalah yang terjadi padamu dengan orang lain yang kamu anggap bisa mendengarkan masalahmu. Dengan begitu kamu memiliki sudut pandang yang berbeda dalam melihat masalahmu.

Lampiaskan Stress Mu

Memendam stress maupun uneg-uneg dalam hati, tidak baik untuk manusia. Memendam masalah ini hanya akan mendatangkan masalah baru, bisa jadi bom yang kapanpun bisa meledak. Memendam juga tidak akan menyelesaikan masalah ia hanya menumpuknya dan bisa keluar kapan saja. Selain itu memendam masalah membuatmu terbebani terus menerus. Ada beberapa cara yang menghindari mu dari memendam masalah, beberapa metode yang bisa membantumu lebih baik untuk menangani stress adalah

  1. Menangis
  2. Menuliskan masalahmu di selembar kertas
  3. Menggambar atau melukis
  4. Bercerita

Melampiaskan masalahmu akan jauh lebih baik daripada memendam sendirian, metode ini bisa kamu gunakan untuk membuatmu lebih baik. Jadi stress bisa dilampiaskan dan kamu bisa merasa lebih baik.

Ubah Gaya Hidup

Absensi Mudah dengan Kantor KitaStress tidak hanya berasal dari luar diri kita saja loh, beberapa pencetus stress diri kita yang buat. Misalnya adalah pola hidup yang tidak teratur, begadang dan bangung siang ataupun jadwal kerja dan pribadi yang berantakan. Tidur yang tidak teratur sangat bisa membuat stress, kurang tidur menyebabkan perasaan mudah marah dan mood buruk, jika begini setiap hari maka pekerjaan kamu  bisa terganggu. Pikiran jadi tidak fokus dan rasa lelah sepanjang hari. Kinerja di kantor cukup buruk, kamu bisa mendapatkan peringatan. Jangan sampai kinerjamu berantakan karena gaya hidup yang tidak beraturan. Jika penyebab stres karena ketidakteraturan hidupmu maka yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki hidup agar kerja tetap fokus dan kehidupan pribadi lebih tertata.

Menjaga gaya hidup membuat kamu lebih teratur masuk kerja tanpa telat, apalagi sekarang absensi sudah banyak yang menggunakan absensi android KANTOR KITA, time tracker dalam aplikasi bisa menunjukan kinerjamu di kantor loh, yuk ubah gaya hidup lebih baik agar kinerja juga bisa lebih baik.

Baca : Manfaat Dan Efektivitas Aplikasi Absensi Online Untuk Perkantoran

Hiburan untuk Mengalihkan Perhatian

Memikirkan masalah setiap tidak membuatmu merasa lebih baik dan hanya berkutat pada masalah tersebut, lebih baik sekarang beranjak dari kamar dan menemui beberapa teman untuk mengobrol atau berkaraoke. Hal ini akan membuatmu merasa lebih baik daripada hanya mengurung diri di kamar, bertukar cerita memberimu wawasan untuk menghadapi masalah. Bertemu teman juga bisa membuatmu bahagia karena tubuh bisa mengeluarkan hormon kebahagiaan ketika tertawa.

Selain keluar bersama teman untuk bertukar pikiran, mencari hiburan sendiri untuk juga membantumu menghibur diri dari stress loh, misalnya dengan melakukan streaming film, bermain musik, merawat tanaman ataupun hewan peliharaan. Paling tidak cara ini bisa membantu kamu keluar perasaan sedih karena stress.

Liburan di tempat yang bisa membantu kamu lebih baik juga bisa dilakukan loh, liburan membuatmu jauh dari rutinitas setiap hari sehingga kamu bisa menangkan diri, bersantai, menikmati alam ataupun fasilitas liburan jadi stress mu bisa hilang, bahkan kamu bisa menjadi pribadi yang lebih siap untuk masuk kerja. Efek liburan ini seperti me-riset tubuh sehingga badan dan pikiran lebih segar. Jangan lupa matikan handphone dan matikan akses untuk hal-hal yang men-trigger mu stress fokuskan untuk healing dan menghibur diri.

Self Healing : Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Salah satu cara healing untuk merasa tenang dalam menghadapi stress adalah dengan mendekatkan diri dengan tuhan. Beberapa hal spiritual seperti beribadah maupun berdoa adalah self healing yang bisa mengendalikan emosimu. Pemahaman manusia adalah mahluk kecil dan semua telah diatur oleh Tuhan membuatmu sadar bahwa semua yang terjadi padamu adalah satu kehendak tuhan yang sudah di atur jadi yang kamu harus lakukan adalah berserah diri. Berserah diri dan meyakini ada jalan membuatmu lebih tenang menjalani hidup.

Di atas adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk membantu kamu mengelola stress di tempat kerja, tentunya ini memiliki tujuan agar kamu bisa tetap fokus dan produktif dalam dunia kerja. Jangan sampai terus dikalahkan oleh stress hingga membuat kinerjamu makin merosot. Yuk semangat bekerja dengan ditemani aplikasi absensi online KANTOR KITAaplikasi yang membantumu tetap produktif untuk bekerja, jangan sampai telat absensi agar tidak terkena denda. Datang tepat waktu dan segera absen dengan aplikasi absensi online KANTOR KITA, biar jadi karyawan teladan dan berprestasi!

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here