Menagemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

0
2399
Managemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja

Manajemen Stress, Ilmu Penting Untuk Para Pekerja – Tempat kerja adalah salah satu alasan kenapa karyawan mengalami stress atau biasa disebut juga dengan stres kerja. Tidak heran hal ini terjadi, karena di kantor atau tempat kerja ini pekerja dihadapkan dengan banyak tuntutan dan tekanan. Ada juga, masalah pertemanan di dunia kerja juga sangat mungkin menjadi stressor pekerja loh.

Dengan tanggung jawab yang besar pada pekerjaan membuat karyawan stress hingga mempengaruhi kinerjanya di kantor, dengan begini produktivitas kerja karyawan bisa menurun. Oleh karena itu pekerja harus mengetahui ilmu manajemen stress untuk membantunya mengatasi stress dan tetap memiliki kinerja yang bagus di kantor.

Bagaimana sih Cara Manajemen Stress Agar Bisa Fokus Saat Bekerja?? kita ulas di artikel berikut ini

 

Stress Kerja

Stress adalah perasaan tegang yang dirasakan karena tekanan dari lingkungan. Seseorang yang tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan akan mendapatkan potensi stress kerja yang besar. Stress ini akan mempengaruhi kondisi emosional dan fisik seseorang bahkan dalam jangka panjang juga akan memberi pengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Baca Artikel : Tips Desain Ruang Kerja Yang Dijamin Bantu Hilangkan Stress di Kantor

Sedangkan stress kerja adalah perasaan tertekan yang dialami karyawan menghadapi berbagai hal di tempat kerja. Pencetus stress kerja berupa tugas yang berat sehingga karyawan tidak mampu mencapainya, kerja terus menerus sehingga membuat karyawan kelelahan, lingkungan kerja yang kurang harmonis dan lainya.

Ketidakharmonisan antara karyawan dengan pekerjaan yang dimilikinya ini membuat terjadinya penurunan kerja karyawan dan bahkan meningkatkan turn over perusahaan.

Masalah stress kerja karyawan ini menjadi satu hal yang banyak dijumpai dalam dunia kerja, sehingga memiliki kemampuan manajemen stress yang baik akan sangat dibutuhkan.

Manajemen Stress Di Tempat Kerja | Stressor Kerja
Manajemen Stress Di Tempat Kerja | Stressor Kerja

Sebenarnya stress pekerjaan tidak selalu memberikan dampak yang buruk, bisa saja dengan tekanan waktu dan tugas membuat karyawan merasa lebih tertantang. Jenis stress ini bisa dipahami di poin berikut.

 

Jenis Stress Pada Karyawan

Ada beberapa jenis stress yang terjadi pada karyawan, tidak selamanya stress itu buruk lho ada beberapa juga stress yang malah memberikan performa baik untuk karyawan. Diantaranya adalah

1. Eustress

Ini adalah jenis stress yang baik. Dimana seseorang merasa ada gairah dan merasa tertantang dengan kondisi tekanan waktu, tugas dan tanggung jawab. Akibat dari stress ini membuat seseorang menjadi lebih produktif dan bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

2. Distress

Kebalikan dari eustress yaitu distress yang memberikan efek kurang baik pada karyawan saat ada tekanan. Efek yang diberikannya mulai dari kehabisan banyak energi sampai dengan sakit.

3. Hyperstress

Jenis stress yang memberikan dampak luar biasa untuk karyawan. Mulai dari sedih berkepanjangan, sakit mental sampai dengan trauma. Juga berlaku untuk eustress.

4. Hypostress

Dimana seseorang merasa kurang bergairah karena kurangnya stimulan. Contoh yang banyak terjadi adalah merasa bosan dan malas karena kerja yang dilakukan berulang setiap hari.

Baca : Pentingnya Perusahaan Menjaga Kesehatan Mental Karyawan

 

Gejala Stress Pada Karyawan

Ada beberapa gejala yang terlihat dari perilaku maupun kondisi fisik karyawan ketika mengalami stress. Beberapa perilakunya adalah

Gejala Psikologis Gejala Fisiologis Gejala Fisik/Tubuh
  1. Mudah tersinggung
  2. Pemarah
  3. Sensitif
  4. Mudah bosan
  5. Tidak percaya diri
  1. Masalah lambung
  2. Sesak nafas
  3. Sakit kepala
  4. Gangguan kulit
  5. Kelelahan
  1. Nyeri otot leher dan pundak
  2. Jari gemetar
  3. Mata berkedut

Manajemen Stress Di Tempat Kerja | Gejala Stress Pada Karyawan 

 

Dampak Stress Pada Karyawan

Stress Kerja
Dampak Stress Pada Karyawan

Kenapa stress pada karyawan perlu dikelola? Karena memberikan dampak yang tidak baik pada perusahaan maupun pada karyawan tersebut. Apa saja dampaknya?

1. Penurunan Kinerja Karyawan

Pekerjaan yang banyak, pekerjaan shift panjang akan membuat karyawan mengalami penurunan kinerja, sebab karyawan merasa kelelahan sampai burnout. Tubuh kehabisan energi sehingga membuat kerja fisik dan otak menurun. Akibat stress karyawan menjadi sulit berkonsentrasi, juga penurunan kemampuan otak.

2. Meningkatkan Kecelakaan Kerja

Hilangnya fokus dan kelelahan pada karyawan menyebabkan potensi terjadinya kecelakaan kerja lebih tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya untuk karyawan shift malam, karyawan lembur sampai dengan karyawan overtime. Selain itu resiko kecelakaan di luar jam kerja juga tinggi.

3. Penyakit

Stress juga meningkatkan penyakit kardiovaskular pada karyawan. Penyakit ini karena efek dari stress, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi sampai dengan stroke.

 

Manajemen Stress di Tempat Kerja

Mendapatkan banyak stressor memicu karyawan merasa tertekan dan menyebabkan stress di tempat kerja. Jika dulu masalah stress pekerjaan sering diabaikan oleh karyawan maupun dari perusahaan, sekarang dengan berkembangnya ilmu psikologi termasuk kesehatan mental karyawan, menangani stress kerja menjadi satu hal yang penting.

Karyawan perlu mengetahui cara manajemen stress kerja dengan baik sehingga bisa mengatasi rasa tersebut dengan baik. Berikut adalah manajemen stress di tempat kerja.

1. Memiliki Coping Stress

Coping stress adalah cara untuk menghadapi tekanan yang dirasakan. Coping stress merupakan usaha untuk mengelola tuntutan yang ada pada seseorang. Jika memiliki coping stress yang bagus seseorang akan memiliki ketahanan stress yang bagus pula.

a. Emotional Coping

Mencari ketentraman dari hal lain tanpa menghilangkan stres yang ada. Misalnya dengan melakukan relaksasi, olahraga, bertemu teman dan lainya. Coping ini berfokus pada perbaikan emosional seseorang.

b. Problem Solving

Selanjutnya adalah melakukan coping dengan penyelesaian masalah. Seseorang akan melakukan sesuatu atau tindakan yang dianggap untuk meringankan efek dari stressor.

2. Meringankan Stress dari Individu

Meringankan stress dari individu juga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki stress kerja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dari sisi karyawan, diantaranya adalah

  1. Melakukan olahraga
  2. Beribadah
  3. Melakukan stretching
  4. Melakukan konseling

3. Manajemen Stress dari Organisasi

Manajemen stress di lingkungan kerja juga bisa dilakukan dari organisasi atau perusahaan karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan fasilitas-fasilitas yang berguna untuk mengatasi stress pada karyawan. Misalnya

  1. Memberikan fasilitas konseling
  2. Membuat shift yang sesuai dengan karyawan
  3. Pembagian jobdesk yang tepat
  4. Pemberian waktu cuti karyawan

Dengan cara-cara di atas diharapkan perusahaan bisa membantu karyawan dalam mengelola stress karyawan. Sehingga karyawan bisa lebih maksimal dalam bekerja.

Baca Artikel Tentang Pengajuan Cuti Agar Tidak Mengganggu Pekerjaan

 

Kesimpulan

Manajemen stress karyawan menjadi satu hal yang penting untuk perusahaan maupun untuk kesehatan karyawan. Manajemen stress yang baik akan membuat karyawan bekerja dengan baik pula.

Aplikasi HR
Aplikasi HR by Kantor Kita

Itulah penjelasan hari ini tentang manajemen stress di tempat kerja, semoga bermanfaat! Jangan lupa gunakan aplikasi absensi karyawan online dari Kantor Kita yang membantu HR mengelola absensi karyawan juga memudahkan karyawan dalam proses ber absensi. Ada free demo 15 hari free untuk Anda, coba semua fitur aplikasi HR Kantor Kita dengan layanan ini!

Previous articleVirtual Assistant : Tugas dan Skill Wajibnya
Next articleHindari 5 Kesalahan Ini untuk Mencegah Penurunan Kinerja Karyawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here